≡ Menu

Olympus OMD EM5 mark II : Lebih kuat stabilizernya dan ada mode super megapixel

Olympus OMD EM5 mark II adalah kamera pembaharuan dari kamera Olympus OMD EM5 yang paling sukses. Teman-teman mungkin bingung, kenapa harus ada mark II, padahal Olympus sudah ada Olympus OMD E-M1 (artikel review disini) dan OM-D E-M10. Apa sih bedanya?

olympus-em5-mk2

Ada perbedaan desain bagian atas kamera. Mk II ini punya lebih banyak tombol yang bisa diprogram. Kamera ini dipasang dengan lensa sapujagat baru 14-150mm f/4-5.6 II

 

Dari ukuran fisik, E-M5 mk II ini berada diantara E-M1 dan E-M10. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil. Tapi kalau dirasa kurang besar, Olympus menyediakan grip khusus untuk EM5 supaya pegangannya lebih mantap. Dari harga, EM5 mk II juga berada ditengah-tengah yaitu $1099 (Rp 14 juta dengan kurs Rp 12.600).

Keunggulan utama OMD EM-5 mk II dibandingkan dengan EM-1 dan EM-10 adalah:

  1. 5 Axis stabilization yang lebih kuat. Olympus mengklaim bahwa stabilization in lebih bagus 1 stop atau 5 stop stabilization
  2. Ada mode super megapixel yang menghasilkan foto 40 MP
  3. Banyak peningkatan di video, baik kualitas maupun pilihan format dan ukuran

Mari bahas satu-satu. Lima Axis stabilization merupakan teknologi yang pertama kali dikenalkan oleh Olympus OMD E-M5 generasi pertama. Keuntungan 5 axis stabilization adalah saat memotret close-up/makro, saat fokus sangat dekat ke subjek, image stabilization di lensa biasanya kurang efektif meredam gerakan kamera yang sifatnya ke atas-bawah atau ke samping. 5 axis stabilization juga ideal untuk video dan efeknya langsung terlihat di layar LCD/jendela bidik.

Saat ini kita tau bahwa banyak produsen kamera membuat sensor dengan megapixel yang banyak, 24 MP sudah menjadi norma, dan ada juga kamera yang 36 MP, 50 MP dan seterusnya. Untuk format micro four thirds, jika dipaksakan untuk meningkatkan megapixel, maka kualitas foto secara keseluruhan bisa menurun. Maka itu Olympus dan Panasonic sampai saat sekarang cukup konservatif dan bertahan dengan 16 Megapixel. Untuk memenuhi kebutuhan fotografer yang membutuhkan merekam detail lebih banyak dengan jelas, Olympus OMD E-M5 ini dilengkapi dengan mode yang cukup unik, yaitu mengambil 8 foto secara berturut-turut dengan electronic shutter, dan menggabungkannya menjadi satu foto beresolusi tinggi.

Sekilas keliatannya keren, tapi fitur ini membutuhkan beberapa persyaratan supaya hasil fotonya maksimal:

  • Harus di tripod (kamera tidak boleh bergerak saat memotret)
  • ISO tertinggi 1600
  • Shutter speed terlambat adalah 8 detik
  • Bukaan terkecil yang diperkenankan f/8
  • Flash sync maksimum 1/20 detik
  • Objek yang difoto tidak boleh bergerak
  • Fitur HDR, timelapse, art filter dll tidak bisa diaktifkan

Jadi, fitur ini hanya cocok untuk fotografi still life, arsitektur indoor dan subjek lain yang tidak bergerak sama sekali. Jika ada sedikit pergerakan seperti daun yang bergoyang, asap atau pergerakan awan/kabut, maka hasil foto jadi tidak sempurna.

olympus-em5-mk2-splashproof

EM5 mk II tahan cipratan air dan suhu -10 Celcius tapi tidak untuk dicempunglin ke air. Tersedia dalam dua variasi warna (Panda (silver-black) dan hitam.

Olympus OMD E-M5 mk II ini juga mewarisi banyak fitur dari Olympus OMD E-M1, seperti jendela bidik yang lebih detail (2.4 juta titik), shutter speed maksimum 1/8000 detik (+electronic 1/16000 detik), layar lcd putar touchscreen beresolusi tinggi (1 juta titik) dan kualitas gambarnya juga sama.

Lantas, apakah E-M5 mk II lebih bagus dari OMD E-M1? Dalam beberapa sisi seperti video, stabilization, dan electronic shutternya iya, E-M5 mk II menggungguli EM-1, tapi E-M1 masih punya satu keunggulan yang unik, yaitu sensornya punya deteksi fasa (phase detection) yang bekerja lebih baik untuk mengikuti subjek bergerak dan compatible saat mengunakan lensa-lensa DSLR Olympus four thirds jaman dulu.

