≑ Menu

Kamera DSLR dan mirrorless terbaik 2015 ala Infofotografi

Dunia fotografi di tahun 2015 ditandai dengan maraknya inovasi di dunia fotografi dan seperti biasa, banyak kamera digital terutama kamera berjenis mirrorless yang diumumkan tahun ini. Saya mencatat sekitar 22 kamera DSLR/mirrorless yang bisa-ganti lensa (interchangeable lens) baru tahun ini. Tentunya ini adalah kabar bagus, karena banyak pilihan untuk yang mencari kamera yang paling cocok, tapi berita buruknya adalah saya jadi kerepotan untuk memilih kamera yang terbaik. Bukan hanya banyak, tapi kamera tahun 2015 banyak yang dirancang khusus untuk kebutuhan fotografi tertentu, sehingga tidak bisa dibandingkan secara langsung (head to head). Setelah banyak menguji dan membaca review dan pengalaman, berikut saya pilihkan beberapa kamera digital terbaik tahun ini.

Kamera DSLR terbaik 2015

Di kelas kamera DSLR profesional dengan sensor full frame, Canon 5DS RΒ  (Harga Rp 52.3 juta) tidak memiliki saingan. Saat ini 5DS R merupakan kamera DSLR dengan resolusi tertinggi yaitu 50MP. Saya sempat menguji kamera ini dan kualitas hasil fotonya sangat baik jika dipasang dengan lensa Canon baru yang berkualitas tinggi. File foto resolusi tinggi memungkinkan untuk cetak foto besar (panjang sampai dengan 80 cm) dengan kualitas sangat tinggi (saat dilihat dari dekat sangat tajam dan penuh detail). Ergonominya mantap ala Canon. Review saya bisa disimak di detikinet.

Kamera DSLR untuk semi-pro/menengah, Nikon D7200 (Harga Rp 16.575 juta dengan lensa kit 18-140mm) juga tanpa saingan. Kamera ini merupakan pembaharuan dari Nikon D7100, perbedaan utamanya yaitu di processor yang lebih cepat dan buffer yang lebih lapang untuk foto berturut-turut. Telah dilengkapi Wifi dan memiliki sistem autofokus yang lebih bagus di kondisi cahaya gelap. D7200 saat ini merupakan pilihan kamera DSLR bersensor APS-C Nikon terbaik untuk fotografi aksi, liputan, satwa liar.

nikon-d5500

Di kelas kamera DSLR pemula, Canon 760D (Harga Rp 9.28 juta body-only) bersaing ketat dengan Nikon D5500 (Harga Rp 8.6 juta dengan lensa 18-55mm VR II). Kedua kamera agak berbeda dalam desain dan memiliki kelebihan kekurangan masing-masing. 760D memiliki keunggulan dalam implementasi live view, kompatibilitas lensa, built-in flash bisa untuk memicu flash diluar kamera, dan ergonomi yang lebih baik daripada pendahulunya. Nikon D5500 unggul di ketajaman dan kualitas gambar, ukuran yang lebih mungil dan ringan. Menurut saya, Nikon D5500 cocok untuk fotografer yang terbiasa memotret dengan jendela bidik, sedangkan Canon 760D lebih oke buat fotografer yang sering memotret dengan layar monitor LCD atau merekam video.

Kamera Mirrorless terbaik 2015

Di tahun ini, Sony menyapu bersih kategori mirrorless full frame dengan trio Sony A7 generasi kedua (A7 II, A7R II, A7S II). Masing-masing memiliki keunggulan kelemahan sendiri-sendiri. A7 II paling terjangkau, dan seimbang antara resolusi dan fitur, A7R II menang di resolusi foto, dan A7S II menang di video. Perbedaan lebih lengkap tentang ketiga kamera bisa dibaca di artikel ini.

sony-a7r-ii

Dari ketiganya, Sony A7R II (Harga Rp 40 juta body-only) bersinar paling terang sebagai kamera foto. Banyak inovasi yang dilakukan Sony untuk membuat A7R II unggul dari pesaing-pesaingnya, antara lain memiliki resolusi foto 42.4 MP dengan ISO sampai 100.000, built-in 5 Axis stabilization, sistem autofokus hybrid 399 titik yang cepat dan akurat untuk fotografi aksi, mampu merekam video 4K langsung ke memory card, dan ukuran yang lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan kamera DSLR full frame lainnya. Keren buat fotografer travel dan landscape.

panasonic-gx8

Di kategori kamera mirrorless profesional yang memiliki sensor lebih kecil dari full frame, Panasonic GX8 (Rp 15.5 juta) merupakan kamera mirrorless pro terbaik untuk pewarta foto dan street photography, karena kamera ini bisa dibilang komplit fiturnya, kualitasnya tinggi/tingkat profesional, dan memiliki inovasi dan kelebihan yang tidak dimiliki kamera mirrorless lainnya. Contohnya 4K Burst, yaitu kemampuan menangkap foto 8 MP secepat 30 foto per detik, keren untuk motret anak-anak yang gak bisa diam, olahraga, dan satwa liar. Baru-baru ini, Panasonic menambahkan teknologi yang dinamakan post focus, memudahkan untuk memilih fokus setelah foto dibuat. Selain itu, GX8 dilengkapi dengan layar sentuh, 4 axis stabilizer (sayang gak bisa digunakan saat merekam video), weathersealed. Satu hal yang menurut saya cukup disayangkan adalah ukurannya relatif besar (489 gram) tapi lebih seimbang terutama saat dipasang dengan lensa telefoto profesional.

Di kategori kamera mirrorless untuk amatir/semi-pro, Fujifilm X-T10 (Harga Rp 13 juta) memiliki fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan fotografer serius / semi profesional seperti foto berturut-turut 8 foto per detik, 16 MP sensor dengan range ISO cukup tinggi (ISO 25600), jendela bidik resolusi 2.4 juta titik, dan bahan logam. Bedanya dengan kamera pro adalah XT-10 tidak weathersealed (tidak tahan air atau cuaca buruk) dan layarnya tidak touchscreen.

EOS-M3-White-3Di kategori kamera mirrorless pemula – Canon EOS M3 (Harga Rp 7.5 juta) memiliki fitur yang lebih bagus daripada Canon EOS M versi sebelumnya. Kecepatan autofokus belum bisa dibilang cepat, tapi jauh lebih baik dan konsisten daripada Canon EOS generasi sebelumnya. Pegangan kamera ini lebih mantap, dan LCD-nya bisa diputar ke atas. Kualitas fotonya cukup bagus dengan warna yang enak dipandang. Baca review saya lebih lengkap di detikinet.

Sedikit ulasan tentang beberapa kamera-kamera baru tahun 2015 lainnya:

  • Leica SL: Kamera mirrorless full frame dari Leica yang ditujukan ke fotografer pro, dan juga pengguna lensa Leica yang ingin kamera yang lebih modern. Ulasan Leica SL.
  • Leica M (typ 262) : Kamera rangefinder mirrorless klasik dari Leica dengan M-mount.
  • Canon EOS-M10 : Mirrorless kecil dari Canon yang memiliki fitur basic.
  • Fujifilm X-A2: Mirrorless pemula yang memiliki layar LCD yang bisa dilipat ke atas.
  • Samsung NX500: Kamera mirrorless yang memiliki sensor berkualitas tinggi 28MP BSI sensor dan dapat merekam video 4K
  • Olympus OMD EM5 II : Punya fitur unik yang dapat membuat foto 40 MP dengan memanfaatkan sensor-shift stabilization. Fitur video lebih bagus daripada pendahulunya. Ulasan OMD EM5 II
  • Olympus OMD EM10 II : Lebih ringkas dari EM5 dan EM1, dirancang untuk street photographer.
  • Panasonic G7: Kamera mirrorless dengan desain gaya DSLR. Harga terjangkau tapi dapat merekam video berkualitas 4K.
  • Pentax K3 II: Punya fitur unik yaitu membuat foto yang sangat tajam dengan memanfaatkan sensor shift stabilization dan fitur astrotracer built-in. Ulasan Pentax K3 II.

Kesimpulan

Dari semua kamera yang saya bahas diatas, yang paling inovatif dan layak sebagai kamera terbaik dari terbaik (Camera of the year) menurut saya adalah Sony A7R II, karena berhasil mendobrak angapan bahwa kamera yang dapat menghasilkan foto yang bagus harus berukuran besar dan kamera megapixel banyak berarti ISO tingginya jelek.

Runner up saya berikan kepada Panasonic GX8, yang memiliki fitur yangΒ  lengkap dan fisik yang tangguh untuk dipakai di segala medan. Panasonic juga cukup inovatif dengan memanfaatkan kemampuan merekam video 4K untuk hal-hal yang membantu fotografi seperti fotografi aksi 30 foto per detik (4K burst) dan post focus (menentukan fokus setelah foto dibuat).

