≡ Menu

Rekomendasi kamera DSLR 2015

Di tahun 2015 ini, kamera DSLR tetap merupakan jenis kamera yang populer untuk fotografi dikalangan penggemar fotografi amatir maupun profesional. Kebanyakan produsen kamera sekarang fokus di pengembangan kamera mirrorless yang lebih ringkas. Kini hanya tinggal tiga perusahaan yang terlihat masih serius yaitu Canon, Nikon dan Pentax. Dari ketiganya, kelihatan Canon dan Nikon yang masih mendominasi pasar kamera DSLR (saya perkirakan lebih dari 95%).

Di post kali ini, saya akan memberikan sedikit pendapat terhadap kamera-kamera yang ditawarkan merk Canon dan Nikon.

Warna hitam : Ada pilihan yang lebih baik
Warna biru : Saya rekomendasikan untuk fotografer pemula
Warna hijau : Saya rekomendasikan untuk fotografer mahir
Warna merah : Saya rekomendasikan untuk fotografi spesifik/khusus

Canon EOS 5DS dan R

Canon EOS 5DS dan R

Daftar kamera Canon, harga dan rekomendasi

Canon 1200D dan lensa kit – harga 5 juta – Kamera DSLR termurah saat ini, fitur-nya terbatas, body terbuat dari plastik dan kinerja pelan. Jika memungkinkan, saya lebih rekomendasikan Canon 600D.

Canon 100D dan lensa kit – harga 7.765 juta – Kamera DSLR yang dibuat sekecil dan seringan mungkin (407 gram). Fiturnya mirip dengan 600D (560 gram), namun lebih mahal. Pegangannya (grip) agak kecil, tidak begitu nyaman saat dipasang lensa telefoto/panjang. Saran saya lebih baik yang Canon 600D, lebih murah dan peganganya lebih enak.

Canon 600D dan lensa kit – harga 5.35 juta – Kamera yang cukup seimbang untuk pemula. Dibandingkan 1200D, 600D punya layar LCD yang lebih tajam dan bisa diputar. Bisa dipasang external mic untuk merekam video. Kinerjanya lebih cepat dan punya mekanisme sensor cleaning.

Canon 700D dan lensa kit STM – harga 7.28 juta  – Sekilas mirip 600D, tapi layar 700D bisa touchscreen dan autofokus di live view lebih cepat. Lensa kitnya punya motor fokus STM yang lebih mulus dan tidak berisik saat autofokus foto/video. Harga tidak terlalu tinggi.

Canon 750D – Harga pasarannya kemungkinan 9 jutaan – Kamera baru yang belum masuk ke Indonesia saat saya menulis ini. Kelebihannya memiliki megapixel yang lebih banyak (24MP) dan sistem autofokus canggih warisan Canon 7D (19 titik).

Canon 760D – Harga kemungkinan 10 jutaan – Mirip dengan 750D, hanya saja ada LCD tambahan diatas kamera, dan dua roda kendali.

Canon 60D – harga 7.37 juta tanpa lensa – Kamera semipro dengan body yang lebih besar dan tangguh untuk tuntutan fotografi serius dan profesional. Sudah agak lama (2010) tapi masih diandalkan banyak fotografer.

Canon 70D – harga 10.9 juta tanpa lensa – Kecepatan autofokus saat live view meningkat drastis dari 60D berkuat teknologi dualpixel. Resolusi foto bertambah menjadi 20 MP, dan punya sistem AF 19 titik warisan 7D.

Canon 7D mk II – harga 18.99 juta tanpa lensa – Lebih cepat dan tangguh dari 7D mk I, dan banyak peningkatan yang kecil-kecil tapi membantu. Ideal untuk fotografi aksi cepat, olahraga, satwa liar, wartawan foto, extreme weather photography. Sayangnya harganya terasa sedikit tinggi untuk kamera dengan sensor APS-C. (Review di detikinet)

Canon 6D – harga 18.7 juta dengan wifi+GPS  – Kamera DSLR full frame yang ringkas, ringan (755 gram) dan terjangkau. Sayangnya autofokusnya termasuk kuno (9 titik) tapi kualitas fotonya cukup bagus.

Canon 5D mk III – harga 35.9 juta – Kamera DSLR full frame andalan fotografer profesional dalam berbagai profesi: wedding, dokumenter, travel, videografi dan sebagainya.

Canon 5DS R – Kamera baru dengan yang mencatat rekor dengan resolusi tertinggi tahun ini yaitu 50MP, Ideal untuk fotografi landscape, atau komersial yang butuh cetak besar atau menangkap detail sebanyak mungkin. (Komentar)

Canon 1DX – harga 70.165 juta – Kamera DSLR yang paling mahal, paling cepat dan tangguh, tapi ukurannya besar dan berat (1.34 kg) dan resolusinya cukup rendah dibandingkan kamera full frame lainnya. (Review)

Singkatnya:
Jika mencari kamera relatif terjangkau untuk pemula: Canon 600D
Kamera DSLR pemula yang cukup baik untuk foto dan video : Canon 700D dan 760D
Kamera DSLR untuk foto-video, multifungsi atau kamera back-up profesional: Canon 70D
Kamera DSLR untuk fotografi aksi, liputan, olahraga, dll : Canon 7D mk II, Canon 5D mk III
Kamera travel yang relatif terjangkau dan ringkas: Canon 6D
Kamera landscape, commercial: Canon 5D mk III, Canon 5DS R

——-

Nikon D810

Nikon D810

Daftar kamera Nikon, harga dan rekomendasi

Nikon D3200 – dengan lensa kit harga 5 juta – Kamera dengan resolusi cukup tinggi 24 MP tapi lensa paketnya bukan yang baru (versi II) dan tidak begitu tajam dibandingkan dengan D3300 atau kamera yang lebih baru.

Nikon D3300 – dengan kit II harga 5.25 juta. Kamera dengan fitur tidak begitu lengkap untuk ukuran tahun 2015, tapi kualitas gambar yang dihasilkan bagus dan tajam. Harganya juga relatif terjangkau. Paket lensa kit versi II ringkas saat disimpan dan bisa fokus lebih dekat untuk foto close-up/makro.

Nikon D5300 – harga 9 juta dengan lensa kit II – Dibanding D3300, D5300 memiliki layar LCD yang bisa diputar, dan beberapa fitur seperti HDR dan autofokus 39 titik warisan Nikon D7000.

