≑ Menu

Panasonic GX8 : kamera mirrorless four thirds paling lengkap dan handal

Kamera mirrorless di tahun 2015 ini banyak sekali pilihannya, jauh lebih banyak dari kamera DSLR, tapi sebagian besar masih punya banyak kelemahan dan fiturnya masih tidak selengkap kamera DSLR canggih. Panasonic GX8 hadir untuk membungkam keluhan tersebut dan mungkin merupakan kamera yang bisa menarik perhatian Anda untuk pindah dari kamera DSLR ke mirrorless, jika Anda masih memakai DSLR tentunya :).

panasonic-gx8-12-35mm

Mari kita periksa sama-sama apa saja fitur unggulan dimiliki kamera Panasonic GX8 ini:

Sensor four thirds baru 20 MP

Sampai saat ini, resolusi paling tinggi untuk kelas micro four thirds adalah 16MP, dan sudah cukup lama dan banyak digunakan. Peningkatan resolusi ini membuat hasil foto lebih detail. Dari hasil pengujian pihak luar, kendali noise juga masih baik.

Body yang tangguh, banyak tombol kustomisasi dan weathersealed

Bagi yang suka berpetualang, misalnya ke hutan, air terjun, foto di saat cuaca buruk, tidak perlu kuatir karena Panasonic GX8 dilengkapi dengan body yang tangguh dan tahan air. Body Panasonic GX8 agak besar, lebih besar dari GX7 tapi masih lebih kecil GH4. Ukuran yang agak besar ini bisa termasuk nilai positif dan juga negatif. Bagi yang suka travel light tentunya ini negatif. Selain ukuran agak besar, beratnya juga cukup signikan yaitu 487 gram (termasuk baterai), lebih berat dari saingannya Sony A6000 (344 gram) dan sedikit lebih berat dari Fujifilm X-T10 (440 gram). Bagi yang ingin kamera yang enak digenggam dan terasa kokoh, dan juga bagi yang suka tombol-tombol yang banyak, hal ini merupakan hal yang positif. Ada lima tombol yang bisa dikustomisasi.

panasonic-gx8-lcd-putar

Layar LCD dan jendela bidik canggih

Layar LCD Panasonic GX8 resolusinya tinggi (1 juta titik), dan bisa diputar segala arah dan juga bisa touchscreen. Touchscreen bisa digunakan untuk mengganti setting, fokus dan juga memotret. Jendela bidik elektroniknya juga detail (2.3 juta titik), dan unik hanya untuk kamera ini saja, jendela bidiknya bisa diputar ke atas. Fitur ini mungkin berguna bagi yang suka foto makro di luar ruangan. Sayangnya, jendela bidik dan roda kendali yang banyak menghabiskan tempat sehingga kamera ini tidak memiliki built-in flash.

Kecepatan foto berturut-turut yang cepat dan buffer yang lapang

Suka foto aksi seperti olahraga, pets, anak-anak kecil, satwa liar? Kecepatan foto berturut-turut Panasonic GX8 cukup cepat, 6 foto per detik dengan autofocus tracking, 8 foto perdetik tanpa autofocus tracking. Buffernya juga sangat lapang, dan bisa merekam berturut-turut dengan cepat sampai kartu memory habis.

Kecepatan autofocus tinggi

Dari pertama sistem micro four thirds berdiri, Panasonic memang terkenal memiliki sistem autofocus yang cepat, yang GX8 juga sama. Panasonic GX8 mengunakan teknologi autofokus DFD (Depth from Defocus) yang piawai dalam kecepatan baik di kondisi terang maupun gelap (sampai EV-4). Panasonic mengklaim bisa memotret dengan kecepatan autofokus 0.07 detik, yang merupakan salah satu kamera dengan AF tercepat saat ini.

Built-in Image stabilization

Kamera Panasonic adalah kamera mirrorless pertama (Panasonic G1), tapi belakangan yang lebih populerΒ  kamera Olympus karena memiliki built-in image stabilization dan juga desain retronya yang dianggap lebih fashionable, tapi kini kelebihan tersebut tidak ada lagi, karena Panasosic GX7 dan GX8 sudah punya built-in image stabilization. Built-in image stabilization yang dimiliki GX8 ini empat axis, dan bisa bekerja sama dengan lensa yang memiliki image stabilization untuk hasil yang maksimal. Sayangnya stabilizer ini tidak berfungsi saat merekam video.

