≡ Menu

Sepuluh setting Canon 70D yang saya anggap penting

Kamera DSLR Canon 70D saat ini tampaknya masih jadi kamera DSLR Canon yang populer untuk banyak kebutuhan mulai dari hobi, kerja sampai bikin video. Berada diatas seri pemula (750D dsb) dan dibawah seri APS-C pro (7D mark II), posisi 70D memang tergolong agak unik. 70D punya banyak fitur yang canggih tapi juga punya banyak kemudahan untuk pemula sekalipun, plus ada layar lipat dan sentuh. Beberapa yang saya sukai dari 70D diantaranya bodinya (ukuran, ergonomi, tombol, roda, weathersealed, layar lipat), fiturnya (19 titik AF, dual pixel AF untuk live view, 7 fps, layar sentuh) dan harganya yang bersahabat.

Canon 70D dengan lensa EF 50mm f/1.8 STM

Canon 70D dengan lensa EF 50mm f/1.8 STM

Dari pengalaman saya memakai Canon 70D, saya temui sepuluh setting yang saya anggap penting di kamera ini (selain setting dasar penting lainnya) yaitu :

  1. Auto fokus warisan 7D dengan 19 titik AF, di kamera ini ada setting servo AF, ada pemilihan titik fokus dan ada juga zona fokus yang lebih memudahkan. Tersedia juga tombol khusus untuk memilih titik fokus yang dulunya tidak ditemui di 60D. Saya juga suka memanfaatkan fungsi tombol AF-ON untuk auto fokus di 70D.
  2. Auto fokus di live view juga banyak pengaturan lanjutan seperti pendeteksi wajah dan FlexiZone. Di 70D auto fokus saat live view berlangsung dengan cepat dan akurat berkat hybrid AF (ada piksel pendeteksi fasa di sensor).
  3. Auto ISO yang tidak sekedar Auto, tapi juga kita bisa menentukan minimum shutter speed supaya Auto ISO bisa dimaksimalkan untuk mencegah blur akibat handshake. Fitur Auto ISO ini mungkin lumrah di sistem Nikon, tapi di Canon hanya beberapa tipe kamera saja yang tersedia fitur Auto ISO yang lengkap.
  4. HDR. Saya suka memanfaatkan fitur HDR di 70D untuk mengatasi cahaya terlalu kontras. Fitur HDR tidak ada di Canon pemula atau 60D.
  5. Built-in flash, khususnya untuk mengatur wireless flash eksternal. Dengan mengatur built-in flash kita bisa memanfaatkan flash untuk menjadi sumber cahaya flash atau untuk AF assist, atau untuk mengirim perintah ke flash eksternal yang mendukung wireless flash Canon.
  6. Pengaturan White Balance termasuk Kelvin dan Custom WB, berguna untuk akurasi warna dibawah sumber cahaya apapun, dan membantu mendapat warna paling akurat dengan pengukuran WB custom. Tidak semua kamera menyediakan Kelvin WB, dan 70D termasuk lengkap.
  7. Video mode termasuk All-I compression, pengaturan level audio manual dan digital zoom. Kamera 70D bahkan menyediakan time code untuk kebutuhan videografi yang lebih serius. Untuk yang memakai lensa jenis STM, rekaman video akan terasa lebih mudah autofokusnya, juga lebih mulus transisi fokusnya bila mengaktifkan movie servo AF.
  8. AF microadjustment, fitur ini saya anggap penting karena bisa jadi lensa kita ada sedikit mis-fokus (auto fokusnya sedikit meleset) sehingga foto kurang tajam. Tanpa fitur ini tidak ada yang bisa kita lakukan jika mengalami mis-fokus selain membawa lensanya ke servis resmi.
  9. In camera RAW conversion, berguna bila mendadak perlu punya JPG hasil dari RAW sedangkan tidak ada akses ke komputer atau laptop. Walau tidak semua editing bisa dilakukan, tapi adanya fitur merubah RAW ke JPG di kamera tetap saja membantu dan saya anggap fitur ini juga penting.
  10. WiFi (untuk 70D versi WiFi), yang bisa digunakan untuk remote shooting maupun memindahkan foto dari kamera ke kamera lain atau ke ponsel. Menurut saya sayang kalau beli 70D non WiFi karena harganya terpaut sedikit tapi kita dapat fitur yang termasuk penting untuk jaman modern.

