≡ Menu

Beda fotografer pelit sama hemat

Pelit dan hemat sekilas sulit dibedakan, tapi jika diteliti, maka perbedaannya sangat kontras. Orang pelit biasanya hanya peduli dengan harga saja, tidak peduli kualitas atau nilai yang bisa diberikan sebuah produk atau jasa. Orang pelit selalu mencari harga yang termurah. Selain itu, orang pelit juga sering mengkritik orang lain, atau perusahaan yang menjual produk dengan harga yang menurutnya tinggi. Padahal harga seringkali menjadi indikator kualitas yang bagus.

Dalam hidup ini, rugi jika kita hidup sebagai orang yang pelit. Saya dulunya juga orang yang pelit, tapi setelah belajar dari pengalaman, saya mencoba berubah jadi orang yang hemat.

Jika kita pelit dan membeli yang termurah, kemungkinan besar apa yang kita beli kualitasnya rendah. Contohnya tripod. Banyak yang menanyakan ke saya apakah saya merekomendasikan tripod dengan harga dibawah satu juta. Saya selalu jawab tidak, karena sebagian besar tripod dibawah satu juta kualitasnya kurang baik. Entah kurang stabil, terlalu berat, tidak fleksibel. Tripod seperti itu bahaya jika digunakan di lapangan, terhembus angin kencang atau ombak bisa jatuh dan mengakibatkan kamera dan lensa rusak. Akhirnya niat semula yang maksudnya ingin hemat malah harus bayar jauh lebih besar.

Demikian juga membeli kamera, lensa dan flash. Membeli yang terlalu murah, ternyata fiturnya sangat sederhana, lambat, cepat rusak, tidak nyaman digunakan, dan kualitas gambar tidak memuaskan. Ujung-ujungnya saya harus beli lagi yang lebih bagus. Orang pelit biasanya harus membayar dua kali dan kehilangan waktu yang tidak bisa kembali lagi.

Berbeda dengan persepsi masyarakat umum, orang hemat bukannya pintar menyimpan uang ke dalam celengan, melainkan suka mengunakan uangnya dengan pintar. Orang hemat tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk membeli barang yang harganya tinggi asal sesuai kebutuhan dan standar kualitasnya bagus. Akibatnya, barang yang dibeli bisa tahan lama dan digunakan untuk jangka panjang. Kembali ke masalah tripod, tripod yang berkualitas dapat digunakan dalam waktu lebih lama sebelum rusak, dan membantu menghasilkan foto yang lebih tajam.

Bedanya orang hemat dengan yang boros adalah orang hemat tidak suka membayar untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak dibutuhkan. Misalnya memesan makanan dan minuman berlebihan saat makan di restoran. Orang hemat juga tidak mudah terpengaruh dengan tren dan lingkungan. Meskipun teman-teman di sekitar saya sudah banyak yang memakai smartphone dan laptop canggih diatas Rp 10 juta, dan bahkan orang-orang terdekat seperti Iesan dan mas Erwin juga sering mendorong saya untuk membeli, tapi karena saya masih memiliki prioritas lain, saya belum berencana membeli gadget anyar yang tidak begitu penting bagi saya saat ini.

Masalah yang sering saya perhatikan adalah sebagian besar orang bingung menetapkan skala prioritas terhadap apa yang penting dan wajib dibeli, dan mana yang hanya merupakan keinginan sesaat. Maka itu, yang penting adalah mengembangkan wawasan yang lebih luas dan berpikir untuk jangka panjang.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 62 comments… add one }
  • Lusiana Sari August 8, 2016, 2:49 pm

    ko,, mau nanyak nih.. aku mau beli mirrorless. pilihannya sony alpha 5000 atau canon eos m3.. kira – kira bagus yang mana ya ko.?
    Thankyou..
    Sari

    • Enche Tjin August 8, 2016, 10:28 pm

      Saya lebih cenderung Canon EOS M3.