Video

Dunia sinematografi mengenal Panasonic sebagai produsen kamera foto dan video yang handal dari jaman dulu. Panasonic GH4 adalah kamera yang sangat populer di kalangan sinematografi saat ini. GX8 juga up-to-date dalam hal ini karena sudah bisa merekam video 4K (meskipun sebagian frame terkena crop). Berkaitan dengan video, GX8 punya fitur unik, yaitu kita bisa mengambil salah satu frame video menjadi foto beresolusi 8 MP. Dengan fitur ini, fotografer dapat menangkap momen yang sulit seperti momen olahraga, satwa liar dan mendapatkan video dan foto sekaligus. Fitur ini juga terdapat di Panasonic G7.

panasonic-gx8-depan

Kesimpulan

Kamera mirrorless Panasonic GX8 adalah kamera yang paling lengkap all-around. Sulit menemukan kelemahan kamera ini karena semua fitur penting dan canggih sudah ada di dalam kamera ini. Bagi yang sudah memiliki banyak lensa micro four thirds (Olympus, Panasonic dan beberapa produsen lensa lain) tentuya tidak perlu berpikir panjang untuk upgrade ke Panasonic GX8. Bagi yang memiliki sistem kamera DSLR/mirrorless lain, mungkin akan perlu mempertimbangkan apakah kualitas gambar sensor micro four thirds dan resolusi foto 20 MP di ISO 3200 sudah cukup bagus bagi kebutuhan masing-masing. (Sebagai info, Instagram/facebook hanya butuh foto 1-2 MP). Selain itu, berat (487 g) dan ukuran GX8 yang cukup besar ini juga perlu dipertimbangkan. Kamera ini sangat cocok untuk photo/video journalist (pewarta foto), street photography, dan travel photography. Harganya US$1199, atau sekitar Rp 15.5 juta body-only.

Simak juga video Panasonic Lumix di Youtube.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 29 comments… add one }
  • erief cimanggis September 18, 2018, 6:01 pm

    om saya hoby foto, tapi bener2 msh pemula, krn memang baru rencana mau beli kamera. pertanyaan saya ada 2, lebih baik beli g85 atau gx8? lalu apabila saya ingin ikut kelas fotografi bagaimana caranya, sekaligus mengupas cara menggunakan kamera lumix nya. terimakasih, mohon bimbingannya.

    • Enche Tjin September 18, 2018, 9:24 pm

      Keduanya kamera yang bagus, hanya beda modelnya saja, penyukai street photography biasanyas suka bentuk GX8 yang simple ala kamera jadul, tapi kalau yang video mungkin suka G85 karena layarnya bisa diputar 360 derajat. Soal cara mengunakan lumix nanti kita hubungi jika sudah ada jadwal tetapnya.

      • erief cimanggis September 18, 2018, 11:04 pm

        di hub by email yah?

  • Rahmadhani A February 6, 2018, 9:18 pm

    Mau tanya nih
    Dari kualitas foto dan video bagus mana antara gx8 dengan g7.
    Terimakasih sebelumnya

  • Antonius andre June 29, 2017, 4:32 pm

    Kalo ini (gx8) sama x pro 2 atau pen f mendingan mana om?

  • Salman January 1, 2017, 11:43 pm

    Klo hanya untuk foto saja, mending gx8 atau xt10? Denger2 klo hanya fokus di fotografi saja fujifilm lebih recommended

  • budi hardyanto July 2, 2016, 6:58 pm

    terima kasih atas reviewnya om.
    mau tanya kalau untuk kualitas video dan daya tahan baterai. manakah yang lebih bagus, antara sony a6300, lumix g7 dan gx8?
    thanks om enche

    • Enche Tjin July 3, 2016, 11:04 am

      Lebih bagus Sony A6300 dari kualitas video dan featurenya.

