≡ Menu

Review Yongnuo 35mm f/2 for Canon

Belum lama ini Yongnuo membuat kejutan dengan membuat lensa fix untuk DSLR Canon yaitu 50mm f/1.8 dan 35mm f/2.0. Saya berkesempatan memiliki yang versi 35mm dan tentunya ingin berbagi dengan pembaca bagaimana performa lensa ini setelah saya mencobanya.

Yongnuo 35mm

Yongnuo lebih dikenal sebagai produsen flash eksternal, tapi kini akhirnya mencoba membuat lensa juga. Bentuk lensa Yongnuo sepintas mirip sekali dengan lensa Canon 50mm f/1.8 lama. Dari dua pilihan lensa yang ada, saya lebih tertarik dengan yang 35mm f/2 karena kamera saya (Canon 70D) adalah APS-C dan lensa 35mm ini akan menjadi lensa normal yang sesuai dengan perspektif mata.

YN 35mm

Lensa Yongnuo 35mm f/2 dirancang untuk sensor full frame, jadi sebetulnya ini adalah lensa fix yang agak lebar bila dipakai di 6D, 5D dsb. Dia punya 7 elemen lensa dalam 5 grup, dengan 7 bilah diafragma dan diameter filter 52mm. Lensa berbobot 155 gram ini sudah bisa auto fokus, bisa fokus sedekat 25cm dan hebatnya sudah memakai mount berbahan logam.

Saat dipasang di Canon 70D, kamera mengenali lensa tanpa ada masalah. Auto fokus juga berfungsi normal, tapi jangan bayangkan motor fokus ala STM apalagi USM di lensa Canon. Motor fokus di Yongnuo ini adalah motor fokus konvensional yang berputar agak lambat dan suaranya terdengar keras (mirip seperti lensa Canon 50mm f/1.8 lama). Motor fokus juga berfungsi di mode AI Servo tapi lensa ini jelas bukan untuk meliput aksi cepat atau satwa karena putaran motor fokusnya yang agak lambat. Tapi kalau bicara akurasi fokusnya saya beruntung karena dapat yang good copy, saat dites ke focus chart tidak terlihat adanya issue front focus atau back focus.

SAM_2411

Di lensa Yongnuo ini ada tuas MF/AF dan saat digeser ke posisi MF kita bisa putar ring fokus di depan lensa. Jangan harapkan putaran yang presisi di lensa ini, bukan hal mudah mendapat fokus yang akurat dengan memutar ring kecil di lensa ini, juga tidak ada indikator jarak fokus seperti lensa fix lainnya. Tapi lumyan lah setidaknya masih bisa diputar secara manual saat diperlukan, misalnya saat saya membuat pengujian ketajaman lensa ini tentu saya set ke manual fokus.

MTF Yongnuo

Dari yang saya baca di web yang mereview lensa ini, ada beberapa pihak yang mengeluhkan corner softness dari lensa Yongnuo 35mm ini. Tapi karena saya memasang lensa ini di 70D maka bagian lemah dari lensa ini tidak tertangkap oleh sensor APS-C. Tapi secara umum optik lensa ini bisa diterima dan corner softness walau ada sedikit tapi kalau stop down ke f/8 sudah jauh lebih tajam.

Pengujian

Saya mencoba memotret benda ini dari f/2 hingga f/16 dengan kelipatan 1 stop untuk melihat performa ketajaman di tengah, di tepi dan juga bokeh serta difraksi. Inilah bedanya foto dengan f/2 dan f/16 :

Dengan bukaan maksimum f/2 terlihat yang tajam hanya bagian tengah dari bola dunia

Dengan bukaan maksimum f/2 terlihat yang tajam hanya bagian tengah dari bola dunia

Dengan f/16 ruang tajam maksimal

Dengan f/16 ruang tajam maksimal

dan inilah hasil pengujian ketajaman dengan 100% crop di tengah :

