≡ Menu

Rekomendasi kamera mirrorless 2015 bagian 1

Di tahun 2015 ini, kamera mirrorless perlahan-lahan mulai banyak diminati oleh penggemar fotografi yang merasa kamera DSLR terlalu besar dan berat untuk jalan-jalan. Banyak pilihan kamera mirrorless sering membuat pusing kepala. Di pos bagian pertama ini, saya akan mengulas singkat dan memberikan rekomendasi kamera yang menurut saya seimbang dari fitur, harga dan kinerjanya. Merk yang saya akan bahas disini adalah Sony, Fujifilm, Olympus dan Panasonic.

Untuk Samsung, Canon, Nikon dan Leica bisa dibaca di bagian kedua.

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kurs dan promosi.

Warna hitam : Ada pilihan yang lebih baik
Warna biru : Saya rekomendasikan untuk fotografer pemula
Warna hijau : Saya rekomendasikan untuk fotografer serius/mahir
Warna merah : Saya rekomendasikan untuk fotografi spesifik/khusus

Daftar kamera Sony, harga dan rekomendasi

Kamera Sony terbagi menjadi dua format, yang bersensor APS-C dan full frame. Saya akan mengulas yang APS-C terlebih dahulu, kemudian yang full frame (seri A7).

Sony A5000 – Harga: Rp 5.5 juta dengan lensa kit – Kamera Sony yang paling terjangkau dan ringkas, tapi autofokusnya pelan dan sulit fokus terutama saat di indoor atau tempat gelap.
Sony A5100 – Harga 8 juta dengan lensa kit – Ringkas, ringan, autofokus cepat, layar bisa dilipat dan touchscreen, fiturnya oke, kurangnya tidak ada hotshoe diatas kamera. Bagus untuk traveler. [Review]
Sony A6000 – Harga 9.5 juta dengan kit lens – Fiturnya komplit untuk amatir dan bahkan untuk semi-profesional. Bahan kamera dari logam, punya jendela bidik optik dan hotshoe. Satu-satunya kelemahan adalah layarnya tidak touchscreen. [Review]

sony-a6000

Sony A6000


Sony A7
– Harga Rp 13 juta – Kamera full frame termurah dan teringkas saat ini, dan cocok jika Anda banyak mengunakan lensa zoom Sony yang ada stabilizernya. [Shooting report dengan 24-70mm f/4]
Sony A7 mk II – Harga Rp 21 juta – Memiliki beberapa peningkatan dari A7, seperti punya stabilizer dibadan kamera. Ukuran grip sedikit lebih besar, lebih enak untuk digenggam tapi 125 gram lebih berat (599 gram). Cocok jika Anda lebih suka motret dengan lensa fix (kebanyakan gak ada stabilizernya) atau video. [Review]
Sony A7R – Harga Rp 25 juta –  Resolusi foto paling tinggi (36 MP), tanpa filter AA membuat hasil foto tajam. Cocok untuk foto landscape, atau komersil. Punya beberapa kelemahan seperti tidak ada electronic first curtain shutter sehingga shutter agak lambat dan suaranya keras, autofokusnya lambat dan perlu disiplin foto yang baik untuk mendapatkan kualitas foto yang terbaik. Cocok bagi fotografer studio.
Sony A7R mk II – Harga Rp 40 juta – Resolusi 42 MP dan bisa merekam video 4K, punya stabilizer built-in dan autofokus 339 titik hybrid. Kamera seri A7 yang terbaik dan mungkin mirrorless terbaik juga.
Sony A7S – Harga Rp 27 juta – Kamera yang cukup unik ini hanya memiliki sensor 12 MP, tapi punya banyak kelebihan lainnya, misalnya punya pilihan elektronik shutter, sehingga waktu motret tidak bersuara, bisa rekam video 4K dengan aksesoris Atomos Shogun. Rentang ISOnya sangat tinggi, yaitu mencapai ISO 400.000. Bagus untuk fotografer/videografer liputan, dan street photography. [Review]

