≡ Menu

Zeiss Batis, seri lensa baru untuk kamera mirrorless Sony A7

Secara mengejutkan, Zeiss meluncurkan seri lensa baru khusus untuk sistem kamera Sony full frame. Seri ini dinamakan Zeiss Batis. Dalam kesempatan ini, Zeiss langsung mengumumkan dua lensa sekaligus. Zeiss Batis 25mm f/2 dan Zeiss Batis 85mm f/1.8. Optik Zeiss Batis ini dibuat di Jepang. Casingnya terbuat dari plastik dan alumunium.

Ada yang inovatif dari lensa Batis ini, yaitu OLED display yang menampilkan jarak fokus dan rentang ruang tajam (depth of field). Teknologi ini yang pertama kali diterapkan di lensa. Lampu OLED display ini setelah digunakan beberapa tahun akan semakin memudar. Tapi bisa diganti dengan yang baru.

zeiss-batis-25

Indikator tersebut memudahkan fotografer untuk memastikan bagian yang fokus/tajam dalam foto meskipun kondisi cahaya lingkungan saat itu gelap seperti saat matahari terbit atau tenggelam. Kedua lensa ini juga dilengkapi dengan sistem autofokus, sesuatu yang tidak kita temukan di lensa-lensa Zeiss untuk kamera DSLR.

Meskipun banyak lensa Sony/Zeiss lainnya yang mencakupi focal length 25mm seperti 16-35mm, dan 24-70mm, Zeiss Batis 25mm f/2 memiliki keunikan sendiri, yaitu merupakan lensa fix. Selain itu, 25mm f/2 memiliki bukaan yang relatif besar (Kurang lebih 2 stop lebih besar / 4 kali lebih banyak cahaya). Latar belakang juga bisa lebih blur. 25mm f/2 juga bisa fokus cukup dekat yaitu 20 cm, sehingga cukup baik untuk foto close-up photography. Perbesarannya 1:5.2 dan beratnya 355 gram. Panjang lensa 7.8 cm dan filter yang cocok 67mm. Harganya US$ 1299 (Rp 16.5 juta).

zeiss-batis-85mmLensa yang kedua yaitu Zeiss Batis 85mm f/1.8, yang dirancang untuk penggemar portrait photography. Meskipun bukaannya tidak mencapai f/1.2 atau f/1.4 seperti lensa portrait pada umumnya tapi lensa ini memiliki optical stabilization untuk membantu menstabilkan getaran kamera. Berat lensa ini 455 gram. Panjang lensa 9.2 cm, dan filter yang cocok 67mm. US$1199 (Rp 15.5 juta)

Contoh foto dari Zeiss Batis di flickr:

Kesimpulan dari lensa Zeiss Batis oleh photographer/reviewer Digglyold:

  • Zeiss Batis 85mm f/1.8 OSS = Kontras dan ketajaman tinggi bahkan sampai ujung foto, micro contrast sangat tinggi (tajam) di f/5.6 lebih baik dari sebagian besar lensa dan tidak kalah dari lensa Leica yang terbaik. Ada sedikit distorsi pincushion yang bisa diperbaiki di editing.
  • Zeiss Batis 25mm f/2 = Kontras lumayan bagus bahkan di f/2 dan sampai ujung-ujung foto (jarang untuk lensa lebar).

Menurut saya Zeiss telah berhasil membuat rancangan lensa fix modern yang bagus untuk sistem Sony FE. Ukurannya dan beratnya sesuai dengan kamera mirrorless, harganya juga tidak semahal seri Zeiss Otus untuk kamera DSLR. Dengan tambahan kedua lensa ini, sistem Sony Full frame (FE) seri A7 menjadi lebih kaya dan lebih menarik lagi bagi penggemar fotografi amatir dan profesional.

—-

Untuk memesan lensa ini, silahkan hubungi 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

Maksimalkan fungsi dan setting kamera digital Anda dengan mengikuti  acara Kupas tuntas kamera digital

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 9 comments… add one }
  • Nur Salim October 1, 2015, 1:01 am

    Mas Enche kalau lensa ultra wide untuk sony a7 yg bagus apa yaa? Bagaimana dg lensa Nikon 14-24..

    • Enche Tjin October 1, 2015, 8:58 am

      Sony FE 16-35mm f4 OSS. Kalau Nikon mesti pakai adaptor dulu dan gak bisa autofokus atau mengatur bukaan lensa dengan akurat.

  • abdurrahman April 24, 2015, 1:07 am

    Permisi.. Mas enche mau tanya, ada rekomendasi flash 3rd untuk nikon d5200 yang udah ada fitur wireless? Budget skitar 1.5 jt #maap kalo salah jalur

    • Enche Tjin April 25, 2015, 2:37 am

      Saran saya Shanny SN600N, harganya 1.35 jt saja, sudah bisa auto/ettl diatas kamera, dan juga bisa dipicu secara wireless (slave, s1, s2).

  • Agung Raharjo April 23, 2015, 8:31 am

    Om Enche,
    Saya banyak motret produk & kadang2 preweding. Saat ini masih pake kamera DX. Rencana mau jual semua kamera+lensa DX. …Trs pindah ke Full Frame dg pertimbangan kwalitas hasil foto yg jauh lebih lebih baik.
    Pilihan saya Nikon d750 & sony A7R.
    Bagusnya yg mana ya Om.?

    • Enche Tjin April 25, 2015, 2:30 am

      Kalau senang yang detailnya tajam dan resolusi tinggi buat cetak besar atau kroping bagus Sony A7R, tapi kalau suka motret subjek bergerak, bagus Nikon D750 karena autofokusnya jauh lebih cepat.

Leave a Comment