≡ Menu

Review Singkat Kamera Panasonic Lumix GX85

Setelah sekitar satu minggu Kamera Panasonic Lumix GX85 resmi diluncurkan di Indonesia tepatnya tanggal 31 Mei 2016 oleh Panasonic di Jakarta, Infofotografi mendapat kesempatan untuk uji coba kamera Lumix GX85 di lapangan. Kamera ini dipasaran mempunyai beberapa nama yaitu GX85, GX80 dan GX7 MK II.

DMC-GX85KS_ALT01

Kamera Lumix GX 85 ini adalah kamera interchangeable lens mirrorless berdasarkan standar Micro Four Thirds, ditujukan untuk segmen pasar pengguna kamera kelas menengah yang serius dan antusias terhadap fotografi dan dibuat pada posisi setingkat diatas GX7 dan setingkat dibawah GX8, tapi kenyataannya memiliki beberapa perbaikan kinerja atas GX8 yang lebih high-end.

Menurut saya justru GX85 ini adalah penerus/ perbaikan dari GX7 sebelumnya, karena selain tetap menggunakan sensor 16 MP, tubuh dan ergonomis nya relatif sama. Makanya saya sedikit heran mengapa kamera ini dikeluarkan dengan seri GX85 untuk wilayah Asia, GX80 untuk wilayah Amerika dan GX7 MK-II untuk Jepang, aneh memang satu kamera mempunyai nama yang berbeda beda.

OK mari kita kembali ke kinerja GX85 ini beraksi dilapangan.

Seperti sudah saya katakan diatas bahwa GX85 ini adalah penerus sebenarnya dari kamera GX7 selain mewarisi fitur-fitur handal GX7 pendahulunya, banyak sekali perbaikan-perbaikan dan peningkatan kemapuannya sehingga menurut saya pribadi yang memang sangat akrab dengan GX7 merasa justru lebih baik dari GX8.

uji coba 09-frm

Lumix GX85 – Leica DG Macro-Elmarit 45mm f/2.8 ASPH. MEGA O.I.S

uji coba 08

GX85 – Leica DG Summilux 15mm, f/1.7 ASPH

Pada uji coba dilapangan ternyata memang betul gengamannya terasa seperti saya menggunakan kamera GX7 pendahulunya, dan hasilnya menurut saya sangat luar biasa berkat dukungan komponen-komponen baru- nya dan upaya peningkatan performa pada sistim komputerisasinya.

  • Sensor 16 MP baru nya memberikan hasil gambar yang memuaskan tajam dan kualitas warana lebih cerah, ini berkat dihilangkan nya optical low-pass filter sehingga hasilnya bisa sejajar malah mungkin sedikit lebih bagus dibanding sensor 20 MP-nya GX8.
  • Pertama kalinya kamera Panasonic menerapkan 5 axis shift stabilization didalam badan nya dan juga bekerja ketika syuting video. Selain itu 5 axis IS ini dapat bekerja sama simultan denga OIS yang terdapat pada lensa2 Panasonic, yang oleh Panasonic disebut dengan Dual IS. Dual IS ini sangat bermanfaat untuk pemotretan menggunakan lensa- lensa super tele atau perekaman stil foto maupun video tanpa menggunakan Gimbal.
  • Mendukung penuh Video dan Fotografi 4K yang memungkinkan melakukan pemilihan titik fokus setelah melakukan pengambilan gambar, dengan Burst Shooting nya dapat menentukan/milih posisi subjek yang tepat dalam pemotretan begerak cepat
  • Satu lagi yang sungguh bermanfaat sekali adalah dalam keadaan darurat kita bisa mengandalkan Power Bank untuk mengisi ulang batrei melalu soket USB

26528393144_33ffab17d3_cSaya katakan rasa gengamannya dan pengoperasiannya sama dengan GX7, dan pada versi silvernya warnanya lebih mendekati warna titanium sedikit ke abu-abuan berkesan lebih mewah dan modern cocok dipasangkan dengan lensa 20mm f/1.7 versi lama yang mempunyai gelang sewarna didepan dudukan lensanya, tetapi rasanya ada yang mengganggu saya yang telah terbiasa dengan GX7 .