Melihat keunggulan Olympus OMD E-M5 mk II, saya bisa membayangkan pengumuman ini bakal bikin kesal bagi orang-orang yang baru membeli Olympus OMD E-M1 (diumumkan bulan September 2013). Yang bikin tambah nyesek lagi adalah harga E-M5 mk II ini lebih murah $300 (Rp 3.8 juta dengan kurs Rp 12.600). Tapi memang jika berniat membeli kamera terbaik dari Olympus saat ini, yang terbaik adalah Olympus OMD E-M5 mk II. Kecuali kalau punya banyak koleksi lensa DSLR Olympus lama, maka lebih baik Olympus OMD E-M1.

Spesifikasi Olympus O-MD E-M5 mk II

  • 16 MP Four thirds sensor
  • ISO 200-12800 (bisa di expand ke 100 dan 25600)
  • Maksimum shutter: 1/8000 dan 1/16000 (elektronik) detik
  • 5 Axis stabilization (5 stop)
  • 2.4 juta titik resolusi jendela bidik
  • Layar LCD touchscreen 1 juta titik
  • Kecepatan foto berturut-turut 10 foto per detik.
  • Berat: 469 gram

——-
Infofotografi juga rutin menyelenggarakan kursus fotografi dan tour fotografi. Anda bisa melihat jadwal dan materinya disini.

Bingung memilih kamera dan lensa yang tepat untuk berbagai pemotretan? Buku panduan Smart Guide ini akan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 43 comments… add one }
  • hendra May 24, 2019, 1:02 pm

    Koh..
    em5 mark ii saya kok cepat lecet ya?

    terus ada kendala lagi kalau untuk motret arah atas, sensor otomatis viewfinder nya langsung ngrespon, jadi layar langsung mati
    ada masalah dimananya ya?

    mohon pencerahan koh…

  • Christopher February 19, 2018, 4:14 pm

    Koh, apa bedanya DUAL IS Panasonic sama IBIS Olympus? Kualitas sama pengaruh ke lensanya

    • Enche Tjin February 20, 2018, 12:04 am

      Dual IS maksudnya kamera dan lensa akan bekerjasama untuk menstabilkan gambar. Kebanyakan lensa Panasonic punya stabilizer di lensa karena dulunya di body kamera tidak ada stabilizer.

      Olympus juga mengenal teknologi ini, mereka menamakannya Sync IS, hanya saja lensa-lensa Olympus jarang ada yang memiliki stabilizer, salah satunya yg saya tau 300m f/4 IS, jadi jarang disebutkan istilah ini.

  • fahmi January 10, 2018, 8:38 pm

    Koh saya mau nanya masalah HSS. Kalo olympus omd em5 ii sudah support buat hss belum? Skrg saya pakai em5 lama, mau upgrade gear.

  • Hadi P December 7, 2017, 9:34 pm

    Koh mau tanya.
    Kemaren saya maen ke EC, niatnya mau beli Fuji XT20 trus sama salesnya malah diarahin ke Olympus EM5 mk II.
    Trus sama dia dibandingin ambil foto ke peraga olympus yg goyang2 itu. Memang yg EM5 ini foto tidak blur, krena sudah ada 5 axis stabilizer.
    Apakah di XT20 dengan lensa kit XF 18-55 sudah cukup untuk foto sehari2, seperti foto anak yg sedang bermain, street fotography ?

    • Erwin Mulyadi December 8, 2017, 12:53 pm

      Kalau anda mengetahui dasar fotografi maka akan mengerti kalau membekukan yg bergerak itu kata kuncinya adalah shutter speed yg cepat. Adanya IS bukan utk membekukan benda bergerak tapi untuk meredam getaran tangan kita saat memotret pakai shutter agak lambat.

  • agung semara August 23, 2017, 6:17 am

    Saya sendiri pakai olympus em5 II,hasilnya bagus,tapi saya lebih suka take video malam hari ketimbang siang,hasil di malam hari lebih tajam.
    Mau tanya kenapa hasil video siang kurang begitu bagus om enche

  • chris henky March 27, 2017, 4:37 pm

    Koh, sekarang saya kan pakai Olympus OMD EM-5 mark II
    mau tanya koh, lensa yang bagus buat kamera ini apa ya?

    kebutuhan videography dan beautyshot utk professional product photography

    • Enche Tjin March 27, 2017, 4:40 pm

      Banyak juga lensa yang tersedia, yang kualitas tinggi untuk beauty shot Olympus 75mm f/1.8 atau Panasonic Leica 42.5mm f/1.2.

