≡ Menu

Review tas kamera ransel KATA DR 467 DL

Saat saya hunting foto ke Jepang musim semi 2016 yang baru lewat ini, saya mencari tas ransel yang dapat memuat perlengkapan saya. Biasanya, saya mengunakan shoulder bag/selempang sehingga mengakses kamera, lensa dan aksesoris bisa lebih cepat. Saya memutuskan mengunakan tas ransel KATA DR 467-DL karena untuk hunting kali ini saya membutuhkan tas yang cukup besar untuk memuat berbagai perlengkapan, baik kamera, lensa, laptop dan aksesoris.

enche-tjin-tas-kata-sakuraMaklum, kali ini gaya hunting saya lebih seperti backpacker, jadi banyak pindah-pindah dan mengunakan transportasi publik, jadi satu tas harus bisa masuk banyak barang, termasuk kamera, lensa, sweater/jaket, laptop, charger, baterai dan makanan ringan.

Tas KATA DR 467 memenuhi kebutuhan saya karena memiliki beberapa kompartemen / ruang, kamera dan lensa bisa disimpan di bagian bawah tas, yang memiliki foam padding yang cukup tebal sehingga saya tidak khawatir jika terbentur atau jatuh. Kompartemen kamera dapat memuat kurang lebih satu kamera DSLR/mirrorless dan tiga sampai empat lensa zoom lebar atau lensa fix. Lensa telefoto yang besar seperti 70-200mm f/2.8 tidak bisa dimasukkan, tapi bisa disimpan di bagian atas tas. Tapi lensanya harus dimasukkan ke kantong/pouch supaya lebih aman.

Di kompartemen atas relatif luas. Saya bisa memasukkan jaket tipis, sweater, makanan ringan ke dalamnya dengan mudah. Bahkan tripod mini yang panjangnya 26.5 cm dan bantal kecil juga bisa dimasukkan. Di bagian luar kamera juga ada kantong untuk mengikat tripod dan meletakkan botol air.

kata-bag-467-3

Di kompartemen atas juga terdapat ruang khusus untuk laptop. Untuk seri 467 ini, Anda akan dapat memuat sampai laptop berukuran 17 inci. Saat tidak membawa laptop, Anda bisa menyimpan dokumen, brosur, peta dan lain-lain. Selain ruang untuk laptop, juga terdapat kantong internal untuk menyimpan aksesoris kecil, alat tulis, atau dompet.

Kompartemen laptop menyatu dengan kompartemen utama tas, sehingga untuk mengambil laptop, saya harus membuka kompartemen atas, sedangkan di tas lainnya biasanya kompartemen untuk laptop terpisah. Ini ada untung ruginya. Untungnya tas ransel lebih tipis dan tidak terlihat bahwa tas ini berisi laptop. Ruginya, untuk mengeluarkan laptop, bagian dalam tas akan terbuka dan orang lain bisa saja melihat bawaan kita. Hal ini mungkin membuat sebagian orang agak risih seperti saat di tempat publik, atau tempat screening security di airport. Bagi saya bukan masalah. Saya lebih suka kompartemen laptop digabung supaya tas tetap ramping dan terlihat simple.

kata-bag-467-2Di bagian depan tas, terdapat empat kantong: dua kantong kecil dan dua kantong besar. Kantong-kantong ini sangat membantu untuk menyimpan aksesoris yang tidak terlalu besar sehingga mudah ditemukan. Beberapa aksesoris yang saya simpan yaitu baterai cadangan, power bank, kabel, penutup kamera/lensa, blower debu, tissue, kain lap microfiber pembersih lensa, tiket masuk objek wisata dan sebagainya.

Dari luar, tas ini berkesan simple, tapi saat dilihat dari dekat, bahannya tidak terkesan murahan. Bahan yang digunakan ini cukup tahan air. Hujan gerimis sedikit gak masalah, tapi kalau hujannya besar atau panjang, raincover berwarna kuning sudah termasuk dalam paket pembelian tas.