GX85 terasa kurang solid ditangan karena selain badannya sedikit lebih tipis, karet pada gripnya kurang tebal sehingga dengan berat yang sedikit lebih dibanding GX7 serasa kurang mantap digengaman bagi saya, ukuran tingginya juga lebih pendek sedikit sehingga ibu jari saya kurang nyaman untuk mengoperasikan cakram putar pengatur kecepatan dan kompensasi cahaya. Perbedaan ini mungkin tidak terasa sama sekali apa bila saya belum pernah menggunakan GX7 sebelumnya.Panasonic-Lumix-DMC-GX7-vs-Panasonic-Lumix-DMC-GX85-top-view-size-comparison

Yang benar-benar saya sayangkan adalah peniadaan tilt-viewfinder nya, ini adalah salah satu kelebihan dari kamera seri GX dari pada kamera kamera lain, bagi saya tilt view finder ini sangat membantu sekali untuk pemotretan posisi rendah pada cuaca terik di luar ruangan terutama untuk pemotretan macro.

Z-panasonic-gx7-back-s6
Saya sudah terbiasa dengan tombol belakang disamping kiri cakram putar untuk pengaturan/penguncian fokus maupun AE pada GX1 maupun GX7 dan di GX85 ini, lagi-lagi saya sangat kehilangan kenyamanan dengan tidak beradanya tombol ini yang sudah menjadi kebiasaan saya lakukan selama ini dengan ibu jari saya semenjak saya menggunakan lumix seri GX1 pertama kali dan kemudian dengan Lumix GX7 sekarang.

Pada uji coba kamera GX85 kali ini selain meggunakan kit lens Panasonic Lumix G Vario 12-32mm f/3.5-5.6 ASPH MEGA O.I.S. yang mungil dan telah diperkenalkan pertama kali sebagi kit lens nya GM1, kami juga mencoba lensa macro Panasonic Leica DG Macro-Elmarit 45mm F2.8 ASPH OIS, dan Lensa Panasonic Leica DG Summilux 15mm f/1.7 ASPH.

uji coba 03-frm

Lumix GX85 – Kit Lens, Lumix G Vario 12-32mm f/3.5-5.6 ASPH MEGA O.I.S.

Lensa 12-32mm mungil ini sangat bermanfaat dan praktis untuk travel foto maupun street foto dengan rentang jarak fokus (setara 24-64mm pada sensor penuh) dan sudah teruji kinerja nya sangat memuaskan dari segi kualitas gambar, kecepatan fokus dan redering warnanya dimana. Tapi bagi saya yang hampir jarang menggunakan Auto ISO terpaksa menyerah dengan bukaan f/5.6 hampir sepanjang hari pengujian.

Bagi saya lensa ini pantas dipasarkan sebagai kit lens nya GX85, sehingga sebagai kamera cukup canggih menurut saya harganya relatif menjadi lebih murah dibanding harga kamera GX7 yang relatif lebih mahal saat pertama kali diluncurkan dengan kit lens 14-42mm f/3.5-5.6. Karena dengan lensa 12-32mm, walaupun bukan termasuk lensa kualitas tinggi dapat menghasilkan kualitas gambar sangat baik berkat pilihan jitu menghilangkan optik low-pass filter pada sensor 16 MP-nya.

uji coba 01a-frm

Lumix GX85 – Leica DG Summilux 15mm f/1.7 ASPH – Photo Style, L Monochrome (Cropped)

Lensa macro Panasonic Leica DG Macro-Elmarit 45mm F2.8 ASPH OIS yang setara dengan 90mm pada format bingkai penuh, dan kami mendapat kesan bahwa lensa ini sangat bagus dari segi ketajamannya, kecepatan fokusnya serta renderingnya dalam penganbilan gambar potret secara normal maupun secara macro.

