≡ Menu

Rekomendasi kamera mirrorless 2015 bagian 1

Di tahun 2015 ini, kamera mirrorless perlahan-lahan mulai banyak diminati oleh penggemar fotografi yang merasa kamera DSLR terlalu besar dan berat untuk jalan-jalan. Banyak pilihan kamera mirrorless sering membuat pusing kepala. Di pos bagian pertama ini, saya akan mengulas singkat dan memberikan rekomendasi kamera yang menurut saya seimbang dari fitur, harga dan kinerjanya. Merk yang saya akan bahas disini adalah Sony, Fujifilm, Olympus dan Panasonic.

Untuk Samsung, Canon, Nikon dan Leica bisa dibaca di bagian kedua.

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kurs dan promosi.

Warna hitam : Ada pilihan yang lebih baik
Warna biru : Saya rekomendasikan untuk fotografer pemula
Warna hijau : Saya rekomendasikan untuk fotografer serius/mahir
Warna merah : Saya rekomendasikan untuk fotografi spesifik/khusus

Daftar kamera Sony, harga dan rekomendasi

Kamera Sony terbagi menjadi dua format, yang bersensor APS-C dan full frame. Saya akan mengulas yang APS-C terlebih dahulu, kemudian yang full frame (seri A7).

Sony A5000 – Harga: Rp 5.5 juta dengan lensa kit – Kamera Sony yang paling terjangkau dan ringkas, tapi autofokusnya pelan dan sulit fokus terutama saat di indoor atau tempat gelap.
Sony A5100 – Harga 8 juta dengan lensa kit – Ringkas, ringan, autofokus cepat, layar bisa dilipat dan touchscreen, fiturnya oke, kurangnya tidak ada hotshoe diatas kamera. Bagus untuk traveler. [Review]
Sony A6000 – Harga 9.5 juta dengan kit lens – Fiturnya komplit untuk amatir dan bahkan untuk semi-profesional. Bahan kamera dari logam, punya jendela bidik optik dan hotshoe. Satu-satunya kelemahan adalah layarnya tidak touchscreen. [Review]

sony-a6000

Sony A6000


Sony A7
– Harga Rp 13 juta – Kamera full frame termurah dan teringkas saat ini, dan cocok jika Anda banyak mengunakan lensa zoom Sony yang ada stabilizernya. [Shooting report dengan 24-70mm f/4]
Sony A7 mk II – Harga Rp 21 juta – Memiliki beberapa peningkatan dari A7, seperti punya stabilizer dibadan kamera. Ukuran grip sedikit lebih besar, lebih enak untuk digenggam tapi 125 gram lebih berat (599 gram). Cocok jika Anda lebih suka motret dengan lensa fix (kebanyakan gak ada stabilizernya) atau video. [Review]
Sony A7R – Harga Rp 25 juta –  Resolusi foto paling tinggi (36 MP), tanpa filter AA membuat hasil foto tajam. Cocok untuk foto landscape, atau komersil. Punya beberapa kelemahan seperti tidak ada electronic first curtain shutter sehingga shutter agak lambat dan suaranya keras, autofokusnya lambat dan perlu disiplin foto yang baik untuk mendapatkan kualitas foto yang terbaik. Cocok bagi fotografer studio.
Sony A7R mk II – Harga Rp 40 juta – Resolusi 42 MP dan bisa merekam video 4K, punya stabilizer built-in dan autofokus 339 titik hybrid. Kamera seri A7 yang terbaik dan mungkin mirrorless terbaik juga.
Sony A7S – Harga Rp 27 juta – Kamera yang cukup unik ini hanya memiliki sensor 12 MP, tapi punya banyak kelebihan lainnya, misalnya punya pilihan elektronik shutter, sehingga waktu motret tidak bersuara, bisa rekam video 4K dengan aksesoris Atomos Shogun. Rentang ISOnya sangat tinggi, yaitu mencapai ISO 400.000. Bagus untuk fotografer/videografer liputan, dan street photography. [Review]

Daftar kamera Fuji, harga dan rekomendasi

Fujifilm X-A1 – Harga Rp 7 juta dengan lensa kit – Kamera paling terjangkau tapi dengan fitur yang sangat basic.
Fujifilm X-A2 – Harga Rp 8 juta dengan lensa kit – Beberapa peningkatan dari X-A1 yaitu layar LCD bisa dilipat dan diputar keatas untuk selfie. Lensa kit yang bisa fokus lebih dekat (untuk close-up/makro), dan autofokus yang lebih bagus. Resolusi foto tetap sama yakni 16MP dengan sensor CMOS (bukan X-Trans).
Fujifilm X-M1 – Harga Rp 7 juta dengan lensa kit – Khas dari Fujifilm adalah sensor X-Trans tanpa filter AA yang tajam. Fitur dan kinerja X-M1 biasa saja, tapi punya hotshoe untuk flash untuk foto studio.
Fujifilm X-E2 – Harga Rp 13 juta body only – Bedanya dengan X-M1 adalah X-E2 punya jendela bidik elektronik dan juga punya dial shutter speed diatas kamera layaknya kamera film. Kinerjanya autofokusnya lebih cepat dari X-M1 dan bodynya lebih kokoh, juga punya built-in flash. Sekitar 100 gram lebih ringan dari X-T1.
Fujifilm X-T10 – Harga: 11.8 juta. Kamera yang fitur-fiturnya mirip dengan XT-1 dengan berbagai kekurangan untuk menghemat ongkos produksi, seperti jendela bidik yang lebih kecil, tidak tahan air dan debu, dan buffer untuk foto berturut-turut lebih kecil.
Fujifilm X-T1 – Harga Rp 16 juta body only – XT-1 punya jendela bidik yang lebih besar dan bagus dari X-E2, lebih tahan cuaca dingin sampai dengan -10 derajat Celcius, dan electronic shutter sampai dengan 1/32000 detik.

fujifilm-xt1

Fujifilm X-T1

 

Daftar kamera Olympus & Panasonic, harga dan rekomendasi

Catatan: Olympus dan Panasonic termasuk dalam konsorsium micro four thirds. Mount yang digunakan sama sehingga lensa Olympus bisa dipasang ke kamera Panasonic dan sebaliknya.

Olympus PEN EPL6 -Harga Rp 5.85 juta dengan lensa kit – Kamera ringkas yang terjangkau. Kualitas gambarnya tidak berbeda jauh dengan kamera yang lebih tinggi harganya.
Olympus PEN EPL7 – Harga Rp 8.9 juta dengan lensa kit – Punya fitur wifi dan layar LCD yang lebih bagus dari EPL-6.
Olympus PEN EP5 – Harga Rp 11.7 dengan lensa kit – Beda utama dari seri E-PL adalah EP5 punya built-in flash, dan maksimum shutter speed lebih cepat (1/8000 detik).
Olympus OMD EM10 – Harga 11.5 juta dengan lensa kit – OMD EM10 dibuat untuk memberikan alternatif pilihan bagi yang memiliki dana yang tidak terlalu besar tapi menginginkan kamera Olympus dengan jendela bidik. Ukurannya lebih kecil dari EM5 dan juga memiliki sensor shift stabilization, tapi hanya 3 axis.
Olympus OMD EM5 – Harga Rp 8.8 juta dengan lensa 12-50mm – Salah satu kamera Olympus tersukses di dunia mirrorless dan sekarang sudah ada penerusnya yaitu mk II. Punya sensor shift stabilization 5 axis pertama di dunia, dibandingkan EM5 generasi ke-2, kinerjanya lebih pelan dan layar LCD-nya kalah tajam/detail.
Olympus OMD EM5 mk II – Harga Rp 14 juta body only –  Fitur EM5 mk II terbilang lengkap untuk foto maupun video. Yang merupakan kelebihan kamera ini adalah punya built-in sensor shift stabilization 5 axis yang berguna untuk foto, video dan juga untuk memotret dengan resolusi tinggi. Selain itu ada wifi dan kinerja kecepatan keseluruhan lebih baik.[Review]
Olympus OMD EM1 – Harga 19.5 juta – Kalau soal fitur, sebenarnya lengkapan EM5 mk II, tapi EM1 ini memiliki kelebihan dalam hal adaptasi dengan lensa-lensa Olympus four thirds (4:3) jaman kamera DSLR autofokusnya masih bisa berfungsi . Punya grip yang lebih menonjol sehingga lebih enak dipegang. [Review]

olympus-em5-mk2

Olympus OMD E-M5 mk II

 