  • shelly kitamura June 30, 2016, 2:54 am

    Halo ko saya newbie mau beli kamera mirrorlesa tapi bingung
    Budget sekitar 8,5jt
    Antara sony alpha 6000 canon eos m3 atau Xa2
    Syaa juga butuh untuk selfi2
    Yang recomended apa ya
    Mohon dibalas ya ko
    Thanks

  • ahmad January 19, 2016, 2:39 pm

    siang ko..
    mau tanya lg ko, saya akhirnya memutuskan untuk beli dslr nikon sesuai rekomendasi ko enche sebelumnya (d5200+kit 18-55vr). nah tapi ane bingung nih ko ada nikon d5300+kit 18-55 vr jg bedanya 1 jtan. sebaiknya saya pilih yg mana?

    apa lensa kit 18-55vr II bedanya jauh dengan yg vr saja? karena sebenarnya saya tdnya ingin ambil yg vrII hrganya sama tapi barangnya blm ada, apa saya tunggu saja ya ko? oya yg vrII dipaketkan dgn d5200.

    terima kasih ko sebelumnya.

  • ahmad January 2, 2016, 10:05 am

    makasih ko atas jawaban dan penjelasannya. fokusnya kebanyakan ya ko, hehehe. tp mungkin pertama2 lebih ke produk dulu baru yg lainnya, hehehe.

    maaf ko mau minta pendapat lagi.
    1. pilih d3300 atau d5200? d3300(Lcd tidak bisa diputar tapi tanpa low pass filter) sedangkan d5200(Lcd bisa diputar tapi dengan low pass filter, autofokus 39 titik, harga beda sekitar 1 jt) kalo ko enche akan pilih mana?
    2. jika saya memilih/membeli nx300m apakah cukup bijak melihat rumor masa depan samsung nx yang belum jelas?

    terima kasih ko sebelumnya.

    • Enche Tjin January 2, 2016, 10:17 am

      1. Nikon D5200 dong, fiturnya lebih banyak dan signifikan seperti sistem autofokus, bracketing, lcd putar
      2. Menurut saya kurang bijak.

  • ahmad December 31, 2015, 2:38 pm

    Siang ko..
    Mau minta pendapat. Saya seorang pemula, saat ini saya berencana ingin membeli kamera. Untuk saat ini saya sangat tertarik sekali dengan kamera mirrorless karena ukurannya yg mungil, mudah dibawa dan masa depan kamera ini yg kemungkinan akan menggantikan dslr. Untuk minat fotografi saya ingin fokus di fotografi produk, street, arsitektur dan jg cinematography . Budget saya sekitar 7-8 jt. Saya minta pendapat ko :

    1. Saya sudah memiliki kandidat kamera mirrorless dengan budget yg saya miliki, yaitu canon eos m3 dan samsung nx300m. Menurut ko enche mana yg hrs saya pilih sesuai dengan kebutuhan saya diatas?

    2. Selain 2 kamera mirrorless tersebut saya jg tertarik dengan slr nikon d5200. Menurut ko enche diantara 3 kamera tersebut mana yg sebaiknya saya pilih tanpa melihat kecenderungan saya terhadap kamera mirrorless ?

    3. Apakah ko enche memiliki rekomendasi kamera yg sesuai dengan kebutuhan dan budget saya tersebut diatas?

    4. Kira2 aksesoris apa saja yg jg sya butuhkan untuk minat fotografi saya?

    Mohon pendapat dan penjelasannya ko dr pertanyaan-pertanyaan saya. Terima kasih ko sebelumnya.

    • Enche Tjin January 1, 2016, 1:44 am

      1. Bagus Samsung NX300M, terutama autofokusnya lebih cepat.
      2. Keunggulan kamera DSLR Nikon dibandingkan dengan Canon EOS M3 dan Samsung NX300M adalah koleksi lensa dan aksesorisnya banyak.
      3. Nikon D3300 salah satu yang boleh dilirik, sisa dana bisa untuk aksesoris
      4. Tripod untuk foto pemandangan/arsitektur, cinematography flash untuk foto produk. Ngomong-ngomong, fokusnya banyak amat? hahaa

  • taufik hidayat December 29, 2015, 11:18 pm

    ko kalau buat kebutuhan prewedding sebaiknya saya beli canon 50mm f1.2 atau sekalian 85mm f1.2?