Untuk menggunakan lensa ini secara macro atau normal jangan lupa merubah switch ke “Focus Full” untuk macro dan “Limit” untuk penggunaan normal agar auto focusnya dapat bekerja dengan cepat
Pada lensa Macro ini yang saya alami adalah jarak kedalaman fokusnya ternyata cukup tipis untuk pengambilan gambar potret normal mengingat untuk kamera jenis M43 mempunyai kedalaman fokus yang umumnya cendrung lebar/dalam, sehingga bagi yang senang dengan foto2 bokeh lensa ini sangat tepat.

uji coba 02-frm

Lumix GX85 – Leica DG Macro-Elmarit 45mm f/2.8 ASPH. MEGA O.I.S – Convers Color to B&W (Cropped)

Kesimpulan

uji coba 07

GX85 – Leica DG Summilux 15mm, f/1.7 ASPH

Panasonic Lumix GX85 menawarkan serangkaian fitur menarik dan menunjukkan bahwa Panasonic terus berinovasi di pasar kamera digital, dengan unit rana baru yang dirancang untuk mengurangi getaran shutter serta melembutkan suara shutter nya. Dengan telah menghapus optik low-pass filter untuk meningkatkan kualitas gambar dari sensor 16-megapixel menurut saya itu adalah keputusan jitu.

Panasonic juga telah memperkenalkan 5-axis sensor berbasis image stabilization, yang dirancang untuk bekerja dalam kombinasi dengan lensa dengan optical image stabilization nya. image stabilization ini juga bekerja dalam merekam video 4K, yang berarti Anda dapat merekam video 4K berkualitas tinggi (UHD) video yang bahkan hanya menggunakan handheld kamera.

Lumix GX85 tidak hanya merekam 4K video tetapi juga menawarkan 4K foto, yang memiliki pilihan yang berbeda dalam foto 8-megapiksel pada 30fps, memastikan anda tidakakan melewatkan momen yang sangat penting. Teknologi ini juga digunakan untuk fitur pilihan fokus, yang memungkinkan anda kembali memilih posisi fokus area pada foto anda setelah selesai pengambilan gamabar. Dan masih banyak lagi fitur fitur menarik lain yang ditawarkan yang kami tidak sempat mencobanya.

uji coba 05

GX85 – Leica DG Summilux 15mm, f/1.7 ASPH

Kamera GX85 memberikan gambar dengan warna yang sangat baik dan mampu menghasilkan gambar dengan detail yang sangat baik, meskipun tidak mendapatkan keuntungan dari penggunaan lensa berkualitas tinggi untuk mendapatkan yang terbaik dari kamera. Dipasarkan dengan lensa kit 12-32mm dapat menghasilkan gambar yang baik. Bagi mereka yang ingin mendapatkan beberapa fitur terbaik yang tersedia di kamera sistem kompak mirrorless ini, Panasonic Lumix GX85 memberikan semua yang anda butuhkan, dan dengan berbagai pilihan lensa Micro Four Thirds yang tersedia, saya rasa sulit untuk menolak kamera ini!

——-
Baca juga rekomendasi kamera digital yang kami perbaharui secara berkala dilengkapi dengan keterangan dan kisaran harga.

About the author: Hendro ‘Momi’ Poernomo adalah seorang Arsitek yang menggemari fotografi dari sejak perkenalannya dengan box camera semenjak kanak-kanak. Jenis fotografi yang disukai cukup beragam, beberapa favorit nya yaitu Street Photography, Landscape, Human Interest, Travel dan kebanyakan foto B&W. Karya-karyanya bisa dilihat di Instagram.

{ 129 comments… add one }
  • Eriandi Sihotang August 27, 2019, 4:09 pm

    Mas, lumix itu made in apa ya…? Japan atau china? Yg saya dengar buatan japan. Tapi ada yg nawarkan kamera sama saya lumix gx 85 made in china.