  • Lubis February 16, 2016, 6:55 am

    ko Enche Tjin yg baik hati, minta masukannya donk;
    ada 2 camera nih yg kayaknya hampir seimbang speknya (GX8 vs OM-D E-M5 Mark II),menurut koko
    1.lebih tangguh mana GX8 vs OM-D E-M5 Mark II ?
    2. lebih all around mana GX8 vs OM-D E-M5 Mark II ?
    3. klo hasil videonya sepertinya bagusan OM-D E-M5 Mark II yaa, gimana klo hasil fotonya ?

    trimakasih

    • Enche Tjin February 16, 2016, 8:04 am

      Kalau soal ketahanan body (weathershield) keduanya tahan, jadi sama-sama oke. Kalau video, GX8 lebih bagus, kalau soal foto, resolusi GX8 sedikit lebih tinggi, tapi teknologi stabilisasi Olympus saya nilai lebih bagus, sehingga memudahkan memotret/rekam video saat tidak membawa/tidak memungkinkan mengunakan tripod.

  • Wuryan January 8, 2016, 11:10 pm

    Pilih mana ko…. Fuji xt10 aaukah panasonic gx8 yaaa….

    • Enche Tjin January 9, 2016, 8:18 am

      Secara built dan fitur bagus Panasonic GX8

      • Wuryan January 9, 2016, 7:40 pm

        Sebagai pemula, untuk pasangan lensanya sebaiknya apa yaa koo…

        • Enche Tjin January 9, 2016, 9:47 pm

          Panasonic 14-140mm paketannya cukup ok buat pemula.

  • Yoyo December 26, 2015, 10:46 pm

    Bagus mana ya koh panasonic gx8 sama olympus oe m5 mark 2?

    • Enche Tjin December 27, 2015, 8:25 am

      Menarik pertanyaannya, dari kualitas gambar, bagus Olympus. OMD juga lebih ringkas body-nya, dan stabilisasinya lebih bagus. Tapi kalau main video juga, Panasonic GX8 sudah bisa rekam 4K langsung ke memory card, dan untuk motret subjek bergerak/action lebih oke.

  • ihsan July 29, 2015, 3:06 pm

    Selamat sore om, maaf om agak nyimpang dikit nih dari topik diatas. Saya mau tanya, untuk kamera olympus epl6 dan canon eos m3 menurut om dari segi kinerja dan kualitas hasil foto lebih bagus yang mana ya? serta untuk after salesnya menurut om yang sudah pengalaman pegang ratusan kamera lebih baik mana canon or olympus? mohon pencerahannya ya om,..n sebelumnya trim’s atas infonya om Enche.

  • Zairin July 29, 2015, 8:18 am

    Ko, saya mau beli kamera, tapi bingung, sebaiknya buat pemula kamera DSLR apa Mirrorless ya? karena kalo liat kamera mirrorless lebih praktis karena lebih ringan, terimakasih sebelumnya.

  • andri July 23, 2015, 4:33 pm

    sip pengen upgrade kalo udah banyak duit.pake lensa bawaan 14-42 saja lah.tp kalo upgrade body dr gf3 ke gx8 sebatas mimpi kaya nya.hehehe.

    • Enche Tjin July 23, 2015, 5:47 pm

      Kalau sabar beberapa tahun, mungkin harganya tinggal 1/2 atau 1/3-nya πŸ™‚

      • Kamroni December 7, 2015, 6:34 pm

        Kira2 masih ada dipasaran gak om :). Nanti sdh nunggu ternyata sdh gak ada dipasaran.. Hehe

        • Enche Tjin December 7, 2015, 7:28 pm

          Ini kamera baru kok, 2-3 tahun lagi mestinya masih ada he he he

  • Dika July 22, 2015, 3:43 am

    yang jadi pertanyaan tersebarku, malah lebih diutamakan mana skill atau kameranya..hehehe..karena kadang yang hanya pakai camdig aja bisa bagus..hehee..

    • Enche Tjin July 22, 2015, 3:52 am

      Kamera tidak bisa memutuskan mau foto apa, angle darimana dan melihat arah dan kualitas cahaya, jadi skill masih lebih penting, tapi kamera canggih ya, makin memudahkan untuk belajar teknik fotografi, yg dulunya harus serba manual πŸ™‚

  • Poernomo July 17, 2015, 8:49 am
    • Enche Tjin July 17, 2015, 11:31 am

      Yang Leica 100-400mm potensial sukses, terutama kalau bisa bikin yang bagus, agak gede gpp. Keren buat dibawa safari, foto burung, olahraga, pemandangan.

      Kadang pengumuman lensa gini belum tentu dibuat. Dulu ada rencana buat 150mm f/2.8 cuma dibatalkan.

Leave a Comment