Daftar kamera Fuji, harga dan rekomendasi

Fujifilm X-A1 – Harga Rp 7 juta dengan lensa kit – Kamera paling terjangkau tapi dengan fitur yang sangat basic.
Fujifilm X-A2 – Harga Rp 8 juta dengan lensa kit – Beberapa peningkatan dari X-A1 yaitu layar LCD bisa dilipat dan diputar keatas untuk selfie. Lensa kit yang bisa fokus lebih dekat (untuk close-up/makro), dan autofokus yang lebih bagus. Resolusi foto tetap sama yakni 16MP dengan sensor CMOS (bukan X-Trans).
Fujifilm X-M1 – Harga Rp 7 juta dengan lensa kit – Khas dari Fujifilm adalah sensor X-Trans tanpa filter AA yang tajam. Fitur dan kinerja X-M1 biasa saja, tapi punya hotshoe untuk flash untuk foto studio.
Fujifilm X-E2 – Harga Rp 13 juta body only – Bedanya dengan X-M1 adalah X-E2 punya jendela bidik elektronik dan juga punya dial shutter speed diatas kamera layaknya kamera film. Kinerjanya autofokusnya lebih cepat dari X-M1 dan bodynya lebih kokoh, juga punya built-in flash. Sekitar 100 gram lebih ringan dari X-T1.
Fujifilm X-T10 – Harga: 11.8 juta. Kamera yang fitur-fiturnya mirip dengan XT-1 dengan berbagai kekurangan untuk menghemat ongkos produksi, seperti jendela bidik yang lebih kecil, tidak tahan air dan debu, dan buffer untuk foto berturut-turut lebih kecil.
Fujifilm X-T1 – Harga Rp 16 juta body only – XT-1 punya jendela bidik yang lebih besar dan bagus dari X-E2, lebih tahan cuaca dingin sampai dengan -10 derajat Celcius, dan electronic shutter sampai dengan 1/32000 detik.

fujifilm-xt1

Fujifilm X-T1

 

Daftar kamera Olympus & Panasonic, harga dan rekomendasi

Catatan: Olympus dan Panasonic termasuk dalam konsorsium micro four thirds. Mount yang digunakan sama sehingga lensa Olympus bisa dipasang ke kamera Panasonic dan sebaliknya.

Olympus PEN EPL6 -Harga Rp 5.85 juta dengan lensa kit – Kamera ringkas yang terjangkau. Kualitas gambarnya tidak berbeda jauh dengan kamera yang lebih tinggi harganya.
Olympus PEN EPL7 – Harga Rp 8.9 juta dengan lensa kit – Punya fitur wifi dan layar LCD yang lebih bagus dari EPL-6.
Olympus PEN EP5 – Harga Rp 11.7 dengan lensa kit – Beda utama dari seri E-PL adalah EP5 punya built-in flash, dan maksimum shutter speed lebih cepat (1/8000 detik).
Olympus OMD EM10 – Harga 11.5 juta dengan lensa kit – OMD EM10 dibuat untuk memberikan alternatif pilihan bagi yang memiliki dana yang tidak terlalu besar tapi menginginkan kamera Olympus dengan jendela bidik. Ukurannya lebih kecil dari EM5 dan juga memiliki sensor shift stabilization, tapi hanya 3 axis.
Olympus OMD EM5 – Harga Rp 8.8 juta dengan lensa 12-50mm – Salah satu kamera Olympus tersukses di dunia mirrorless dan sekarang sudah ada penerusnya yaitu mk II. Punya sensor shift stabilization 5 axis pertama di dunia, dibandingkan EM5 generasi ke-2, kinerjanya lebih pelan dan layar LCD-nya kalah tajam/detail.
Olympus OMD EM5 mk II – Harga Rp 14 juta body only –  Fitur EM5 mk II terbilang lengkap untuk foto maupun video. Yang merupakan kelebihan kamera ini adalah punya built-in sensor shift stabilization 5 axis yang berguna untuk foto, video dan juga untuk memotret dengan resolusi tinggi. Selain itu ada wifi dan kinerja kecepatan keseluruhan lebih baik.[Review]
Olympus OMD EM1 – Harga 19.5 juta – Kalau soal fitur, sebenarnya lengkapan EM5 mk II, tapi EM1 ini memiliki kelebihan dalam hal adaptasi dengan lensa-lensa Olympus four thirds (4:3) jaman kamera DSLR autofokusnya masih bisa berfungsi . Punya grip yang lebih menonjol sehingga lebih enak dipegang. [Review]

olympus-em5-mk2

Olympus OMD E-M5 mk II

 

Panasonic GF7 – Harga Rp 7.3 juta dengan lensa kit – Kamera dengan layar LCD yang bisa dilipat ke atas untuk selfie. Ukurannya sedikit lebih besar dari GM1.
Panasonic GM1 – Harga 5.85 juta dengan lensa kit – Kamera yang sangat mungil seperti kamera compact dengan kinerja yang baik. Baru-baru ini ada penurunan harga yang cukup signifikan. [Ulasan]
Panasonic GM5 – Harga Rp 10.8 juta dengan lensa kit – Konsepnya mirip dengan GM1, namun ada built-in jendela bidik kecil dan flash. Ukurannya jadi sedikit lebih besar. Sayang harganya masih agak tinggi.
Panasonic GX7 – Harga Rp 8.85 juta dengan lensa kit – Kamera yang cukup komplit dari segi fitur dan kinerjanya. Kamera satu-satunya dari Panasonic yang memiliki teknologi sensor shift stabilization (meski tidak sebaik teknologi 5 axis stabilization Olympus).
Panasonic GH4 – Harga Rp 20 juta – Kamera profesional ini sangat populer untuk videografi karena dapat merekam video dengan resolusi sangat tinggi (4K) dan sangat tajam.