  • Salman June 12, 2019, 4:30 am

    Koh…

    1. Apakah lensa fuji bisa di pasang di lensa lumix ? Apakah ukurannya sama ? Karena adapternya saya cari2 kemana2 gak nemu? Baik fuji to lumix atau sebaliknya

    2. Saya masih bimbang antara pilihan beli GH4 atau GH5 bekas..

    3. Teman2 Saya menyarankan drpd beli g85 baru lebih baik beli GH4 bekas .. Karena lebih cinematic .. Apakah benar ?

    4. Selain lensa lumix 42.5 f1.7 dan 50mm f1.7 kira2 apa lensa yg sekelas di atas yg bagus dan harganya terjangkau di kantong ?

    Thanks master !!

  • wijayant0 April 30, 2019, 11:51 am

    selain lensa bawaan GX85 yg 12-35mm lensa apa yg perlu dimiliki pak? pilihan saya antara olympus 45mm F1.8 atau panasonic 20mm F1.7?
    terimakasih sebelumnya

    • Enche Tjin May 3, 2019, 12:48 am

      Sebenarnya tergantung apa yang mau difoto, untuk portrait 45mm oke, untuk berbagai fungsi 20mm karena lebih lebar.

      • wijayant0 May 3, 2019, 8:10 am

        nanya lg pak.. kl yg 20mm untuk portrait kurang maksimal ya pak?
        sy butuh untuk foto landscape dan portrait.. apa hrs dua duanya pak?
        terimakasih sebelumnya

        • Enche Tjin May 4, 2019, 12:52 pm

          Iya biasanya landscape butuh lebar, portrait justru perlu agak panjang/tele. 20mm itu tergolong sedang (tengah2) Jadi bisa gak maksimal untuk portrait juga landscape.

          • wijayanto May 5, 2019, 8:54 am

            ok. makasih pak atas penjelasannya

  • Khoiri January 17, 2019, 3:26 pm

    Thanks Pak Momi atas reviewnya.
    Pengalaman dengan viewfindernya bagaimana Pak selama pakai gx85 atau gx9?
    Saya minat di gx85 tp baca-baca bnyak yg bilang kelemahannya di viewfinder.
    makasih sebelumnya..

  • Diaz September 7, 2018, 12:54 pm

    Pak saya numpang tanya mengenai GX85, apakah comfortable buat foto landscape dibandingkan dengan sensor APS-C? Bagaimana dengan image quality diantara keduanya? Dan apa boleh GX85 terkena percikan air? ( misalkan Air Terjun ) yg dibilang tidak ada Weather Sealing, beda dengan GX8.

    Terima Kasih.

    • Enche Tjin September 7, 2018, 9:30 pm

      Keunggulan utama GX85 karena ukuran dan desain yang simple, tapi memang tidak weathersealing seperti abangnya yang lebih gempal GX8 atau G85, jadi tidak tahan kalau kena hujan yang cukup deras atau kena percikan air terus menerus. Bahaya, bisa masuk ke komponen internal dan rusak elektroniknya. Untuk landscape sendiri bisa dengan teknik dan filter yang bagus. Tapi untuk kualitas gambar absolut sensor yang lebih besar seperti APS-C dan Full frame punya kelebihan.

  • Hanjas August 17, 2018, 11:35 pm

    Apakah gx85 bisa long record dan tidak cepat panas

    • Enche Tjin August 18, 2018, 9:08 pm

      Seperti kebanyakan kamera batasnya 30 menit. Kalau terus menerus dalam jangka waktu lama bisa panas karena bodinya kecil.

  • Nanda July 21, 2018, 6:20 am

    Hallo pak, maaf saya mau tanya perbedaan lumix gx85 dan lumix g85 perbedaannya hanya sebatas dimicrphone dan layarnya bisa diflip360, apa ada yang lain yang lebih berpengaruh selain itu?.
    Terimaksih

  • thebra76 July 4, 2018, 3:30 pm

    Halo Pak, maaf saya mau tanya.
    Kebetulan saya sudah pakai gx85+kit lens sudah 3 bulan. Rencana mau beli lensa panasonic 20mm 1.7..kalo boleh mau minta masukan dari bapak lebih baik versi 1 atau 2 ya? Terima kasih banyak Pak

    • Enche Tjin July 5, 2018, 8:25 pm

      Kualitas gambarnya bedanya sedikit, yang baru sedikit lebih kontras, dari built quality, yang versi 2 lebih banyak menggunakan logam, jadi lebih tahan lama daripada versi 1 yang pakai plastik.