Panasonic GF7 – Harga Rp 7.3 juta dengan lensa kit – Kamera dengan layar LCD yang bisa dilipat ke atas untuk selfie. Ukurannya sedikit lebih besar dari GM1.
Panasonic GM1 – Harga 5.85 juta dengan lensa kit – Kamera yang sangat mungil seperti kamera compact dengan kinerja yang baik. Baru-baru ini ada penurunan harga yang cukup signifikan. [Ulasan]
Panasonic GM5 – Harga Rp 10.8 juta dengan lensa kit – Konsepnya mirip dengan GM1, namun ada built-in jendela bidik kecil dan flash. Ukurannya jadi sedikit lebih besar. Sayang harganya masih agak tinggi.
Panasonic GX7 – Harga Rp 8.85 juta dengan lensa kit – Kamera yang cukup komplit dari segi fitur dan kinerjanya. Kamera satu-satunya dari Panasonic yang memiliki teknologi sensor shift stabilization (meski tidak sebaik teknologi 5 axis stabilization Olympus).
Panasonic GH4 – Harga Rp 20 juta – Kamera profesional ini sangat populer untuk videografi karena dapat merekam video dengan resolusi sangat tinggi (4K) dan sangat tajam.

Sangat kecil fisik luarnya tapi menyimpan sensor gambar berukuran besar dan fitur yang canggih

Panasonic GM1 – Sangat kecil fisik luarnya tapi menyimpan sensor gambar berukuran besar dan fitur yang canggih

—–

Komentar

Di tahun 2015, ini Sony, Olympus, Fujifilm termasuk tiga besar di kamera mirrorless. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri. Sony punya kamera yang cukup bervariasi dari sensor APS-C dan satu-satunya yang memiliki sensor Full frame dalam bentuk seri A7.

Fujifilm menawarkan sensor unik X-Trans dan desain kamera retro dengan lensa-lensa XF yang berkualitas dari fisik dan body-nya. Olympus memiliki sensor shift stabilization, body yang kokoh dan lensa-lensa yang berukuran mungil. Panasonic memiliki kamera dengan desain yang minimalis-fungsional.

Banyak kamera yang bagus diantara 15-20 juta. Yang cukup berimbang antara fitur dan kualitas Fujifilm X-T1 dan Olympus OMD EM5 mk II. Yang menginginkan sensor full frame ada Sony A7.

Dibawah 10 juta, Sony A6000 merupakan kamera yang lengkap fiturnya dengan kualitas gambar yang bagus.

Dibawah 8 juta, Fujifilm X-M1 dan kit (7 juta) cukup baik kualitas gambarnya. Kalau suka yang semungil mungkin, Panasonic GM1 pilihan yang oke. Karena GM1 sekarang ini hanya 5.85 jt, maka jika ada kelebihan dana, bisa buat beli lensa dan baterai tambahan.

—–

Baru beli kamera? Ikuti workshop kupas tuntas kamera & lensa 

Bingung memilih kamera, lensa yang pas? Buku Smart Guide ini akan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 317 comments… add one }
  • Yohanes October 18, 2015, 6:37 pm

    Koh saya mau tanya. Saya mau cari kamera yg bagus & tajam tapi ringan. Sblmnya saya pakai sony A7s krn masih berat untuk travelling saya mau downgrade. Kira2 rekomendasi merek & tipe apa ya?
    Kl bs yg ada viewfinder & lcd touchscreen

    • Enche Tjin October 18, 2015, 10:13 pm

      Olympus OMD EM5 mk II mungkin? Coba baca review saya tentang yang versi pertama di artikel ini.

      • Yohanes October 19, 2015, 1:13 pm

        ukurannya gak beda jauh ya koh Sony A7s ma OMD EM 5 MK2. wkwkwkkkkk A7s 489gram vs EM 5 MK2 496gram. cm lensanya FE28-70 295 gram vs 14-40 165 gram. ga beda jauh ya koh berat dan besarnya body. wkwkwkkkk. kl cari yang lebih slim dan ringan tajam. kl Samsung NX500 gimana?

  • addinrayi October 17, 2015, 4:42 pm

    Om kalo untuk food blogger rekomendasinya pake mirrorless yg mana kira2??

    • Enche Tjin October 17, 2015, 10:41 pm

      Budgetnya?

  • andra October 13, 2015, 8:03 pm

    kalo olympus pen epl7 sama nx300 bagus mana mas?memang kalo segi merk olympus lebih berpengalaman

    • Enche Tjin October 14, 2015, 9:52 am

      Secara fitur kamera, Olympus EPL7 lebih bagus dan lengkap, kalau kualitas gambar NX300 unggul dikit.

  • Niakadinata October 9, 2015, 1:34 pm

    Kalo sony a6000 sama fuji x100 mending mana?

    • Enche Tjin October 10, 2015, 9:22 pm

      Beda jenisnya, kalau A6000 bisa ganti-ganti lensa, X100 gak bisa, dan lensanya fix/ gak bisa zoom. Untuk fleksibilitas bagusan Sony A6000. Pilih X100 kalau yakin dan memang suka sudut pandang lensanya.

  • utaridwi October 9, 2015, 11:12 am

    Pak, antara rekomendasi mirrorless untuk pemula yang lebih baik apakah Samsung NX3000, Sony A5100 atau Fujifilm X-M1? thanks in advance pak..

    • Enche Tjin October 10, 2015, 9:17 pm

      Ketiganya bagus-bagus, tapi diantaranya Sony A5100 yang dari keringkasan, dan kecepatan autofokusnya. Kelebihan NX3000 dan X-M1 yaitu punya hotshoe untuk masang flash.

  • Siswanto October 8, 2015, 2:05 pm

    Koh Enche, saya baru beli kamera Sony A7 kalau saya mau pakai lensa 55-210 yang punya Sony A6000 bisa tidak? kalau bisa efeknya apa ya? xie xie

  • Ahadian October 3, 2015, 3:09 pm

    Pak saya mau bertanya tentang rekomendasi bapak antara fuji xe2 dan sony a6000 lebi prefer keapa ?

    • Enche Tjin October 5, 2015, 4:45 am

      Sony A6000 karena sistem autofokusnya.

  • Adri October 1, 2015, 10:29 am

    Pak, mau tanya apakah Bapak sdh dapat informasi tentang launching Sony A6100/7000? kira2 masuk Indonesia kapan ya? terima kasih

  • Krismawan September 30, 2015, 12:04 am

    Lensa apa saja yang bisa di pasangkan dengan sony a6000 ?
    Tolong infonya ya.

  • Raka September 24, 2015, 1:42 pm

    Bung, untuk mirorrless sampai sekarang apakah Lumix GX8 masih recommended ? atau ada yang lebih bagus dari GX8 ? thanks

    • Enche Tjin September 28, 2015, 11:07 am

      Kamera Lumix GX8 itu masih tergolong baru, karena baru tahun ini (2015) diumumkannya.

  • Adri September 21, 2015, 8:39 pm

    Pak, kalau saya ingin pakai lensa EF saya di Sony A6000, lens adapter apa yang bagus dan autofocusnya jalan. Harga nya sekitar berapa? Terima kasih

  • Adri September 20, 2015, 10:31 pm

    Malam pak, saya ada rencana mau beli Sony A6000, mohon masukannya utk lensa yang bagus yang harus saya beli, apakah lensa kit 16-50 & 55-210 atau 18-200 atau 18-105? saya mau pakai kamera ini utk rekreasi. Terima kasih

    • Enche Tjin September 21, 2015, 7:17 am

      Dari pilihan diatas saya lebih cenderung merekomendasikan 18-105mm, seimbang kualitas dan zoomnya lumayan. Pilihan lain 16-70mm f/4 (kualitasnya lebih bagus dan sedikit lebih lebar dari 18-105mm).