Bukaan f/2 maksimum, memang terlihat soft bahkan di bagian tengah

Bukaan f/2 alias bukaan maksimum, memang terlihat soft bahkan di bagian tengah

Bukaan f/2.8 atau 1 stop lebih kecil, dan ketajaman ada peningkatan

Bukaan f/2.8 atau 1 stop lebih kecil, dan ketajaman ada peningkatan

Bukaan f/4 merupakan 2 stop down didapat ketajaman maksimum

Bukaan f/4 merupakan 2 stop down didapat ketajaman maksimum

Bukaan f/5.6 juga tajam maksimum, mirip dengan f/4

Bukaan f/5.6 juga tajam maksimum, mirip dengan f/4

Bukaan f/8 sedikit kalah tajam dibanding f/4

Bukaan f/8 sedikit kalah tajam dibanding f/4

Bukaan f/11

Bukaan f/11

Bukaan f/16 sedikit ada efek difraksi sehingga tidak setajam f/8 atau f/11

Bukaan f/16 sedikit ada efek difraksi sehingga tidak setajam f/8 atau f/11

Setiap lensa juga punya masalah berbeda-beda tergantung desain dan fokal lensanya, tapi umumnya masalah klasik lensa adalah vignetting dan purple fringing (chromatic abberation).  Lensa Yongnuo 35mm ini juga tak lepas dari masalah itu, dimana pada bukaan yang paling besar akan mengalami vignetting.

Bagian tepi agak gelap karena vignetting di f/2

Bagian tepi agak gelap karena vignetting di f/2

Dengan memilih f/2.8 bagian tepi jadi agak lebih terang

Dengan memilih f/2.8 bagian tepi jadi agak lebih terang

Issue warna keunguan di area kontras tinggi juga saya temui, tapi bisa dikoreksi secara digital melalui editing bila perlu.

Purple fringing di area kontras tinggi

Purple fringing di area kontras tinggi (100% crop)

Kesimpulan

Salah satu benefit dari memakai sistem DSLR khususnya Canon adalah banyak dukungan pihak lain dalam urusan lensa ekonomis, salah satunya Yongnuo 35mm f/2. Hadir sebagai alternatif murah meriah dari lensa Canon 35mm f/2 yang harganya cukup tinggi, performa lensa ini tidak mengecewakan. Bahkan Yongnuo masih memberi mount logam untuk lensa ini, sesuatu yang agak langka karena biasanya lensa murah itu mount-nya dari plastik. Dari pengujian didapat fakta kalau ketajaman lensa ini termasuk baik, bahkan sangat baik bila memakai f/4 di bagian tengah. Di bagian tepi mungkin akan soft bagi yang memakai lensa ini ke kamera full frame, tapi tidak terlalu terasa bagi yang pakai kamera APS-C. Warna dan kontras yang dihasilkan juga baik, dengan bokeh yang juga lebih bulat berkat 7 bilah diafragma.

Lensa 35mm ini menjadi solusi lensa lebar bukaan besar di kamera full frame, atau menjadi lensa normal di APS-C. Bukaan yang ‘hanya’ f/2 mungkin terasa kalah dibanding lensa f/1.8 tapi toh hanya kalah 1/3 stop saja. Saat cahaya cukup saya pikir lebih baik pakai f/2.8 atau f/4 untuk memaksimalkan ketajaman. Urusan fokus memang jadi titik lemah lensa ini, baik itu manual fokus ataupun auto fokus, kabar baiknya auto fokusnya ternyata akurat juga tanpa ada issue miss focus. Intinya dengan bandrol harga dibawah 1,3 juta apa yang didapat sudah sangat value, sebuah lensa fix yang bisa diandalkan selama kita bisa kompromi dengan kekurangannya.

Inilah contoh foto dengan lensa Yongnuo 35mm f/2 yang saya ambil (resize ke 1200×800 piksel), atau untuk melihat foto-foto yang lebih banyak dan dalam resolusi aslinya sudah saya upload juga ke flickr.

IMG_7096 rz

IMG_7359 rz

IMG_7450 rz

IMG_7983 rz

IMG_7994 rz

IMG_7481 rz

IMG_7134 rz

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di Google+ dan instagram.

{ 85 comments… add one }
  • Endah Lestari June 9, 2018, 7:04 am

    Om mau tanya. Saya punya 1300D. Tapi pgn beli lensa bingung yg cocok buat prewed dan traveling jga. Kira2 yg bagus,awet dan bokeh lensa Canon (35mm & 50mm) /youngno (35mm & 50mm). Tlg respond ya om

    • Enche Tjin June 11, 2018, 9:40 pm

      35mm lebih multifungsi dan masih bisa sedikit bokeh, kalau 50mm oke buat portrait tapi agak sempit untuk traveling secara umum.