Nikon D5500 – dengan kit II harga 8.45 juta – Punya Layar LCD touchscreen (fitur langka untuk kamera DSLR Nikon). Ukurannya ringkas dan ditujukan untuk pemula (960 gram dengan baterai, card, lensa kit). Pegangannya lebih enak, dan yang terpenting kualitas gambar di kondisi terang dan gelap (ISO tinggi sampai dengan 6400 masih tajam dan bagus.

Nikon D7100 – dengan 35mm harga 14.3 juta – Kamera dengan kualitas fisik dan gambar yang tajam dan baik. Cocok untuk hobi maupun kerja. Tidak memiliki buffer yang lapang sehingga tidak cocok untuk fotografi aksi seperti olahraga atau satwa liar.

Nikon D7200 – harga sekitar 13 juta tanpa lensa – Merupakan kamera baru tahun ini, yang sebenarnya perbaikan dari D7100. Kapasitas buffer lebih lapang untuk fotografi aksi.

Nikon D610 – harga 17 juta tanpa lensa – Kamera full frame termurah Nikon yang solid fiturnya. Bagus untuk travel dan fotografi secara umum.

Nikon D750 – harga 21.2 juta tanpa lensa – Peningkatan Autofokus yang cukup signifikan dari D610, kualitas body juga lebih baik. Ideal untuk kerja, travel, terutama untuk foto liputan dan wedding. D750 juga punya LCD yang bisa dimiringkan ke atas dan ke bawah. (Opini)

Nikon Df – harga 29.5 juta tanpa lensa – Kamera ini memiliki sensor yang sama dengan Nikon D4s, 16 MP dengan ISO tinggi yang bagus. Desainnya retro dan cukup ringkas jika dibandingkan dengan kamera DSLR full frame lainnya. Tapi tidak bisa merekam video dan harganya relatif tinggi. (Mini review dan opini saya)

Nikon D800E – harga 32.4 juta – Kamera DSLR pertama yang mencapai resolusi 36 MP. Perlu disiplin yang bagus saat memotret untuk mendapatkan hasil foto yang tajam. Saat ini sudah ada penggantinya yaitu D810.

Nikon D810 – harga 35.5 juta – bagus untuk berbagai jenis fotografi, terutama fotografi pemandangan, commercial yang butuh banyak detail dan cetak besar. Banyak peningkatan yang kecil-kecil tapi bermanfaat dari Nikon D800E, terutama di videonya. Alat fotografer profesional yang mumpuni.

Nikon D4s – harga 60.9 juta – Kamera spesialis untuk fotojurnalis, untuk sports dan satwa liar. Resolusinya hanya 16 MP dan ISO sampai 400k. Menerima dua jenis memory card, XQF dan CF card. Kecepatan foto berturut-turut bisa mencapai 11 foto per detik. Cocok untuk fotografer aksi dan low light, hanya saja ukurannya besar dan berat (1.356 kg).

Jika mencari kamera yang terjangkau untuk pemula: Nikon D3300
Kamera DSLR pemula yang cukup baik untuk foto dan video : Nikon D5500
Kamera DSLR untuk foto-video, multifungsi atau kamera back-up profesional: Nikon D7200
Kamera DSLR untuk fotografi travel, aksi, liputan, olahraga, dll : Nikon D7200, Nikon D750, Nikon D4s
Kamera landscape, commercial: Nikon D810

—–

Kalau ditanya lebih bagus kamera DSLR Canon atau Nikon? Jawabannya tergantung tipe apa vs tipe apa. Tapi secara umum, secara kualitas, persaingan sangat ketat. Menilai dari kualitas gambar, Nikon sedikit lebih unggul dari ketajaman fotonya karena kebanyakan kamera DSLR Nikon sekarang tidak punya low-pass dan sensornya lebih bagus di sisi dynamic range dan ISO tinggi.

Untuk kamera DSLR pemula, fitur kamera DSLR Canon lebih lengkap. Sebagian besar kamera DSLR pemula sudah dilengkapi fitur layar sentuh, layar putar, autofokus yang cepat saat live view/video, fitur flash trigger dengan built-in flash.

Bagi yang telah memiliki beberapa lensa/flash merek tertentu mungkin lebih ekonomis jika tetap membeli kamera dengan sistem yang sama, karena setiap merek memiliki variasi kamera yang cukup banyak untuk berbagai kebutuhan dengan kualitas yang baik.

—–

Baru beli kamera? Ikuti workshop kupas tuntas kamera & lensa 

Bingung memilih kamera, lensa yang pas? Buku Smart Guide ini akan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 342 comments… add one }
  • vernita November 29, 2015, 10:32 am

    Ko, mau tanya kalau beli kamera second apa aja yg perlu kita ketahui dan minta dari pemilik sebelumnya?

    • Enche Tjin November 29, 2015, 9:28 pm

      Sudah berapa kali jepret / shutter count, foto fisik kameranya dari berbagai sudut. Apakah fungsi jalan semua, garansi produk. Ada sejarah servis tidak.

  • Retno November 27, 2015, 3:57 pm

    Sore ko… Mo tanya bagus mana canon kid eos 1200kid sama sony H400.. Karena baged pas2an..

    • Enche Tjin November 27, 2015, 11:16 pm

      Canon aja mbak.

  • reyno November 26, 2015, 8:14 pm

    Mau nanya…kl disuruh milih berdasarkan pertimbangan harga dan kualitas..pilih mana antara nikon D610 dg nikon D750? Mksh koh

    • Enche Tjin November 28, 2015, 1:01 am

      Bagus Nikon D750 dong

  • Benni November 24, 2015, 3:18 pm

    sore admn saya mau nanya kamera yang cocok untuk pemula apa yah ?

  • Gigih November 23, 2015, 8:49 pm

    Minta rekomendasinya om…
    saya punya dana sekitar 20jt lebih baik beli nikon apa canon…kalo nikon yg tipe apa trus canon tipe apa…makasih

    • Enche Tjin November 23, 2015, 10:30 pm

      Body only atau sama lensa?

  • Christine Handayani November 18, 2015, 4:24 pm

    Ko Enche, untuk fotografi aksi terutama satwa yg bergerak, mana yg lebih baik Nikon D7200 atau Canon 70D? Thanks

    • Enche Tjin November 18, 2015, 9:59 pm

      Bagus Nikon D7200

  • ikhsan November 15, 2015, 12:43 am

    Ko, saya mau tanya, untuk pemula dana 6-7jt, klo mau beli kamera lebih baik beli kamera yg mana?

  • wahyu November 13, 2015, 9:06 pm

    Boleh jg, Ga beda jauh kan kameranya.
    udh brp lama kak kameranya? Bisa contact bb atau line kak?