Sangat kecil fisik luarnya tapi menyimpan sensor gambar berukuran besar dan fitur yang canggih

Panasonic GM1 – Sangat kecil fisik luarnya tapi menyimpan sensor gambar berukuran besar dan fitur yang canggih

—–

Komentar

Di tahun 2015, ini Sony, Olympus, Fujifilm termasuk tiga besar di kamera mirrorless. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri. Sony punya kamera yang cukup bervariasi dari sensor APS-C dan satu-satunya yang memiliki sensor Full frame dalam bentuk seri A7.

Fujifilm menawarkan sensor unik X-Trans dan desain kamera retro dengan lensa-lensa XF yang berkualitas dari fisik dan body-nya. Olympus memiliki sensor shift stabilization, body yang kokoh dan lensa-lensa yang berukuran mungil. Panasonic memiliki kamera dengan desain yang minimalis-fungsional.

Banyak kamera yang bagus diantara 15-20 juta. Yang cukup berimbang antara fitur dan kualitas Fujifilm X-T1 dan Olympus OMD EM5 mk II. Yang menginginkan sensor full frame ada Sony A7.

Dibawah 10 juta, Sony A6000 merupakan kamera yang lengkap fiturnya dengan kualitas gambar yang bagus.

Dibawah 8 juta, Fujifilm X-M1 dan kit (7 juta) cukup baik kualitas gambarnya. Kalau suka yang semungil mungkin, Panasonic GM1 pilihan yang oke. Karena GM1 sekarang ini hanya 5.85 jt, maka jika ada kelebihan dana, bisa buat beli lensa dan baterai tambahan.

—–

Baru beli kamera? Ikuti workshop kupas tuntas kamera & lensa 

Bingung memilih kamera, lensa yang pas? Buku Smart Guide ini akan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 317 comments… add one }
  • Angga Alfiawan May 12, 2017, 9:18 pm

    Saya bingung untuk pilih canon 80d atau sony a7r.. karena terdengar kabar sony a7r terkenal dengan berisik dan focus lambatnya

  • Antonius Ronald December 4, 2016, 8:52 am

    Pagi Ko. Saya mau nanya Kamera Fuji X-A2 apakah sudah cukup bagi pemula fotografi. Sebelumnya saya memakai Canon EOS 400D. Namun sekarang ingin berpindah ke Mirorless. Lalu apakah
    Fuji X-A2 baik untuk Street Photography ?? Saya hobi foto hanya untuk nature, street, urban. Dan Budget saya hanya bisa di Fuji X-A2, Sony A6000, atau Canon EOS M3 ? Mohon rekomendasinya Ko. Terima Kasih 🙂

    • Enche Tjin December 4, 2016, 9:12 am

      Kalau street, perlu kamera yang cepat, biar bisa menangkap momen, dari ketiga pilihan tersebut, A6000 paling cepet.

  • Anang Wibowo November 9, 2016, 4:01 pm

    Koh saat ini saya sdg mempertimbangkan mirrorless weather sealing antara Fujifilm XT-1 atau Olympus OM-D E-M5 mk II, lebih bagus yg mana ya Koh dr sisi kualitas foto yg dihasilkan?
    Kebutuhan utk traveling fotografi dan liputan aktivitas outdoor.

    • Enche Tjin November 10, 2016, 1:28 am

      Kalau banyak aktivitas outdoor saran saya Olympus OM-D EM5 II karena weathersealingnya lebih mumpuni, lensanya banyak pilihan dan compact2. kualitas gambar bagus. Kalau sering foto subjek bergerak di kondisi gelap, bagusan X-T1 karena kualitas gambar di ISO tingginya lebih ok.

      • Anang Wibowo November 16, 2016, 5:22 pm

        OK terima kasih masukannya Koh

  • Fahmi hamdani August 18, 2016, 12:08 pm

    Koh saya mau beli camera mirrorless recomended produk fujifilm atau Sony koh? Pengennya sih yang bisa dibawa traveling naik gunung trus tahan kena gemericik ujan gitu koh

    • Enche Tjin August 19, 2016, 1:18 am

      Kalau weathersealing ada tiga kamera yaitu fuji xt1, xt2 dan xpro2.

  • Maya S August 12, 2016, 1:11 pm

    Siang koh saya mau nanya sebaiknya saya membeli fuji Xa-2 atau Olympus Epl 7 ya karena saya masih pemula dan kebutuhan saya untuk travelling dan di candid. Mohon bantuannya ya koh. Karena saya bingung soal kualitas gambar dan ke noise an nya karena saya mengharapkan photo yang gak noise dan tajam koh. Makasih

    • Enche Tjin August 12, 2016, 8:46 pm

      Keduanya bagus, masing2 ada kelebihannya. Kalau olympus epl7 autofokusnya cepat dan ringkas, lensa2nya tajam dan gak terlalu tinggi harganya. Fuji xa2 sedikit lebih unggul soal noise kalau pakai paket lensa kit.