Dari perkembangan sepanjang tahun 2015 ini, memang terlihat bahwa kamera mirrorless lebih inovatif, terutama dari perusahaan yang jago elektronik perkembangannya lebih pesat daripada perusahaan kamera tradisional seperti Canon, Nikon atau Pentax. Mudah-mudahan di tahun depan lebih banyak lagi inovasi baru yang memudahkan fotografer untuk memperoleh hasil foto dan video yang lebih berkualitas. Sampai jumpa tahun depan.

——-

Sudah punya kamera digital? Mengapa tidak memaksimalkan dengan belajar cara menyetel dan mengoptimalkannya? Ikut kupas tuntas kamera DSLR dan mirrorless, lihat jadwal di halaman ini atau hubungi 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

Catatan : Simak juga kamera DSLR dan mirrorless terbaik tahun 2014.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 101 comments… add one }
  • Rizky March 20, 2017, 7:25 am

    Misi mau nanya, kenapa M3 tidak ada menu setting Exp.SIM nya yaa? Saya jadi susah atur komposisi foto saat pemotretan di studio photo nih

    • Erwin Mulyadi March 20, 2017, 3:27 pm

      Setahu saya waktu buka flash maka exp sim otomatis non aktif, sehingga selalu terang. Yg jadi masalah kalau pasang flash/trigger non TTL maka kamera menganggap tidak pakai flash sehingga exp sim jadi aktif (kalo gelap ya gelap)

  • Bil January 22, 2017, 5:39 pm

    Selamat sore ko, saya pengguna eos M3
    Kamera tsb kan belom ada fitur intervalometer, caranya bikin timelapse gimana ya ko?
    Terima kasih

    • Erwin Mulyadi January 23, 2017, 12:01 pm

      Kalo DSLR biasanya pake kabel shutter release, kalo M3 gak tau juga ya

  • Melly putri January 14, 2017, 7:01 am

    Pak saya sdh bbrp kali bertanya dalam hal yang sama , cuma mau ngecek sdh dibalas apa belum nya saya kurang paham Tp di email saya belum masuk

    Ohya saya mau menanyakan utk camera eos m3 dan saya sdh punya lensa fix canon 50mm tapi saya butuh lensa zoom , cocoknya lensa yang 55-200mm khusus mirrorles atau 55-250mm stm yg disambungkan via adapter, hasilnya bagus mana ya? Makasih pak.. mhn infonya …

    • Enche Tjin January 14, 2017, 9:11 pm

      Sebaiknya yang dirancang untuk mirrorless aja. Kalau pakai adaptor jadi terlalu besar di depan.

  • Steven January 4, 2017, 11:02 pm

    Ko, mau nanya, saya punya budget 7-9jt, keperluan untuk Vlog, Wawancara, Videografi / cinematografi, lebih recomended kamera apa yaa ko, saya sih baru ngebandingin Canon EOS 60D Sama Canon EOS M3, ohiya satu lagi sama Sony A6300 .
    Pinginnya sih yg batre nya awet, kualitas oke, sama bisa input mic external / rode .
    Makasih ko .

    • Enche Tjin January 5, 2017, 11:59 am

      Canon 80D sih idealnya, cuma over budget.

      • Steven January 5, 2017, 12:50 pm

        Di antara
        Sony A6000
        Canon EOS 60D
        Canon EOS M3
        Lebih mending mana ko ?

        • Enche Tjin January 5, 2017, 12:57 pm

          Tergantung videonya banyakan type apa. Kalau vlog yang typenya ngomong2 sendiri dan perlu layar putar dan fisik kecil, Canon EOS M3 paling cocok karena A6000 layarnya gak bisa diputar kedepan. eos M3 udah punya ext. mic port juga.

          Tapi yang namanya type mirrorless, baterainya cepat habis, cepat panas dan harus ganti2. Kalau mau yang tahan banting 60D, tapi besar, dan autofokus saat live view gak bisa diandalkan, jadi perlu manual fokus.

          • Steven January 5, 2017, 2:07 pm

            Okee terimakasih banyak yaa ko info & sarannya ^^

  • Sigit December 27, 2016, 6:21 pm

    Mau nnanya lagi ah, setelah akhirnya memutuskan ambil M3 sekarang bingung lagi mau yang lensa 15-45mm atau 18-55mm, saya butuh lensa Wide, menurut koko saya milih 15-45mm atau 18-55mm ??
    thanks before.