    • Enche Tjin December 29, 2015, 11:44 pm

      Saya milih Canon 50mm f/1.2, 85mm rasanya terlalu sempit jadi jarak antara kita dan pengantinnya agak jauh.

  • azka k faza December 29, 2015, 5:29 am

    ko mau tanya, saya pakai nikon d5500 + lensa 18 – 140mm. niatnya mau jual dan ganti ke mirrorless. opsinya panasonic gx8 + lumix lens 45 – 150mm atau sony a7 + lensa sony 16 – 50mm. gimana ko? atau lebih baik tambah lensa nikonnya saja? terimakasih ko

    • Enche Tjin December 29, 2015, 8:33 am

      Kalau ke GX8, berarti penurunan kualitas gambar, kalau ke Sony A7 ada kenaikan kualitas gambar, tapi masalahnya lensa yang dipasang 16-50mm itu bukan untuk A7, jadi gak optimal. Menurut saya D5500 cukup bagus dan juga ringkas, mungkin lebih baik tambah lensa.

      • azka k faza December 29, 2015, 8:26 pm

        untuk A7 bagusnya pasangannya sama apa ko? kalau bertahan sama d5500 kira kira lensa apa ya yang cocok buat street fotografi sama potrait. sama mau tanya ko untuk les yang online itu dapet sertifikat? makasih banyak ko enche

        • Enche Tjin December 29, 2015, 11:38 pm

          Lensanya Sony A7 bagus-bagus rata-rata. Tinggal tergantung senangnya motret apa, dan suka lensa zoom atau fix. Kalau street biasanya lensa lebar ke menengah seperti Sony FE 28mm f/2, Sony FE 35mm f/2.8, FE 55mm f/1.8 keren2. Kalau Nikon D5500 pilihannya lebih dikit, tapi lebih terjangkau diantaranya lensa 35mm f/1.8 DX oke, dan lensa telenya jg oke 55-200mm VR II juga oke.

  • Chandra December 28, 2015, 3:00 pm

    Ko enche..saya mau beli camera second nihh
    Canon 550d harga 4.5jt kira” harga ny pas ga ya? trus hal apa aja sih yang perlu diperhatikan klo beli kamera second?

    • Enche Tjin December 29, 2015, 8:36 am

      Sudah berapa kali jepretnya (shutter count), kondisi fisik, flash jalan gak, autofokus, dll, intinya fungsinya di coba2 saja.

  • hendri December 28, 2015, 8:43 am

    ko,boleh numpang tanya ,rekomendasi dari koko , toko online yang jual kamera dslr terpercaya apa ya.? thank’s..

    • Enche Tjin December 29, 2015, 8:37 am

      Rekomendasi dari saya ranafotovideo.com toko ini saya kelola sendiri bersama istri ha ha ha

      • hendri December 30, 2015, 8:07 am

        oke,terima kasih ko info nya..

  • Chandra December 27, 2015, 7:29 pm

    Ko Enche saya pemula di bidang fotografi tapi ada rencana mau mendalami dunia fotografi karna saya suka foto. tapi saya masi bingung ko antara milih Canon 700d atau Fuji XA-2. Saya suka travelling..foto pemandangan, candid, portrait gitu ko..
    mnurut ko enche bagusan yang mana?

    • Enche Tjin December 29, 2015, 8:40 am

      Pertama, perlu memahami dulu apa beda kamera DSLR dan mirrorless dan keuntungan kelemahannya, lalu baru putuskan apa yang lebih prioritas. Mirrorless seperti Fuji lebih ringkas, tapi Kalau sistem Canon lebih lengkap aksesorisnya (sistem flash, lensa-lensa dll).

  • Anto December 27, 2015, 12:45 pm

    Ko utk D5500 apa bisa di pasang vertikal grip? Kalo ada merknya apa yg bagus?

    • Enche Tjin December 27, 2015, 2:29 pm

      Kalau dari Nikon sendiri gak buat, jadi tergantung pihak ketiga, seperti Meike.