  • Adi May 8, 2018, 6:22 pm

    Gan, gimana kualitas gambar dan autofokusnya kalo dibandingin sama lensa kit yg terbaru (18-55mm f/4-5.6 IS STM)? Saya niat mau ganti lensa kit saya yang udah rusak sama lensa ini. Suka karena focal length yang cocok dan bukaan aperture yang besar.

    • Erwin Mulyadi May 9, 2018, 12:07 pm

      Auto fokus jelas kalah, kualitas gambar sih setara cuma lebih bokeh.

  • Fajar April 11, 2018, 10:11 am

    om saya pakai camera Nikon D3200, kalau pakai lensa Yongnuo 35mm f.2 kan kena crop 1.5 jadi setara 52mm. yang saya tanyakan. apakah kualitas fotonya akan sama seperti lensa 50mm dengan kamera full frame? terus apakah dengan 52mm masih bisa dipakai di dalam ruangan?karena saya sedang mencari lensa fix yang bisa dipakai foto dalam ruangan seperti foto keluarga dll dengan kapasitas ruangan tidak terlalu luas dan bisa memotret banyak orang dalam ruangan dengan hasil full body.. thx

    • Enche Tjin April 11, 2018, 10:26 am

      Bisa saja 52mm untuk foto keluarga di dalam ruangan asal ruangannya agak panjang ke belakang, kurang lebih 8 meteran cukup deh. Kalau kualitas foto biasanya di kamera full frame lebih detail.

  • Rizal March 21, 2018, 11:42 pm

    Saya mau beli lensa canon mau dipasang di body fujifilm, bingung memilih 50mm/35mm untuk saat ini, udah pernah pakai 35mm f1.7 (meike) dan pernah nyoba 50mm 1.8 (canon stm lama). Saya mau beli canon, eh baca artikel ini jadi tertarik yongnuonya karena 35mm dan udah logam. Kalo antara canon dan yongnuo apakah hasilnya hampir sama atau beda jauh?

    • Enche Tjin March 22, 2018, 8:58 am

      Kualitasnya sama sih, namanya juga copy cat hehe.. cuma autofokusnya yang agak lebih kasar yang yongnuo.

  • Vincent Ignatius March 6, 2018, 11:56 pm

    Mas mau nanya nih. aku mau beli lensa yongnuo ini, cuman cameraku dslr canon eos 600d. kira” comaptible ga ya?? sama keperluannya si utk street photo sama urban si. kira” cocokan yang mana ya mas. terima kasih

    • Erwin Mulyadi March 7, 2018, 4:30 pm

      Harusnya sih kompatibel, karena lensa ini di DSLR Canon yg saya coba (70D) berfungsi penuh dan aperture + fokus bisa jalan.

  • Maverick February 17, 2018, 10:45 pm

    Mas perbandingan plus minus antar Canon 24mm sama Yongnuo 35mm ini apa ya? Saya skrg sudah punya lensa fix Yongnuo 50mm mas. Diantara 2 lensa tersebut mana ya kira2 yang lebih bisa melengkapi kebutuhan saya? thanks mas

    • Erwin Mulyadi February 19, 2018, 1:10 pm

      Saya sarankan canon 24mm f/2.8 lebih tajam dan ukuran lensa kecil, AF cepat. Kalau kelemahannya cuma bukaannya gak bisa lebih besar dari f/2.8 aja.

      • Maverick February 20, 2018, 10:08 pm

        ok, thanks mas

  • Awwab lubbadi February 10, 2018, 7:25 am

    Misi gan, apa pebedaan antara 50mm dan 35mm, maaf masih newbie

    • Enche Tjin February 13, 2018, 9:55 am

      Sudut pandang yang dapat ditangkap lensanya, 50mm lebih sempit, 35mm lebih lebar.

  • Gigih February 6, 2018, 7:56 pm

    Lensa Yn ini baik 35 atau 50mm. apakah cocok untuk foto liputan seperti wedding? karena tadi saya baca autofokus nya yang lambat.

    • Enche Tjin February 6, 2018, 10:02 pm

      Iya saya gak sarankan untuk bekerja karena autofokusnya lambat, kadang bisa gagal.

      • Gigih February 8, 2018, 8:14 am

        terimakasih pak

  • Kenan Sudrajat January 25, 2018, 7:15 am

    Om, kalo untuk canon eos 700d lebih cocok yongnuo 35mm atau 50mm? Makasi om

    • Enche Tjin January 26, 2018, 3:57 am

      Keduanya bisa, yang 35mm lebih lebar, 50mm lebih sempit/tele. Masing2 punya karakter tersendiri. Untuk portrait close-up, bagus 50mm. Untuk foto bermacam2 subjek, 35mm lebih fleksibel.