    • Enche Tjin December 27, 2016, 6:53 pm

      15-45mm dong, yang lebih lebar.

      • Sigit December 27, 2016, 6:56 pm

        Oke terimakasih banyak sarannya

  • Zahra December 17, 2016, 2:11 am

    ko mau nanya kalo di canon m3 sama canon m10 bagusan mana ya? tolong dijawab lg butuh bgt nih jawaban bingung soalngaa

  • Dedy November 25, 2016, 2:04 pm

    Ko mohon bantuannya…
    Saya punya sistem fuji xt10 tapi masih mau nyoba ke yg lain bagusnya yg mana ya antara sony a6300 panasonic lumix gx85 atau naik ke xt2… mau nyari kualitas gambarnya yg lebih ok dr xt10..
    Mohon bantuannya…

    • Dedy December 18, 2016, 1:04 am

      Please help me ko

  • Jason November 14, 2016, 2:26 pm

    Koh mau tanya, kamera sama Canon EOS M3. pada saat mode M(manual) kenapa saat saya shoot kejepretnya 3kali ya ? apakah bisa disetting hanya sekali saja ? caranya bagaimana ya ? terimakasih

    • Enche Tjin November 14, 2016, 10:31 pm

      Bisa jadi setting Drive Modenya ke continuous atau bracketing (AE-BKT)nya aktif, coba dicari aja di menunya ya.

  • Windri Avi November 1, 2016, 11:50 am

    Ko, mau nanya..
    Saya pemula dan ingin belajar fotografi. Saya suka landscape dan foto yang latarnya polos koh..
    saya sedang interest sekali dengan fotografi..
    Selain itu, saya juga suka mengcover lagu / musik (video). Kebetulan saya aktif sosmed dan mengunggah video cover lagu saya.
    untuk kondisi seperti ini, kamera yang recomended apa ya ko?
    ya harganya plus minus 8 juta.
    saya sempat bingung antara dslr dengan mirrorless.
    saya baru baca review canon 60d, canon m10, canon m3, fujifilm x-a3, x-a2, sony a6000..
    terimakasih ko..

  • deinzaa_ October 26, 2016, 8:20 pm

    kak mau tanya sebenarnya lebih bagusan mana kamera canon eos m10 atau sony a5000?

  • jeje October 14, 2016, 1:59 pm

    koh, mau nanya untuk dslr kelas menengah/semi pro, disitu kan ditulis kalau nikon d7200 unggul tanpa saingan. padahal dipasaran kan ada saingannya yaitu dari merk canon yaitu 80d. yg saya mau tanyakan, apakah tulisan ini dibuat sebelum munculnya dslr canon 80d atau sesudah?
    kalau sesudah berarti semakin memantapkan pilihan saya utk pindah ke nikon d7200 heuheu….
    trm kasih

    • Enche Tjin October 17, 2016, 4:30 am

      Haha, bisa dilihat dari tanggalnya, sepertinya sebelum Canon 80D.

  • agil October 4, 2016, 11:30 am

    koh canon eos m3 bisa video stabilizer atau tidak?

  • Marlina August 29, 2016, 10:46 pm

    Hallo..
    Mau nanya bagusan canon eos m10 atau fujifilm x A2 y?
    Terima kasih sblm nya

    • Enche Tjin August 30, 2016, 4:11 pm

      Kurang lebih setara dengan beberapa perbedaan. Kalau saya lebih prefer Fuji XA2 karena ada hotshoe, bisa pasang flash eksternal.

  • Krisna July 21, 2016, 3:34 pm

    Untuk lebih serius, bagusan m3 atau 700d?

    • Enche Tjin July 21, 2016, 7:57 pm

      Canon 700D

  • GLORIA July 12, 2016, 11:19 pm

    kalo CANON EOS M3 vs Sony A5100 bagusan mana ya? bisa tolong saran nya. thanks before

    • Erwin Mulyadi July 13, 2016, 1:36 pm

      Setara cuma harga M3 lebih murah. M3 punya flash hot shoe untuk pasng flash atau trigger, A5100 lebih bagus di fitur auto fokus.

      • Bintang Esperanza September 15, 2016, 5:33 pm

        Lensa yang direkomendasikan untuk canon m3 sebagai pemula apa ya ko? , thanks!