      • Adri September 21, 2015, 4:06 pm

        Pak, kalau saya ingin pakai lensa EF saya di Sony A6000, lens adapter apa yang bagus dan autofocusnya jalan. Harga nya sekitar berapa? Terima kasih

  • Mayra September 20, 2015, 6:01 pm

    koh mau tanya, kalo kamera untuk travelling atau foto2 food.. Lebih baik samsung nx3000 atau olympus pen epl6? Thankyoou

    • Enche Tjin September 21, 2015, 7:23 am

      Samsung NX3000 lebih baik.

  • Gede Adnyana September 20, 2015, 2:42 pm

    Wah review keren banget om thankyou
    Cuma saya mau nanya, tetapin pilihan aja sih hehe
    Buat pemula yg awam di Mirrorless kayak saya ini, lebih baik Lumix GM-1 Olympus EPL6 apa Fujifilm AX-1, XM-1(?)
    Terimakasih

    • Enche Tjin September 21, 2015, 7:25 am

      Semuanya oke buat pemula, tinggal tergantung selera saja kok.

  • Wulan September 19, 2015, 9:50 pm

    Mau tanya, pengen beli kamera mirrorless unt foto produk fashion dengan budget 4-5jtaan.. Rekomendasinya apa aja ya, kualitas foto jernih & tajam, trm kasih sebelumnya

  • Tiffany September 19, 2015, 10:01 am

    Pak Enche, Mohon masukan.. dibandingkan merk Sony & Fuji, mana yang lebih recommended utk traveling & food photography?

    • Enche Tjin September 21, 2015, 7:41 am

      Jenis kameranya banyak sekali, tapi pada intinya keduanya bagus untuk foto. Kalau main video juga, lebih baik Sony.

  • tara chane September 18, 2015, 8:24 pm

    bang, kalau kamera mirroless fuji film yg X-A2 bagus nggak? dibanding sama dslr canon? thanks

    • Enche Tjin September 18, 2015, 10:53 pm

      Tergantung banding kamera DSLR Canon yang mana.. hehe. Tapi kalau dari kualitas hasil foto tidak kalah.

  • Ecko yuli September 16, 2015, 6:23 pm

    Slamat malam om, mau tanya… Ko kayaknya asik olympus omd-m10 dikasi lensa manual… Pakenya adaptor apa y om?? Kalo bole kasi revrensi jenis sama mereknya om… Kebetulan saya punya lensa canon fd 50 f1.4.. Makasi sbelumnya….

    • Enche Tjin September 17, 2015, 10:20 am

      Fotodiox sepertinya membuat adaptor untuk kamera Canon FD ke Olympus OMD.

      • Ecko yuli September 17, 2015, 6:30 pm

        Oh iya ada om punya fotodiox… Tp buat mount nya olympus PEN… Bukan OMD…. Sama ga sih mount nya sama punya OMD?

  • Kambuna September 16, 2015, 2:53 pm

    Emang nggak mudah ya Koh, milih kamera. Aplg yg pemula, blm terjun ke dunia fotografi, cuma via kamera HP.. Pdhl rekomendasi Koh Entje udah jelas..

    Tp masih bingung Koh, buat travel blogger pemula yg ambil foto landscape sama sehari2, kalo diadu Mirrorless pemula: Fujifilm XM1 sama Olympus EPL-6 recommend mana Koh? Karena dgn harga skrg, XM1+Kit Lensa bisa dapet Olympus EPL-6 double lens kit.

    Terima kasih

    • Enche Tjin September 17, 2015, 10:26 am

      Dari kualitas gambar, XM1 lebih bagus terutama di kondisi yang gelap. Tapi ya, kalau paket EPL-6 bisa dapat lensa double jadi bisa motret dengan sudut yang berbeda-beda. Kalau budgetnyanya pas-pasan, saya akan pilih paket EPL6.

  • Andre September 16, 2015, 11:40 am

    saya msh bingung menjatuhkan pilihan ke fuji X M1, X A2 atau Conon EOS M3, saya pingin kamera yg bisa di low light bagus, auto fokus cepat, hasil foto tajam, wide angle, baterai tahan lama, makro ok, speed shutter cepat. dari ke tiga kamera tsb yg bisa mengakomodir keinginan saya yg mana ya…

    • Enche Tjin September 17, 2015, 10:43 am

      Kayaknya sih gak ada hehehe, perlu spec kamera dan lensa yang lebih bagus untuk itu, Saran saya kamera DSLR Nikon D3300, gak terlalu mahal cuman lebih sesuai dengan kebutuhan diatas.

  • khalil September 14, 2015, 3:23 pm

    jika saya menjatuhkan ke fuji antara xa2 dan xm1 lebih baik pilih yg mana? dan perbedaan dua kamera tersebut apa?

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:47 pm

      X-A2 kamera yang lebih baru, yang baru: lcd bisa diputar sampai ke atas sehingga memudahkan untuk selfie, lensa kitnya versi II lebih bagus saat motret jarak dekat, autofokus lebih bagus. Yang unggul di X-M1 adalah sensornya type X-Trans, sedikit lebih tajam, noise lebih terkendali di ISO tinggi.

  • khalil September 13, 2015, 8:03 am

    om saya hobby fotografi dan masih pemula, pengen beli mirrorles pilihannya antara fuji xa2, fuji xm1, sony a5100 dan olympus pen epl6
    kebutuhan untuk potrait, selfie dan candid,, diantara pilihan kamera diatas yang cocok yang mana ya? mohon bantuannya

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:45 am

      Semuanya memenuhi kebutuhan Anda, tinggal pilih sesuai selera saja.

  • roy September 12, 2015, 8:36 pm

    om saya mau nannya klau mirorless yg recomended buat traveling . hasil foto bagus , dn untuk pemula , yg manna yah om ?? trimakasih

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:50 am

      Budgetnya berapa? Coba baca-baca artikel diatas dulu, mudah-mudahan ketemu yang sesuai kebutuhan.

  • arie September 10, 2015, 11:37 pm

    Om maaf saya baru dalam hobi fotografi. Kan saya hobi travelling ke alam nah untuk rekomendasi dari om kamera yang cocok buat pemula kaya saya apa ya? Saya naksir sony a5100 sama fuji xm1. Bagus mana ya om antara 2 kamera itu? Makasih om

    • Enche Tjin September 11, 2015, 12:18 am

      Kalau ingin yang ringkas, dan kinerjanya cepat A5100, kalau ingin bisa pasang flash external, Fuji X-M1.

  • Siswanto September 10, 2015, 2:23 pm

    salam kenal pak Enche, saya pengguna DSLR Canon dan punya beberapa lensa Canon. Saya lagi cari kamera alternative untuk acara santai, pilihannya Canon M3 atau Sony A6000. Bagaimana rekomendasi Bapak? Terima kasih

    • Enche Tjin September 10, 2015, 6:42 pm

      Canon EOS M3 menarik jika ingin mengunakan adapter dan memasang lensa-lensa Canon untuk DSLR. Kalau Sony A6000 kekuatannya di kecepatan autofokus dan foto berturut-turut. Jika Pak Siswanto sering memotret subjek bergerak cepat, Sony A6000 pilihan yang lebih bagus, jika banyakan subjek gak bergerak seperti landscape atau portrait, EOS M3 gak masalah.

      • Siswanto September 17, 2015, 8:08 am

        apakah Sony A6000 bias dipasang lensa Canon DSLR? bagaimana autofocusnya? terima kasih

  • DH September 10, 2015, 12:51 pm

    maaf nambah Koh, ada yg mau jual Lumix GF1 BO seken dibawah 2 jt nih….
    lebih layak mana ambil GF1 seken dan beli lensa baru (14-42).
    atau ambil GM5 Kit 12-32 baru semua..?

  • DH September 10, 2015, 11:21 am

    dari ulasannya Lumix GM5 No Recommended karena masih kemahalan atau ada faktor lain ? kalo gak salah bulan ini harga GM5 sdh dibawah 8jt ya Koh….?
    secara kinerja dan kualitas foto apakah sama dgn Lumix GM1 ?

    • Enche Tjin September 10, 2015, 11:52 am

      Mirip-mirip semuanya. Kalau harganya sudah lebih murah lumayan juga tuh :).

      • ari September 10, 2015, 2:26 pm

        kok pertanyaan aku dilewatin om?