  • morgan July 19, 2016, 8:22 pm

    hallo om…
    saya mau upgrade kamera ke eos 70d, namun saya juga tertarik dgn mirrorless. masalahnya, saya sdh punya beberapa lensa efs canon dan tdk ingin membuatnya menganggur. pertanyaan saya, apakah lensa2 canon tsb bisa berfungsi baik di kamera mirrorless walaupun dengan adapter dan apakah mempengaruhi hasil foto?

    trims

  • veny July 14, 2016, 10:07 am

    hallo ko,
    saya mau upgrade kamera ne dari cannon 1100D ke kamera mirroless.
    saya punya dua pilihan ne:
    – Canon EOS M3
    – Olympus PEN E-PL6 Mirrorless.
    keperluan saya hanya untuk travelling, food dan street saja…
    mohon bantuannya ko rekomendasi yang mana? atau ada pilihan lain….

  • syahidah July 2, 2016, 3:10 am

    Om saya terlanjur beli sony alpha 5000 dan saya pemulaa kamera utk di pakai buat traveling kira2 itu udh bagus atau gmn om

    • Enche Tjin July 3, 2016, 11:08 am

      Boleh, praktis dan ukurannya kecil. Yang paling penting bisa selfie.

  • Ayu Rahmawati July 1, 2016, 12:31 pm

    Om, butuh pencerahan nih. Saat ini aku punya sony alpha 5000, rencana mau upgrade tapi dengan budget yang minim. Lebih baik pilih sony alpha 5100 (kakaknya) atau canon eos m3? Kebutuhan sih untuk travel, foto makanan dan selfie. Mohon pencerahannya. Thanks.

    • Enche Tjin July 1, 2016, 2:25 pm

      Sony A5100 upgrade yang oke, dapat berbagai peningkatan termasuk kualitas gambar, autofokus, touchscreen dan tetap bisa selfie.

  • Galih June 26, 2016, 9:30 pm

    Ko, mau tanya Olympus EPL7 Ko sepertinya gak ada yg nyari yaa…. Untuk mirrorless pemula pilih Sony a6000 atau Olympus EPL7 atau yg recommend dari Ko mgkn?

    • Enche Tjin June 26, 2016, 10:43 pm

      Kalau saya pribadi merekomendasikan Sony A6000, fitur dan kinerjanya bagus, harga tidak mahal.

  • yohan June 24, 2016, 1:38 pm

    Saya tertarik untuk beli Kamera Panasonic GM1 or Sony A5100, saya masih Pemula dan gak begitu mengerti tentang Dunia Fotografi, saya ingin belajar tapi ingin agar 2-5 tahun kedepan masih mumpuni, dan bukan untuk profesional, keperluan saya hanya untuk travelling, food dan street saja, yang cukup baik di dalam maupun luar ruangan. … Menurut Om lebih baik yang mana?

    • Enche Tjin June 24, 2016, 5:33 pm

      Kalau ingin yang berukuran sangat kecil, GM1 oke, tapi kalau yang fitur, kecepatan dllnya lebih ok, Sony A5100.

  • April June 18, 2016, 2:32 pm

    Bang, saya mau beli mirrorless tapi masih bingung untuk harga 5jtan, sony alpha a5000 atau nikon 1 j5?

  • ardi June 11, 2016, 11:41 am

    bang lagi bingung pengen beli mirrorlens antara X-T10,X-T1,OMD EM5 mk II,A7 mk II, a6300,gx7? mohon pencerahan buat milihnya bang.

    • Erwin Mulyadi June 11, 2016, 1:31 pm

      Dari sensor jelas A7 mk II, dan dari harga juga paling tinggi kan? Kalo mau APS-C yg kinerja tertinggi ya A6300. Tapi kalo cari sistem dgn lensa proporsional (tidak terlalu besar) bisa coba OMD EM5 II itu mantap juga.

  • Dewa May 23, 2016, 9:02 am

    Bang Enche, saya newbie & ingin nyoba pake mirrorless kebutuhan paling buat traveling gitu2 doang, ada yg jual second Mirrorless harga 4,5 jt sbb :
    Mirrorless Olympus PEN E-PL3 Double Kit, Warna Silver, Mulus, Komplit :
    – lensa Olympus zoom 14-42mm f/3.5-5.6 II R
    – lensa Olympus zoom 40-150mm f/4-5.6
    – flash asli
    Worthed gak ya? atau punya saran rekomendasi yg lain gak ya dgn budget 4-5jt second jg gapapa….
    Thanks Bang & ditunggu banget sarannya….

    Dewa

    • Enche Tjin May 23, 2016, 9:46 am

      EPL3 sudah cukup lama, sekarang sudah EPL7, tahun ini launching EPL8. Jadi menurut saya 4.5 jt kemahalan. Mungkin 3.5 jt lebih ok.

      Beberapa saat lalu saya ada jual second Olympus E-PL6 dan 14-42mm dengan harga 4 juta.

      • Dewa May 23, 2016, 10:35 am

        Oh ok Bang, gk tau nih saya baca2 review jadi bingung mesti nyari apaan di range budget 4-5jt buat newbie kaya saya……..