Tentu saja pengaturan dasar DSLR yang lainnya juga penting, tapi dalam hal ini kesepuluh setting diatas lebih spesifik dimiliki di Canon 70D dan semuanya saya anggap penting (bahkan 10 hal inilah yang membuat saya akhirnya memutuskan membeli Canon 70D). Bagi pemakai Canon tipe lain (1200D, 100D, 700D, 60D, 7D lama, 7D mark II) memang bisa saja ada kesamaan sebagian setting dengan 70D. Misalnya 19 titik AF juga ditemui di 7D lama, 750D dan 760D, lalu fitur Wireless flash ditemui juga di 700D keatas.

Canon 70D dengan LCD lipatnya

Canon 70D dengan LCD lipatnya

Untuk menjelaskan dengan rinci setiap setting diatas tentunya perlu diuraikan dalam bahasan tersendiri, dan bagi anda yang membutuhkannya sudah saya buatkan khusus versi PDF penjabaran dari artikel ini yang berisi penjelasan lengkap disertai tips dari saya. Bagi anda pemilik Canon 70D yang ingin memiliki PDF Sepuluh Setting Penting Canon 70D (18 halaman) bisa mendapatkannya melalui Rana Foto Video cukup dengan harga Rp. 25.000,- yang bisa ditransfer ke Enche Tjin via Bank BCA: 4081218557 atau via Bank Mandiri: 1680000667780.

Contoh buklet 70D

Contoh isi buklet PDF

————————————————————————————————————

Untuk belajar setting dasar kamera DSLR Canon, ikuti kelas Kupas Tuntas DSLR Canon yang saya adakan secara berkala, simak jadwalnya di halaman ini.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 55 comments… add one }
  • Supriadi July 25, 2018, 4:41 am

    Saya pengguna Canon 70d, Kenapa saat live view untuk liat menu kadang2 tombolnya gerak sendiri lari ke menu lainnya? Dan saat di putar hasil rekaman nya terhenti sendiri harus ditekan tombol oke lagi biar berjln lagi videonya?
    Mohon pencerahannya mas….

    • Erwin Mulyadi July 25, 2018, 10:41 am

      Kurang tahu juga, mungkin ada kerusakan di layar sentuh atau tombolnya.

  • Robi June 12, 2018, 10:40 pm

    Om gua pengguna 70d baru beberapa minggu layarnya black pada saat tdk live namun pas live layar bisa di liat

  • ARVA July 11, 2017, 3:22 pm

    Bang… Saya baru beli camera Canon 70 D baru setahun. Tapi ini udah trobel. Setiap dinyalakan langsung fokus sendiri tanpa aq pencet tombol suternya. Udah aq bawa dan aq tanyanya kan kelanggengan kami. Blm bisa mendeteksi kerusakannya. Mohon infonya

    • Erwin Mulyadi July 11, 2017, 5:24 pm

      Sudah coba dipasangkan dengan lensa lainnya? Boleh jadi lensanya yg bermasalah.

  • rendy parera April 29, 2017, 7:36 pm

    Saya pengguna 70D.. mau tnya soal microadjusment. Sya smpat mengutak atik fitur ini dgn menggunakan lensa fix 85mm.
    Stlah saya disable fitur ni. Hasilnya ftonya malah jdi miss focus. Sblumnya hasilnya tajam. Apa ada dampak ke lensa atau ke body kameranya. Mohon pencerahannya om..

    • Erwin Mulyadi May 2, 2017, 1:20 pm

      Ya di enable lagi aja, lensa 85mm termasuk yg mungkin perlu AF microajdustment jadi coba-coa aja untuk mengatasi front/back focus issue

  • Glory April 20, 2017, 1:39 pm

    Kalo diliat dr harga dan speknya nikon d7200 lbh unggul dan mahal dikit tp spek mirip dan ada wifi jg, tp apakah 70d bisa dikatakan saingan trdekat d7200? Atau kalau budget sya 15jtan mndg ambil 70d atau tmbah dikit buat d7200? Thx

  • Elyas February 28, 2017, 7:14 pm

    bang, mode single shoot dan silent single shoot ada beda suara pada saat jepret,
    selain itu jika pakai silent single shoot apa ada efek nya secara keseluruhan?
    terima kasih.