  • ari September 9, 2015, 1:34 pm

    Dear Pak Enche,

    kemaren dapet penawaran Panasonic Lumix GX7 double lens dan SonyA6000, dari segi harga beda 4 juta lebih murah panasonic. mana yang lebih baik saya ambil?

    yg panasonic kit 2 45 – 150 mm

    terima kasih

  • Selfi September 6, 2015, 9:04 pm

    Ko Enche aku suka foto makanan dan saat ini masih menggunakan camera pocket dan berniat upgrade kamera nih
    Kalau untuk mendapat efek bokeh/blur
    lebih baik pilih Panasonic GM 1 atau Nikon D3200?

    Mohon sarannya
    Thanks 🙂

    • Enche Tjin September 8, 2015, 10:29 am

      Itu masalahnya lebih ke lensa, kalau pakai lensa berbukaan besar seperti lensa Nikon 50mm f/1.8G atau Panasonic Leica 25mm f/1.4 hasilnya akan blur sekali. Pertimbangan lainnya ya, kalau Panasonic GM1 ukurannya jauh lebih kecil, tapi punya kelemahan2 yang dimiliki kamera mirrorless pada umumnya, misalnya baterai cepat habis, tidak ada jendela bidik optik, dan tidak bisa pasang hotshoe. Intinya D3200 lebih fleksibel, tapi GM1 jauh lebih ringkas.

  • Artha September 6, 2015, 6:22 pm

    Apakah sony alpha A6000 baik dipakai buat video?
    Atau ada rekomendasi camera mirrorles sekecil A6000 yang baik buat video?
    Terima kasih.

    • Enche Tjin September 8, 2015, 10:30 am

      A6000 sudah baik untuk video.

  • Ardly September 4, 2015, 11:44 pm

    Om, minta sarannya dong. Lagi bingung mau milih kamera mirrorless yang sekitaran 10 jt

  • Cutri September 3, 2015, 6:10 pm

    Pak mau tanya, antara sony A5100 dgn fujifilm XA2, mana yg lebih bagus? Sy sukanya memotret kegiatan dan foto2 liburan yg travelling ke pantai atau gunung.. Cocoknya yg gimana ya? Makasih sebelumnya..

    • Enche Tjin September 3, 2015, 8:46 pm

      Sony A5100 unggul karena autofokusnya cepat, mudah untuk foto aksi/kegiatan, untuk foto pemandangan juga oke. Satu hal yang sayang dari A5100 adalah gak ada hotshoe untuk memasang flash external yang akan berguna saat memotret di tempat gelap.

  • angga September 2, 2015, 6:58 pm

    Ko, mau nanya misal kamera mirrorless sprti samsung nx 3000 apa bisa menggunakan lensa analog seperti nikon, nikor dll ??

    • Enche Tjin September 3, 2015, 9:06 pm

      Gak bisa.

  • Koko September 2, 2015, 7:24 am

    Om.. gini kebanyakan orang pakek beberapa lensa diluar produk dari lensa mirrolea itu sendiri.. sepeeti halnya camera Olympus dipasang lensa cannon dll. Apakah itu berpengaruh dengan kinerja kamera itu sendiri om buat kedepanya? Terima kasih.

    • Enche Tjin September 3, 2015, 9:43 am

      Gak ada pengaruh ke kamera ke depannya, cuma biasanya lensanya cuma bisa manual fokus saja.

  • Nana September 1, 2015, 10:45 pm

    Om, kalau untuk foto close up/makro seperti foto gigi di dalam mulut, yang cahayanya minim, lebih baik fuji XT10 atau canon eos M3? Thanks.

  • divy August 31, 2015, 11:54 am

    hi mau tanya kalau untuk foto produk blog dan video blogging sony 1 6000 , fujifilm film m1 atau nx300 , thank you

    • Enche Tjin September 2, 2015, 6:00 am

      Saran saya Sony A6000

  • joko August 30, 2015, 1:09 pm

    mau nanya om..untuk kualitas hasil buat sehari hari bagusan mana fuji x-m1 di bandingin panasonic lumix DMC – GM 1 yaa…? makasih om..

    • Enche Tjin September 2, 2015, 6:03 am

      Bagus yang X-M1 kalau kualitas gambarnya.

  • rama August 24, 2015, 6:16 am

    koh mau nanya dua segmentasi nih. xm1 sama nx300m bagusan mana? dan canons eos m3 dengan sony a6000 bagusan mana ya? dilihat dr AF, Low Light, dan kemampuan manualnya (mau coba foto milky way)
    thx ko

  • Anonymous August 21, 2015, 2:44 am

    A6000 vs xt10. Rekomendasi yg mana ya Keseluruhan?

    • Enche Tjin August 21, 2015, 7:47 am

      Secara spesifikasi fitur XT10 lebih bagus, kekuatan Sony A6000 saat foto subjek bergerak dan foto berturut-turut. Kalau banyak foto aksi, bagus A6000.

  • bayu susilo August 18, 2015, 6:16 pm

    Canon sama nikon k g ada yang maduk bos,reviewnya dong.m3 dan nikon

  • Tri rizki August 15, 2015, 6:10 pm

    Bang. Saya mau tanya dong. Untuk di pakai sehari2 kamera sony a6000 dengan fujitilm xm1 recomended yg mana?
    Thanks.

    • Enche Tjin August 15, 2015, 8:32 pm

      Sony A6000

  • andra August 15, 2015, 1:17 pm

    kalo sony a6000 sama panasonic gx7 pilih mana om? budget dibawah 10jt

    • Enche Tjin August 15, 2015, 8:35 pm

      Gak mudah memilih, kalau kualitas gambar, bagusan A6000, tapi kalau fitur kamera bagusan Panasonic GX7, contohnya ada touchscreen dan peredam getar di body kamera.

  • Akmal August 14, 2015, 10:16 am

    Om, mau tanya saya galau antara pilih NX500 atau fujifilm x-e2, menurut om bagusan yang mana yaa om, mohon pencerahan

    • Enche Tjin August 15, 2015, 8:57 pm

      Dari spesifikasi/fitur, lebih bagus Samsung NX500. Kekurangannya dibanding XE-2 adalah jendela bidik, dan koleksi lensa berkualitas Fuji lebih banyak dari Samsung.

  • Edward Perdana Putra August 13, 2015, 8:07 pm

    om mau nanya antara fujifilm X-M1 dan Lumix GX7 utk digunakan traveling bagusan mana om dari hasil ketajaman dan detail foto yang didapat ? terima kasih…

    • Enche Tjin August 13, 2015, 8:40 pm

      Kualitas gambar X-M1 lebih unggul terutama di kondisi gelap, tapi kualitas gambar juga ditentukan oleh lensa. Kalau lensanya sama-sama kit/paket kamera, GX7 sedikit lebih tajam. Secara keseluruhan, lebih nyaman pakai GX7 untuk traveling, karena layarnya bisa touchscreen, ada jendela bidik optik, dan fitur-fitur lainnya.

  • Rara August 13, 2015, 8:02 pm

    Sony A6000 atau fuji xm1 ya? Saya lebih pengen foto ke human interest sama foodie gitu. Pencerahanya ya.

    • Enche Tjin August 13, 2015, 8:40 pm

      Secara kualitas keseluruhan Sony A6000 kamera yang lebih baik.

  • Eli August 13, 2015, 9:42 am

    Pak enche, mohon pendapatnya manakah yang lebih bagus antara gx7 atau sony a6000 dari segi kualitas gambar, feature2 nya juga termasuk ketersediaan lensa, harga lensa dan after sales nya.Terima kasih.

    • Enche Tjin August 13, 2015, 8:47 pm

      Kualitas Sony A6000 lebih bagus, tapi kalau ketersediaan lensa, Panasonic yang tergabung dalam sistem micro four thirds bersama Olympus koleksinya lebih banyak. Harga lensa tergantung dari kualitasnya. After salesnya saya kurang pengalaman. Tapi kalau jumlah pemakai, Sony lebih banyak.

  • Roby August 10, 2015, 12:20 pm

    Bingung nih pilih nx 300 atau sony a5000 ya koh?

    • Enche Tjin August 11, 2015, 5:57 am

      Secara spec bagusan NX300 terutama di kinerja autofokusnya.