      • thebra76 July 6, 2018, 10:58 am

        Oke terima kasih banyak Pak Enche untuk masukannya..sukses selalu ya Pak

  • horimaki June 29, 2018, 12:46 am

    tanya donk om….panasonic lumix…service centernya ok ga sih di indonesia?
    thanks

  • dani priyo January 18, 2018, 1:07 pm

    koh mau tanya, kan barusan beli lumix gx85 pas coba mode m/s kok ss cuman mentok di 1detik yaa?
    apakah ada settingan yang salah pada kamera??
    makasih

  • Kaka December 24, 2017, 3:19 pm

    Ko, habis minang gx85 kit nih. Bingung disettingannya ko.

    -Preview layar
    Dlu pakek canon kalo ganti ISO/SS/F kan berubah tuh di layar. Nah di Gx5 tetep ko, gk keliatan gitu perubahab kegelapan ato kecerahan.. Ada settingan khusus kah ko??

    • Enche Tjin December 24, 2017, 11:33 pm

      Cari menu “Constant Preview”

      • Kaka December 26, 2017, 8:38 pm

        Udah nemu ko, hehehe..

        Kasih saran ko. Jual 12-32mm ganti 14mm gimana ko??

      • Kaka December 27, 2017, 2:38 pm

        Ko, kalo pakek third party gx85 pkek wasabi power aman ga??

  • sugi December 17, 2017, 10:23 am

    Panasonic Gx85 ,Canon m6 dan Fuji X-E3 lebih recommended mana koh?,

    • Poernomo December 17, 2017, 3:59 pm

      Jawabnya bingung .. sama spt suruh milih anshor kambing, nasgor ayam or nasgor seafood .. semua enak tergantung selera
      Di era digital sekarang semua kamera hasilnya bagus2, perbedaan mencoloknya di karakter warna, dan fitur2 bawaan masing2.
      Jadi menurut saya kalau pemula pilih salah satu merek yang benar2 pas dihati, dan kantong, lalu selama karakternya dan jangan terpengaruh orang lain.

  • Wendy December 7, 2017, 12:22 pm

    Permisi Om mau tanya, saya berencana meminang gx85. Tapi secara teknis hampir sama dengan g85. Apa sih perbedaan signifikan dari kedua tipe tsb yg membuat range harga beda cukup jauh? Atau lebih baik saya tahan budget untuk beli g85?
    Kebutuhan untuk foto/video harian & kadang-kadang prewed.
    Thanks b4 oom…

    • Poernomo December 17, 2017, 4:08 pm

      Ya g85 selain bentuknya dslr sedang gx85 range finder dan lebih baru dari gx85, jadi fitur nya tentu banyak penambahan atau perbaikan.
      Menurut saya untuk kebutuhan yang disebut diatas pas dengan G85, atau nabung lagi karena tahun depan keluar G9 … hehehe …

  • Tyo October 27, 2017, 11:26 pm

    Permisi koh Enche/ mas Momi, saya ingin bertanya. Jika difokuskan untuk kebutuhan videografi lebih prefer kemana antara lumix G85 atau GX85 ? mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • Poernomo November 6, 2017, 8:56 am

      Lumix G85, atau lebih jos lagi Lumix GH4

  • bimo September 9, 2017, 12:46 pm

    Selamat siang
    Mohon pencerahan…
    Kalau gx85 dgn G7 lebih recom yg mana??

    • Poernomo September 9, 2017, 4:59 pm

      Kalau hasil sama bagus kedua nya mendapat silver award dari Dpreview G7 July 2015 dan GX85 Juni 2016, tapi umumnya yang baruan fitur2 nya lebih bagus karena pasti mengalami perbaikan2..