  • Al amin January 27, 2017, 2:11 pm

    Om saya punya kamera canon 760 D audio videonya gak ada suaranya ? mohon infonya . itu gara – gara apa ya?

    • Erwin Mulyadi January 28, 2017, 4:39 pm

      Ya setting video di menu kan ada banyak, cek aja yg berkaitan sama audio recording mungkin ter-disable, atau audio levelnya diset ke manual dan posisinya minimum.

  • Arif January 23, 2017, 2:41 am

    Om Erwin, pencerahannya dong..
    Kemaren saya motret wedding temen pake canon 70D, sesekali ambil record video. tiba2 error 80 dan gak mau nyala lagi. Padahal sebelum2nya di lepas batre n memorinya beberapa saat bisa lg.
    Tp ni udh 2 hari di lepas batre lensa n memori gak mau hidup jg.
    Kira2 apanya yg salah om.? Klw harus servicenya apa kenak om.?

    • Erwin Mulyadi January 23, 2017, 11:55 am

      Iya biasanya kalau error 80 matikan kamera, lepas baterai dan kartu lalu diamkan beberapa waktu nanti bisa nyala lagi, tapi kalau benar2 tidak mau nyala mesti dicek di servis resmi. Info soal ini di internet masih simpang siur, ada yg bilang karena live view / video, ada yg bilang karena lensa non canon dsb.

  • ito January 7, 2017, 10:19 pm

    Bang erwin, kamera 70d sy klo dibuat moto pake live view hasil jepretan bs tajam,tp saat dirubah ke normal hasilnya kurang tajam..itu knp ya…soalnya kamera sy yg 1200d sy buat moto model keduanya hasilnya tajam semua
    Mohon penjelasannya tksh

    • Erwin Mulyadi January 8, 2017, 9:29 am

      Kemungkinan mode fokusnya, cek lagi mode apa (one shot/AI Servo) lalu titik fokusnya coba pakai yg satu titik (1pt AF). Kalau masih tidak tajam mungkin ada yg perlu di fine tune di menu AF microadjustment (C.Fn menu)

  • Stanislavs January 6, 2017, 8:44 am

    misi gan, aku punya eos 70D kok built in flash nya tidak bisa di buka manual ya?

    kalo lagi di mode A+ dan SCN dalam kondisi cahaya redup di tekan shuter setengah baru bisa terbuka

    kalo mode Manual, ditutup dulu moncong lensanya dan view findernya baru bisa terbuka built in dlashnya.

    apa memang begitu?. mohon penjelasanya. terima kasih.

    • Erwin Mulyadi January 6, 2017, 3:32 pm

      Kelihatannya ada masalah, untungnya bisa disiasati dengan masuk ke mode Auto. Tapi untuk pastinya ya cek ke servis resmi aja..

      • Herrys printino September 30, 2017, 5:47 pm

        Mas mau tanya. Saya menggunakan canon eos 70D dengan lenza wide 16-35 II f2.8mm mohon setingannya bagaana thx

  • Fachri December 23, 2016, 10:44 am

    Mas mau tanya , kamera 70d saya kok mode custom nya tidak berfungsi ya , jadi kalo mau main ke mode manual malah larinya ke mode portrait, .. trus kalo ke av larinya ke Tv , itu penyebabnya apa ya mas? Terima kasih

    • Enche Tjin December 23, 2016, 12:36 pm

      Wah diservis aja sih saran saya kalau sudah bergeser gitu.

  • fredy December 10, 2016, 1:38 pm

    om erwin, camera 70d saya tiba tiba tidak bisa menyala. ketika pemakaian tidak pernah terjatuh atau semacamnya. ketika dimasukan batrai atau memori lampu yang warna merah juga tidak berkedip, padahal batrai full dan memori kosong. terimakasih om erwin hehe

    • Erwin Mulyadi December 12, 2016, 1:23 pm

      Untuk pastinya dibwa aja ke servis resmi, tapi coba pakai baterai lain dulu.