  • Anggi Dwi August 9, 2015, 10:28 pm

    om aku minta sarannya, mending gopro atau mirrorless fujifilm? + alesannya om

    • Enche Tjin August 10, 2015, 11:40 am

      Beda tujuannya, kalau gopro itu dirancang sebagai kamera video, bagusnya buat rekam video aksi, kameranya kecil bisa di pasang di mana saja, helm, stang sepeda dll. Kalau Fujifilm mirrorless itu kamera foto, lebih banyak untuk foto jalan2, dll.

  • Ul August 6, 2015, 11:07 am

    Om, bgusan xm-1 atau NX300 yah ? Digunain buat sehari hari traveling food dan kondisi minim cahaya, Galau setelah baca baca ,tolong bantuannya om, makasih ya

    • Enche Tjin August 6, 2015, 12:21 pm

      Keunggulan NX300 itu autofokusnya lebih cepat, jadi kalau foto subjek bergerak lebih bagus, XM-1 agak lambat, tapi kalau foto benda gak bergerak yang ditata seperti food, kualitas gambarnya sedikit lebih baik. Sebaiknya mengunakan lensa bukaan besar juga supaya mendapatkan hasil maksimal.

  • abe August 4, 2015, 3:44 pm

    ingin beralih dari DSLR ke Mirrorless, karena memang bukan peruntukkan yg serius juga. hanya hobby fotografi aja dan pengen yang simpel tapi juga mumpuni.
    lebih suka portrait & landscape.
    kebanyakan teman menyarankan Fuji (saat ini yg masuk budget ya X-M1)
    dan baru perhatiin ternyata X-A2 oke juga.

    Pros & Cons antara X-M1 & X-A2 apa aja ya ko?

    terimakasih sebelumnya 🙂

    • Enche Tjin August 5, 2015, 9:23 am

      Sekilas mirip, tapi kalau diteliti kualitas fotonya sedikit berbeda, Fuji X-M1 lebih tajam dan noisenya lebih halus. X-A2 layarnya bisa diputar keatas untuk selfie, baterainya lebih tahan lama (400 foto banding sekitar 300 foto).

  • nissa August 3, 2015, 8:03 am

    Koh saya mau nanya, saya pemula ingin belajar fotografi. Kebetulan suka travelling dan ingin mengabadikan tempat2 saat travelling dgn baik tp juga bisa digunakan utk foto sehari2 dan kalau bisa dilengkapi wifi. Kamera mirrorless dgn budget dibawah 10juta yg cocok apa yah? Trimsss.

    • Enche Tjin August 3, 2015, 8:58 am

      Banyak pilihan seperti daftar diatas, misalnya Sony A6000, dan Panasonic GX7

      • nissa August 5, 2015, 9:10 pm

        Jika sony A6000 dengan samsung nx300m lebih baik mana ya dari segi all packaged (kualitas foto, autofocus, dll) dan juga ketahanan baterai? Terimakasih.

  • ed August 2, 2015, 11:25 am

    Ko, saya ada rencana beli kamera dengan budget 10-14 jutaan. Ada fotografer yg merekomendasikan saya Olympus OMD EM10 atau Olympus OMD EM5 Mark II second (agar masuk budget). Tapi ada juga yang merekomendasikan saya untuk beli dslr canon 70D.
    yg saya simpulkan dari rekomen orang”, katanya mirrorless masih lagi berkembang dan saat ini supportnya belom sebanyak dslr. tapi ga sedikit juga orang yg bilang saat ini era dslr memang sudah mau bergeser ke mirrorless.

    Rencananya sendiri kameranya akan dipake untuk street photography sama travelling, tapi lumayan sering dipake juga untuk videography.

    kira” dari tipe yang saya sebut di atas ada rekomendasi apa ko? atau ada rekomendasi lain untuk menyesuaikan kebutuhan dan budget saya? Thanks ko..

    • Enche Tjin August 2, 2015, 12:08 pm

      Untuk street photography kamera dan lensa berukuran kecil lebih cocok daripada kamera DSLR yang besar, jadi Olympus OMD EM10 keliatannya oke. Sisa budget habiskan ke lensa yang bagus.

      • ed August 2, 2015, 7:11 pm

        thankyou sarannya ko..

        satu lagi, kalo untuk pembuatan video, apa kualitas video yg dihasilkan mirrorless sudah sebagus dslr?

  • dela August 1, 2015, 10:46 pm

    mau nanya nih, mending sony a6000 atau fujifilm X-T10 Ko? keperluan untuk travelling, fotografi arsitektur (eksterior dan interior) bangunan. lalu apakah lensa bawaannya sudah cukup baik? terimakasih Ko

    • Enche Tjin August 2, 2015, 6:53 am

      Saran saya Sony A6000 dan lensa lebar 10-18mm f/4 VR untuk kebutuhan travel landscape, arsitektur.

  • Hieroz July 30, 2015, 9:37 pm

    Ko, nice artikel, bener2 membantu buat saya yg awam bgt di dunia kamera dan foto. Dri baca2 blog ini dan Google, skrg lgi dilemma, antara A5000 yg lg ada diskon jdi 5 juta krg dah dot sd card dan leather case, sama fuji xm 1 yg msh sekitaran 6, 4 krn ada cashback juga. Tujuan utama beli kamera krn saya pkir utk dokumentasi travelin, sering hiking juga dan ingin belajar night sky photography / astrophotography. A5000 saya suka lcdnya bisa keatas dan ringan sekali, xm 1 bbrp tmn blg IQ nya lbh baik, tpi ada juga yg blg sony utk landscape better krn Fuji lbh cocok utk portrait dan street photography… Cmiiw. Dgn kondisi ada promo bgni kira2 saya baiknya ambil mana? Atau nahan diri utk ga ush beli dolo? Dan apakah beli kamera seken baiknya? Thx b4 for advices

    • Enche Tjin July 31, 2015, 1:05 am

      Kualitas gambar Sony A5000 bagus, mungil dan gak mahal juga. Yang kurang kecepatan autofokusnya, Fuji XM1 juga lemah di autofokus. Saran saya sih mendingan tambah dikit untuk Sony A5100.

      • Hieroz July 31, 2015, 9:04 am

        Thx ko for reply, oh mending ambik A51000 dlm hal ini yah drpda xm1. Mgkin ada pertimbangan sendiri knp ke A5100? Btw after sales 2 vendor diatas bagus Ga yah ko? Thx b4

  • Andri July 22, 2015, 11:51 am

    Hallo ko, rencana saya ingin membeli camera untuk belajar fotografi, pilihan camera yang akan dibeli : Nikon 1 V2, Fujifilm X-M1, Olympus Pen EPL6 dan Samsung NX300m. Hal utama bagi saya adalah kualitas gambar dan AF yang cepat. Kiranya dapat diberi saran ko camera mana yang harus saya beli… Terima kasih

    • Enche Tjin July 22, 2015, 9:45 pm

      Dari daftar yang diatas Samsung NX300M unggul dari kualitas gambar dan juga kecepatan autofokus (hybrid).

  • ibnu July 19, 2015, 12:48 am

    hallo ko. mau tanya . buat pemula dan hobi mengabadikan foto landscape dan HI saat jalan jalan / naik gunung . recomended dari ko yang mana yaa ? antara Samsung NX3000 dan Fuji XM-1 .?

    • Enche Tjin July 19, 2015, 10:34 am

      Bagus Fuji X-M1

  • Zaenal July 18, 2015, 7:54 pm

    Mau nanya om camera fuji film unt selfi kekurangannya apa ya

    • Enche Tjin July 19, 2015, 10:36 am

      Banyak tipe yang LCDnya tidak bisa ditekuk ke atas sehingga gak bisa melihat sebelum foto dibuat.

  • yasmine July 16, 2015, 5:58 am

    Boleh minta saran antara Sony a5000, Samsung nx3000, Dan Nikon v2 lebih baik mana untuk foto produk dan fashion? Dan dengan pertimbangan untuk upgrade lenaa terutama yg fix. Terimakasih 🙂

    • Enche Tjin July 16, 2015, 11:39 am

      Untuk koleksi lensa yang lebih banyak sistem Sony, tapi saran saya kameranya yang Sony A6000 karena ada hotshoe buat flash. Samsung NX3000 ada flashnya, mungkin kalau dana terbatas bisa beli yang ini. Hindari Nikon V2 untuk keperluan foto produk-fashion.