  • Ahla Jennan August 18, 2017, 7:34 am

    Saya berencana membeli Gx 85 kebutuhan Saya untuk video Dan foto. Jika Saya hanya membeli Gx 85 body saja, rekomendasi lensa apa yang kompatible untuk tele Dan wide juga Di lokasi yang low light

    Terimakasih rekomendasinya

    • Enche Tjin August 18, 2017, 9:35 am

      Panasonic 12-35mm f2.8, 35-100mm f2.8 generasi 2 bagus untuk low light.

    • Poernomo August 19, 2017, 7:25 pm

      Untuk single lens wide, either Panaleica 12mm/1.4 atau 15mm f/1.7, untuk single lens normal tele either Panaleica 42.5mm f/1.2 atau Panaleica Macro 45mm f/2.8

  • Eddy July 30, 2017, 9:02 pm

    Kalau Panasonic GX85 katanya ngga ada jack/socket untuk external microphone. Buat nge vlog gimana ngatasin nya supaya bagus rekaman suara nya. Thank you

  • Irfan July 27, 2017, 12:13 pm

    Review yg sgt membantu pak!
    saya mau tanya lebih bagus yang mana antara GX85 dengan Fujifilm XT-20, apakah fitur terbaru dr XT-20 bisa ngalahin GX85 ? sy butuh masukan karna ini kamera pertama sy, kebutuhan utk Traveling dan street photography. Terima kasih pak

    • Poernomo July 27, 2017, 4:35 pm

      Dua2 nya bagus dan cocok untuk nyetreet, bagi saya dalam fotografi tidak ada yang kalah dan yang menang tergantung pemotretnya, masing mempunyai ke unggulan dan kelemahan, jadi bagai mana kita mengatasi sesuai gaya dan jenis foto yang diminati.
      Secara umum Lumix dengan sensor M43 unggul di hybrid fotografi (foto,video, dan audio) cocok untuk ngevlog dan travel dengan sensor M43 otomatis lensa2 dan bodynya lebih ringkas, sedang Fuji film juga cukup bagus kualitas fotonya dengan sensor APSC relative ukuran body dan lensanya lebih besar.

      Tabik

      • Irfan July 27, 2017, 7:42 pm

        baik, terima kasih pak.

  • sigit July 25, 2017, 4:17 pm

    bagus mana pak gx85 atau g85?

    • Enche Tjin July 27, 2017, 1:07 pm

      G85 lebih bagus, tapi lebih mahal dan juga lebih besar ukurannya.

  • Herry July 21, 2017, 12:00 am

    Jika gx85 dibanding sony a6000 atw 6300 gmn…masih galau

    • Enche Tjin July 21, 2017, 12:27 am

      GX85 enak dipakai, ukuran lensanya kecil-kecil, layar touchscreen, ada stabilizer untuk foto dan video. A6000 dan A6300 unggulnya di autofokus subjek bergerak, resolusi gambar lebih detail (24MP vs 16MP).

      • Poernomo July 21, 2017, 10:54 am

        Tambahan sedikit untuk yang gemar ngevlog atau trevel dan tidak ingin ber-berat2, akan lebih nyaman menggunakan Lumix karena memang ringkas/ringan dan sedikit unggul di vidografi nya.
        Yang lain nya tergantung kebutuhan dan penampilan masing2 indifidu dan kemahiran dibidang seni foto grafi, sehingga dapat merasa nyaman dan lebih percaya untuk berkarya.
        Perbedaan Micro 4/3 dengan sensor yang lebih besar.

        Tabe, Momi

  • arif July 2, 2017, 12:54 pm

    Lumix gx85 untuk video full HD 1080p berapa fps ya Om?…..saya butuh pencerahannya om

  • Iqaf Ardiansyah May 26, 2017, 5:01 pm

    numpang nanya pak bedanya format APS-C sama Micro 4/3 ? dan bagusan mana antara keduanya ?
    makasih

  • lufti March 18, 2017, 11:25 pm

    Mau tanya bingun nih ada 2 pilihan antara olympus omd em10 mark II dan gx85, kira2 bagus mana dari segi IQ nya, secara format nya sama mft. Mohon jawaban nya

    • Poernomo March 19, 2017, 11:06 am

      IQ sama bagusnya sedikit lebihnya GX85: 4Kphoto dan 4Kvideo, Dual IS (body plus Lensa), Bila menggunakan lensa leica aperture ring yang di lensa dapat berfungsi di olytmpus tidak.