  • Muhtarom Zain November 28, 2016, 3:13 pm

    Salam mas erwin dan ko enche,

    saya 70d user, baru baru ini saya dapat masalah saat live view shoot. Kenapa live view shoot saya tidak berfungsi ya ? ketika saya ganti ISO tidak ada efek dilayar tetapi tidak ada masalah di live view video. Ini masalahnya di settingannya atau di hardwarenya ya ? Mohon bantuannya :).

    • Erwin Mulyadi November 28, 2016, 3:31 pm

      Info masalah yg ditulis kurang jelas, susah menjawabnya. Lengkapi dulu misal mode apa, mulai kapan muncul masalah, pada keadaan spt apa..

  • Ilham October 3, 2016, 11:17 am

    Mas Erwin, Salam kenal ya…

    Saya pakai 70D, kemarin baru ganti dari lensa Tokina 11-16 ke Canon 24-105 f/4. Setelah pakai lensa baru, saya berasa exposure meter-nya loncat-loncat saat tekan setengah shutter. Loncatnya lumayan besar. Kamera seperti telat atau kesulitan mendeteksi exposure objek. Mohon saranya mas erwin

    Makasih sebelumnya.

    • Erwin Mulyadi October 3, 2016, 11:26 am

      Cek mode meteringnya jangan2 di spot atau partial. Coba pastikan dulu di Evaluative metering, lalu hindari cahaya yg kontras dan cek apakah masih sama kejadiannya..

  • bernard September 21, 2016, 8:25 am

    Mas masalahnya sama dengan mas Dimas.dimana kamera 70D saya gunakan untuk hidup tiba.tiba are alis mati tu gimana ya ? Mohon info nya.

    • Erwin Mulyadi September 21, 2016, 8:31 am

      Ya tentu dibawa ke servis resmi Datascrip lalu dicek apa masalahnya dan berapa biaya perbaikannya (kalau sudah tidak garansi)

  • Pally August 23, 2016, 7:34 pm

    Mas pengaru eos 70 d error 80 apa ya mas?

  • dimas August 22, 2016, 8:22 pm

    Mas mau nanya
    Akhir-akhir ini 70d saya sering ngalamin eror 80 saat saya make mode video, tpi klo livew tuk foto aman-aman saja

    Kira-kira masalahnya apa dan solusi yang mesti saya lakukan seperti apa

    • Erwin Mulyadi August 23, 2016, 10:16 am

      Dari beberapa diskusi di internet curiga ke overheat saat rekam video, tapi selama tidak ganggu proses memotret ya kurangi frekuensi rekam video-nya aja. Kalau dibawa ke servis biasanya ganti board dan itu mahal sekali.

  • Aguss August 17, 2016, 9:54 pm

    Mas mau tanya..knp 70d punyaku terasa cepat hangat…apa ada yg salah setingannya..atau emang rusak?

    • Enche Tjin August 19, 2016, 1:36 am

      Sering pakai layar LCD buat komposisi foto / video? Mungkin itu penyebabnya.

  • heri March 28, 2016, 4:36 am

    Mas Erwin salam kenal,

    beberapa hari lalu sy membeli canon 70D dengan lensa Tamron 18-200mm F/3.5-6.3 yang saya tanyakan adalah bagaimana cara mendapatkan bakground blurr saat pemotretan potrait. terimakasih atas perhatiannya.

  • Debby March 22, 2016, 10:20 pm

    Saya pengguna Canon 70 d dan sering mengalami Mis fokus, gimana settingnya supaya tetap fokus dan tajam makasih

    • Erwin Mulyadi March 23, 2016, 10:51 am

      Pastikan dulu pakai 1 point AF, lalu pilih satu titik misal titik tengah, ambil foto dan cek fokusnya. Kalau mis tinggal masuk ke menu AF micro adjustment dan lakukan fine tune AF sesuai kebutuhan.

  • anas March 7, 2016, 5:31 pm

    bagaimana setting live view saat memakai trigger pada 70d?

    • Erwin Mulyadi March 10, 2016, 3:55 pm

      Kalau mode manual dan studionya gelap, maka kalau pakai live view ganti setting Exposure simulation ke OFF, sehingga tampilan di LCD tidak gelap.

