≡ Menu

Sony workshop Still Life winner

Tanggal 23 Januari 2016 yang lalu, tim Infofotografi bekerjasama dengan Sony Indonesia mengadakan workshop fotografi dengan tema still life. Acara ini ternyata cukup menarik bagi teman-teman pencinta fotografi, sehingga tempatpun terisi penuh yaitu mencapai 30 peserta.

Setelah pembahasan tentang sejarah dan jenis-jenis fotografi still life, acara dilanjutkan dengan pembagian voucher discount, dan makan siang bersama. Di sesi kedua, peserta menyebar ke beberapa spot yang telah disiapkan panitia untuk memotret berbagai objek still life seperti kue, kopi, globe, botol dll. Pencahayaan yang kita siapkan sederhana saja, yaitu cahaya matahari dari jendela, cahaya dari lampu meja (LED), lampu neon dan lampu lantai.

Karena Sony menyediakan dua buah hadiah tambahan berupa dua portable charger/power bank, saya memiliki ide untuk memberikan hadiah kepada fotografer yang paling kreatif. Syaratnya harus mengupload foto terbaiknya via sosial media seperti instagram/facebook dengan tagar/hashtag #sonyalpha_still supaya mudah ditemukan.

Ternyata cukup banyak yang ikutan dan beberapa dibawah adalah finalis. Pemenangnya dapat di lihat dibawah.

sony-still-life-1

Saya menyukai foto diatas karena simple komposisinya tapi menarik. kualitas cahaya lembut, ada arahnya membuat kesan dimensi. Fokus dan exposure-nya juga tepat.

sony-still-life-2

Foto ini menarik dari segi pencahayaannya, memberikan kesan seakan-akan kapal ini berlayar menuju matahari, padahal itu lampu meja. Komposisi juga oke, objek mengisi ruang dengan baik.

sony-still-life-3

Pemilihan black and white memberikan kesan klasik, tapi yang paling menarik menurut saya adalah cahaya diatas/belakang kopi yang menonjolkan kopi tersebut.  Komposisi dengan angle cukup rendah dan krop ketat juga menarik, sehingga seakan-akan kopinya didepan kita siap untuk diraih.


sony-still-life-4

Masih karya foto dari Christianto, foto ini menarik karena perpaduan warna hijau dan merah/orange yang kontras. Bukan hanya kontras dari warna, tapi bentuk juga kontras, objeknya berbentuk bulat, latar belakang garis-garis geometris.

sony-still-life-5

Dari pencahayaan, foto ini terkesan datar, tapi dari konsep, ini menarik. Manekin (woody julukan yang diberikan Iesan -red). Diatur sedemikian rupa seakan-akan lagi tidur-tiduran/nyantai, sedangkan waktu sudah menunjukkan jam 2 haha..

sony-still-life-6
Foto diatas saya ambil dari facebook dari Caecilia Isbudiatmi, foto ini menarik bagi saya karena secara komposisi, foto ini menceritakan tentang kapal (berlayar) yang berlayar menuju globe (melambangkan keliling dunia). Pencahayaan low-key-nya juga menarik. Yang sedikit saya sayangkan adalah ujung dari kapal ini kepotong.

sony-still-life-7

Foto ini di set-up diatas meja foto, dan diterangi dari bawah dan belakang dengan lampu neon. Komposisi peletakan botol dan gelas yang tumpang tindih cukup unik dan angle pengambilan foto ini hampir sempurna memberikan bentuk geometris yang menarik. Sayangnya saya merasa foto ini agak kurang terang.

PEMENANGNYA adalah….

Setelah menimbang-nimbang, saya memilih foto karya Dani Garnida dan Annisaeskahita sebagai pemenang kontes mini ini. Selamat! Hadiah powerbank-nya akan kami kirimkan ke alamat masing-masing.

Bagi finalis atau peserta lain yang telah berkontribusi dalam meramaikan acara dan media sosial (instagram dan facebook) dengan #sonyalpha_still saya & tim Infofotografi & Sony Indonesia mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasinya, dan jangan kapok ikutan hehe 🙂

Jika berminat mengikuti acara workshop Sony di bulan-bulan berikutnya, tolong tinggalkan pesan ke Iesan 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com. Akan kami hubungi untuk acara kedepannya.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 9 comments… add one }
  • fmn January 31, 2016, 7:55 pm

    Koh, apakah bisa pesan vertikal grip untuk sony a6000?

    • Enche Tjin January 31, 2016, 9:50 pm

      Belum ada yang bagus

  • Imron January 30, 2016, 12:22 pm

    Ko, mau nanya. Kamera terbaik dibawah 10 juta menurut ko sendiri apa ya? Apakah Sony A6000?
    Thanks 🙂

  • fmn January 28, 2016, 7:02 pm

    Koh, tau nggak tempat beli battery grip for a6000? Udah nyari-nyari, tp belum dpt.

    • Enche Tjin January 28, 2016, 7:17 pm

      Memang belum ada yg bagus

  • Anto January 26, 2016, 8:58 am

    Koh apa bisa pesan vertikal/grip utk body Nikon D5500?
    Kalo di isi utk 2 batre aman tdk ko? Soalnya vertikal gripnya kan bkn dari nikon
    Trims Ko Enche..

    • Enche Tjin January 26, 2016, 10:01 am

      Aman, saya e-mail deh infonya.

  • chris January 25, 2016, 11:35 pm

    Mau tanya ko, kalo setingan A6000 untuk post di instagram/format 1:1(pernah baca artikel di infofotografi)
    gimana ya? Kadang hasil foto dari kamera ada yg ke crop kalo pos di IG

    • Enche Tjin January 25, 2016, 11:39 pm

      Di kamera gak ada format 1:1 (saya sayangkan), sehingga harus crop sendiri di software.

Leave a Comment