≡ Menu

Photo Story – Batik Tulis Sekar Kencana

Rasa penasaran saya tentang pembuatan selembar batik tulis Lasem terjawab sudah melalui foto trip Semarang-Lasem kali ini. Saya sangat senang berkesempatan mengunjungi rumah produksi batik Sekar Kencana. Sesaat setelah melangkahkan kaki memasuki halaman rumah batik Pak Sigit Witjaksono ini, saya bertemu dengan dua ibu yang sedang sibuk membatik dengan canting dan lilin/ malam. Ramah senyum mereka menentramkan hati.

Memasuki bagian belakang rumah, saya juga disuguhi dengan pemandangan proses mewarna, melepaskan lilin/ malam dari kain (melorod), pencucian, dan penjemuran kain batik. Kegigihan dan ketekunan para pembatik dalam membuat satu kain batik telah menginspirasi saya untuk selalu bersabar, bersemangat, dan terus berkarya dalam hidup ini.

batik-lasem-miranti-01

batik-lasem-miranti-02 batik-lasem-miranti-06 batik-lasem-miranti-03 batik-lasem-miranti-04 batik-lasem-miranti-05

Photo Story diatas dibuat oleh Bu Miranti, salah satu alumni Infofotografi yang mengikuti tur foto Lasem-Semarang Mei 2016 yang lalu. Dengan dimuatnya Photo Story ini, Bu Miranti berhak mendapatkan voucher Rp 200.000,- untuk mengikuti kegiatan Infofotografi.com. Terima kasih atas partisipasinya.

Bagi yang berminat untuk mengikuti kursus/workshop/tour dan kegiatan fotografi lainnya boleh periksa jadwal di sini atau hubungi 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment