≡ Menu

Plug-in Silver Efex Pro 2 untuk konversi foto ke Hitam dan Putih

foto warna

Kita bisa mengkonversi foto-foto warna menjadi hitam dan putih di Photoshop Lightroom dan atau perangkat lunak foto editor baku pilihan kita. Beberapa tahun terakhir ini terlihat peningkatan jumlah plug-in dibuat tetapi untuk konversi ke Hitam dan Putih rata-rata tidak terlalu maksimal hasil nya, selain hanya mengkonversi foto ke monokrom teksturnya juga kurang menonjol.

Dari beberapa plug-in konversi hitam, putih yang saya coba dan yang saya anggap terbaik serta mudah menurut saya adalah – Nik Software Silver Efex Pro 2, dan sudah banyak di ulas dalam situs-situs fotografi. Saya akan perlihatkan beberapa hal yang dapat kita lakukan dengan plug-in ini, dan mungkin tidak bisa (atau akan jauh lebih sulit) bila di lakukan dengan Photoshop, atau Lightroom.

Saya menjalankan plug-in Silfer Efex Pro 2 ini dari Lightroom, tidak disangkal lagi bahwa lightroom adalah salah satu foto editor yang terbaik terutama untuk foto-foto berwarna.
Mengapa harus dilakukan melalui Lightroom atau Photoshop? Karena salah satu syarat untuk mendapatkan foto Hitam dan Putih yang baik adalah berdasarkan foto warna yang sempurna pencahayaanya, kontrasnya, dan saturasinya. Dengan kata lain foto Hitam dan Putih yang sempurna dihasilkan oleh foto berwarna yang sempurna, maka sebaiknya kita melakukannya dalam file RAW karena data-data warnanya cukup lengkap dibanding file JPG yang umumnya sudah terkompres cukup banyak.

SEP2-01

Nik Software Silver Efex Pro 2

1. Praatur (Preset)
Silver Efex Pro 2 memiliki 38 Praatur (Preset) yang dapat digunakan sebagai titik awal untuk pekerjaan pengolahan foto, termasuk tampilan foto bergaya Vintage maupun foto bergaya Modern. Menurut saya plug-in ini berada didepan Photoshop, dan mungkin untuk Lightroom juga. Memang di Lightroom kita dapat membeli atau mengembangkan Praatur untuknya, tetapi saya tidak menemukan banyak pilihan seperti yang ada di Silver Efex Pro 2 ini.

Berikut ini adalah contoh dari beberapa praatur.

preseting
2. Ada beberapa alat untuk meningkatkan Tekstur.

slider2

Salah satu elemen yang membuat foto hitam putih sangat efektif adalah “Tekstur”. Kita dapat meningkatkan tekstur di kedua Photoshop dan Lightroom (Kontras/Contrast dan Kejelasan/Clarity slider adalah alat favorit untuk ini) tapi Silver Efex Pro 2 mempunyai beberapa langkah lebih lanjut.

Penggeser Kontras (Contrast Slider)
Silver Efex Pro 2 memiliki empat (4) slider untuk menyesuaikan kontras. Penggeser Kontras adalah sama dengan yang di Lightroom atau Adobe Camera Raw. Penggeser Memperkuat Putih (Amplify Whites) dan Memperkuat Hitam (Amplify Black) membiarkan kita peningkatkan kontras pada highlight dan bayangan secara masing-masing. Ada juga penggeser Kontras Lembut (Soft Contrast) yang meningkatkan kontras tetapi dalam cara yang kurang agresif, hampir seolah-olah ada overlay blur gaussian. Slider ini sangat berguna untuk foto portrait.

Jika kita terlena dengan penggeser Kontras kita dapat kehilangan detail di highlight dan bayangan. Jadi, selain empat penggeser sudah disebutkan, ada dua penggeser Pembatas Kekuatan (Tonality Protection) digunakan untuk membawa kembali detail di daerah yang terlampaui.

contras

Penggeser Struktur (Structure Slider)
Penggeser Struktur (structure)  mirip dengan Kejelasan/Clarity di Lightroom dan Adobe Camera Raw, program-program penggeser Kejelasan nya mempengaruhi semua nada di area yang dipilih (highlights, shadows, dan midtones), sementara di Silver Efex Pro 2 kita dapat memilih untuk menyesuaikan Struktur secara mandiri dalam, Shadow, Midtones, dan Highlight nya masing-masing. Ada juga penggeser Struktur Halus (fine structure) untuk meningkatkan mid-tone kontras di daerah detail halus.

clarity

Foto di atas menunjukkan tiga kroping dari foto yang sama digunakan sebelumnya

Atas: Foto Hitam dan Putih dikonversi netral, dengan tidak ada peningkatan Kejelasan.

Tengah: ini adalah apa yang terjadi ketika Anda meningkatkan Kejelasan 100% di Lightroom (biasanya saya tidak akan menggeser sejauh itu untuk foto potret, saya melakukannya di sini untuk menunjukkan efek). Kejelasan meningkat merata di seluruh frame, yang mempengaruhi warna kulit serta rambut.

Bawah: Struktur Bayangan diatur ke 100% di Silver Efex Pro 2. Hanya bayangan nya saja yang terpengaruh, menyisakan nada tengah (mid tone) dan cahaya tinggi (high light) nya saja. Ini membuat keluar detail di rambut anak perempuan ditengah dan mata nya, tetapi meninggalkan kulitnya sedikit tersentuh sehingga teksturnya jelas tetapi kontrasnya tetap halus. Di Photoshop atau  di Lightroom kita harus menggunakan pilihan Brush  atau Masker untuk mencapai efek penyesuaianyang sama.

3. Control Points, melakukan penyesuaian lokal lebih mudah
Sama seperti di Photoshop Lightroom dan kita dapat menerapkan penyesuaian lokal maupun global, dengan menggunakan sistem yang disebut Control Points.

Sebuah titik kendali adalah pusat lingkaran di mana kita dapat membuat penyesuaian tonal. Penyesuaian diterapkan untuk nada yang sama dalam kecerahan dan warna pada piksel di bawah titik kendali itu sendiri. Misalnya, jika Anda menempatkan titik kontrol nada lebih gelap, kemudian meningkatkan kecerahan, hanya nada gelap dalam jangkauan lingkaran nya saja yang disesuaikan. Nada cahaya lainnya diluar lingkaran tetap tak tersentuh, dan tidak hanya kecerahannya saja yang bisa diatur dalam satu area control point, tetapi ada tuju (7) jenis penyesuaian yang dapat dilakukan secara mandiri.

kontrol point

Ini mungkin kelihatannya rumit tetapi hanya membutuhkan sedikit latihan untuk memahami cara kerjanya. Kita dapat menggunakan sebanyak-banyaknya Control Points yang kita inginkan dalam gambar, dan kelompok mereka bersama-sama untuk menutupi daerah yang tidak sesuai dengan mudah ke bentuk melingkar.

4. Pewarnaan selektif lebih mudah dan akurat.
Pewarnaan selektif adalah teknik mengkonversi gambar untuk hitam dan putih sementara meninggalkan bagian yang kita inginkan tetap dalam warna. Ini dengan mudah dengan Silver Efex Pro 2 karena semua yang harus kita lakukan adalah menempatkan titik kontrol atas wilayah di mana kita ingin mempertahankan warna nya.

Saya menggunakan satu Control Points dalam contoh ini, tetapi bisa lebih dari satu di setiap rana berwarna yang sama maupun berbeda:

selective color

5. Panel Sejarah sangat baik
Menurut pengalaman saya Siver Efex Pro 2 memiliki panel Sejarah yang terbaik dalam perangkat lunak apapun yang telah saya coba. Setiap kita membuat penyesuaian akan terrekam dalam daftar sejarah hingga ke sub penyesuainnya.
Panel Sejarah bekerja sama dengan tampilan Bandingan Sesudah dan Sebelum, dan kita bisa membuat perbandingan di tengah-tengah2 catatan sejarah pada sub bagian penyesuaian. Metode sederhana ini memungkinkan Anda membandingkan dua entri dalam panel Sejarah.