  • april May 24, 2016, 6:38 pm

    permisi, mau tanya. saya mau beli kamera mirrorless untuk foto produk baju dan foto vacation. minta saran kamera mirrorless apa ya yg bagus sesuai kebutuhan saya ? yg range harganya dibawah 8jt dan hasil warnanya menarik. tapi saya kurang suka dengan spesifikasi fujifilm. kalau saya membeli canon eos M3 apakah pilihan yg tepat ? atau kah ada saran lain ? saya sebenarnya tertarik dengan canon eos M3, sony alpha5100, atau samsung nx300/3000/3300/300M. terima kasih

    • Enche Tjin May 25, 2016, 1:33 am

      Untuk kemudahan pengunaan dan kualitas warna Canon oke. Kelemahannya lensa Canon EF-M untuk mirrorless masih terbatas, terutama untuk foto portrait/fashion, misalnya belum ada lensa fix 50mm dan 85mm. Memang bisa, memasang lensa DSLR, tapi ribet, karena harus pakai adaptor. Sony A5100 punya koleksi lensa lebih banyak, tapi gak punya hotshoe untuk memasang flash yang penting buat foto di dalam studio/indoor. Jadi saya pikir boleh Canon EOS M3, tapi sementara pakai lensa standar dulu sambil bersabar menunggu lensa yang lebih baik.

  • okky May 22, 2016, 5:01 pm

    ko enche, saya baru menjual kamera kesayangan saya canon 60d, krn tertarik dengan mirorless, pertanyaan saya kenapa ko enche lebih memilih sony a6000 dibanding canon eos m3? bagaimana dengan panasonic lumix g7?
    salah satu kamera yg worth it dengan 4k videonya, karna saya sedang galau diantara 3 kamera tersebut hehe

    • Enche Tjin May 23, 2016, 2:17 pm

      Secara teknologi, keringkasan, kegesitannya, dan value yang dibayarkan dapet (kalau yang A6000). Juga cukup fleksibel dalam arti bisa dipasang dengan berbagai lensa manual/merk lain dengan adaptor.

      Kalau senang rekam video yang resolusi tinggi seperti 4K memang Panasonic G7. Dari valuenya dapat juga karena lagi diskon gede (2 juta).

      Canon EOS M3 punya kelemahan di autofokus yang masih lambat, dan pilihan lensa tidak sebanyak Sony dan Panasonic.

  • Anggi February 19, 2016, 9:31 pm

    Koh, lebih rekomendasi a5100 atau eos m3?

  • Abdul Aziz February 15, 2016, 9:49 am

    salam ko,,,

    saya aziz,,,Ko Enche Tjin pernah kita undang ke kantor kami buat sharing ilmu nya ke kami tentang fotografer.
    Nah saat ini saya lagi mau upgrade kamera mirorless nih, yg sekarang saya pegang EOS M generasi pertama.
    Kemarin liat2 Olympus OMD EM5 Mark I seperti nya mantep juga tuh?
    Gimana menurut koko?
    Karena yang saya tau sekarang uda keluar generasi mark II.
    Dan dapat tawaran Olympus OMD EM5 mark I itu harga 11.500.000 (lensa 12-50 + bonus lensa fix 45mm f1,8), barang baru, bagaimana menurut koko dengan harga tersebut?
    Terutama juga bagaimana kecanggihan kamera tersebut?

    Mohon tanggapan nya ya ko,,

    Terima kasih
    Salam

    • Enche Tjin February 15, 2016, 10:21 am

      Dari Canon EOS M, tentunya akan merasa peningkatan yang cukup signifikan terutama dari kualitas fisik kamera dan lensa, juga autofokus dan kestabilan (5 axis). Kalau kamera dan lensanya baru, menurut saya cukup lumayan harganya. Olympus 12-50mm itu oke buat sehari-hari, dan 45mm untuk portrait.

      Yang generasi II tentunya ada peningkatan-peningkatan seperti layar bisa diputar, wifi, kualitas video dan dukungan untuk merekam video lebih baik. Tapi harganya tentunya cukup tinggi.

      • Abdul Aziz February 16, 2016, 2:02 pm

        Terima kasih atas penjelasan nya ko Enche,,

        Untuk kondisi baru kamera yang saya sebutkan adalah baru bersegel. jadi menurut ko Enche dengan harga segitu dengan 2 lensa lumayan murah ya?
        dan karena juga uda cukup bagus.
        Memang untuk generasi yang mark II harga nya masih selangit,,heheheh,,,,,

        Terima kasih atas penjelasan ko Enche.

