≡ Menu

Komposisi irama

yunnan-2014-shangrila-deqin

ISO 100, f/8, 1/200 detik

Membuat komposisi foto yang menarik tidak terlalu berbeda dengan komposisi musik. Coba perhatikan lagu-lagu pop yang terkenal. Biasanya terjadi pengulangan-pengulangan baik di lirik maupun iramanya terutama di Reff lagu biasanya diulang sampai tiga kali.

Di dalam komposisi foto juga demikian, pemirsa foto senang jika di dalam foto terdapat pengulangan-pengulangan yang membentuk irama yang harmonis.

Coba perhatikan gambar diatas, ada pengulangan-pengulangan garis-garis yang berlapis-lapis di gunung. Supaya lebih jelas, saya menyertakan foto dibawah ini.

abstrak-yunnan

Garis-garis diagonal tersebut akhirnya berpuncak pada pegunungan disebelah kiri atas. Saya sengaja menempatkan puncak gunung disebelah kiri atas supaya komposisinya lebih dinamis dan tidak terlalu kaku. Mirip konsep rule of thirds/aturan sepertiga.

Posisi berdiri kita sangat penting untuk kesuksesan komposisi foto pemandangan. Saran saya, jangan hanya berdiri di satu titik saja, tapi cobalah melihat dari berbagai titik, sehingga mendapatkan komposisi yang harmonis. Kadang, beberapa langkah saja akan menghasilkan foto yang sangat berbeda.

Foto ini dibuat tanpa sengaja, kebetulan ada perbaikan jalan sehingga bis yang kita tumpangi harus berhenti sehingga saya dan teman-teman berkesempatan untuk memotret pemandangan ini. Cerita lengkapnya bisa baca di artikel Serendipity.

Infofotografi sering mengadakan acara kursus dan tour fotografi, baik lokal maupun internasional. Beberapa tempat rutin yang kita kunjungi antara lain Pangalengan dan Sawarna.  Mudah-mudahan teman-teman pembaca bisa ikut dan hunting foto bersama.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • Wendy April 29, 2016, 7:29 pm

    Sy pemula… mau tanya, gimana cara ngambil gambar objek yg membelakangi matahari, namun wajahnya tampak cerah

    • Enche Tjin April 30, 2016, 7:06 am

      Biasanya solusinya mengunakan flash

  • Muhib December 10, 2015, 8:47 pm

    Permisi koh enche mau tanya nih.
    Apa sih bedanya 10-18mm sama 10-22mm? trus lebih cocok mana klow buat foto landcape? Saya pegang 70d koh.
    Terima kasih sebelumnya 😀

  • Aak November 1, 2015, 9:19 pm

    Koh enche sy mau tanya.? Mau beli lensa tapi masih bingung takut salah beli, rencana mau beli lensa untuk landscape/pemandangan, kira2 lensa yg cocok untuk kamera canon 60d apa yah koh.? Mohon saran nya koh, budget anak kuliahan koh murah tapi bagus hehe
    Terimakasih

  • Panji October 27, 2015, 3:32 pm

    Koh saya punya nikon 5200. Saya mau beli lensa tele, lebih baik beli
    – AF-S NIKKOR 55-200 VR atau
    – SIGMA 70-300 APO DG Macro

    terimakasih koh

Leave a Comment