  • David Iz. December 18, 2017, 9:01 am

    Mas, sy menggunakan Canon 60D, sudah memiliki 50mm fix lens.
    Ingin menambahkan lensa budget berikutnya, apakah 35mm yong nuo ini pilihan yang tepat sebagai lensa pendamping 50mm, yang bisa digunakan untuk street photography? Antara yong nuo 35mm dengan 24mm canon budget lens… yang mana sekiranya mas rekomendasikan?

  • yudi December 15, 2017, 2:35 am

    Mas mau tanya lensa fix yongnuo 55mm 1.8 compatible atau tidak dengan body canon eos 1000d rebel. Thx ya mas mohon di jawab.

    • Erwin Mulyadi December 15, 2017, 11:21 am

      Semestinya kompatibel, untuk lebih pastinya perlu dites dulu, kalau bermasalah akan muncul tulisan di layar Err01

  • Prayit October 30, 2017, 11:51 am

    Mas,, saya berniat buat beli lensa fix yongnuo, tp bingung antara yg 35mm atau 50mm, untuk perbedaannya apa & kira-kira lebih bagus mana, minta masukannya dong mas…..

  • Galih October 19, 2017, 10:03 pm

    Om maaf kalau lensa 35 mm f2 Yongnuo dengan 85 mm F1.8 Yongnuo untuk potrait dan sebagainya bagusan mana ya?
    terimakasih

  • Shohib October 16, 2017, 12:45 pm

    Mantaf ulasannya. Kalo boleh tau IGnya apa ya gan,.. Biar bs komunikasi / sharing lebih intens. Saya pake canon 70D lensa 55-250.

    Thx

  • hisyam October 5, 2017, 10:01 am

    Mas. Kalo m10 pake lensa 22mm F2 cocok buat foto apaan gan?

    • Erwin Mulyadi October 5, 2017, 2:07 pm

      Banyak. Buat orang, pemandangan, street, makanan, low light dll

  • dolin September 11, 2017, 3:47 am

    Mau tanya… Buat canon 1300D bagus yg f2-35 / f1.8-50 ya ? Bokeh mana ? Trims

    • Erwin Mulyadi September 11, 2017, 11:16 am

      bebas aja sih, tapi saya pribadi suka yg 35mm ini karena ekuivalen 50mm (jadi lensa normal)

      • dolin September 12, 2017, 2:46 am

        Ohh gitu ya mas… lah berati kalo pake yg 50mm serasa jadi 65mm gitu ya, jd lebih sempit. Hehe… Maap kalo salah msh nubie 🙂

  • Muhammad Rizky August 21, 2017, 12:43 am

    Sedikit kasih masukan dong om, ane punya yongnou 50mm tapi sering masalah dn niat mau tuker tambah atau ganti, lebih baik ganti ke canon 50mm atau yongnou 35mm, mohon pencerahannya terimakasih

  • Hermansyah July 11, 2017, 10:48 pm

    koh Enche / mas Erwin mau tanya nih, saya pengguna sony a6000 kebetulan punya adapter murah meike sony for canon, jika di pasang lensa yongnuo 35mm ini bisa gak..? apakah hasilnya berbeda dengan kamera canon aslinya..?
    kalaunya bisa saya jadi agak bingung memilih antara lensa 35mm yongnuo atau meike 28mm for sony..? mohon bantuannya..

  • uci machmud June 29, 2017, 10:11 pm

    om mau nanya nih, lensa ini bisa dpkai utk mirrorlesa m10 ya?

  • aji June 28, 2017, 1:33 pm

    Om boleh nanya kalo camera cannon 1200d cocok gak untuk lensa youngou? Maaf saya masih pemula

  • saddam June 17, 2017, 11:14 pm

    Dgn adanya lensa 35 mm nh saya gak perlu lagi harus terbeban untuk membeli kamera full frime…. Pas saya pake 35 mm berasa make lensa 50 mm buat full frime….

    Jadi gak perlu mahal n tergiur dgn alat… Ckup kita yg mengendalikan n memutat otak….