  • felicia July 15, 2015, 12:40 pm

    Hi ko, mau tanya. Untuk junior spt sy yg tertarik dgn foodgraphy, dan kbutuhan cameranya untuk travelling, yg paling recommended apa ya? Sy tertarik fujifilm a2, harganya tp msh lmyn 8 jt ya, dan sy msh krg paham ttg lensa dan lainnya, jadi mohon bantuannya ko 🙂

    • Enche Tjin July 16, 2015, 11:58 am

      Kamera yang saya tandai warna biru itu bagus untuk dibeli dan digunakan. Selamat memilih.

  • anne July 13, 2015, 9:46 pm

    om saran dong sebaiknya nx300m, xm1, atau fuji a2 untuk yg sering foto ootd dan traveling? Thx Gbu:)

    • Enche Tjin July 14, 2015, 1:55 am

      Ketiganya oke, tapi kalau suka selfie, saran saya yang Samsung NX300M he he he. Ngomong-ngomong ootd apa tuh?

      • yasmine July 16, 2015, 5:56 am

        OOTD itu Outfit Of The Day 🙂 tren update foto gaya berpakaian sehari-hari di social media ala fashion blogger

        • Enche Tjin July 16, 2015, 11:40 am

          Hihihi, pantesan saya gak tau, soalnya tiap hari pakai kaos abu2 terus. trims pencerahannya.

      • anne July 20, 2015, 6:48 pm

        ia outfit of the day utk fashion blogger n vlogger om, hehe jadi bagusan nx300m yah?, tdi juga sempat baca review sony a5100 kalo dbandingkan dngan samsung nx nya sndri yg lebih worth yg mana?:)

  • Jordanio July 13, 2015, 1:12 pm

    Boleh minta sarannya nx1000, Panasonic GM1 dan Olympus EPL-6 lebih bagus yg mana yah? Keperluannya cuma buat iseng foto2 aja sih, ya paling untuk foto konser dan sekeliling aja. Atau ada rekomen lain? Untuk budget kisaran 6juta. Thanks.

  • Monika July 13, 2015, 12:19 pm

    Hallo, kalau untuk travelling ke luar negeri, untuk mengabadikan aktifitas, pemandangan alam dan vmengambil candid foto rekomendasi bapak apa ya ?

    • Enche Tjin July 14, 2015, 2:03 am

      Banyak kamera yang bagus dan cocok seperti daftar yang saya list diatas, tinggal pilih yang sesuai selera dari desain, ukuran, dan sebaiknya dicoba dulu sebelum membeli.

  • raihan July 13, 2015, 12:16 pm

    Mas ,kalo harus memilih kamera mirrorles olympus EP3 dgn Samsung Nx1000, Lebih baik milih yg mana. keperluan buat sehari2 untuk dokumentasi dan belajar fotografi. Terima kasih mas

    • Enche Tjin July 14, 2015, 2:07 am

      Ada beberapa area dimana Samsung NX1000 lebih bagus, misalnya kualitas gambar, kualitas layar LCD, ada wifi, dan area dimana Olympus EP3 unggul, seperti kecepatan autofokus, stabilizer di body, dan pilihan lensa jauh lebih banyak.

  • Ayun July 13, 2015, 3:04 am

    Halo koh, mau nanya kalo untuk traveling dan portrait lebih baik pilih fujifilm x-m1, fujifilm x-a2 atau sony a5100 ya koh? Makasih koh

    • Enche Tjin July 13, 2015, 12:12 pm

      Untuk foto portrait, yang lebih penting sebenarnya lensanya.

  • Harsuki July 10, 2015, 7:17 am

    Kalau sony a6000 , nx500 dan sony a5100. Lebih rekomen yang mana ya? Di banding dr sisi kualitas sm ada wifi nya? Thanks

  • Harsuki July 9, 2015, 1:22 pm

    Mau minta rekomendasi, saya lg nyari kamera mirrorless yg bisa konek wifi buat tranfer foto bagu nya apa ya? Saya kepikiran fuji x 100t tp ga bs ganti lensa. rekomen apa ya? Cm buat street foto si thanks

    • Enche Tjin July 10, 2015, 3:32 am

      Coba cek kamera seperti Sony A5100, Samsung NX

  • tita July 2, 2015, 11:09 am

    Halo Pak Enche Tjin,
    mau nanya kalau untuk foto outdoor baik siang dan malam bagusan mana koh antara GM1, XM1 atau GF 7? ukuran sensor ketiganya samakah?
    terima kasih banyak 🙂

    • Enche Tjin July 3, 2015, 2:43 am

      Fujifilm X-M1 sensornya APS-C, lebih besar sedikit dari GM1 dan GF7 yang mengunakan sensor four thirds. Untuk foto di kondisi gelap, lebih baik yang ukuran sensornya lebih besar, dan tentunya lensanya juga perlu diperhitungkan, sebaiknya mengunakan lensa yang berbukaan besar.

      • tita July 3, 2015, 8:21 am

        saya baru tau kalau ternyata XM1 tidak bisa foto panorama. jadi ragu. Bisa minta saran/masukan kira-kira mirrorless apa yang terbaik dan bisa untuk panorama di rentang harga 5-7 jt?
        terima kasih banyak

  • Ismail Fahmi July 1, 2015, 12:45 pm

    Mas bisa bantu ngasih pilihan antara lumix gm1 sama olympus pen epl-6 lebih baik mana yah ?

  • april June 30, 2015, 11:04 pm

    rencana motret produk barang, foto anak kecil, sama foto pemandangan paling kohhh

    xa 1 / xm 1 / sony a 5100 ?

    • Enche Tjin July 1, 2015, 12:18 am

      Masalah dengan Sony A5100 adalah gak ada hot shoe untuk pasang flash (barangkali kedepannya ingin mengunakan flash external untuk foto produk). Kelemahan X-M1 dan X-A1 di autofokus yang lambat akan kewalahan saat motret anak-anak yang tidak bisa diam. Yang lebih baik mungkin Sony A6000. Tapi kalau budget terbatas, tinggal ditimbang-timbang aja prioritasnya kembali.

  • Wonder June 29, 2015, 8:28 pm

    Mas, budget saya 20jt an, mau pilih kamera cepat dan jernih autofocusnya, lowlight bagus, hasil photo landscape yg wow dan bisa memotret benda yg bergerak cepat. Saya gak suka gonta ganti kamera, sekalian beli yang bagus dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Minta saran juga lensa nya perlu beli yg apa aja dengan zoom yg jauh dan bisa juga untuk memotret wide dalam ruangan. Terima kasih banyak sebelumnya Mas

    • Enche Tjin June 30, 2015, 12:08 am

      Budgetnya termasuk lensa atau kamera saja?

      • Wonder June 30, 2015, 6:54 pm

        Kamera aja Mas, kalau Lensanya sendiri ada budget sekitar 10jt an aja.
        Terima kasih Mas Enche.

        • Enche Tjin July 1, 2015, 12:02 am

          Nikon D750 mungkin? Kalau lensa yang fleksibel 24-120mm f/4 VR.

  • donny June 28, 2015, 10:21 pm

    om dana 4juta dapat kamera mirrorless merk apa ya om yang bagus

    • Enche Tjin June 29, 2015, 7:12 am

      Sepertinya gak ada sih, kecuali beli kamera bekas.

  • april June 28, 2015, 9:29 am

    koh kalau saya masih pemula bgt nih tadinya pgn beli fujifilm x-a1 tapi liat sony bagus juga reviewnya..
    jadi mending x-a1 atau sony a5100 ?

    • Enche Tjin June 29, 2015, 7:16 am

      Rencananya buat motret apa ya?

  • fahmi putra June 25, 2015, 1:42 am

    Om saya mau bertanya, sony a5100 vs sony a6000 bagusan mana om, trus bagusnya dari segi apa, terimakasih

    • Enche Tjin July 1, 2015, 12:22 am

      Bagusan Sony A6000 dari segi kualitas fisik, adanya jendela bidik elektronik dan kecepatan autofokus. Kelebihan A5100 di layar LCD bisa dilipat ke atas untuk selfie, touchscreen autofokus/shutter.