Saat tidak diisi apa-apa, tas ini relatif ringan karena berkisar antara 1-1.2 kg. Sebagian besar tas kamera sudah berat duluan (sekitar 1.5-2.5 kg) sebelum di isi karena padding-padding-nya besar-besar dan tebal. KATA DR 467 memiliki padding yang tidak berat tapi kuat. KATA menamakan teknologi padding ini “Aerifoam” Inilah salah satu penyebab mengapa tas menjadi lebih ringan tapi aman untuk peralatan fotografi kita. Tas ransel kamera ini juga fleksibel, karena saat tidak membawa kamera dan lensa, insert untuk menyimpan kamera dapat dikeluarkan untuk di isi barang-barang lainnya.

enche-tjin-tas-kata

enche-tjin-tas-kata-raincover

Saya jarang mau pakai tas ransel karena sulit mengambil lensa, kamera atau aksesoris saat di jalan. Tapi saya cukup terkejut dengan mengunakan tas ransel ini, cukup mudah untuk mengakses isi tas. Saya hanya perlu melepaskan salah satu tali (strap) tas, dan kemudian memutar tas kedepan. Kantong-kantong dapat diakses dengan mudah. Saya tidak perlu melepas tas dari punggung untuk menggambil lensa. Selama perjalanan saya berulang kali mengganti lensa karena saya membawa beberapa lensa fix, bukan zoom. Saya tidak merasa tas ransel ini menjadi kendala untuk meraih lensa, atau aksesoris lain yang saya perlukan.

enche-tjin-tas-kata-sakura-2

Karena pengalaman saya bersama tas ini cukup menyenangkan, sepertinya tas ini akan sering saya gunakan untuk aktivitas hunting foto kedepannya, terutama di pegunungan dimana perbedaan suhu antara pagi dan siang cukup jauh atau traveling menjelajahi suatu daerah yang mengharuskan banyak berjalan kaki.

Kelebihan dan kekurangan tas ransel DR 467

  • + Ringan tapi perlindungan terhadap peralatan bagus
  • + Fleksibel, insert dan padding bisa diatur dan dilepas dari kamera
  • + Tersedia banyak kompartemen, untuk perlengkapan fotografi, laptop dan barang kebutuhan sehari-hari
  • + Bisa diselipkan ke trolley koper
  • + Ada tali penyeimbang
  • + Raincover tersedia
  • + Ada D-ring di strap untuk mengkaitkan camera strap atau aksesoris lain
  • + Ada bantalan untuk laptop
  • + Tali/strap tas halus, tidak menimbulkan sakit meskipun dipakai sepanjang hari
  • – Desain tidak trendi atau fashionable
  • – Bagian bawah tas tidak ada perlindungan tambahan (toblerone) untuk mencegah benturan, atau melindungi bagian bawah tas dari air dan debu saat diletakkan.

Spesifikasi berat dan dimensi:

Berat 1.14 kg

Bagian luar:
Tinggi: 48 cm
Panjang: 35 cm
Lebar: 27 cm

Bagian dalam kompartemen kamera
Tinggi: 19 cm
Panjang: 33 cm
Lebar: 15 cm

Kompartemen laptop
Tinggi: 42 cm
Panjang: 32 cm
Lebar: 4 cm

Tas model ini memiliki beberapa pilihan ukuran, KATA DR 466 untuk yang memiliki laptop dengan panjang diagonal maksimum 15.4 inci. dan KATA DR 465 untuk yang tidak membutuhkan ruang untuk laptop dan ingin tas ransel yang seringan dan seramping mungkin.

kata-bag-465-6-7-seriesSayangnya, tas ukuran 466 dan 467 sudah habis dan sudah tidak diproduksi lagi, yang versi terbarunya (sangat mirip) yaitu Manfrotto Active Backpack (tersedia dalam dua ukuran). Untuk mendapatkan tas ini, Anda bisa memesan dari Bukalapak, atau langsung ke saya via telp/WA 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

Sekilas tentang KATA

KATA bag adalah merek tas kamera yang terkenal atas kualitasnya bahan tas yang bermutu dan tahan banting. Sebelumnya, KATA bag berpengalaman dalam membuat tas untuk kebutuhan militer. Saat ini, KATA memiliki koleksi produk tas yang cukup lengkap dari yang berukuran kompak untuk kamera digital sampai koper hardcase untuk fotografer profesional.

*Foto-foto oleh Iesan Liang

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • Mike April 3, 2017, 11:21 pm

    penempatan tripod gimana om?

    • Enche Tjin April 3, 2017, 11:41 pm

      Bisa diikat di samping tas. Tersedia talinya 🙂

  • edi April 24, 2016, 2:52 pm

    Salam
    Saya suka ulasan dari ko selalu update terbaru.
    Semoga ko diberi sehat jasmani dan rohani.

    • Enche Tjin April 25, 2016, 11:54 am

      Sama-sama. Terima kasih 🙂

Leave a Comment