  • wahyu November 13, 2015, 4:25 pm

    ko enche ada canon 600D yg tdk dipake? klo ada, itu dijual tdk?

    • Enche Tjin November 13, 2015, 5:46 pm

      Wah, gak ada tuh, adanya Canon 650D, lebih bagus dari 600D. Berminat?

      • wahyu November 14, 2015, 4:04 am

        Boleh jg, Ga beda jauh kan
        kameranya.
        udh brp lama kak kameranya? Bisa contact bb
        atau line kak?

  • vigi November 7, 2015, 8:20 am

    Selamat pagi
    Klo punya budget 6 jt baguse cannon yang apa kak

    • Enche Tjin November 8, 2015, 7:33 am

      Coba cek Canon 600D

  • Faisal November 2, 2015, 12:29 pm

    Ko mau nanya untuk canon760d / 60d recomended dri koko bgus yg mana ?

    • Enche Tjin November 2, 2015, 1:15 pm

      Boleh simak pembahasan saya dengan mas Erwin di artikel ini.

  • Angga November 1, 2015, 7:13 pm

    Minta pendapat mas, saya bingung mau beli dslr antara nikon d3300 atau canon 600d atau nikon d5200 y?? Kira2 bagusan yg mana y? Kl bs sekalian minta alasannya mas y.. hee

    • Enche Tjin November 2, 2015, 1:19 pm

      Saran saya Nikon D5200, kualitas gambar bagus, autofokus bagus dan fitur cukup lengkap.

  • Beny October 31, 2015, 11:16 am

    Bung… sy ni lagi kepingin beli Nikon d7200 bodi saja. kalo boleh dibantu bung…, kemarin sy sempat cek di focusnusantara.com, tapi tidak punya stok untuk body doang. mohon informasinya bung kalo tau toko online aman, yang jual: Nikon d7200 Body.
    tx banyak bung. Salam dari Ambon.

  • Yoyo October 22, 2015, 5:25 pm

    Koh, pilih mana Nikon d7200 sama Canon 70d?

    • Enche Tjin October 23, 2015, 5:03 am

      Saya pribadi milih Nikon D7200 karena kualitas gambar dan sistem autofokusnya yahud (baik di kondisi terang maupun gelap).

  • nana October 21, 2015, 10:27 pm

    om mau naya, canond1200 sama nikon 3200 better mana?

    • Enche Tjin October 21, 2015, 11:36 pm

      Menurut saya Nikon D3200.

  • Pratama October 21, 2015, 6:18 pm

    Nice info.. koh mau nanya, saya pemula niatnya mau beli kamera tp bingung.. antara canon 600d / canon 650d / nikon d5200.. mohon pencerahannya . Thks

    • Enche Tjin October 21, 2015, 11:25 pm

      Canon 650D bagus menurut saya fiturnya cukup lengkap.

  • Kristoper October 15, 2015, 11:10 pm

    Mas bro kalo bajed 4 – 5 Jutaan kamera yang layak dibeli kegunaa untuk foto Prewedding dan foto menari merek apa ya mas bro? mohon pencerahannya dari segi kwalitas ketahanan kamera dan ketajaman gambar baik hasil foto pada saat pagi siang malam.

    Terima Kasih Sebelumnya atas tanggapan dan pencerahannya

    • Enche Tjin October 15, 2015, 11:17 pm

      Coba cari Nikon D3300.

  • amel October 14, 2015, 7:38 am

    ko kalau kamera yg layar lcd nya bisa diputar gampang rusak ga sebenernya? soalnya ada yg blg kalau gasalah kabel internalnya takut knp2. trs kamera untuk tugas kuliah fotografi, berniat serius kedepannya, lebih baik nikon / canon?

    • Enche Tjin October 14, 2015, 9:41 am

      Gak apa apa sih, asal dipakainya gak kasar hehe. Kedua merk kamera bagus, tergantung typenya juga.

  • Dhimas aulia fahmi October 14, 2015, 7:21 am

    Gan kalo buat semi pro,kamera dslr yang bagus itu apa ya??apakah canon eos 70 d bagus untuk semi pro?
    Tq gan

  • adi October 13, 2015, 11:51 pm

    Mana yg bagus canon 600D atau canon 300D om

    • Enche Tjin October 14, 2015, 12:15 am

      Canon 600D dan Nikon D300 maksudnya?

  • Adit October 13, 2015, 7:58 pm

    Apakah jumlah titik autofokus (AF) memberikan pengaruh yg signifikan terhadap ketajaman foto ? Karena saya bingung, beli canon eos 760D (19 titik AF) atau nikon D5500 (39 titik AF).

    • Enche Tjin October 14, 2015, 9:48 am

      Tidak, cuma memberikan keleluasan saat memilih fokus dan membantu saat memotret subjek bergerak.

  • degus October 4, 2015, 12:04 pm

    Saya mau beli kamera canon 760d kirakira lensa yg bagus untuk kameranya yg mana om??

  • ahmadsaputra October 2, 2015, 9:38 pm

    saya minta riview nikon d5500 dong

    • Enche Tjin October 3, 2015, 11:16 am

      Mudah-mudahan ada yang pinjemin ya.. 🙂

  • Anind September 30, 2015, 8:45 pm

    Koh mau tanya. Lebih baik beli nikon d750 atau canon 5d mark III tp 2nd condition? Saat ini saya masih pake nikon d7100.makasi sebelumnya koh.

  • budi September 30, 2015, 6:52 am

    Mas mau nanya.
    Pilih mana antara canon 60d atau canon 700d. Thanks

  • novri September 28, 2015, 9:51 pm

    malem om,
    saya ada rencana mo ambil d70 nih..
    kira2 menurut om ada kamera lain yg lebih bagus ga dengan harga ga jauh beda ma d70..

    • Enche Tjin September 29, 2015, 12:40 am

      Harganya berapa ya? Ngomong2 D70 kameranya udah lama sekali. D90 lebih mendingan.

      • novri September 29, 2015, 5:37 am

        walah maap om salah ketik sekalinya..
        maksud saya 70d om..

        • Enche Tjin September 29, 2015, 6:42 pm

          Ooo Canon berarti, oke lah kameranya.

  • Rizki Eko September 28, 2015, 5:06 pm

    selamat sore.
    maaf mau tanya,kalau disuruh milih lebih baik milih nikon D3200,nikon D5000,nikon D5100 atau nikon D7000?