  • erwin June 13, 2017, 6:06 pm

    bang lebih efisien 35mm atau 50mm buat foto weding, rncananya mau pake ini tnpa gonta ganti lnsa, ap bisa buat kejar moment ya ? atau ada recomendasi lensa lain, sya pakai nikon 5300. mohon masukanya, terimakasih

    • Enche Tjin June 15, 2017, 10:47 am

      35mm lebih enak. kalau 50mm agak sempit, agak sulit nanti.

      • Aditya June 18, 2018, 8:20 pm

        Agak sempit ini yang di maksud terlalu zoom kah mas?

  • Mattew June 7, 2017, 8:52 pm

    Koh ini di canon 450d masuk kan?

  • Arya May 14, 2017, 8:30 am

    Koh, baru aja beli yongnuo 35mm nih. Beberapa hari nyoba manual fokusnya sih lancar dan hasilnya fine2 aja. Tapi beberapa hari ini nyobain af buat hunting, banyakan miss focus (front focus). Tanya ke toko yg jual mereka ga bisa kalibrasi lensanya. Solusinya gimana ya Koh? Oia, kamera saya 100d. Makasih koh

    • Erwin Mulyadi May 14, 2017, 1:14 pm

      Coba untuk lensa ini motretnya pakai live view, biasanya lebih membantu akurasi fokus walau agak lama dapet fokusnya

  • Eka March 26, 2017, 10:09 am

    Kalau compare canon 50mm 1,8 vs yongnuo 50mm 1,8 bedany jauh gak? Terimakasih

    • Enche Tjin March 26, 2017, 1:21 pm

      Mirip2

      • Eka March 26, 2017, 10:29 pm

        Kamra saya 700d. Brrti yongnuo lumayan untk pemula? Mengingat canon 50mm 1,8 garga terpaut hampir 2x lipat yongnuo

  • Miftahhuddin February 5, 2017, 8:14 pm

    Om lensa ini bisa betahan berapa lama 3 tahun kah??

    • Enche Tjin February 6, 2017, 12:37 am

      Lensa biasanya bisa bertahan lebih lama kalau dijaga dengan baik.

  • Iqbal January 26, 2017, 6:38 pm

    Selamat malam Om, mau nanya nih. Saya kn jg make canon 70d, kamera nya kalau make mode live view trus panas itu ada tulisan error dan ngak bisa di matiin trus jg ada garis biru2 dan ijo gtu nah, kayak tv rusak. dan saya cabut batrenya baru mati. Dan dalam keadaan tidak panas pun kadang2 kondisinya jg error seperti itu om. Itu kameranya kenapa yaa om yah?? mohon info dan penjelasannya om. Terima kasih om sebelumnya. 😀

    • Enche Tjin January 26, 2017, 9:08 pm

      70D memang saya dengar punya masalah / error kalau pakai live view kelamaan atau pas kondisinya panas. Makin lama bisa makin parah menurut pengalaman orang-orang yang saya baca di forum-forum.

  • Sigit January 8, 2017, 6:56 pm

    mau nanya gan kalau di pasang di Mirroless EOS M3 pake Adaptor masih oke ga ya ? berminat juga sih beli Yongnuo 50mm atau 35mmnya.

  • muhammad irsyadi October 22, 2016, 3:41 am

    Numpang tanya om cocok gak lensa ini di pasang ke kamera canon 600D om?? Mohon pencerahannya om.

  • fauzi nur adianto October 12, 2016, 8:30 am

    Pagi om, mau tanya kalo di pasang di body 50D hasilnya ok kah pernah di coba kah ke body yg lain selain 70D thx

    • Enche Tjin October 13, 2016, 5:30 pm

      Belum pernah coba, tapi bisa digunakan di 50D jg.

  • Arya October 9, 2016, 3:31 pm

    Om mau tanya, lensa Yongnuo 50mm f/1.8 bisa dikombinasi dgn extension tube aputure untuk jd lensa makro ngga? Trms jawabannya.

  • Hud September 26, 2016, 10:35 pm

    Permisi koh, numpang minta saran dong.

    Saya mau beli lensa baru. Saat ini saya pake kamera 1000d aps-c crop sensor. Lensa yang saya pake canon 50mm f 1.8. Tapi hasilnya nge-zoom banget. Jadi saya mau ganti lensa ke yang ga terlalu ngezoom. Karena budget saya terbatas saya punya pilihan yongnuo 35mm atau canon 40mm agar hasilnya mendekati penglihatan mata. Mendingan saya beli yang mana ya kok ? Mohon sarannya. Terima kasih

    • Erwin Mulyadi September 27, 2016, 10:35 am

      Yongnuo atau lensa lain apapun yg 35mm akan lebih pas dan jadi setara 50mm di full frame. Pertimbangan lain coba lensa EFS 24mm f/2.8 pancake.