  • nadia May 18, 2016, 7:45 pm

    maaf sebelumnya kalo agak OOT. saya awam dengan kamera dan berniat untuk memulai usaha fotografi (indoor, semacam foto studio untuk mendokumentasi klien setelah bermake up)
    apakah kamera mirrorless mumpuni dan hasilnya bagus untuk melakukan foto studio? ataukah tetap harus memilih menggunakan dslr? kalo mirrorless memang mumpuni, kamera mana yang menjadi rekomendasi dengan budget <10jt? terimakasih

    • Enche Tjin May 18, 2016, 11:46 pm

      Banyak kamera mirrorless sekarang yang kualitasnya bagus untuk profesional. Untuk rekomendasi sepertinya artikel diatas sudah saya tandai kamera yang saya rekomendasikan. Tinggal sukanya model/merk apa.

  • Rama May 4, 2016, 8:53 pm

    Pilih mana om antara canon 70D lensa kit III 18-200mm, atau sony A7 lensa kit 24-70mm?? Secara range harga hampir sama di kisaran 18jt, atau ada saran kamera lain??

  • john April 25, 2016, 12:27 am

    mau tanya donk antara fujifilm xt10 ama sony a6000 bagusan mana ya?
    trus kekurangan ama kelebihannya apa ya dari kedua kamera tersebut.

    terima kasih

    • Enche Tjin April 25, 2016, 11:25 am

      Keunggulan Sony A6000 terletak di sistem autofokus dan bentuk body dan lensa yang ringkas. Kalau XT10 keunggulannya di ketajamannya lebih tinggi.

  • ivan tanaya April 15, 2016, 5:28 pm

    Ko kalo kamera khusus buat video tapi dibawah 9 jt apa ya kirakira ko

  • Naya March 25, 2016, 5:29 pm

    Om saya mau beli kamera mirrorless,bingung mau pilih Olympus OMD EM5 mark ii , Panasonic GX8 atau G7? sebenarnya lebih ke travel, vlogging, sama kalau low light, mohon bantuannya om makasih 😀

    • Enche Tjin March 25, 2016, 10:25 pm

      G7 menurut saya asik kalau foto dan video.

      • Naya March 26, 2016, 3:30 pm

        Makasih ya om pencerahannya, mau nyoba-nyoba vloging buat masukin ke youtube.

  • Gabriel March 18, 2016, 6:00 pm

    Untuk foto dan video sehari” lebih bagus Fuji xa2 atau Sony a6000?

  • Adhe March 18, 2016, 2:56 am

    Saya baru beli Olympus PEN EPL6, setelah saya pelajari selama 4 jam, saya belum paham sama sekali. Kalau boleh, bisa minta saran saya harus belajar darimana?

    saya sudah baca posting ini http://www.fotografer.net/forum/view.php?id=3194349442

    Setelah itu saya harus belajar dimana lagi?

    • Enche Tjin March 18, 2016, 9:21 am

      Biasanya saat beli kamera ada paket training di sekolah Darwis Triadi gak?

  • Ryan March 3, 2016, 6:41 pm

    ko mau nanya dong, antara sony a6000 dengan samsung nx500 bagus yang mana ko?

    • Enche Tjin March 4, 2016, 10:46 am

      Secara fitur, NX500 punya berbagai keunggulan, tapi karena sistem Samsung NX sendiri dihentikan pengembangannya saya tidak merekomendasikannya.

      • Ryan March 4, 2016, 8:25 pm

        terimakasih ko sarannya 🙂

  • abrar March 3, 2016, 1:37 am

    ko.. beli sony ,irrorless second tuh resikonya gede ga sih? pengen a6000/a5100 tapi minim budget hehehehe..

    • Enche Tjin March 3, 2016, 8:02 am

      Ya pasti ada sedikit banyak 🙂

  • Wahyu Wiyono March 2, 2016, 1:09 am

    Halo Ko
    Saya berencana beli kamera mirrorless untuk jalan2. Pilihan jatuh ke Sony a6000 & Olympus OMD EM5, masih agak bingung. Sy suka foto landscape. Mohon sarannya.
    Terima kasih

  • Anggi February 28, 2016, 6:20 pm

    Koh, kalau intervalomerer untuk eos m3 apa ya?

  • m rizki nafi adhani February 25, 2016, 10:20 pm

    Om mau nanya lagi nih. Untuk kamera mirrorless a6000, lensa yang recomend menurut om kan zeiss E 16 70 mm/f4 nah kira kira selain itu tapi lensa merek apa ya om yang kualitasnya bagus juga seperti zeiss? Klo bisa budget yang di bawah 5 jt on, makasih

  • m rizki nafi adhani February 23, 2016, 10:09 pm

    Om,sebelummya salam kenal. saya mau minta tolong kasih recomend buat saya dari kamera 3 ini.
    Olympus omd em 10 mark ii
    Fujifilm x-t10
    Sony a 6000
    Dan tolong, setelah om ngasih tau recomend kameranya, kasih tau saya lensa yang bagus untuk kamera tersebut apa? Dan berikan alesannya (keseluruhan) makasih om.