    • Enche Tjin September 28, 2015, 6:16 pm

      Kalau saya memilih Nikon D7000

      • Rizki Eko September 28, 2015, 9:19 pm

        Oke, terima kasih sarannya.

  • Adindaroyanti Adinda September 23, 2015, 1:55 pm

    Ka manurut kaka canon 600d apa nikon d3200

  • ali September 23, 2015, 3:13 am

    koh… utk kamera semipro lensa yg mumpuni. Kira2 dg budget 10 jt yg cocok dibelikan apa? thx

    • Enche Tjin September 23, 2015, 9:33 am

      Mungkin karena kurs lagi tinggi, 10 juta cuma cukup beli kamera yang pemula dengan lensa standar/kit sekarang.

  • lisana September 19, 2015, 10:00 pm

    Koh klo kamera itu megapixel nya tergantung lensa atau gmna?

    • Enche Tjin September 21, 2015, 7:31 am

      Tidak, tergantung kameranya.

  • dary September 19, 2015, 6:17 am

    Thanks mas,ini sangat bermanfaat sekali buat saya dan yang lain ketika akan menentukan pilihan.

  • Enche Tjin September 17, 2015, 10:21 am
  • Guti September 15, 2015, 9:25 am

    saya sudah 5 tahun bekerja di fotografi tapi cuma di kampung dan orderan saya cuma foto pengantin,ulang tahun,akiqah dll tapi bukan di gedung kok.walaupun sudah lama tapi belum terlalu mahir,yang saya mau tanyakan kamera dslr apa yang cocok untuk saya,tapi saya mau beli nikon

    • Enche Tjin September 15, 2015, 11:35 pm

      Tergantung anggarannya berapa ya?

  • Deska September 14, 2015, 11:13 pm

    Numpang tanya om, bagusan canon 60d apa nikon d7000,mohon dijabarkan om…

  • Jordi Diaz September 14, 2015, 6:18 pm

    Om, mau tanya nih… Kalau untuk resolusi hasil gambar & fitur2nya, bagusan Canon atau Nikon???

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:40 pm

      Masing-masing punya kamera yang profesional sampai yang sangat pemula, kualitas tinggi dan rendah, jadi sebaiknya dibahas per kamera.

  • trias September 13, 2015, 8:31 pm

    Ko enchen, saya kuliah di jurusan broadcasting dan sedang ingin membeli kamera . kira2 kamera dslr bagi pemula yg bagus dlm bidang videografi dan fotografi apa ya ? Yg tidak terlalu over budget .

    • Enche Tjin September 13, 2015, 11:59 pm

      Budgetnya berapa?

  • Smith September 12, 2015, 12:30 am

    Malam Koh En.
    Saya punya Nikon D750 pemberian hadiah dari Dice saya (Nikon D750 body only).
    Dan saya ingin menggunakan lensa utk in and out door.
    Kira2 lensa jenis dan type apa utk N.D750 yg cocok ????.
    Xie2.

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:57 am

      Untuk yang cukup fleksibel saran saya Nikon 24-120mm f/4 VR.

  • Duta September 10, 2015, 1:56 pm

    Ko Enche pilih cannon 60d atau nikon d5200 ,?

    • Enche Tjin September 10, 2015, 6:44 pm

      Saya cenderung milih Canon 60D karena body dan fiturnya lebih lengkap.

  • emen seran wilik September 10, 2015, 10:30 am

    pagi ko enche,sy mau tanya klo utk foto wedding dan prewedding bagusan pake kamera Nikon apa

    • Enche Tjin September 11, 2015, 12:16 am

      Nikon D750 saya dengar mantap.

  • ganda September 8, 2015, 6:55 pm

    Mau tanya om, kalau dslr sering dipakai untuk foto milkyway akan berpengaruh pada hasil dan kinerja dslr atau tidak kedepannya? Terimakasih

  • ahmad chairullah September 7, 2015, 12:02 am

    mau tanya nih om, lebih baik canon 600d apa 700d ya ?

    • Enche Tjin September 7, 2015, 4:27 pm

      700D saja.

  • dany September 5, 2015, 10:27 pm

    untuk kamera dsrl sony apa gak ada yang bagus untuk pemula

    • Enche Tjin September 6, 2015, 7:49 am

      Sony sekarang banyak mengembangkan mirrorless, untuk DSLR sebaiknya mencari yang Canon atau Nikon.

  • ale September 3, 2015, 6:20 am

    koh enche, jujur aja ane suka baca2 ttg photography ini baru 1 bln yg lalu, tp dr dulu ane seneng dgn yg namanya jeprat jepret wlpun pake cam pocket exilim. stlh baca ttg ulasan dr koh enche, ane bercermin kediri ane, ane mampu beli yg D3300 tp kepinginnya beli yg nikon D7200. dgn alasan biar gk nanggung dan gonta2i kamera lg fgn punya yg D7200. kira2, ditempat koh enche ada program cicilan gk ya buat D7200. trs misalkan ada, kira2 pake lens apa yg sekiranya sapu jagat koh. biar saving money jg. mohon pencerahannya koh, thks banyak

  • Dinz Yakuz September 1, 2015, 1:37 pm

    Hmm.. . ap gan rekom camera yg bgus wat fto treveller..?
    Tolong info.a

  • Dinz Yakuz September 1, 2015, 6:54 am

    Uwh.. . Kalu buat fto traveller seperti alam bebas gitu rekom camera yg bagus ap gan?

  • Dinz Yakuz August 31, 2015, 9:49 pm

    Maaf tanya gan.. .
    Untuk hasil jepretan yg bagus lebih baik mana?
    Merek Canon apa Nikon

    • Enche Tjin August 31, 2015, 10:27 pm

      Bukan ke merk kamera tapi beda jenis kamera, lensa, maka beda kualitas.

  • ivn August 30, 2015, 11:20 am

    Mau tanya dong kalau dslr untuk pemula lebih baik nikon d5500 atau canon600d terimakasih

    • Enche Tjin August 31, 2015, 5:21 am

      Nikon D5500 menurut saya lebih baik.

  • Abee syarifudin August 29, 2015, 1:21 am

    malam, minta pendapat dari admn, saya mau membeli kamera antara canon 7d dan nikon d7100, dari kedua pilihan tsb mana yg terbaik?

    • Enche Tjin August 29, 2015, 7:45 am

      Saran saya Nikon D7100, kualitas gambarnya lebih baik, tapi kalau kerjaaanya motret subjek bergerak, seperti sport, 7D lebih bagus karena bisa menampung banyak foto berturut-turut.

