≡ Menu

Lensa Nikon E (electromagnetic) bedanya dengan lensa Nikon G,D,Ai

Tahun ini, banyak lensa Nikon yang diumumkan dan memiliki kode E yang berarti electromagnetic. Katakanlah Nikon AF-S 16-85mm f/2.8-4E DX, dan Nikon AF-S 24-70mm f/2.8E VR. Apa sebenarnya bedanya dengan lensa-lensa sebelumnya? Lensa-lensa Nikon sebenarnya desain mekaniknya cukup jadul. Dibandingkan dengan lensa merk kamera lainnya, lensa Nikon memiliki tuas diafragma/aperture di bagian belakang lensa.

nikon-24-70mm-f:2.8E-VR

Nikon 24-70mm f/2.8E VR, salah satu lensa E yang diumumkan tahun 2015.

Semua lensa sebelum Nikon E (type D, G, Ai dll), membutuhkan kamera untuk menggeser tuas di lensa, jika diafragma yang dipilih bukan bukaan yang terbesar.

Saat lensa tidak terpasang, tuas diafragma akan kembali ke posisi awal, yang pada dasarnya adalah bukaan terkecil lensa, dan saat lensa dipasang ke kamera, tuas itu akan didorong ke diafragma terbesar lensa.

nikon-mount

Tuas diafragma untuk mengubah diafragma lensa Nikon.

Di lain pihak, lensa yang memiliki diafragma electromagnetic tidak memiliki tuas mekanik lagi, mengubah bukaan dikomunikasikan melalui kontak elektronik. Teknologi ini bukan sesuatu yang baru, tapi sudah mulai diterapkan beberapa dekade yang lalu oleh lensa merk lainnya.

Penerapan teknologi elektronik ini tentunya  sangat baik, sehingga mengganti bukaan bisa lebih cepat dan akurat. Penggantian desain lensa ini efeknya tidak semuanya bagus juga terutama bagi fotografer yang masih mengunakan kamera film atau kamera DSLR Nikon sebelum 2007. Kamera jadul tersebut tidak cocok sepenuhnya dengan lensa E ini. Memang bisa dipasang, tapi fotografernya tidak bisa mengubah bukaan lensa, posisi diafragma/bukaan akan tetap di paling besar, contohnya jika di lensa 24-70mm f/2.8, yaitu di f/2.8.

Beberapa lensa E yang diumumkan tahun 2015 ini sampai tulisan ini dimuat yaitu : Nikon AF-S 16-80mm f/2.8-4E DX, Nikon AF-S 24-70mm f/2.8E, Nikon AF-S 24mm f/1.8E, Nikon AF-S200-500mm f/5.6E, Nikon AF-S 500mm dan 600mm f/4E.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 18 comments… add one }
  • moch devo ramadhan August 24, 2017, 11:47 pm

    bro mau nanya dong. gue punya lensa series e kit/fix jadul. itu bisa dipasang gak ke dslr 5100 nikon. kalo dipasang ke kamera sih gabisa. apa bisa kalo pasangan belakang untuk masang kekamera diganti agar bisa dipasang ke kamera modern?

    • Enche Tjin August 29, 2017, 5:57 pm

      Setau saya kamera pemula seperti D5100 gak bisa, tapi yang menengah seperti Nikon D90 bisa. Dicoba aja.

  • ipanase September 9, 2015, 3:50 pm

    belum menjangkau 😀

  • billy August 31, 2015, 1:19 pm

    terimakasih ko, tapi kalo dibandingkan dengan lensa kitnya kualitasnya bagusan mana ?
    kalo lensa yg cocok apa ya ko ?

    • Enche Tjin August 31, 2015, 1:22 pm

      Bagusan lensa kit Nikon. Untuk rekomendasi lensa bisa baca-baca di artikel ini.

  • billy August 31, 2015, 1:07 pm

    ko mau tanya kamera nikon d3200 dengan lensa tamron 18-200 apakah cocok ?

    • Enche Tjin August 31, 2015, 1:10 pm

      Bisa dipasang dan dipakai, cuma gak begitu bagus kualitasnya.

  • Anto August 14, 2015, 7:06 pm

    Kpn afs 16-80 f/2.8-4E DX di jual di Indonesia? & kira2 berapa harganya? Apa bisa pesan di Info Fotografi?

    • Enche Tjin August 31, 2015, 1:18 pm

      Belum tau kapan masuk dan harga resminya. Kalau sudah masuk boleh pesan.

  • honsz August 13, 2015, 7:18 pm

    sangat membantu ko, izin article koko sebagai referensi saya dalam tugas kuliah. terimakasih..

  • Gagah August 13, 2015, 1:54 pm

    Pak Enche maaf out of topic, apakah buku Kamera DSLR Itu Mudah V.2 masih tersedia? Atau mungkin ada rekomendasi buku lain untuk belajar dasar fotografi & DSLR? Terima kasih

    • Enche Tjin August 13, 2015, 8:44 pm

      Sudah habis, tapi yang V1 original masih ada. Untuk memesan bisa hubungi 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com. Jangan lupa sertakan nama, alamat dan buku yang diinginkan. Buku-buku lain bisa cek di ranafotovideo.com

  • faizal yusfiri August 7, 2015, 10:52 pm

    maaf sebelumnya sedikit melenceng. saya mau tanya, apakah sony a6000 dan fujifilm x-m1 sudah bisa dipasang flash external merk youngnuo? Terima kasih

    • Enche Tjin August 8, 2015, 7:36 pm

      Sepengetahuan saya Yongnuo belum membuat external flash untuk Sony. Bisa beli yang buat kamera lain dan dipasang, tapi hanya manual saja. Untuk kamera Sony ada beberapa pilihan flash yang fungsinya cukup banyak termasuk auto, seperti Sony HVL 32, atau Nissin i40.

  • Nick August 6, 2015, 4:18 pm

    Lalu body Nikon seri apa saja yang kompatibel dengan lensa jenis ini Koh?

    • Enche Tjin August 6, 2015, 4:19 pm

      Kalau kameranya lebih baru dari 2007, aman.

  • Mula Warman Wangsaputra August 6, 2015, 11:37 am

    Thanks infonya.
    Saya rasa lensa Nikon pertama pake diafragma electromagnetic, kalau ngga salah AF-s Nikkor 800/5.6E FL ED VR

    • Enche Tjin August 6, 2015, 11:43 am

      Iya yang telefoto panjang dapat duluan, sekarang mulai mengelinding ke lensa-lensa yang lebih pendek dan mungkin nanti ke consumer lenses.

Leave a Comment