  • dodoy March 5, 2016, 9:43 am

    artikelnya bagus tapi spertinya dari 10 item itu kyaknya juga dimiliki di Nikon D5500 yg saya punya ..krn sgian bsar prnh sya buktikan apakah benar KO,

    sy mu tanya ko apa bdaya lens kit nikon ya sri ujungnya VR II G da VR II DX

    • Erwin Mulyadi March 7, 2016, 3:20 pm

      Ya sebagian memang akan sama dgn tipe canon lain atau bahkan nikon sony dsb. Misal HDR dan auto ISO juga ada.

  • Haryadi January 10, 2016, 10:35 pm

    saya sdh punya canon 70d ,utk mendapatkan PDF 10 setting penting canon 70d apa bisa langsung sms & bayar via rek BCA Enche Tjin tanpa melalui email .Karena via email gagal terus .Kalau bisa nomer SMS berapa ?Tks

    • Enche Tjin January 10, 2016, 10:52 pm

      Bisa, sms/wa 0858 1318 3069. Transfer ke BCA 4081218557 atas nama Enche Tjin

  • Golan January 5, 2016, 1:10 pm

    Baru saja meminang 70d sebagai kado natal…
    Artikelnya sangat menarik, setelah baca tulisannya jadi lebih memaksimalkan 70d saya.. thanks

  • Eko Ari December 30, 2015, 5:10 pm

    Pas sekali mas Erwin, saya sudah ada 70D tapi sudah lama merasa belum optimal dalam penggunaannya, kadang kurang fokus, ngga pas di WB, dll…
    Trims buat guide-nya…
    Cheers..

  • Anto December 30, 2015, 9:34 am

    Dgn budget 20jt lbh worthed D5500+afs 16-80 f/2.8-4 E VR DX atau D7200+18-140? Saya dah punya lensa fix 35 f/1.8 & flash SB 900, utk motret wedding & studio, trims mas erwin & ko enche..

  • Davis December 30, 2015, 6:02 am

    Wah sptnya 60D saya akan dipensiunkan setelah baca ulasan ini.

  • yudi December 29, 2015, 10:15 pm

    untuk hasil foto yg bagus di nikon d7200 lebih byk peran sensor atau lensa pak

    • andika December 30, 2015, 12:31 am

      Menurut saya sih
      – image quality (colour deep, dynamic range & high iso) byk dipengaruhi oleh sensor. D7200 image quality nya emang jempolan bahkan diatas 7d mkii.
      – kl lensa byk perperan dlm meningkatkan ketajaman foto, kontras & distorsi.

  • yudi December 29, 2015, 7:37 pm

    artikelnya menarik nih… kenapa gak beli nikon d7200 pak..?? kepo dikit ya pak

    • Erwin Mulyadi December 29, 2015, 9:48 pm

      Saya sebelumnya pakai Nikon D5100 dan sejak itu suka banget dengan LCD lipat (apalagi bila bisa layar sentuh), dan sayangnya di D7200 gak ada. Tapi jangan salah, D7200 adalah kamera yg sangat baik, hasil fotonya bagus dan kinerjanya mantap.

  • Kelvin December 29, 2015, 7:02 pm

    Mas erwin, mau mnta saran neh, gw lgi bingung
    Bagusan mana y bli baru 70D atau second 7D dgn kualitas yg msh bagus
    Apa 7D sdh terlalu tua utk usia nya?
    Thanks
    Note : utk kperluan wedding dan hunting lanscape.

    • Erwin Mulyadi December 29, 2015, 9:46 pm

      7D punya kinerja dan bodi yg mantap, tapi memang kehebatannya dalam hal 19 titik AF sudah diturunkan ke 70D (bahkan sekarang ke 750D-760D) sehingga menurut saya lebih worthed 70D dengan sederet fitur modernnya. Lagipula utk wedding atau landscape juga 70D sanggup kok.

      • Kelvin December 29, 2015, 11:50 pm

        Oke
        Trima Kasih mas saran doain aja wktu dkat segera meminang 70D
        Salam n sukses selalu utk mas erwin n ko enche

Leave a Comment