  • Aldhi August 26, 2015, 1:29 am

    ko, saya minta rekomendasi dong buat lensa yang murah buat pemula yg make nikon d5500 selain kit II? , takut salah beli. butuh pencerahannya sih lebih ke lensa tele dan fix nya aja. trims

  • Hendrik Riksa August 14, 2015, 12:17 am

    Maaf ni nyelonong trus.. dipemula gini 760d kit 18-135 ky kgedean n kmhalan, klo ganti lens aja ke kit 750d 18-55 bs tambah fix 50-f1,8 mending mana. Btw sklian rekomeds ini ke ranafotovideo, kira2 in dollar ga Maklum, Salam

  • Hendrik Riksa August 13, 2015, 9:48 pm

    Iya bung enche, skrg tinggal di bodiny tu. Niatny jg muncul dr nak yg gede ni laki klas 3 smp, mulai minta d mongajarin dia. Seterusny si bakalan kedia sering pake, klo tuk anak abg laki smp, bodi bs kuat d awet mending 760d pa 70d, klo 760d (ampe bodi) kira2 kuat g dipake nak kecil belajar. Makasi ni sblumny. Salam

    • Enche Tjin August 13, 2015, 10:17 pm

      Kuat, asal jangan dibanting-banting aja pak he he he.

  • Hendrik Riksa August 13, 2015, 3:23 am

    Slam knal Bung Enche, preman pensiun minta tolong pendapatny, stlh kasak kusuk recomen2 internet jatuh pilihan ke canon 760d. Kira2 ni kamera bisa g gua pake d pelajari dgn cepat, background gua cuma jaman dulu sering d lama pake kamera slr analog (th 82s/d2000an krn ortu tp ga ampe pro cm iseng2 n jalan2) strusny cm dgn kamera Hp terbaik, skrang nganggur pengen slr yg duniany dah digital. Jd bisa cepet g ya canon 760d tu dipelajari, kbtulan gua tipe serius d ngulik tp pelupa. Kperluan utk momen keluarga anak dua d jlan2 d olah raga bini di voli. Buged 15jt kebawah. Terima kasih

    • Enche Tjin August 13, 2015, 9:01 pm

      Oke tuh 760D pilihan yang oke.

  • Lauren August 12, 2015, 10:04 pm

    Selamat malam ko,mau nanya. Saya kan pemula dalam dunia fotografi,pengen beli kamera yang praktis dan memuaskan, biar sekalian untuk kedepannya(dalam jangka waktu yang lama)gak perlu beli atau ganti kamera lagi.Dari review yang kk buat,saya tertarik antara Canon 700D/760D,Canon 70D, dan Nikon D5500,kira2 lebi baik saya membeli yang mana ya agar tidak menyesal?atau apakah ada saran lain?terimakasih.

    • Enche Tjin August 13, 2015, 9:04 pm

      Untuk awalnya saran saya Canon 760D kamera yang fiturnya tergolong cukup lengkap untuk memulai. Kalau ingin yang paling ringan, dengan kualitas gambar oke, Nikon D5500.

      • Lauren August 15, 2015, 10:05 am

        Terimakasih atas balassannya sebelumnya ko.Kalau boleh annya lagi,untuk pemula,menurut koko sendiri,lebih baik menggunakan dslr atau mirror less?Bagaimana dengan canon 700D/760D dengan olympus EPL7/EM50?
        Mohon dibalas (lagi) ya ko.

  • kurniawan perkasa August 12, 2015, 2:38 pm

    maaf ada tambahan….budget saya sekitar 6-8 jutaan….trm ksh

  • kurniawan perkasa August 12, 2015, 2:37 pm

    sore ko…maaf mengganggu
    sy mau minta info,sy pemula yang sedang mau belajar fotografy cm bingung utk menentukan camera yg cocok dan pas utk di pakai,kebutuhan sy ingin camera yg bs mempunyai hasil bagus apabila photo di kondisi kurang cahaya,dn jg bagus dn terang di kondisi terang.
    saat ini sy suka di mintai tlong oleh rekan2 CLUB MOTOR di daerah2 utk foto tp kondisi minim cahaya….tp kadang jg suka di panas terik….yg berakibat adanya backlight…mhn pencerahannya…trm ksh

    • Enche Tjin August 13, 2015, 9:05 pm

      Mungkin Canon 700D masuk dalam budget, untuk teknik foto dan pencahayaannya sebaiknya belajar fotografi dan flash.

  • diva August 9, 2015, 8:00 pm

    Koh kalo budget 6jtan paling baik ambil yang apa ya ? Kegunaan cuma untuk hobi foto foto biasa

    • Enche Tjin August 9, 2015, 8:18 pm

      Kamera DSLR? Nikon D3300 sekarang sekitar 5.3 juta.

  • sandra August 6, 2015, 8:19 pm

    Salam ko enche..
    Diantara canon 700d dan nikon d5200, kira_kira untuk ketahanan batterai nya masing_masing berapa shot.. mohon bantuan nya ko.

    • Enche Tjin August 6, 2015, 8:34 pm

      Canon 700D = 440 jepret, Nikon D5200 = 500 jepret.

  • iPhobz July 22, 2015, 4:15 pm

    Koh, sya akan mmbuat keputusan utk memilih Canon 5D Mark III sbgai pilihan trbaik sya, gmna mnurut Koh? Apakah ada recom dslr lain koh? Dan jika tdak sya brncana membeli yg second-hand aja koh dan ada 2 yg available koh dgn SC 40k+ (23jt) dan SC 40 only (26jt) dan mana kah yg trbaik utk sya beli mnurut koh ? Dan apa yg hrus sya lakukan utk pngecekan slanjutnya koh?
    Tolong pencerahan dan nasihat nya TrimaKasih Koh

  • Bintang Dwitama July 22, 2015, 11:53 am

    Pak Enche, mau nanya kalo kamera Sony slt a58k bagus gak untuk pemula.
    Mohon bantuanya, makasih.

    • Enche Tjin July 22, 2015, 9:41 pm

      Bagus, tapi saya gak anjurkan karena perkembangan kamera Sony lebih banyak ke mirrorless kedepannya.

  • reza July 19, 2015, 6:19 pm

    pak enche, antara canon 700D dan samsung nx300m, lebih prefer mana ni pak? dr segi kualitas hasil, fitur dan kehandalan 🙂

    saya suka fotografi sport, landscape.

  • Antonio July 7, 2015, 9:58 am

    Galau total
    Canon 600d, 60d
    Nikon 5200 ato 5500
    mohon bimbingannya dan bantuannya
    Untuk budget +/- 8 jt
    Untuk pemula yg mw belajar fotografi
    terjebak di perbedaan megapixel
    Dll.