    • Enche Tjin February 24, 2016, 12:48 am

      Pertanyaannya tega sekali, mungkin saya harus menghabiskan sekitar 2-3 jam untuk menjawab secara lengkap ha ha ha. Saya cenderung memilih Sony A6000 karena ringkas tapi fiturnya canggih dan gesit. Soal lensa-lensanya boleh baca-baca di infofotografi seperti panduan rekomendasi lensa Sony E-mount.

  • hanifa February 23, 2016, 9:46 am

    ko mau tanya, need info antara mirroles ini mending pilih yang mana : samsung nx 500, panasonic gx7, canon eos m3, atau sony a6000 ? thanks ko 🙂

    • Enche Tjin February 24, 2016, 12:51 am

      Saya sendiri pilih Sony A6000

  • Dedi February 10, 2016, 12:02 pm

    saya tertarik dengan mirrorless Panasonic DMC-GX8,
    boleh minta sedikit review nya dari om Enche Tjin

    Terimakasih

    • Naya March 27, 2016, 12:29 am

      Iya saya juga tertarik dari segi desain oke, tapi harganya gak oke. Saya malah bingung mau milih gx8 atau g7 (desainnya saya kurang suka)

  • Lesmana February 9, 2016, 4:59 am

    untuk saran ko jadi yang mana ya kl lensa FE ya, mau beli 16-70mm f/4 Zeiss tapi takut nanti ada rejeki upgrade gak kpke haha. saran ko dari lensa yang pernah pakai paling cucok pakai mana ya denger2 kalau pakai lensa 16-50 mm hasil jauh dari harapan. Terimakasih di tunggu Riview Sony a6100

  • Lesmana February 2, 2016, 2:08 am

    salam kenal ko,..

    akhirnya menunggu lumayan ko untuk sony a6100 uda release nah sekarang kamera udah fix,
    nah masalah lensa kan nanti dapet lensa bawaan kit 16-50 mm f3.5-5.6
    Katanya sih kalau a6000 pengen Bagus harus ganti, ya favorite sih lensa di 18-105mm VR atau yang lensa serba bisa 16-70mm f/4 Zeiss
    atau ada saran ko yang lebih keren dana lensa 10an lah,.. nambah celengan ayam kl yang lain FE mungkin haha
    atau FE 70-200mm f/4 G OSS Thank

    • Enche Tjin February 2, 2016, 8:43 am

      Salam kenal jg. Iya supaya mantap mesti ganti lensa yang lebih ok. Selain lensa zoom yang disebut diatas, lensa-lensa FE oke2.

      • Lesmana February 4, 2016, 2:43 am

        untuk saran ko jadi yang mana ya kl lensa FE ya, mau beli 16-70mm f/4 Zeiss tapi takut nanti ada rejeki upgrade gak kpke haha. saran ko dari lensa yang pernah pakai paling cucok pakai mana ya denger2 kalau pakai lensa 16-50 mm hasil jauh dari harapan. Terimakasih di tunggu Riview Sony a6100

  • Faiz January 26, 2016, 8:36 am

    apakah sampai saat ini rekomendasi kamera harga <10jt masih dipegang oleh a6000 ko?

    • Enche Tjin January 26, 2016, 9:56 am

      Iya

  • Aditama January 10, 2016, 8:14 pm

    Ko enche, saya sekarang pakai d700 dgn beberapa lensa fx. Saya pengen ganti mirrorless karena sedang jenuh pakasi dslr. Dengan budget terbatas dan harus memilih salah satu, apakah worth ketika saya mengganti dslr yg ada ke mirrorless dgn harga 15-20 diluar lensa? Pemakaian untuk pre wedding, wedding dan kadang foto produk.. Apakah ada mirrorless yg compatible dgn sistem flash eksternal. Terima kasih, mohon maaf merepotkan

  • Erlangga January 10, 2016, 12:35 am

    Koh mau nanya, saya mau beli kamera dengan budget 10 jt kebawah, bagusnya apa ya? Yg ada view findernya ko

    • Enche Tjin January 10, 2016, 9:09 am

      Sony A6000

  • pita ricardo January 7, 2016, 8:19 am

    koh enche … saya lagi bingung nih milih antara sony a 6000 dengan lensa sony zeiss E 16-70 mm f/4 OSS versus sony a7 dengan kit lens 28-70 f /3.5-5.6.
    Keperluan saya untuk travelling, portrait, acara keluarga baik di dalam maupun luar ruangan. Dengan budget 20 jtan mana yg lebih baik? … mohon pencerahannya suhu … 🙂 makasih sebelumnya

    • Enche Tjin January 7, 2016, 10:24 pm

      Saya lebih cenderung memilih Sony A6000 dan 16-70mm 🙂

  • aryo December 26, 2015, 8:02 pm

    koh enche..diantara pilihan sony a6000 dan fuji xt10 lebih recommended dan worth to buy yang mana? thx

    • Enche Tjin December 27, 2015, 8:31 am

      Kalau dari value, bagus Sony A6000, yang resolusinya lebih tinggi, juga kecepatan autofokus dan foto berturut-turutnya kencang.