      • Hud Aryo October 13, 2016, 3:58 pm

        Kalo untuk fashion photography gimana ya koh ? mohon nasihatnya. terima kasih

  • Dedy Yoga September 23, 2016, 10:47 am

    Saya pengguna Nikon (d5200,d7100) untuk liputan acara2 terutama wedding —kebetulan YN mengeluarkan untuk Nikonian juga—-
    Ask : Mana yg hrs saya milik?? 35mm atau 50mm (saya pernah dpt bisikan teman2 bhw Nikon yg 35 kalah dihasil dibandingkan yg 50mm),, tq

  • Jakfar September 22, 2016, 1:02 am

    Mau tanya mas, Bagaimana dgn hasil yongnuo 50mm f/1.8, apakah beda dgn 35mm f/2 bila dpakai pd canon apsc

  • mantab September 13, 2016, 4:18 pm

    beli dimana oom, minat aku

  • Runkki Fajar August 28, 2016, 12:26 pm

    Trimakasih reviewnya om
    Detail & sangat membantu

    Salam Fotografi

  • Gilang August 18, 2016, 11:50 am

    halo mau tanya. untuk lensa ini kira kira dijual dimana ya? soalnya setelah saya cari2 di google di indo belom ada yg jual. makasih 🙂

  • Tito May 24, 2016, 4:27 pm

    Mas mau tanya…. kamera saya 60D, dengan lensa kit 18-55mm bawaannya dan saya sudah punya lensa 50 mm, f/1.8. Kalau saya pengen lensa lain yang cocok untuk traveling apa ya yang cocok? Tadinya saya pengen upgrade ke 18-135mm. Terima kasih banyak….

  • Idham Agung May 23, 2016, 7:47 pm

    Koh, rekomendasi lensa tele fuji buat x-t10 yang d bawah 10jt apa ya koh??
    Mohon bantuannya koh, terima kasih banyak hehe

    • Enche Tjin May 23, 2016, 7:57 pm

      Akan digunakan untuk foto apa? Dan sekarang sudah punya lensa apa?

      • Idham Agung May 24, 2016, 8:13 am

        Lebih ke potrait sih koh, jarang buat objek bergerak. Sekarang masih lensa kit xc 16-50mm.

  • Danny May 12, 2016, 6:22 pm

    koh, kalo buat nikon belum nongol y? alternatif lain ni hehehe

  • Aga May 12, 2016, 9:29 am

    Lensa 35mm nya kalo di pasang di Canon 700D apa masih bisa jadi lensa normal yang sesuai dengan perspektif mata om? trims

    • Enche Tjin May 13, 2016, 2:41 pm

      Iya, karena ada faktor crop 1.5 X, jadi 35 X 1.5 = 52.5mm

      • ikhwan August 10, 2016, 9:37 am

        sedikit koreksi gan.. crop factor APSC canon di 1.6 (kl 1.5 itu versi Nikon).
        jadi focal 35mm x 1.6 = 56mm

  • Trisno May 12, 2016, 3:59 am

    Akhirnya negara tirai bambu berpartisipasi membuat lensa,kita tunggu mereka membuat sensor sehingga memproduksi kamera DSLR yang murah meriah bak kacang goreng

    • ikhwan August 10, 2016, 9:45 am

      tidak sulit bagi china untuk membuat produk “apapun”,
      dan mereka sangat jeli thdp peluang, apapun yg lagi laris pasti di tiru, dicopy,
      tidak heran sih, kan pabrikan mrk juga supply oem buat merk jepang/usa,
      tengok rata2 produk apple spt iphone = made in china.
      yang untung adalah kita dan negara2 yang miskin lain yg bisa mengenyam produk berkelas dunia dengan harga ala china punya, berdoa saja smoga canon tdk gugat yongnuo krn udah bajak produk2 mrk, dari aksesoris kamera, spt Batere, Vertical Grip, Flash, hingga Lensa spt skrg, jangan2 ntr keluar lensa L Series ala Yongnuo..

  • Edward May 11, 2016, 10:59 pm

    PErbandingan dengan Canon 35mm f2 bagaimana koh? Kalah jauh atau beda tipis aja. Trims

Leave a Comment