    • Enche Tjin July 8, 2015, 9:13 pm

      Rekomendasi saya Nikon D5500

  • Gravi June 23, 2015, 10:39 pm

    Ko mau tanya lb baik beli fuji XM1 dengan lensa kit 16-50mm atau XM1 dengan lensa fix 35mm 1/4..soalnya paket nya beda2..thanks

    • Enche Tjin June 24, 2015, 1:31 am

      Kalau baru pertama beli dan juga untuk berbaga situasi lebih baik yang 16-50mm.

  • Jessica June 19, 2015, 5:37 pm

    Ko mau mnt saran nih. Butuh buat hobby (foto makanan, pemandangan, momen) dan matkul fotografi (termasuk shooting dll). Tdk terlalu suka yg terlalu berat. Antara canon700d 18-55mm vs. Fujifilm XM1 16-50mm/18-55mm dengan harga yg +/- mirip, lebih baik dan lebih worth yg mana ya?

    • Enche Tjin June 19, 2015, 9:09 pm

      Lebih baik yang Canon 700D, karena lensa, aksesoris dan fungsinya lebih bnayak terutama untuk kuliah lebih bagus.

  • Fajar June 11, 2015, 7:23 pm

    boleh nanya sedikit gak disini, mau nanya saya kemaren abis ambil Canon 60d+Lensa kit, nah ada dana lebih, kira2 ambil lensa apa ya koh sekitar 2,5jtan, apakah tele tamron 300mm? buat hunting gitu koh trms soalnya saya masih pemula mau belajar lebih serius difotography hehe

    • Enche Tjin June 11, 2015, 9:32 pm

      Lebih baik yang merk Canon, seperti 55-250mm IS.

  • Dodi June 10, 2015, 11:45 am

    Kalo 60d vs 700d yang mana yang menang koh?

    • Enche Tjin June 10, 2015, 5:47 pm

      Canon 60D lebih unggul.

  • Dodi June 9, 2015, 7:32 pm

    Mau nanya koh tolong dijawab yaa, Pilih Nikon D5500 atau Canon Eos 700d Lensa 55-135mm ??

    • Enche Tjin June 10, 2015, 11:01 am

      Saya pribadi memilih Nikon D5500, lebih ringan, kecil, kualitas gambarnya lebih tajam. 700D juga sebenarnya cukup bagus, terutama lensanya lebih fleksibel, bisa zoom cukup jauh, sedangkan kalau Nikon biasanya dipaketkan dengan lensa lebar-pendek saja. Perlu lensa tambahan untuk lensa telefotonya.

  • rico May 26, 2015, 12:36 pm

    koh mau tanya..saya mau beli 700d, lebih baik dengan kit nya atau 700d body only trus beli lensa 50mm 1/8. buat jalan jalan..tks koh..

    • Enche Tjin May 27, 2015, 12:24 am

      Lebih baik dengan kitnya kalau belum punya. Selanjutnya baru beli yang 50mm f/1.8.

  • deni aldiansyah May 20, 2015, 9:03 am

    koh mau nanya

    menurut koh lebih prefer ke cannon 700d apa 60d? sarannya koh biar gk salah pilih hehe

    • Enche Tjin May 20, 2015, 10:51 am

      Saya sudah pernah bahas disini perbandingan antara keduanya.

      • deni aldiansyah May 20, 2015, 12:10 pm

        thx koh 🙂

  • iyan syah May 19, 2015, 12:43 pm

    om enche sy mau tanya ni.. lebih baik nikon d3200 atau nikon d 3300 untuk seorang pemula seperti sy?

    • Enche Tjin May 20, 2015, 1:28 am

      Saran saya yang Nikon D3300, kualitas fotonya lebih tajam.

  • edy May 14, 2015, 1:55 am

    Buat pemula pilih yg canon 1100 apakah bagus dan seimbang om.

    • Enche Tjin May 15, 2015, 10:53 pm

      Bagus untuk memulai belajar fotografi, tapi tentunya bukan yang paling bagus ya.

  • Fred May 4, 2015, 4:04 pm

    koh…kalau mau ambil gambar bergerak pada area terbuka ( landscape) sebaiknya kamera dengan spesifikasi bagaimana.
    Terima kasih.
    Salam
    Fred

    • Enche Tjin May 5, 2015, 10:37 pm

      Sekarang ini kamera digital pada umumnya sudah bagus-bagus karena teknologinya sudah cukup matang. Kamera yang bagus untuk subjek bergerak sangat cepat adalah kamera DSLR profesional seperti Canon 7D mk II.

  • Hendra May 4, 2015, 5:17 am

    Ko Enche, minta rekomendasinya yah..
    Saya sekarang pakai nikon D5500 kit 18-55mm, rencana mau ganti lensa yang bisa di pakai untuk foto potrait, model, landscape dan candid. Saya hanya mau pakai 1 lensa saja biar gak repot gonta ganti lensa.
    Minta saran 2 alternatif lensa, harga 5-10jt sama lensa dibawah 5jt yang kualitas lensanya bagus dan bisa dipakai untuk kebutuhan foto diatas.
    Thank you yah ko…

    • Enche Tjin May 5, 2015, 10:44 pm

      Lensa sapujagat itu praktis, serba bisa, tapi biasanya yang dikorbankan adalah kualitas. Coba baca artikel ttg sapujagat.

  • indra sahputra May 3, 2015, 7:21 pm

    Mas, kalo buat pemula, kamera nikon seri berapa yang pas buat segala jenis photografi,
    Saya pilih nikon karna ditail ketajaman gambar dan kelihatan lebih natural hasilnya …

    • Enche Tjin May 5, 2015, 10:42 pm

      Tergantung budget juga pak dan apakah mau kamera yang agak besar, atau yang kecil?

  • irsan April 30, 2015, 12:16 pm

    Mau tanya lagi koh, saya lagi galau nih koh enche, beli nikon D7100 atau Pentax k3, tolong bantu saran ya koh, saya suka photo outdoor yg tajam hasilnya.
    Trima kasih

  • ichall April 28, 2015, 4:34 am

    Om klo nikon D5500 cocok ga buat acara wedding?

    • Enche Tjin April 30, 2015, 2:03 am

      Bisa saja, tapi kalau untuk profesional mendingan kamera yang lebih pro seperti Nikon D7xxx

  • irsan April 26, 2015, 2:57 pm

    Siang koh Enche,
    mohon pejelasannya nih dari koh Enche, apakah ada perbedaan dari sisi kualitas pada Nikon D7100 yang garansi resmi dan yang garansi toko alias grey market? trima kasih ..