6. Zona Sistem
Silver Efex Pro 2 dapat menunjukkan kita nada dalam foto kita berada dalam sebelas zona Sistem Zona. Ini adalah salah satu aplikasi yang berguna bahwa kita dapat menggunakannya untuk melihat area mana dari foto kita yang dapat menggangu pada saat pencetakan karena ada zona yang terlalu gelap atau terlalu terang.

Screenshot ini menunjukkan nada yang jatuh ke zona 6. Mereka ditunjukkan dengan garis diagonal merah

zone

7. Emulasi film Hitam dan Putih analog.
Pada panel jenis Film (Film Type), Silver Efex Pro2 memberikan kita 18 pilihan setara emulsi film Hitam dan Putih analog yang berbeda. Bila kita memilih salah satu karakter jenis film tersebut maka struktur tone dan grain dari jenis film yang dipilih akan mennyerupai tipe film emulsi dari tipes tersebut. Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan tampilan emulasi film emulsi tanpa kita harus membidik, mengembangkan, dan memindai dengan film Hitam dan Putih dahulu.
Memang hasilnya tidak bisa mirip 100% seperti bila kita membidik menggunakan film emulsi asli, bila ingin hasilnya seperti film emulsi asli, lebih baik membidik dengan film emulsi asli, dikembangkan, dicetak lalu kita pidai dan hasilnya memang jauh lebih natural.

film type c

Demikian ulasan singkat saya mengenai plug-in Silver Efex Pro 2 ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan dan mendorong untuk memahami foto Hitam dan Putih.

About the author: Momi Hendro Poernomo adalah seorang Arsitek yang menggemari fotografi dari sejak perkenalnnya dengan box camera sebagai hadiah ulang tahun sewaktu kecil. Jenis fotografi yang disukai cukup beragam, beberapa favorit nya yaitu Street Photography, Landscape, Human Interest, Travel dan kebanyakan foto B&W. Karya-karyanya bisa dilihat di Instagram.

{ 10 comments… add one }
  • Andy Peng August 7, 2016, 9:51 am

    Saat buka di NIK dalam hal ini Silver Efex Pro, foto terasa tidak maksimal Clear/Tajam dan setelah di save dan reload di LR maka baru terlihat Clear/Tajam maksimal, mengapa bisa begitu ? Sy sdh coba di desktop dan laptop dan hasilnya sama. Ada settingan yang tidak sesuai? Terima kasih Pak Momi.

    • Poernomo August 8, 2016, 9:24 pm

      Memang rupanya ada masalah denga GPU, SEP2 adalah “adopter awal” dalam menggunakan unit pengolahan grafis, kelihatanya tidak semua kartu bekerja baik. Solusi yang disarankan nya adalah dengan membuka menu Settings SEP2 dan menonaktifkan GPU. Setelah itu me-restart SEP2, sehubungan dengan itu disarankan juga untuk meng update driver video card.

      • Andy Peng August 9, 2016, 6:54 pm

        Terima kasih banyak Pak Momi atas pencerahan dan sharing ilmunya.

  • erwin January 27, 2016, 11:57 am

    Terimakasih Pak Poer..Nice Sharing..
    Dari 38 preset yg ada, preset yg mana yg recommend atau yg sering bapak pakai utk foto Portrait, Arsitektur atau Landscape

    Makasih Pak Poer

    • Poernomo January 27, 2016, 2:37 pm

      terima kasih kembali bung erwin,
      saya tidak terlalu sering menggunakan preset, tetapi yang saya suka adalah preset high structure harsh/smooth dan wet rocks.

      salam

  • Andri January 24, 2016, 6:43 pm

    Ini plugin free atau berbayar ya bang Poer???

    • Poernomo January 24, 2016, 8:14 pm

      ini software berbayar bung Andri ….

  • Herini Soebari January 24, 2016, 3:29 pm

    Terima kasih sharingnya P Momi – ternyata rahasia foto BW P Momi terasa “hidup” adalah dg software silver effect pro2.
    Saya akan cari plug-in software ini … Smg bs membuat foto BW spt P Momi

    • Poernomo January 24, 2016, 8:17 pm

      Terima kasih jeng Herini .. silahkan di coba semoga makin semangat dan foto2 nya makin jos …

Leave a Comment