      Untuk product bervariasi, tergantung ukuran produk, lensa zoom seperti 12-40mm f/2.8 praktis. Atau lensa makro Panasonic Leica 45mm f/2.8 jika ukuran produknya kecil.

  • Sanot March 20, 2017, 5:15 am

    Permisi mau tanya.
    Itu kamera sudah full frame kah?

  • Endrostil February 4, 2017, 12:33 am

    permisi, saya mau tanya., saya pemula dan sedang memakai e-pl7., saya nyaman dengan produk olympus ini dan kedepan ingin upgrade gear, saya rencana ingin upgrade ke pen-f, tapi setelah sering banyak baca artikel saya melirik ke sony a7 mark ii juga. banyak yang mengatakan sensor dan pixel besar akan semakin mendukung hasil yang lebih baik pula, tapi saya juga belum pernah memakai sensor fullframe, mohon sarannya pak Enche

  • Jordy October 28, 2016, 10:26 am

    Ko, saya tertarik dunia cinematography, tapi karna masih pemula, apa OM-D EM5 Mark II ini cocok untuk saya? Dan apa kamera ini sudah berikut lensa atau hanya bodynya saja? Terima kasih.

    • Enche Tjin October 28, 2016, 12:36 pm

      Biasanya dijual body kamera saja, tapi kadang ada paket lensa. OMD EM5 II terkenal atas stabilizernya sehingga saat merekam video tanpa tripod tidak terlalu getar. Menurut saya cukup baik. Panasonic G85 yang baru juga bagus kalau konsentrasinya di video.

      • Jordy November 14, 2016, 10:58 pm

        wah iya harganya juga lebih bagus panasonic GX85 ya ko hahaha. tapi kalo untuk overall tetap lebih bagus EM5 II ya? Terima Kasih.

        • Enche Tjin November 15, 2016, 12:00 am

          Iya benar, kelasnya beda 😀

          • Jordy November 15, 2016, 11:46 am

            Panasonic g85 udah masuk indonesia belum koh? Terima kasih.

  • Junika mariana manalu October 2, 2016, 2:11 am

    Halo koh. Aku mau tanya dong koh, lbh baik saya pilih Olympus ELP-7 atau Fujifilm X-A2 ya ko? Awalnya saya suka bodynya fuji yg retro, tapi pas ke electronic city, si mas mba disana blg lbh bagus olympus. Apakah itu benar? Karna saya juga ga mau pilih fuji cuma karna terkenalnya aja, dan ga mau pilih olympus karna terhasut si mba electronic city. Hehe menurut koko saya lbh pilih yg mana yah ko? Terimakasih banyak ko advicenya

  • hendry September 11, 2016, 8:32 am

    Mr. Enche, butuh saran nih,
    Skrg saya pakai Fuji X-E2 dengan lensa 35mm F1.4, apakah EM5 ii dengan lensa 45mm nya hasilnya lebih bagus kalau di gunakan utk portrait anak (bukan studio, hanya di pakai sehari2)?
    Apa autofocusnya jauh lebih cepat di banding X-E2?
    Worth ga kalau X-E2 di up ke EM5 ii secara harganya lumayan jauh?
    Thank you

  • Yan July 25, 2016, 10:56 pm

    untuk om-d m5 mark ii ini lensa yg paling bagus buat landscape dan prewed pakai lensa apa saja ya ko? makasih.

    • Enche Tjin July 25, 2016, 11:01 pm

      Olympus 7-14mm f/2.8, 12-40mm f/2.8 dan 40-150mm f/2.8 mantap 🙂

      • Yan July 25, 2016, 11:48 pm

        olympus om-d m5 mark ii vs sony a7
        pilih mana om untuk prewed dan landscape?
        dikaitkan dengan pilihan lensa, harga lensa dan hasil foto yang bagus?

  • onny purniawan November 5, 2015, 1:51 pm

    permisi koh che mau nanya & butuh advice nya….sekarang saya pake gear nikon D7000+tamron 17-50+nikon afd 85 f1,4,kok tertarik dengan maraknya kamera mirrorlens…klo misal beralih ke olympus omd em5 mark II bgmn menurut koh…saya hobbies bkn profesional..terima kasih atas waktu & responnya

  • Jessie November 1, 2015, 2:17 pm

    Pa Enche, mau tanya lebih bagus OMD EM5 atau OMD EM5 mark II? Perbedaannya apa? Makasih.