  • Santi December 26, 2015, 8:08 am

    halo koh enche
    saya sudah baca beberapa review kamera mirrorless dari koh enche
    nah disini saya jadi bingung antara olympus e-pl5 atau samsung nx3000
    menurut koh enche antara kedua kamera tersebut mana yg lebih baik?
    saya sendiri termasuk masih pemula dibidang ini. terimakasih

    • Enche Tjin December 26, 2015, 8:41 am

      Menurut saya Samsung NX3000 lebih bagus, dan lebih gak ribet penggunaannya.

  • Mido December 26, 2015, 5:57 am

    Koh mau tanya klo pengen hasil foto kita agak ngeblur skliling objek atau bokeh di bagian cahaya2 harus pake lensa apa yaa klo untuk pemula…n rekomendasi untuk kamera mirrorless bagus n terjangkau apa koh

    • Enche Tjin December 26, 2015, 8:39 am

      Pakai lensa berbukaan besar, seperti 50mm f/1.8. Untuk memilih mirrorless baca-baca saja artikelnya ya.

  • Dave Hariara December 21, 2015, 7:36 pm

    Halo pak , saya mau bertanya ,

    Saya pengguna mirrorless sony a6000 dan fuji xm1 , dalam penggunaan sony a6000 di lapangan saya agak ragu (semoga karena saya yg kurang paham settingan detail nya)

    foto outdoor dgn speed masih di atas 100 (kondisi tidak low light) dengan lensa kit 16-50, saya merasa hasil nya tidak HD , tajam , dan clear dibanding fuji XM1 yg padahal megapixel sony lebih besar dr pada fuji dan harga lebih mahal sony.

    apakah ada yg harus saya setting ? lalu ada saya temukan settingan quality foto Fine dan Standard , mana yg lebih bagus ?

    terima kasih sebelum nya

    • Enche Tjin December 21, 2015, 11:25 pm

      Banyak faktor yang menentukan ketajaman gambar. Semakin tinggi megapixel, semakin penting kualitas lensa yang bagus. lensa 16-50mm Sony sepertinya kewalahan dengan megapixel yang banyak. Solusinya memang harus ganti lensa yang bisa resolve lebih banyak detail/tajam.

      Image Quality Fine lebih bagus daripada standard, dan di dalam menu ada creative style dimana kita bisa menyetel kontras, ketajaman dan saturasi yang kita inginkan.

  • mugifa December 18, 2015, 12:45 am

    saya baca2 artikel dari mas enche yg seblmnya yg membuat pencerahan2 membuat tau mirrorles sehingga yg tdnya mau beli 70d jd galau
    dari komen2nya recomendednya a7
    a7 vs 70d ?
    kalo sukanya bikin video2, budget 13jt,
    recomendednya ?
    mohon tanggung jawabnya untuk d jawab ya mas ence udh bikin galau. hehe. mksh mas ence

    • Enche Tjin December 18, 2015, 1:51 am

      Wah kalau pilih A7 ntar dana buat beli lensanya bagaimana?

      • mugifa December 18, 2015, 9:50 am

        Waduh lumayan jg ya lensanya
        maaf baru tau harganya,
        Recommended
        budget 15 jt
        kebutuhan video
        Menurut mas enche?
        mohon pencerahannya.
        Trimakasih sudah d tanggapi 🙂

  • Ioph December 8, 2015, 2:07 am

    Koh.. Klo kamera mirrorles yg recommend untuk videografi apa ya? A6000 ? Atau NX500 atau ada yang lain nya koh? Budget yaa ga sampe 12jt koh

    • Enche Tjin December 8, 2015, 8:57 am

      Bagusan Samsung NX500 untuk video

  • ndo December 4, 2015, 11:41 am

    ko saya punya budget 6jtan, kalo mw beli kamera mirrorless yang buat foto sehari2/ buat travelling rekomendasinya apa ya ko? penggennya yg foto pas terang dan gelap jelas, ringan dan layar lipat. thx u sebelumnya

  • lily December 2, 2015, 9:58 pm

    ko aku pemula mau beli kamera mirrorless yang hasilnya soft dan cocok buat pemula apa ya

  • Ainun_sn December 2, 2015, 4:08 pm

    Om,lebih bagus mana fujifilm xa2 atau fujifilm xm2????

    • Enche Tjin December 3, 2015, 12:27 am

      Coba baca artikel ini

      • Maya S August 12, 2016, 1:09 pm

        Koh saya mau nanya sebaiknya saya membeli kamera mirrorless fujifilm Xa 2 atau Olympus EPL 7 yah karena saya masih pemula hanya untuk travelling dan candid. Makasih

        • Enche Tjin August 12, 2016, 8:46 pm

          Keduanya baik untuk pemula.