        • Abdul Aziz February 16, 2016, 2:51 pm

          Maaf Ko,,,

          Mohon masukan nya lagi.
          Monurut ko Enche kamera Olympus OMD EM5 Mark I vs Conon PowerShot G3x lebih canggir n keren mana?
          Mohon masukan nya

          Terima kasih

  • Heri January 31, 2016, 9:44 pm

    Kekurangan dan kelebihan OMD EM-5 apa om?..

    • Enche Tjin January 31, 2016, 9:49 pm

      Tergantung dibanding kamera apa?

  • tio January 22, 2016, 6:07 pm

    koh..rekomendasi kamera semi pro dari nikon/canon harga 9-12 juta yg paling bagus apa ya?thx

    • Enche Tjin January 22, 2016, 6:50 pm

      Canon 70D, Nikon D7100/D7200

  • ardy January 21, 2016, 10:19 am

    kalo menurut koko pilih mana a6000 atau nkon d5500?
    klasifikasi di kualitas gambar?
    Terima Kasih sebelumnya

  • Bram January 18, 2016, 1:33 pm

    Selamat Siang ko numpang tanya nih..

    Kebetulan saya pakai canon 60d skrng tp saya merasa berat mas karena bobotnya untuk traveling kurang nyaman….
    Saya mau ganti mirrorless tp yg setara slr mas seperti 60d lah hehe…. Tp ga hanya foto landscape mas ya seperti jurnalistik gt lah foto human interest.
    Pilihan ada di fujifilm antara xt1 / xt10 nih mas…
    nah buat sony kenapa ya harga dia relatif murah dgn megapixel yg tinggi?
    Buat lensa2 aksesoris dll lebih banyak mana juga ya ko?
    Thanks

    • Enche Tjin January 18, 2016, 2:28 pm

      Diantara Fuji X-T1 dan X-T10, bagusan yang X-T1. Soal mengapa Sony murah tapi berkualitas saya juga kurang tau, tapi tinggal kita nikmati saja hahaa.. Untuk sony, saran saya yang asyik banget buat traveling adalah Sony A6000, 24MP, autofokus kencang sekali, ukuran ringkas dan skrg harga barunya juga terjangkau.

  • reza revo January 16, 2016, 12:58 am

    kenapa SAMSUNG NX tidak masuk kategori apapun??

  • Ardi January 4, 2016, 9:52 am

    Ko mau tanya kalo menurut koko sony alpha 6000 dibanding fuji xt-10 masih bagus yang mana? Thanks before

    • Enche Tjin January 4, 2016, 9:55 am

      Menurut saya Sony A6000 lebih bagus, terutama dalam resolusi foto (24 vs 16 MP), sistem autofokus, foto berturut-turut, lebih ringkas dan terjangkau.

  • Lida January 3, 2016, 3:04 am

    Ko klo budget dibawah 8 jt dapet kamera apa ya yg bagus? Klo canon dpt apa? Kegunaannya buat foto pemandangan sm ngefoto bangunan

    • Enche Tjin January 3, 2016, 6:44 am

      Dapat Canon EOS 700D

  • Raka December 25, 2015, 2:21 am

    ko kalau antara sony a6000 sama canon eos m3 kira-kira recom yang mana yaa ?

    • Enche Tjin December 25, 2015, 7:29 am

      Sony A6000 dong

  • Bang ben December 21, 2015, 3:32 pm

    Ko.. kalo Nx 3000 samsung itu keluar pertamanya tahun brpa ya? Trus kalo untuk pemula mirrorless saran pakai sony a5000 atau Nx 3000, tq

    • Enche Tjin December 22, 2015, 7:09 am

      NX3000 keluaran tahun 2014, kameranya cukup bagus sebagai kamera pemula, tapi masa depan Samsung NX sekarang ini tidak begitu jelas kedepannya.

  • Sanee December 16, 2015, 9:42 pm

    Om, sony a6000 ga masuk hitungan? Lg dilema nih mau beli sony a6000 atau fuji xt-10. Minta saranya dong om

  • yokie December 11, 2015, 8:55 am

    jadi bingung nih ko buat beli body only X-A2 atau canon eos m3 πŸ˜€ saya butuh buat foto model jualan produk baik indoor/outdoor. pilih yg mana ya dan lensa nya juga, minta sarannya ya. makasih πŸ™‚

    • Enche Tjin December 11, 2015, 9:34 am

      Hehe, kalau kamera, saya pilih Canon EOS M3 yang menurut saya terbaik tahun ini di kategori kamera mirrorless pemula. Lensanya bisa 22mm f/2 STM.