      • Bimo September 8, 2017, 10:22 pm

        Jadi lebih recomended yg mana koh??

  • seniisen March 12, 2017, 9:17 pm

    Hy Om.
    saya butuh pencerahannya. dengar harga berkisar 9jutaan, lebih baik saya membeli fujifilm XA-3 atau Panasonic Lumix GX 85 ya. atau ada rekomendasi kamera lainnya.
    selain untuk kebutuhan pribadi untuk traveling, saya membeli mirrorless juga untuk kebutuhan Wedding Photograph.

    ditunggu infonya ya om, mumpung masih ada promo di bulan maret ini. hehe

    Terimakasih Om. sukses terus.

    • Poernomo March 13, 2017, 11:40 am

      Fuji maupun Panasonic keduanya bagus baik sensornya maupun lensa2 nya, perbedaannya hanya diformat sensornya, lensa2 untuk apsc umumnya lebih besar dibanding m4/3, jadi jelas bobot dan ukuran bisa jadi pertimbangan, selain itu juga fitur2 nya jadi tergantung sekali dengan gaya dan kebutuhan.
      Panasonic kuat di hybrid photography (still, video dan audio)

  • awan March 12, 2017, 12:04 pm

    Oh ya pak,, satu lagi yang jadi pertimbangan. Bagaimana dgn GX-85 vs Fuji X-A3? hmm….

    • Poernomo March 13, 2017, 11:57 am

      coba aja di rasakan bobot dan pegangannya mantap yang mana?

  • awan March 12, 2017, 11:58 am

    Selamat siang pak Poernomo.. Review yang menarik! Saya sedang tertarik belajar motret. Dengan budget yang setara dengan GX85 saat ini, saya sedang hunting yang cocok jadi kamera perdana saya untuk memulai belajar motret. Hampir serupa dengan pertanyaan2 sebelumnya hampir setahun yang lalu, saya masih galau antara GX85; XT10; a6000 dan OMD 10 ii. Lebih condong ke GX85 sih, tapi ragu apakah tone/ colour GX85 masih kalah dengan XT10. Minta penegasan lagi dong pak, untuk meyakinkan saya pilih GX85, atau ada seri yang lebih baik untuk harga yang sama pada saat ini (berhubung review nya bln Juni lalu, mungkin GX85 udah kurang greget).

    Satu lagi pak, untuk lensa, mana yang sebaiknya dipilih :
    Panasonic 45-175mm f/4.0-5.6 Lumix G X Vario PZ ASPH POWER OIS, atau Panasonic 45-200mm f/4.0-5.6 Lumix G Vario MEGA OIS untuk jadi lensa sapujagat saya?

    Terima kasih sebelumnya..

    • Poernomo March 13, 2017, 11:55 am

      untuk belajar motret yang utama bukan kamera nya, jadi bebas pake kamera apa saja. Saran saya pakai kamera yang paling sederhana/mudah menu2 seting nya tetapi lengkap, bentuknya ringkas minimalis tidak banyak tombol2 yang bikin ribet. Kamera M4/3 (pana/oly) cocok untuk mulai belajar …
      Lensa sapu jagad itu dari normal wide ke medium tele untuk m4/3 lensa 14-140mm

  • handy March 11, 2017, 11:00 pm

    malam
    saya galau berat mau pilih Sony A6000 atau Panasonic GX85. Untuk foto street photography, food, dan nyaman dibawa ke mana-mana serta kemampuan bokeh yang mumpuni. Secara Sony A6000 merupakan kuaran lama dan GX85 termasuk kuaran baru.
    Menurut koh mending pilih yg mana y? Thanks.