  • Arfin April 21, 2015, 3:00 pm

    Om…mendingan 760d atau 70d…soalnya mau upgrade nih dari 600d…

    Oh ya…lensa yang cocok buat lomba kayak canon foto marathon itu gimana ?..

    Maksih sebelumnya..

    • Enche Tjin April 21, 2015, 3:41 pm

      Perbincangan antara 760D dan 70D bisa disimak disini.

      Kalau lensa tergantung temanya apa juga, kalau bisa siapkan segala jenis lensa, dari lebar, telefoto, makro dll he he he

  • Yudistira April 18, 2015, 7:37 pm

    Mas Enche, saya pgn beli kamera DSLR untuk Travel dan potrait, kebetulan saya sudah sedikit tau cara pengoperasian DSLR, saya dilema dengan DSLR Canon EOS 760d dan Nikon D5500, Saya sudah membaca review kedua kamera tersebut, menurut mas enche kamera mana yang pas dengan kebutuhan saya?, Tolong pencerahannya ya mas. 😀 kalau bisa tolong dibuatin artikel perbedaan kedua kamera tersebut. hehe. Terima kasih.

    • Enche Tjin April 21, 2015, 2:45 am

      Mungkin ditunggu saja ya artikelnya. Sekarang ini Canon 760D belum meluncur ke pasaran.

  • adrian April 15, 2015, 1:28 pm

    Menyambung pertanyaan sdr Afnal, mengapa canon 6D masuk di kategori kamera pemula? kalau di lihat dari fitur’nya sudah bisa di golongkan dengan kamera prof/ tingkat mahir. apakah karena 6D merupakan kamera full frame termurah dari canon, jadi masuk kategori pemula?
    bagaimana hasinya di bandingkan 5D mark 3 dalam kualitas gambar, terutama di iso tinggi. Terima kasih.

    • Enche Tjin April 16, 2015, 12:50 am

      Selain sensornya yang full frame, spesifikasi yang lain seperti autofokus, kualitas body kamera, kecepatan foto berturut-turut, lebih dekat dengan kamera DSLR pemula daripada profesional. Bedakan dengan 7D, 5D yang dirancang untuk profesional. Untuk kualitas gambar di ISO tinggi, 5D mk3 lebih bagus.

  • jenny April 14, 2015, 7:26 pm

    Malam ko….
    Mau nanya soal garansi kamera.. Kalau kamera “garansi toko” itu denger2 kebanyakan brg refurbished ya ko?? Sy rencana mau beli d7100 tp bandingin harga garansi toko sm resmi beda hampir 4jt ko.. jd galau jg hehehe… Thanks…

    • Enche Tjin April 15, 2015, 12:01 am

      Biasanya barang selundupan atau grey market. Harganya bisa lebih murah karena tidak kena pajak + cukai dan tidak melalui jalur distribusi resmi.

  • heru April 13, 2015, 4:20 pm

    salam kenal om….
    kalau dengan kamera D90 + lensa standart 18-105 apa sdh termasuk jadul…& apa kelebihan/kekurangan d90 ini tks..

    • Enche Tjin April 14, 2015, 1:42 pm

      Kalau di dunia kamera, Nikon D90 termasuk sudah jadul, karena keluaran tahun 2008. Tapi untuk dipakai gak masalah, tetap bisa menghasilkan karya foto yang bagus jika kita menguasai cara penggunaan dan tekniknya.

  • rahina satria April 8, 2015, 11:55 am

    om..
    klo nikon d3300 ada battery grip nya gk ?

    • Enche Tjin April 8, 2015, 1:16 pm

      Ada, cuma bukan buatan Nikon resmi. contohnya yang ini.

  • riyan April 7, 2015, 2:52 pm

    makasih ko artikelnya….
    mw pertimbangin dulu antara d3200 ma d5300…

  • irsan April 5, 2015, 9:39 pm

    Malam bg Enche,
    Mohon masukannya bg, sy punya Canon 60D dan sudah kurang puas dgn hasilnya, saya mau upgrade, pilihan saya Canon 70D dan mirrorless sony Alpha A6000. Baiknya bagaimana bg Enche?
    Terima kasih sebelumnya 🙂

    • Enche Tjin April 6, 2015, 2:21 pm

      Kurang puas dengan hasilnya maksudnya bagaimana ya? Bisa dijelaskan apanya yang kurang?

  • diky April 5, 2015, 8:52 am

    Pagi ko,saya mau nanya saya masi belajar foto kenapa hasil foto potrait saya dengan d3100 berbeda warna setelah dilihat di monitor CRT? Dilihat di imac teman jga beda lg dikamera keliatan cerah di imac jd gelap,apa memang karakter nikon? Saya di sarankan ganti canon mohon solusinya ko.
    terimakasih.

    • Enche Tjin April 5, 2015, 9:00 am

      Layar LCD memang bukan patokan kecerahan gambar karena layar LCD tergantung dari setting brightness layar dan kondisi cahaya lingkungan. Setiap monitor memiliki keterbatasan dalam menampilkan warna (terutama yang monitor CRT).

  • Mark April 4, 2015, 1:36 am

    Kalo D7000 knp ga ada ya? Apa karena udh digantikan oleh D7100 dan D7200?

    • Enche Tjin April 4, 2015, 10:19 am

      Iya sudah ada penggantinya

      • Mark April 6, 2015, 1:24 pm

        kalo harga d7000 kira” brp ya? apa d7000 masih bisa bersaing dengan kamera” yg baru keluar akhir” ini seperti d5500?

  • cakjoe April 1, 2015, 8:01 pm

    om. kalo d5200 kenapa ga rekom? banyak kelemahannya dibanding yang di atas?

    • Enche Tjin April 4, 2015, 10:42 am

      Karena sudah ada penggantinya D5300 dan D5500, keduanya pilihan yang lebih baik terutama segi ketajaman gambarnya.

  • Agisnu April 1, 2015, 5:15 pm

    Mau tanya juga bang, apa sensor 6d itu sama dengan sensor 5d mark III dan 1dx ?. Kira kira menurut bang enche bagaimana kualitas gambar dari 3 kamera tersebut kalau meotret satu objek dengan di pasangkan lensa yang sama dan letak pencahayaan yang sama. Apa hasil gambarnya juga sama bang ?

