≡ Menu

Tips : Tidak bawa lensa telefoto? Ini triknya

Kadang-kadang muncul ide untuk memotret objek yang jauh, tapi zoom kamera kita kurang jauh dan lensa telefotonya lupa bawa atau belum punya. Tidak apa-apa, saran saya tetap saja dipotret dengan lensa seadanya. Seperti kasus dibawah ini, saya ingin memotret orang yang sedang berjalan diatas jembatan penyeberangan, tapi posisinya jauh sekali, dan lensa yang saya bawa zoomnya cuma sampai 55mm (ekuivalen 88mm di kamera FF). Idealnya, saya mestinya mengunakan lensa zoom kurang lebih 200mm.

concrete-jungle-jakartaSetelah gambar di masukkan ke komputer, kita bisa krop bagian yang kita inginkan. Teknik ini sebenarnya sama dengan digital zoom. Kelemahannya resolusi foto berkurang (megapixelnya), sehingga kalau mau cetak besar akan pecah dan tidak detail. Untungnya kamera digital sekarang resolusinya cukup banyak (bahkan sudah ada yang mencapai 50 MP) Jadi meskipun di krop masih terlihat cukup detail. Saya mengunakan kamera dengan resolusi 24 MP, sehingga saat di krop seperti foto diatas, gambar masih menyisakan dimensi sekitar 2 MP, masih cukup bagus untuk cetak foto ukuran panjang x lebar sekitar 25 x 20 cm.

Foto aslinya bisa dilihat dibawah ini:

IMG_0183-2

Data teknis : ISO 100, 1/250 detik, f/5.6, 55mm

Trik ini memang menarik digunakan, tapi kalau membawa lensa tele, tentunya lebih baik mengunakan lensa tele langsung supaya detail foto tetap tinggi dan jika ingin cetak besar masih bagus meskipun dilihat dari dekat.

—-

Belajar fotografi dan workshop yuk. Jadwalnya bisa dibaca di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 9 comments… add one }
  • heri December 25, 2015, 7:10 pm

    keren min infonya.. thanks

  • taufanal December 7, 2015, 10:18 am

    Bang enche.saya mau nanya bagaimana seting camera untuk foto landscap dan portait dg menggunakan camera eos 5d lensa EF 16-35 saya sering memfoto kurang maksimal

  • Denni Marabes July 30, 2015, 2:53 pm

    Enche, saya pengen beli lensa 18-200 F3.5-6.3, buat pasangan Nikkon D320 saya. Tapi pas saya tanya harga lensan bawaan Nikkon naudzubillah mahalnya. 9 jutaan che. Saya beralih dan melirik ke Tamron karena harganya yang terjangkau. Tapi (ada tapi lagi) saya nggak tau kode yang cocok buat Nikkon saya itu, che. Bisa tolong saya che. Pliss, che.. Apa kode lensa Tamron yang udah ada motor fokusnya. Saya takut udah beli taunya gak cocok (gak motor fokus, gak Vr)

  • Febry July 23, 2015, 5:44 pm

    Maaf out of topic bang.
    Saya ada rencana utk beli kamera nikon D5200, tapi lg di bingungkan dgn lensa nya.. pilih lensa kit atau lensa fix 35mm f/1.8
    Penggunaan nya sih lebih ke foto landscape dan bokeh
    kalo menurut abang bagusnya pilih yg mana?
    Dan apa mudah utk membeli nikon D5200 body only? Udh tanya beberapa toko tp gk ada yg jual body only. Terimakasih.

    • Enche Tjin July 23, 2015, 6:58 pm

      Bokeh dan pemandangan membutuhkan lensa yang berbeda. Kalau mau bokeh lensa bukaan besar oke, tapi kalau landscape butuh lensa yang lebih lebar atau lebih telefoto. Kamera DSLR Nikon yang pemula biasanya memang harus beli paket dengan lensanya.

  • Affandi July 22, 2015, 8:59 pm

    Koh Enche mau tanya nih, saya punya filter ND1000, tapi pas dicek hasilnya warnanya berubah, menurut koh Enche merek apa yg bagus ya, yg tidak berubah warna hasilnya?

    Terima kasih

    • Enche Tjin July 22, 2015, 9:37 pm

      Untuk warna yang paling bagus Singh Ray merk yang terbaik, cuman mahal. B+W warnanya agak kuning, tapi bisa dikoreksi dan ketajaman / kontras oke. Merk Lee warnanya kebalikan, agak biru, Hoya warnanya oke, tapi ketajaman berkurang, yang murah-murah seperti Hi-tech, Tiffen dll kualitas warnanya larinya sangat jauh dan sulit diperbaiki.

  • harry July 22, 2015, 3:25 pm

    Saya ingin mengambil foto gedung dan bangunan secara utuh. Lensa apa yg saya harus saya gunakan pada kamera canon 60D?

    • Enche Tjin July 22, 2015, 9:03 pm

      Lensa wide seperti Canon EF-S 10-18mm IS

Leave a Comment