        • Enche Tjin August 12, 2016, 8:46 pm

          Keduanya baik untuk pemula.

  • novia November 29, 2015, 3:07 pm

    Koh,, mau nanya dong,, rekomendasi lensa buat fuji film xm1 selain fujinon 23 atw 35 apa yg bagus & hrg nya jg lbh terjangkau?? Hrg fujinon 35 msh kemahalan buat saya,,

  • Nuri November 29, 2015, 10:54 am

    Koh mau tanya kalau sony A5100 dgn fuji XT-10 bagus mana ya? Untuk foto” produk, makanan dan travelling?

    • Enche Tjin November 29, 2015, 9:27 pm

      Bagus Fuji XT10

  • Yusril ihza November 24, 2015, 11:34 pm

    Koko Saya punya budget 8jt. Kalo untuk pemula fuji xA2 kira” gimana ? Minta solusi nya! Bener-bener pemula. Terus fuji xa2 bisa pake filter” kaya yg biasa nya kah ? Terimakasih

    • Enche Tjin November 25, 2015, 12:31 am

      Fuji X-A2 memang dirancang untuk pemula dan bisa pakai filter kok.

  • alan November 24, 2015, 9:40 pm

    sony nex 6 masuk warna apa yak mas?

    • Enche Tjin November 25, 2015, 12:33 am

      Udah lama kameranya hehe, gak ada warnanya.

  • kinoy November 19, 2015, 8:24 am

    Kalo budget max 5 juta yg recomended olympus or canon seri aoa ya mirrorless?trims

    • Enche Tjin November 19, 2015, 9:07 am

      Kalau yang baru mungkin agak sulit, tapi kalau bekas, Olympus EPL 5, kalau Canon, mungkin Canon EOS M generasi 1 atau ke-2.

  • dex November 11, 2015, 4:40 pm

    Ko, over all mana lebih recommended:
    Fujifilm X-T1 vs Sony A6000 vs Sony A7?

    • Enche Tjin November 11, 2015, 9:37 pm

      Secara kualitas gambar bagus Sony A7, secara kecepatan dan keringkasan, Sony a6000, secara keseimbangan Fuji XT1

  • Bambang November 3, 2015, 2:05 am

    koh saya masih bingung memilih kamera mirroless, yang saya tanyakan dengan budget 7-9 juta
    dan saya memikirkan kedepannya untuk investasi jangka panjang
    dan tidak terlalu ketinggalan jika ada produk terbaru muncul,
    pertanyaan pertama merk apa yang kedepanya bagus(prediksi koko)perkembangan lensa dll
    kedua lensa yang lengkap merk apa dan accesorisnya banyak di jumpai saat ini
    kalau di antara Fujifilm X-M1, sony a5100, dan NX3000M pilih mana ya ko yang
    saya sering motret model product, product, dan travelling,.
    Terimakasih,..

    • Enche Tjin November 3, 2015, 7:28 am

      Saran saya sih, nambah sedikit bisa dapat Sony A6000, atau kalau dananya lebih banyak lagi bisa Fuji XT-10.

      • Bambang November 3, 2015, 6:15 pm

        Nah kalau udah ketemu a6000 lensa yang cocok apa ya? atau rekomendasi buat koleksi ko, nanti sekalian nabung buat beli lensa atau beli fuji XT-10 ya hehe malah binggung kan sekarang.

  • Andre October 22, 2015, 5:37 pm

    Malam Koh,
    mau tanya, untuk lensa Sony sama Samsung, Mgkn secara jenis Lensa Sony lebih beragam ya pilihannya. Nah bagaimana kl dari segi harga dengan samsung untuk lensa yg sejenis? Harganya mirip” kah?
    Thanks.

  • rendi October 20, 2015, 11:10 pm

    Selamat malem om mimin.. saya fotografer newbie yg uda bs cari duit dr foto2.. hehe.. Suka dapet kendala klo lg liputan dlm kondisi low light dan beratnya kamera SLR. Berencana mo ganti ke mirrorless, sesuai budget yg saya punya dpt pilihan antara fuji x-t10 ato olympus omd m5 mk ll.
    Mohon saran dan masukanya suhu..
    trimakasih..

  • Margareth Malau October 20, 2015, 3:57 pm

    Omm mauu tnyaa.. untkk pemulaa… peyuka street bagus apa? Untk miroless nya

    • Enche Tjin October 21, 2015, 11:14 pm

      Banyak kan pilihannya, seperti daftar rekomendasi diatas, rata-rata oke buat street. Favorit saya Sony A6000 karena autofokusnya sangat cepat.

  • hendar October 19, 2015, 10:36 pm

    Saya mau nanya….dalah hal fotogarfi lebh baik pakai mirrorless atau dlsr ya.

Leave a Comment