    • Enche Tjin April 4, 2015, 10:52 am

      Sensornya tidak sama, jadi kualitasnya sedikit berbeda. Yang 1DX paling bagus kalau di kondisi gelap/ISO tinggi. Yang 5D mk III bisa dibilang cukup berimbang/terbaik. 6D sedikit dibawah.

      • Agisnu April 4, 2015, 10:03 pm

        Sedikit berbeda itu dari segi mananya bang. Warna, ketajaman atau noise ?
        Saya pernah compare hasil jepretan saya dengan teman, dia pake 5d mark iii saya pake 6d. Lensa kami sama ef 24-105mm. Memang gambar kami keliatan berbeda trus saya tanya ke dia kok bisa beda dia bilang “itu karna saya pakai flash metz, cahayanya lebih putih”. Jadi menurut bang enche gimana ? Apa itu memang pengaruh cahaya flash atau memang karna perbedaan sensor ?

        • Enche Tjin April 5, 2015, 9:05 am

          Bedanya cuma di resolusi gambar saja. Kemungkinan besar gara2 flash yang dipakai. Kalau ingin membandingkan sebaiknya sama-sama pakai flash yang sama, atau tidak sama sekali.

  • Mangde April 1, 2015, 3:19 pm

    Sore Om..
    Saya mau nyari pertimbangan dari om neh, saya suka landscape dan portrait, menurut om Nikon D700 bagus gak om? Apakah Nikon D700 juga bagus untuk low light? Saya ingin beli yang second hand dalam wktu dekat ini, thanks om..

    • Enche Tjin April 4, 2015, 10:53 am

      Nikon D700 bagus untuk low light, tapi untuk pemandangan kurang (relatif terhadap kamera-kamera lain saat ini).

  • Gede Bagus April 1, 2015, 12:42 pm

    kayaknya yang Canon 6D lebih masuk kantong saku ya….pas banget lagi nyari ada pembahasan ini.. 🙂

  • Afnal March 31, 2015, 11:15 am

    Canon EOS 6D dan Nikon D610 Mas Entje rekomendasikan untuk pemula. Apa kira-kira alasannya? Bukankah kedua kamera full frame itu minim mode auto? Terlebih dahulu terima kasih atas jawabannya.

  • Arleigh Burke March 30, 2015, 7:48 pm

    Tujuannya Hanya untuk foto-foto saja bukan untuk kerja, kalau alternatif lain seperti nikon d5200 kit + af-s 50 1.8g cukup baik untuk sampai iso 6400,dan untuk lensa kit nikon yang vrgen 1 dan vrgen2 perbedaan kualitas gambarnya sangat berbeda,dan untuk nikon d5200,d5300,d5500 apakah kemampuan high iso ya berbeda signifikan.Terimakasih

    • dudik wibiwo March 31, 2015, 6:46 am

      Kemampuan high iso nikon 5500 mak nyussss… Sgt bagus.
      Bisa dilihat sample fotonya di http://www.kenrockwell.com

    • Enche Tjin March 31, 2015, 8:49 am

      Sensor gambar D5300 dan D5500 sama, tapi processing di D5500 lebih bersih di ISO tinggi. Rekomendasi saya skip D5300 langsung ke D5500.

  • Arleigh Burke March 30, 2015, 5:33 pm

    Om Enche fujifilm XM-1 + 16-50 + 35 1.4 harga 10 jt an apakah best buy, dan untuk foto-foto indoor seperti gathering,weding kamera dan lensa tersebut cukup memadai.terimakasih

    • Enche Tjin March 30, 2015, 7:21 pm

      Apakah ini buat profesional/kerja foto wedding? Jika iya, jawabannya gak tepat. Kalau cuma hobi pribadi cukup ok, tapi harus disadari bahwa kelemahan kamer XM1 adalah autofokusnya tidak begitu cepat dan videonya kurang baik. Lensa kit 16-50mm juga bukan yang terbaik, tapi yang 35mm f/1.4 (ketengan 5 jutaan) bagus.

  • ahmed March 30, 2015, 4:05 pm

    koh enche knp full frame yg tingkat professional justru mega fixelnya rendah baik itu nikon canon?? spt canon 1D dan nikon D4??, td sampe 20 mpix

    alhamdulilah koh sne dh beli 70D.. ;D

    • widyawati March 30, 2015, 6:51 pm

      jangan nyesel lho….
      padahal dr image quality bagusan Canon 760D drpd 70d.
      Canon 760D lebih tajam & lebih detail,
      hehehe…

      • ahmed March 30, 2015, 9:48 pm

        haha knp mesti nyesel, klo pengn qualitas gbr mah mending ambil nikon D5300, yg penting lensanya sich..:D, lumayan buat belajarrr

    • Enche Tjin March 30, 2015, 7:18 pm

      Megapixel dibikin gak terlalu tinggi untuk mencegah terlalu banyak noise saat motret di ISO tinggi. Kedua supaya proses data bisa lebih cepat selesai untuk foto berturut-turut.

  • anto March 30, 2015, 11:35 am

    Trims Pa Enche atas infonya..
    Saya juga Lagi galau beli antara D610 atau D750 selisihnya 4 juta ya?kalau D810 lewat aja karena terlalu tinggi harganya.
    Karena kebutuhan untuk kerja jadi saya gak mau salah pilih, job saya untuk motret wedding, prewed, dan portrait aja tidak perlu video juga, mungkin D610 aja..tapi ada yg bilang tanggung nabung dikit lagi dpt D750 yang lebih bagus di low light & iso tinggi, dananya cukup kalo buat D750 saya udah baca berkali2 reviewnya D750 vs D610 yang di tulis Pak Enche tapi masih bimbang juga..

    • Enche Tjin March 30, 2015, 12:51 pm

      Ya udah gak usah bingung-bingung, langsung Nikon D750 he he he

  • gerry March 30, 2015, 6:00 am

    Koh, review yang bagus. 🙂 Minta tolong untuk merek lain juga dong, sony, pentax, fujifilm dll… makasih.

  • Rizki F March 30, 2015, 12:46 am

    Baca dari A_Z sepertinya tidak ada yg terlewatkan ko….

  • komkom March 29, 2015, 11:53 pm

    bung , diatas bahas canon 5d.mark iii , bgmn dengan yg mark ii ? utk keperluan wedding , portait. krn sy trbatas.dana , saat ini menggunakan d7000 mau pindah agama, bgmn mnrt bung.ence

    • Enche Tjin March 30, 2015, 9:12 am

      mk II kamera yang sudah cukup lama (2008) jadi saya tidak masukkan lagi disini. Yang mirip ya Canon 6D.

Leave a Comment