      • Anto December 27, 2015, 9:21 pm

        D5500 bisa di pake buat 2 flash (strobist) tdk ko dgn triger di hot shoe nya

        • Enche Tjin December 27, 2015, 9:58 pm

          Bisa

  • eyo December 27, 2015, 8:42 am

    ko enche berhubung topik nya soal hemat nih

    saya ada dilema mau beli kamera second antara d700 atau d600 cuman untuk hobby travelling saja, saya tidak mempermasalahkan berat dan besarnya kamera

    menurut ko enche saya ambil kamera yang mana ? untuk segi autofokus, tone kulit dll. apa d700 sudah lebih dari cukup? agar sisa budget bisa dibelikan lensa fix 50mm f1.4g

    • Enche Tjin December 27, 2015, 10:19 am

      Bagus, secara autofokus, D700 lebih baik daripada D600, untuk portrait bagus dan resolusinya cukup. Kalau soal foto landscape bagusan D600.

  • yudi ind December 26, 2015, 9:18 pm

    pak enche.. sekarang saya pakai nikon d3300, rencana mau beli lensa sapujagat antara nikon 18-140 sm 18-200, dr kedua lensa mana kwalitas gambar, ketajaman dan AF focusnya yg cepat.. mengingat beda harganya cukup jauh… abaikan FL nya pak… terima kasih sebelumnya pak

  • Anto December 25, 2015, 11:20 am

    Ko enche utk lensa sapu jagat nikon lbh bagus mana antara 18-200 vr2 atau 18-140 vr?

  • Agus December 24, 2015, 11:49 pm

    Koh saya bingung dengan pilihan antara samsung nx500 dan sony a6000, lebih baik saya pilih yg mana ya?

  • Azil December 24, 2015, 7:10 pm

    Ko.. Menurut koko pribadi sendiri.. Mending pakek kamera mana.. D90 apa D3300. ?

    • Enche Tjin December 24, 2015, 7:20 pm

      Nikon D90 bagus, fiturnya lebih lengkap, tombol-tombol dllnya juga bagus. Kelemahannya cuma sensor 12 MPnya sudah lebih tertinggal daripada 24MP nya D3300. Saya pribadi lebih mending pakai D90.

      • Azil December 24, 2015, 9:15 pm

        Kalo hasil gambar ko.. Bagus mana.?

  • Farid December 24, 2015, 3:26 pm

    Ko enche bagusan mana antara olympus epl6 sama nx3000. Review yg epl6 disini blm ada e. Terima kasih

    • Enche Tjin December 24, 2015, 7:26 pm

      Menurut saya EPL6 unggul, pilihan lensa banyak, fitur cukup lengkap (touchscreen, body stabilization, dll).

      • Farid December 24, 2015, 10:40 pm

        Seperti permintaan bung Anto diatas tp beda kamera. Tolong review epl6 dong ko

  • Anto December 24, 2015, 1:48 pm

    Ko share pengalamannya motret pake nikon D5500 dong..kalo bisa sama contoh2 fotonya, trims

    • Enche Tjin December 24, 2015, 7:27 pm

      Boleh, nanti saya buat reviewnya. Intinya sih, bagus kameranya

      • Anto December 25, 2015, 12:50 am

        Koh apa D5500 bisa di pasang vertikal grip? & apa bisa di pake strobist dgn 2 flash? Trims koh Enche..

  • muhammad nurdin December 23, 2015, 7:55 am

    Permisi ko,sy mau minta sarannya ko sy punya nikon D5200 dan sy ingin membeli lensa yg bagusan buat liputan wedding sama buat prewedding menurut/rekomend kokoh tipe dan merek lensa apa yg harus sy pilih,mohon sarannya ko
    Trimakasih.

  • amir dicky December 23, 2015, 1:45 am

    Ko lensa sony a6000 yg bagus brp budgetnya lens g dan zeiss ..

  • ari December 22, 2015, 6:52 pm

    ko ane mau beli d600 yang second mumpung budget nya ada hehehe

    kan saya baca katanya d600 ada permasalahan di shutternya, jadi kalo misal d600 yang saya beli bermasalah di shutternya apa bisa diperbaiki di toko biasa agar tidak kambuh ? ato harus dikirim langsung ke alta ? thanks before

    • Enche Tjin December 23, 2015, 6:54 am

      Langsung ke Alta bisa diperbaiki/diganti mekanisme shutternya.

