≡ Menu

Liputan Tour Bukittinggi Februari 2015

Tur fotografi ke Sumatera Barat khususnya ke Bukittinggi dan Payakumbuh yang diikuti sebanyak 17 peserta telah berlangsung dengan lancar. Dalam tur ini peserta diajak berkeliling menikmati keindahan alam di bumi minang yang dihiasi pegunungan, sawah dan tebing tinggi menjulang. Tur dimulai dari bandara Minangkabau menuju Payakumbuh untuk memotret lembah Harau, sambil berhenti di beberapa spot untuk menikmati kuliner seperti sate padang dan memotret air terjun Lembah Anai. Cuaca yang baik membuat agenda foto-foto hari pertama berjalan lancar, hingga tak terasa sore sudah menjelang dan waktunya melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi. Di Bukittinggi yang berhawa sejuk, rombongan menghabiskan malam minggu di pusat kota dengan ikon Jam Gadang yang khas.

Sate Padang

Kuliner khas Padang : sate padang

Peserta tur

Peserta Tur

Foto lembah Harau

Asyik memotret Lembah Harau

Di hari kedua pagi-pagi sekali peserta tur sudah harus berangkat mengejar sunrise di Puncak Lawang. Setibanya di lokasi yang dituju, tebalnya kabut dan dinginnya udara pagi menyambut kami yang hendak memotret sunrise. Tak lama akhirnya matahari pagi pun muncul di sela-sela pohon pinus dan kesempatan ini tak disia-siakan peserta untuk diabadikan. Cukup pekatnya kabut membuat kami saat itu tidak bisa melihat indahnya danau Maninjau dari puncak Lawang, tapi kami melanjutkan perjalanan mendekati kelok 44 untuk mencari spot lain yang bisa melihat view Maninjau. Setelah menemukan spot yang dimaksud, peserta pun dengan antusias memotret danau Maninjau dan bukit-bukit disekelilingnya.

Puncak Lawang

Masih berkabut di Puncak Lawang

Matahari terbit diantara pohon pinus

Matahari terbit diantara pohon pinus

Memotret Maninjau

Memotret Maninjau dari gardu pandang

Siang hari selepas check-out dari penginapan, peserta melanjutkan perjalanan menuju sebuah spot motret sekaligus tempat makan yang unik di dekat ngarai Sianok. Disini peserta bisa makan siang sambil berkeliling mencari obyek foto yang menarik. Di tempat ini juga menjadi tempat kami berfoto bersama.

Foto Peserta Tur

Peserta tur fotografi Bukittinggi

Tak terasa waktu sudah semakin sore, kamipun akhirnya harus meninggalkan kota Bukittinggi dan kembali ke arah kota Padang. Di perjalanan, oleh-oleh khas Padang diborong oleh peserta seperti kripik balado dan snack lainnya. Setiba di dekat bandara, karena penerbangan kami masih agak lama, kami menyempatkan singgah ke pantai Pasir Jambak untuk memotret sunset. Puas mengambil foto sunset, akhirnya kami kembali ke bandara untuk kembali ke kota tujuan masing-masing.

Pantai Pasir Jambak

Menunggu sunset

Sunset

Sunset di pantai Pasir Jambak

Terima kasih untuk seluruh peserta, semoga puas dengan turnya dan sampai bertemu di tur-tur kami yang lain..

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 2 comments… add one }
  • Anto February 24, 2015, 7:51 pm

    Selamat malam Pak Enche..mau tanya pilihan antara lensa tele bukaan 2.8 atau body kamera yang bisa high iso, misalnya:
    Nikon D810+AF-S 70-300mm f/4.5-5.6G VR IF-ED
    Nikon D750+AF-S 70-200mm f/4G ED VR
    Nikon D610+AF-S 70-200mm f/2.8G VR II ED N
    Saya gunakan untuk motret candid wedding dan fashion Show (available light / tanpa flash)
    Terimakasih…

    • Enche Tjin February 26, 2015, 11:00 pm

      Yang paling bawah berarti, karena bukaan lensanya lebih besar.

Leave a Comment