      • yokie December 11, 2015, 10:21 am

        kalau misalkan X-A2 lensanya tipe apa ya? hehe

        • Enche Tjin December 11, 2015, 10:32 am

          Kalau Fuji lensa 23mm bagus untuk foto model satu badan, 35mm sekitar setengah badan.

  • Farhan December 10, 2015, 11:02 pm

    Malam koh enche. Nikon d7200 menjuarai dslr semi pro versi infofotografi, lalu bagaimana dengan peringkatnya? Dslr semi pro apa yg ada di peringkat berikutnya terutama the big 5?

    • Enche Tjin December 10, 2015, 11:11 pm

      Agak bingung sih saya, maksudnya kamera DSLR semipro yang lain ya? Kamera DSLR semi-pro gak banyak karena hanya Canon, Nikon dan Pentax yang masih aktif. Kamera terbaru mereka Nikon D7200, Canon 70D dan Pentax K3 II.

      • Gilang December 11, 2015, 5:37 am

        Kalau menurut koh enche sendiri, untuk kebutuhan strobist lebih prefer mana? Oiya koh saya bisa minta kontak untuk pemesanan flash shanny dan aksesorisnya?

        • Enche Tjin December 11, 2015, 9:41 am

          Untuk strobist kamera apa saja sebenarnya bisa, tapi kalau perlu wireless TTL, saran saya kamera DSLR seperti Canon/Nikon. Untuk info/pemesanan Shanny bisa kontek 0858 1318 3069 (ada WA juga) atau pesan langsung di http://www.ranafotovideo.com

  • komar December 10, 2015, 12:00 pm

    Ko Entje, ulas jg dong kamera hp. Secara mulai menggeser prosumer dan compact. Juga software free yg rekomen buat fotografer amatir. Tq

    • Enche Tjin December 10, 2015, 6:50 pm

      Ide bagus πŸ™‚ Mesti mulai dari hp yang mana dulu nih? haha

  • Yosef December 10, 2015, 9:14 am

    Om, sy newbie penikmat fotografi pengin beli kamera mirrorless harga dibawah 5 jt. Bisa minta saran kamera yg rekomended? Trims.

  • Olivia December 10, 2015, 7:29 am

    Ko, kalo mau foto landscape lbh baik beli d750 atau 6D? Dan plihan lensa yg bagus apa aja?
    Terima kasih.

    • Enche Tjin December 10, 2015, 8:59 am

      Canon 6D, untuk pemandangan saya sarankan lensa lebar Canon EF 16-35mm f/4 IS L dan Canon EF 70-200mm f/4 IS atau yang f/2.8 juga oke jika gak keberatan.

  • Herman December 9, 2015, 10:03 am

    Koh, diantara pilihan 5DSr, D810 dan AR7ii untuk penggunaan potrait dan landscape kira-kira mana yang lebih bagus ?

    • Enche Tjin December 9, 2015, 10:32 am

      A7R II menurut saya ideal buat travel dan landscape. Ringkas ukurannya dan kualitas gambarnya sangat detail. Untuk portrait kurang lebih semua kamera sama baiknya. Kalau untuk foto olahraga dan foto berturut turut bagus Nikon D810. Yang resolusi terlalu tinggi buffernya sedikit atau terlalu lambat.

      • Herman December 9, 2015, 11:29 am

        Untuk image quality bagusan yang mana ?

        • Enche Tjin December 9, 2015, 11:52 am

          Kualitas foto seperti ketajaman, detail, dynamic range dan ISO rata2 bagus Sony A7RII.

          • Herman December 11, 2015, 11:49 am

            Untuk sony, lens apa yg cocok utk potrait dan landscape ? apakah dgn menggunakan adapter seperti metabones pakai lens canon hasilnya dibawah kualitas canon ?

            • Enche Tjin December 11, 2015, 11:53 am

              Soal pilihan lensa boleh baca-baca rekomendasi lensa Sony E-mount. Soal adaptor, tidak juga, kualitasnya sama, atau malah bisa lebih baik, tergantung sensor kamera Sony yang mana. Masalahnya dengan adaptor adalah autofokus kalaupun bisa, lambat, dan waktu memegang kamera, berat di depan (lensa DSLR umumnya lebih besar).

