≡ Menu

Perkembangan Kursus Online Infofotografi

Hingga sampai saat ini antusiasme terhadap kursus fotografi online yang diluncurkan bulan lalu cukup positif. Beberapa orang yang mendaftar sudah menerima modul dan berbagai penugasan sesuai topiknya, dan juga sudah mengirimkan tugasnya untuk dievaluasi langsung oleh saya dan Enche Tjin.

Peserta kursus online ini memang semuanya dari luar Jakarta meskipun yang dari Jakarta juga boleh berpartisipasi dalam kursus ini. Sebagian ada yang berdomisili di Semarang, Jogja bahkan Kalimantan. Media email yang menjadi sarana mengirimkan modul, penugasan, pertanyaan dan evaluasi memang tepat untuk memfasilitasi kebutuhan kelas online ini, apalagi di jaman mobile seperti sekarang semua orang bisa cek email dari ponselnya setiap saat.

Salah satu hal menarik yang bisa didapat dari kelas online ini bisa jadi adalah penugasan yang menantang dan variatif sesuai modul yang dibahas. Di satu kesempatan peserta memang hanya diminta memotret obyek sederhana di dalam rumah, tapi di lain waktu mereka diminta keluar untuk mencari subyek yang bergerak, aliran air atau gerakan kendaraan di waktu malam. Memang peserta diminta aktif belajar dan penuh inisatif dalam mengikuti kelas ini, karena pelajaran yang dibagi per modul sudah dirancang untuk memberi pemahaman yang sistematis. Peserta juga dituntut untuk tidak mudah menyerah khususnya bila tugas yang dibuat ternyata dianggap belum layak oleh kami.

Berikut ini adalah contoh tugas-tugas yang dibuat oleh peserta

Melatih auto fokus kontinu pada subyek yang bergerak :

contoh Mod2_Tugas 2A

Foto dibuat oleh pak Arif dari Bandung

Memotret slow speed gerakan air :

contoh mod4_tugas1

Foto dibuat oleh ibu Endah dari Jogja

Dibandingkan dengan kursus kilat fotografi reguler di Jakarta, keuntungan yang paling terasa bagi peserta adalah mendapatkan feedback oleh saya dan Enche dalam setiap foto yang dikirimkan. Feedback yang diberikan bukan hanya pujian atas keberhasilan membuat foto sesuai penugasan, tapi juga saran dan kritik supaya hasil foto selanjutnya bisa lebih bagus lagi.

Contoh feedback salah satu penugasan modul

Di modul-modul berikutnya, para peserta ini akan lebih ditantang kretivitasnya untuk mempraktekkan modul-modul selanjutnya seperti pemahaman White Balance, memilih fokal lensa, mengatur komposisi hingga memotret sunrise dan sunset. Dengan jatah waktu 6 (enam) bulan, semestinya para peserta punya cukup banyak waktu untuk terus berlatih dan menyelesaikan seluruh modul yang ada hingga mendapat sertifikat kelulusan dari kami.

Foto diambil oleh Cipto

Foto diambil oleh Cipto

Anda juga berminat untuk ikut kursus online ini? Silahkan hubungi kami/SMS ke 0858 1318 3069 atau e-mail infofotografi@gmail.com segera dan cukup dengan biaya Rp 2.000.000 anda sudah bisa belajar dengan 10 modul bahasan dasar fotografi.

Sodikin

Foto diambil oleh Sodikin

Materi modul pelatihan dan aturan pelaksanaan lengkap bisa dibaca di laman ini.

Peserta yang telah lulus :

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di Google+ dan instagram.

{ 16 comments… add one }
  • karkata September 14, 2018, 10:36 am

    saya tertarik dengan Kelas Online…, klo pake kamera mirrorless canon M3 dengan lensa kit. Apakah bisa menyelesaikan 10 modul itu dlm 6 bulan…? Khawatirnya butuh alat baru nantinya om…..
    Terimakasih
    Karkata, Sulteng.

    • Enche Tjin September 14, 2018, 4:46 pm

      Kamera dan lensanya sudah cukup, tinggal perlu tripod.

  • Agus May 28, 2018, 4:50 pm

    Helo,
    unuk kelas online apa ada materi baru?
    seperti:
    – Editing dengan LR
    – Lighting atau lainnya.

    Trims

  • Hanif May 1, 2017, 7:54 am

    Selamat pagi pak.. Untuk ikut kelas online pemula itu lebih enakan mana pak, pake kamera sony a6000 atau fujifilm xt10? Terus pake lensa apa jg yg cocok?

    • Enche Tjin May 1, 2017, 8:47 am

      Pagi, untuk kelas online pakai kamera A6000 ataupun X-T10 gak masalah. Lensanya bisa lensa zoom kit paketan gak masalah. Dari keduanya, Sony A6000 lebih canggih, terutama sistem autofokusnya.

  • Ali imron March 24, 2017, 1:13 pm

    Pak untuk kelas online masih menerima murid baru nggak
    Terima kasih

  • Unggul Kartiko March 23, 2017, 6:35 am

    Met pagi, saya tertarik dengan kursus online. Saya ada kamera Nikon D7000 dan Olympus OMD EM-5, sebaiknya memakai kamera yg mana utk mengikuti kursus online ini?
    Thanks

    • Erwin Mulyadi March 23, 2017, 3:13 pm

      Keduanya bisa, nanti pilih saja sistem mana yg lensanya paling fleksibel (bisa dari wide sampai tele).

  • Susy Wihadi March 12, 2017, 11:09 pm

    Pak, untuk kelas Online masih bisa daftarkah?

  • ahmad Khairul January 24, 2017, 10:32 am

    Kelas Ini masih Buka Ya???

  • husin hadi saputra December 5, 2015, 1:11 pm

    selamat siang ko…saya sangat berminat untuk ikut dalam kursus online. namun beberapa alat belum saya miliki, alat yg baru saya miliki yaitu nikon D5100 dengan lensa kit 18-55 mm, dan 1 buah nikon D90 dengan lensa 18-105 mm. serta 1 buah flash sanny SN600N, dan 1 Buah flash sanny SN 600SN, 1 buah light stand, satu buah payung transparant & i buah payung pantul..apakah dengan alat2 tersebut saya sudah bisa mengikuti kursus online di infofotografi….terima kasih

    • Enche Tjin January 24, 2017, 5:42 pm

      Bisa kok, untuk dasar, belum dibutuhkan flash. Kamera dan lensanya sudah lebih dari cukup.

Leave a Comment