  • anggoro June 19, 2015, 4:41 pm

    Pak, saya tertarik untuk fotografi langscape, bagusnya memilih yang mana ya? Terlalu banyak pilihan jadi pusing. Budget 10 juta.

    Terima kasih.

    • Enche Tjin June 19, 2015, 9:19 pm

      Kalau suka kamera mirrorless mungkin bisa cek Samsung NX500.

  • Eltri June 19, 2015, 11:26 am

    Koh saya mau beli kamera setelah baca2 bgg antara gm1 ato xm1, mending pilih mana koh? Mohon pencerahan.. Tq

    • Enche Tjin June 19, 2015, 9:22 pm

      Kalau mau yang extra mungil dan lebih gesit, GM1, kalau ingin kualitas foto tajam, dan lebih sedikit noise di kondisi gelap, XM1.

  • Tito June 15, 2015, 10:31 am

    Menyambung pertanyaan Rio di atas,,,
    Menurut pak Enche apakah bijak menjual lensa SEL 18-105 f/4 untuk membeli lensa Zeiss 24mm f/1.8 untuk digunakan sehari-hari? Saya merasa bahwa hasil dari lensa SEL 18-105 kurang maksimal, terutama saat low light.
    Terima kasih pak.

    • Enche Tjin June 16, 2015, 1:19 pm

      Pertukaran seperti itu selalu ada untung ruginya. Keuntungan utamanya adalah dengan bukaan besar cahaya bisa lebih banyak yang masuk dan kualitasnya lebih baik. Tapi kekurangannya gak fleksibel gak bisa zoom, dan ruang tajam tipis. Ngomong2 kalau low light sebenarnya yang paling ampuh adalah tripod (untuk pemandangan) dan flash (untuk indoor/liputan).

      • Tito June 17, 2015, 9:51 am

        Terima kasih replynya, pak Enche.
        Berarti menurut Bapak lebih baik bila saya investasikan dana untuk membeli tripod dan flash daripada menukar Sel 18-105 menjadi Zeiss 24mm? Sebagai informasi, saat ini saya telah memiliki Sel 50mm f/1.8.
        Mohon informasinya bila pak Enche akan mengadakan kursus fotografi tingkat lanjut, khususnya dalam waktu dekat.
        Terima kasih.

  • taufik June 14, 2015, 11:45 am

    koh kira kira enaknya beli samsung nx3000, panasonic gm1, olympus epl 6 atau fujifilm x m1? buat pemula koh budget pol 8jt

    • Enche Tjin June 16, 2015, 1:20 pm

      Banyak banget pilihannya ya haha. Rata-rata semuanya bagus, cuma prioritasmu apa dulu? Ada bagusnya baca-baca fitur2 setiap kamera dan kalau bisa coba di toko.

  • Marsha June 12, 2015, 8:20 am

    ko, bagi pemula lebih disarankan fujifilm XA-2 atau Olympus PEN EPL6 ya? Saya untuk kebutuhan street photography ko. ditunggu sarannya ya ko, terimakasih

    • Enche Tjin June 16, 2015, 1:21 pm

      Enak Olympus EPL6 menurut saya, kameranya kecil, lensanya juga dan autofokus cepat.

  • Rio June 10, 2015, 8:20 am

    Halo, om Enche.
    Mau tanya, om. Saat ini kamera saya Sony A5000 dgn lensa 50mm f1.8 dan 18-105mm f4.
    Ada rencana cari lensa, om. Mhn sarannya utk bbrp opsi :
    1. Tambah 24mm f1.8
    2. Jual 50mm, beli 24mm
    3. Atau ada usulan, om?
    Sayang bgt gk ikut Sunda Kelapa bareng Pendopo Sony Alpha buat nanya2 lgsg, hehe.
    Trm ksh banyak, om Enche.

    • Enche Tjin June 10, 2015, 10:33 am

      Halo Rio, tergantung sekali dengan apa yang ingin di foto dan hasil yang diinginkan. Secara umum, menurut saya sayang untuk menjual 50mm f/1.8 OSS, karena menurut saya lensa tersebut merupakan salah satu yang bagus, terutama untuk portrait.

      • Rio June 10, 2015, 10:18 pm

        Trm ksh respon nya, om.
        Mungkin preferensi saya mau cari lensa fixed dgn FL yg bisa dipakai harian, dgn pertimbangan msh bs dipakai jg kl nanti upgrade fullframe.
        Apakah 24mm f1.8 worth to buy atau ada rekomendasi lain, om? Terima kasih, om Enche.

        • Enche Tjin June 10, 2015, 10:28 pm

          24mm f/1.8 tidak optimal jika dipakai di kamera full frame, karena dirancang untuk sensor APS-C. Saat dipasang di kamera full frame, bagian ujung2 foto akan gelap. Kalau di crop akan mendapatkan megapixel yang lebih sedikit. Contoh 24MP -> 10 MP.

        • Enche Tjin June 10, 2015, 10:30 pm

          Meski demikian, 24mm f/1.8 itu lensa yang bagus untuk dipakai harian 🙂

  • Thomas June 9, 2015, 2:52 pm

    Ko, salah satu kemeraku itu a5000, kebetulan entah kenapa aku gak terlalu ‘sreg’ pake lensa bawaan dan lensa sony lainnya 😀
    Klo semisal mau pake lensa lainnya (Nikon, Canon, Tamron), yg bagus utk macro apa ya Ko?? Klo bisa yg 10 jeti kebawah aja Ko 🙂
    Harus beli buat adapter, tripod, dll juga soalnya 😀

    • Enche Tjin June 9, 2015, 3:42 pm

      Boleh juga, lensa makro rata2 bagus, yang cukup terjangkau Tamron 90mm f/2.8 macro.

  • bertus June 7, 2015, 12:43 pm

    koh, saya kan sudah punya d5200, tapi rasanya ribet klo saya bawa travelling. berat, gede dan harus bawa lensa lainnya, jadi pengen ganti ke fujifilm x-m1, menurut koh enche mending ganti ke mirrorless apa tetep di dslr? mohon solusinya

    • Enche Tjin June 8, 2015, 12:04 am

      Kalau ingin kamera yg lebih ringkas memang lebih enak mirrorless. Kelemahannya di kecepatan autofokus dan baterai lebih cepat habis.

  • Yuriko June 4, 2015, 11:55 am

    Ko Enche , tqvm situsnya jadi berkat nambah knowledge ,

    mau nanya rekomendasi , sy gerak bidang dandan pengantin, kebutuhan camera utk foto before after fokusnya utk kulit bagian wajah dan style rambut

    Tadinya sempet review canon eos 1200 d, saran dr teman cb review mirrorless, sy cukup tertarik, krn secara dandan saja bebawaannya udah ribet n berat,

    Mohon refrensi krn saya sering foto before after dibawah lampu kamar hotel yg rata2 suasana cenderung remang / kuning , kalo buka hordeng demi dapat cahaya matahari, malahan over cahayanya shingga pengaruhin hasil dandan ( pucat )

    Budget 6-7 juta : pilihan antara :panasonic gm1 / fuji film xm1 / olympus pen epl6

    Sebelumnya sy foto pakai iphone ( banyak bintik, warna beda dgn kenyataan )

    Thks in advance
    God b u

    • Enche Tjin June 16, 2015, 1:23 pm

      Saran saya fujifilm XM1, tapi perlu diperhatikan juga kalau cahayanya mengunakan lampu di dalam ruangan, warna asli dari makeup itu tidak akan terlihat. Maka itu perlu flash/cahaya matahari.

  • putra May 26, 2015, 10:15 am

    Koh enche,

    Terkait mirrorless system sepertinya menggiurkan, kamera kecil dgn segudang fitur (a7s)
    Boleh minta saran, sekarang saya pengguna d700 dan d610, 3 lensa sapujagad nikon seri N

    Kl saya hijrah ke sony bagaimana menurut koh..tentunya semua perangkat beralih ke sony,

    Kamera seblmnya Saya gunakan utk foto panggung, wedding, liputan olahraga dan videography..
    Gmn mnurut koh enche, ditunggu jawabannya koh..