        • Budiarjo December 11, 2015, 4:26 pm

          Buat landscape a7rii lebih detail drpd d810.
          Tapi dynamic range d810 lebih tinggi (13,9 bit vs 14,8 bit). Sedangkan canon 5dsr cuman 12,4 bit.
          Hanya saja body sony a7rii belum weather seal. Jadi ati2 kalo hujan / berdebu.
          Batre d810 kuat smp 1200 shot. A7rii cuman 350 shot.
          A7rii udah wifi & d810 belum wifi.

  • Rangga December 8, 2015, 7:11 pm

    Om, saya newbie. Sdg berminat utk mencoba hobby fotografi, khususnya street photography. Dgn sejumlah pertimbangan akhirnya saya beli canon eos m3, dgn lensa kit 18-55mm IS STM. Utk kebutuhan tsb apakah lensa kit tsb sdh cukup atau jika blm lensa seperti apakah yg saya perlukan? Lalu filter apakah yg juga diperlukan Om?

    • Enche Tjin December 8, 2015, 11:01 pm

      Canon EF-M 22mm f/2 STM bagus untuk street. Lebih tajam, compact dan bukaannya besar. Filter untuk street gak dibutuhkan, tapi kalau landscape butuh filter ND/CPL.

      • Rangga December 19, 2015, 11:42 pm

        Om, saya ada mounter utk canon ef-m jadi bisa gunakan lensa dslr canon. Utk street photography dan zooming candid ekspresi, sebaiknya lensa dslr apa ya Om?

  • agoes December 8, 2015, 6:13 pm

    Canon 5dsR vs nikon d810 image quality nya bagus mana om?
    Cz saya mbandingkan di dpreview.com , dxo.com kok image quality 5dsR dibawah d810 ya.? Dynamic range nya, colour deep, kemampuan high iso.
    Bisa dijelaskan?

    • Enche Tjin December 8, 2015, 6:37 pm

      Aspek2 diatas memang 5DS R kurang terutama di dynamic range dan high ISO jika dibandingkan dengan Nikon D810. Keunggulan 5DS R di resolusi (Megapixel).

  • Yusuf December 8, 2015, 3:47 pm

    kapan ada pelatihan di jawa timur koh?

  • Anto December 8, 2015, 2:05 pm

    Brp ko utk yg D750 + afs 24-120 f/4?

  • Anto December 8, 2015, 9:50 am

    Ko saya mau beli fullframe nikon, di focus nusantara &jpc kemang ada paket D750 +afs 24-120 f/4 VR hrg 29jt, saya butuhnya yg zoom bukaan besar utk motret wedding+candid spt afs 24-70 f/2.8, utk body D610 udah cukup buat saya..pertanyaannya lebih worthed mana koh utk menunjang pekerjaan saya antara D750+24-120 f/4 ( 29jt paket) atau D610+24-70 f/2.8 (37jt tdk paket/beli pisah). Trims koh Enche..

    • Enche Tjin December 8, 2015, 10:10 am

      Saran saya sih Nikon D750 dan 24-120mm untuk wedding, menurut saya focal length tersebut lebih fleksibel dan f/4 sudah cukup besar bukaannya, kalaupun kurang cahaya, ISO tinggi D750 sudah sangat baik. Jika berminat membeli, boleh pesan lewat saya juga. Garansi resmi tapi harga bersaing πŸ™‚ WA/telp 0858 1318 3069. Trims.

      • Anto December 8, 2015, 2:08 pm

        Brp ko utk yg D750 + afs 24-120 f/4 di infofotografi? Apa ada paketan lain? Trims

        • Enche Tjin December 8, 2015, 11:13 pm

          Harga sudah di WA ya.

  • mister t December 8, 2015, 8:41 am

    Kenapa NX1 kok tidak masuk om?

  • Alex December 7, 2015, 7:34 pm

    Ko mau tanya, saya punya dana 6-7jt untuk kamera semi pro apa yg terbaik yah?

    • Enche Tjin December 8, 2015, 8:48 am

      Kalau yang baru biasanya harganya sekitar 10jutaan. Tapi kalau bekas mungkin ada seperti Nikon D7000, Canon 60D dll.

  • Enche Tjin December 7, 2015, 7:27 pm

    Coba baca penjelasan saya disini.

  • Caecilia Isbudiatmi December 7, 2015, 6:29 pm

    “Fujifilm X-A2: Mirrorless pemula dari Sony yang memiliki layar LCD yang bisa dilipat ke atas.” <— salah ketik ya ko πŸ˜€

    • Enche Tjin December 7, 2015, 7:26 pm

      O iya, trims πŸ™‚

Leave a Comment