  • Anto December 22, 2015, 2:58 pm

    Ko enche kalo lensa sigma 17-50 f/2.8 vs tamron 17-50 f/2.8 vs nikon afs 16-85 f/3.5-5.6, lbh worthed mana? Utk motret liputan wedding & studio, trs kalo pesan nikon D5500 body only aja di infofotografi apa bisa? Trims ko enche..

    • Enche Tjin December 23, 2015, 6:57 am

      Sigma lebih bagus, Kalau pesan Nikon D5500 body saja boleh, hanya saya cuma bisa potong 500rb dari harga total. Jika berminat boleh hub. 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

      • Anto December 23, 2015, 9:24 am

        Kalo mau service msh garansi bs lwt infofotografi atau kita yg kirim sendiri ke nikon service center?

        • Enche Tjin December 24, 2015, 7:27 pm

          Langsung ke Nikon service center

  • Irwan Setiawan December 22, 2015, 3:57 am

    Pak Enche, mengingat ngebahas tripod jg… apakah tripod merk Beike termasuk bagus pak ? mengingat harganya yg lumayan miring dibanding merk yg sudah terkenal, untuk yg tipe Beike 777 aja harganya dikisaran 950rb-an. Saya sempet liat2 beberapa review orang luar dr youtube kebanyakan sih positif reviewnya. Terima Kasih

    • Enche Tjin December 22, 2015, 6:57 am

      Sayangnya saya gak bisa kasih pendapat karena belum punya pengalaman dengan tripod merk tersebut.

  • Lia December 21, 2015, 11:27 pm

    koh lebih baik fuji x-a1 atau lumix GF7 ? atau ada saran lain ?

  • yanu December 21, 2015, 5:20 pm

    ko rekomendasiin kamera nikon buat budget estimasi 3 jt sampe 5 jt dnk 🙂 , mau buat liputan wedding+prewedding.. sama lensa yg bagus buat liputan dg budget mid cost.. hehe makasih ko

    • Enche Tjin December 21, 2015, 11:28 pm

      Terus terang, budgetnya sepertinya terlalu dikit 🙂

  • putri December 21, 2015, 12:22 pm

    Mas Enche, sebaiknya saya paksain beli filter GND yg bagus (msl Lee ato haida) ato saya cukup motret pake RAW trs diediting ya?
    Cz harga filter & breketnya lmyn mahal sih.
    Saya suka motret lanscape. Tp blm mampu beli filter yg bagus je.

  • Jessie kurniawan December 21, 2015, 11:02 am

    Koh mau tanya kalo nikkor 18-55vr generasi II dipasangin sama nikon d5300 performa dan plus minus nya gimana? Atau ada pilihan yang lebih bagus?
    Budgetnya sekitar 8jt an koh, mohon bantuannya thanks

    • Enche Tjin December 21, 2015, 11:49 pm

      Saran saya lebih baik Sigma 17-50mm f/2.8 OS HSM.

  • restan December 21, 2015, 8:50 am

    Dengan kata lain orang hemat adalah orang yg bijaksana.

  • Ody December 21, 2015, 7:11 am

    ko jika koko jadi saya pilih sony A6000 kit 16-50 atau Fuji xt10 kit 16-50
    mksih ko,

    • Enche Tjin December 21, 2015, 11:30 pm

      Saya kurang tau kebutuhan atau keinginanmu, tapi kalau saya pilih Sony A6000.

      • Ody December 26, 2015, 8:36 pm

        Alasannya ko?

        • Enche Tjin December 27, 2015, 12:16 pm

          Lebih ringkas, lebih murah, kecepatan lebih tinggi (autofokus maupun foto berturut-turut), resolusi gambar untuk crop/cetak foto besar lebih ok.

          • Ody December 27, 2015, 8:15 pm

            maksih ko sarannya,
            mantap website nya koko, sukses trus ko,
            salam fotografi!!!

Leave a Comment