  • Bayu May 24, 2015, 9:43 am

    Bung Enche, mohon pendapatnya mana yang lebih bagus antara OMD E-M5 Mark II atau Fujifilm X-T1 dari segi kualitas gambar dan feature2 yang lain; termasuk ketersediaan lensa dan harga lensanya. Terima kasih.

    • Enche Tjin May 25, 2015, 10:50 pm

      Dari kualitas gambar, X-T1 lebih bagus dari Mark II. Kalau koleksi lensa micro four thirds (Olympus-Panasonic) lebih banyak dan harganya tidak terlalu tinggi.

  • tikaa May 24, 2015, 7:42 am

    Part 2 nya dong om enche..

  • asri ariestyawati May 18, 2015, 7:47 pm

    Om bagian 2 nya mana???penasaran ma pembahasan samsung…..

  • Fadli May 11, 2015, 9:47 pm

    Om, sony alpha a3500 itu jenis kamera mirrorless atau dslr om?

    • Enche Tjin May 12, 2015, 12:47 am

      Termasuk DSLT, diantara DSLR dan mirrorless.

  • hukama May 7, 2015, 7:41 pm

    Ko, mau nanya lebih baik beli sony a6000 plus lensa Sony Zeiss E 16-70mm f/4 OSS, apa beli sony A7, soalnya harganya kurang lebih sama ..

    • Enche Tjin May 8, 2015, 3:23 am

      Kalau punya Sony A7, siap-siap invest dana yang lebih untuk lensa-lensanya. Saya sendiri sih pilih Sony A6000 dan 16-70mm kalau dananya hanya cukup untuk itu.

      • Vinita August 3, 2015, 9:28 pm

        Maaf ko nimbrung nih.. Mau tanya.. Hasil gambar sony a7 kit (28-70) dg a6000 yg disebutkan td, bgus mana ya? Krg worthed kah kl beli a7 kit? Thanks

        • Enche Tjin August 3, 2015, 9:50 pm

          Kualitas gambar A7 dan 28-70mm lebih bagus dari A6000 dengan lensa kitnya.

  • dinna May 4, 2015, 9:12 pm

    menurut ko pribadi, kalo harus milih lebih bagus sony a5100 atau samsung nx300. makasi ko. 🙂

    • Enche Tjin May 4, 2015, 11:16 pm

      Saya pilihkan Sony A5100 🙂

  • Bakhtiar May 4, 2015, 9:29 am

    Mau nanya om, Kalo harga range 6-7jt, nikom 1 v1 10-30W gmn? Sama olympus epl 6 pilih mana?

    • Enche Tjin May 5, 2015, 10:42 pm

      Olympus EPL6 saja

  • dio April 28, 2015, 11:10 am

    setelah membaca artikel ini, saya mantab milih a6000 dibandingkan xm-1..
    kebetulan juga ada lensa wide -lupa f brp (nganggur) waktu bokap beli nexF3 +kit..
    kebutuhannya sih utk dokumentasi biasa dan low light.
    akur kan, ko? thx 😀
    salam..

    • Enche Tjin April 28, 2015, 5:22 pm

      Siplahh

  • Johannes April 28, 2015, 5:15 am

    Ulasan mirrorles nya Samsung belom ya? Thanks

    • Enche Tjin April 28, 2015, 5:19 pm

      Bagian II nanti hehe

  • Anind April 27, 2015, 6:02 pm

    Om Enche, Mau tanya, Saya berniat untuk membeli Sony Alpha 7, namun saya masih berpikir ulang karena keterbatasan pilihan lensa dan harga yang mahal dari Sony, kalau Saya pasang lensa2 jadul tetapi dengan merk seperti carlzeiss, apakah jadi mubazir Body Mirrorles nya om?

    • Enche Tjin April 27, 2015, 7:19 pm

      Banyak teman-teman saya yang begitu, tapi saya pikir kombinasi yang paling oke adalah lensa-lensa yang memang dirancang dan dioptimalkan untuk Sony A7. Memasang lensa jadul pastinya cuma bisa manual fokus. Tapi kalau memang dana masih belum mencukupi tidak masalah memasang lensa-lensa jadul terutama kalau memang sudah punya. Kalau belum punya harus dipertimbangkan baik-baik sebelum membeli. Takutnya menyesal dan habis-habisin ongkos dan gak enjoy saat memotret.

  • andreas sitanggang April 22, 2015, 7:40 am

    Om sekali lagi nanyak. BG-E9 yang saya belik made TAIWAN ori punya dan bahan buatannya bagus karetnya om. Toko saya belik archa punya. Tapi yang saya curigai bahan putarannnya aja om dari plastik. Apa tidak masalah om??? Kalau ori apa bisa di chek online ya om.

    • Enche Tjin April 22, 2015, 10:59 am

      Mestinya gak masalah kalau pas dan fungsinya berjalan baik dan dibeli ditoko yang memang menjual barang resmi, bukan tiruan/bajakan.

  • andreas sitanggang April 20, 2015, 8:56 am

    Om mau nanyak ini. Cara membedakan batre grip BG-E9 yang ori sama kw dari mana? Terus kalau buat putaran penyangkutnya BG ke dslr. Bahan putarannya besi atau plastik. Trims om

    • Enche Tjin April 21, 2015, 2:29 am

      Yang asli biasanya sangat rapat dan halus finishingnya. Harusnya dari logam.

  • teddy April 19, 2015, 10:17 pm

    Om enche, sy pemula yg baru mau beli kamera utk belajar foto. Mau tanya, lbh baik beli sony a6000 dgn lensa 16-70 f4 ZA OSS atau olympus omd em5 mk ii dgn lensa standarnya yg 14-150 f4 ? Secara harga kurang lbh sama sktr 18 jtan. Mohon pencerahannya.. Trims om..

    • Enche Tjin April 21, 2015, 2:30 am

      Yang Sony saja

    • henky June 4, 2015, 8:15 am

      Maaf telat nimbrung ya pak. Kalau dibanding dg promo saat ini : omd em 5, dg lensa kit 14-50 plus bonus 50mm/f 1.8 harga 12jtan apakah tetap pilih sony? Lagi galau ni saya.. thanks a lot

  • Vaney April 19, 2015, 7:09 am

    PakEnchesaya sedang carilensa tele untuk nikon d5100 yang af nya cepet dan kuaitas gambar bagus
    Pilih mana antara : Nikon 55-300 VR atau tamron 70-300 VC USD.terimakasih

    • Enche Tjin April 21, 2015, 2:36 am

      Dari kualitas gambar dan autofokus Tamron 70-300mm VC USD lebih bagus, cuma kekurangannya agak besar dan lebih berat.

  • Lesta April 17, 2015, 7:35 pm

    Pak enche Kalau untuk kerja enak mana nikon d5300,nikon d7000,eos 60d,sony a6000.
    kalau untuk nikon d7000 dan eos 60d apakah kualitas gambarnya cukup bagus jika dibandingkan kamera keluaran terbaru.
    untuk mirorless samsung dibahas ngga pak.
    Terimakasih

    • Enche Tjin April 17, 2015, 8:10 pm

      Buat kerja sebenarnya enaknya kamera DSLR karena sistemnya sudah komplit, mau lensa apa saja ada dan tersedia untuk disewa, dan kalau rusak juga servicenya cenderung lebih cepat. Nikon D7000 dan Canon 60D masih bisa diterima untuk profesional. Perbandingannya saya ulas disini. Untuk mirrorless Samsung nanti, di bagian 2 🙂

  • Setiawan Krisna April 16, 2015, 6:47 pm

    Mas Enche, maaf oot.
    Saya mau bikin foto produk furniture.
    Kira2 lensa yg cocok yg tajam utk nikon dd7100 apa ya.?
    – nikon 85mm f/1.8 AF-D
    – nikon 85mm f/1.8 G
    – sigma 50mm 1.4 ART
    – nikon 105mm f/2 DC
    Saya butuh g bener2 tajam.
    Tks

    • Enche Tjin April 17, 2015, 10:05 pm

      Saya kira untuk furniture yang berukuran besar, lensa 50mm atau lebih panjang agak sedikit terlalu sempit (kecuali ruangannya besar). Saran saya Sigma 35mm f/1.4 ART. Kalau ruangannya sangat besar, 50mm ART sangat tajam.

Leave a Comment