    • Enche Tjin November 2, 2015, 9:35 am

      Coba baca-baca lagi artikel diatas.

  • Babun14 May 20, 2015, 10:33 am

    Mau tanya Pak, td diatas anda menyebutkan lbh baik Olympus omd em5 mk II drpd sony alpha a6000, tp anda jg menyarankan utk pakai a6000 krn sistemnya dan kualitas gambar lbh baik. jd kesimpulannya bagaimana, saya kebingungan hehe

    • Enche Tjin May 20, 2015, 10:46 am

      Kesimpulannya kalau ingin kamera dengan fitur yang lengkap dan tercanggih saat ini bisa pilih OMD EM5 mkII, tapi jika kedepannya ingin upgrade ke kamera dan lensa dengan kualitas yang lebih bagus seperti kamera full frame lebih baik mulai dari yang Sony.

      Kamera apapun yang dipilih mestinya cukup puas karena keduanya termasuk canggih.

  • bimo April 18, 2015, 8:17 am

    saya ingin beralih dari 60d ke mirrorless, kelihatannya pilihan saya diantara 2, sony a6000 atau olympus omd em5 II, menurut anda mana yg harus saya pilih. saya juga gunakan untuk profesional, apakah kedua mirrorless tersebut cukup memadai misalkan untuk foto model, fashion, beauty, prewedding dan liputan wedding. thx ya om…

    • Enche Tjin April 21, 2015, 2:49 am

      Keduanya kamera yang cukup kompeten. Saya lebih cenderung ke Sony karena secara sistem, lebih berpotensi kedepannya (misalnya dengan banyaknya lensa-lensa FE baru dan perkembangan kamera Sony full frame). Potensi kualitas gambarnya juga lebih baik secara image sensornya lebih besar.

  • santo February 18, 2015, 1:35 am

    ko enche anda lbh rekomendasikan yg mana fujifilm x-t1 atau olympus omd-m5 mk II ?

    • Enche Tjin February 18, 2015, 1:42 am

      Keduanya kamera yang bagus, kalau suka gaya retro dan kualitas gambar khas retro/vintage, tentu Fujifilm X-T1 mantap, ganteng sekali kamera tersebut. Tapi, saya cenderung ke Olympus OMD EM5 mk II, kamera ini lebih multifungsi dan saya pikir cukup matang untuk kategori kamera mirrorless. Dalam arti lengkap fiturnya baik untuk foto dan video. Lensa-lensanya juga banyak pilihan dari yang kecil2 sampai yang panjang.

  • antok February 11, 2015, 10:32 am

    Om Enche, untuk olympus omd e 5 saya sangat tertarik dengan model body nya. Sedangkan untuk hasil belum pernah mencoba. Bagus mana performa dan hasilnya jika dibanding dengan Sony Alpha 6000?
    trm kasih.

    • dhanur February 12, 2015, 8:24 pm

      Om enche,
      saya pengen up grade kamera olympus nih, saya pemula dan tertarik dengan OMD-M10 dan OMD-M5 II, pilih mana yah? Tks.

      • Enche Tjin February 13, 2015, 5:14 am

        Kalau saya, rekomen yang EM5 II

        • dhanur February 13, 2015, 7:40 pm

          Om enche,
          OMD-M5 II kapan tersedia di singapura atau di indonesia?

          • Enche Tjin February 13, 2015, 7:43 pm

            Wah kurang tau juga ya.

          • Ahmad hamdani March 10, 2016, 7:55 pm

            Sudah tersedia kok di toko. Barusan saya membeli OM-D E-M5 Mark II 12-50mm EZ

            • Hery Hermawan April 27, 2016, 11:54 am

              Wah dapet harga brp bang? belinya dmn OM-D E-M5 Mark II 12-50mm EZ?

              • Enche Tjin April 27, 2016, 4:43 pm

                Jika berminat boleh pesan via saya di 0858 1318 3069

            • Ryo Ell August 21, 2017, 9:13 pm

              mas , saya mau tanya review untuk ISO nya sendiri kalo tinggi apakah buruk? karna saya tertarik tapi masih ragu untuk kualitas gambar di lowlight video , thx

              • Erwin Mulyadi August 22, 2017, 1:01 pm

                Kalau low light memang bukan dilawan dgn ISO tinggi, coba dulu perbaiki pencahayaan yg ada supaya kamera tidak harus push ISO terlalu tinggi. Tapi kalaupun mau main ISO tnggi ya semua kamera akan noise meski yg sensornya lebih besar lebih dikit noisenya.

Leave a Comment