    • Poernomo March 12, 2017, 7:29 am

      Dua2 nya bagus, untuk kualitas gambar atau warna tiap kamera punya karakter masing2 tergantung selera, tapi kalau untuk nyaman dibawa kemana mana, ringan dan ringkas menurut saya kamera m43 pilihannya

      • Siddhartha May 5, 2017, 10:54 am

        Kalau untuk bokehnya Pak pur? Apakah gx85 bisa mengikuti Sony a6000? Karena saya juga lagi galau antara 2 kamera ini..

        • Enche Tjin May 5, 2017, 9:14 pm

          Bokeh sebenarnya tergantung dari panjang jarak fokus lensa dan bukaan lensa yang digunakan. Jadi kalau yang dipasangkan lensa tele dengan bukaan besar ya bisa blur juga backgroundnya.

  • Nanang February 11, 2017, 5:06 pm

    Pak mau tanya, sekarang saya pegang olympus epl6 mau up ke panasonic gx7, worth kah??

    • Poernomo February 11, 2017, 8:42 pm

      Worth sekali, tapi saran saya lebih baik gx8 atau gx85

  • Aldian Ibanez February 7, 2017, 5:58 am

    Halo pak, saya jadi tertarik nih sama GX85 setelah baca review dari bapak. Tapi mau ada yang saya tanyakan, perbedaan adapter panasonic dmw-ma1 dengan dmw-ma2m dan dmw ma3r apa ya?

    • Poernomo February 7, 2017, 10:33 am

      Yang#1 untuk lensa pana four thirds #2 untuk lensa Leica M dan yang #3 untuk lensa Leica R

      • Aldian Ibanez February 7, 2017, 1:59 pm

        Ohh begitu pak. Lalu apakah semua lensa bisa dipasang dengan menggunakan salah satu adapter itu? Semisal lensa wide dari tamron

        • Poernomo February 7, 2017, 2:46 pm

          Itu yang disebutkan sebelumnnya tadi hanya untuk Leica dan Panasonic saja.
          Untuk Tamron tergantung Tamron dudukannya apa, jika dudkannya untuk Canon misalnya maka cari adaptor yang untuk dudukan Canon

          • Aldian Ibanez February 7, 2017, 3:00 pm

            Oh iya paham pak. Terimakasih ya pak atas infonya

  • Sandy February 2, 2017, 7:08 am

    Salam pak.

    Bagaimana perbandingan harga lensa2 M43 dengan apsc? Terima kasih

    • Poernomo February 2, 2017, 10:30 am

      umumnya lebih murah dengan kualitas yang sama maupun diatas, kecuali lensa m43 dari leika atau voightlander memang sedikit lebih mahal

      • Sandy February 2, 2017, 10:59 am

        Thx pak Momi.

        Satu lagi pertanyaan saya pak. Kalau lensa apsc bisa masuk ke kamera M43 atau sebaliknya tidak pak?

        • Poernomo February 2, 2017, 12:43 pm

          prinsipnya semua jenis lensa format full frame atau apsc merek apa saja bisa dipasang dengan menggunakan adaptor.

  • Herzie January 23, 2017, 10:42 am

    Wah mencerahkan sekali infonya pak.
    Pak ini saya bingung memutuskan membeli GX85 atau fuji X-A2 untuk kebutuhan streetphotograph dan landscape dengan lensa kit secara keseluruhan rekomended yang mana ya? Thanks dan mohon pencerahannya.

    • Poernomo January 23, 2017, 11:41 am

      Secara format kedua kamera beda format (APSC vs M43) tapi secara qualitas sama bagusnya, kamera2 format M43 lensa2 nya ringkas dan ringan dibanding kamera format APSC, untuk travel tinggal pilih saja mau yang ringkas ringan atau sedikit berat bawannya.
      Panasonic GX85 punya teknologi dan fitur lebih kedepan terutama untuk Video 4K video dan 4K photo sebagai pertimbangan saca cantum kan link sbb Panasonic http://www.imaging-resource.com/cameras/fujifilm/x-a2/vs/panasonic/gx85/

  • Dive December 11, 2016, 11:39 am

    Mau tanya GX85 sama Fujifilm XE-2 dan XT-10 bagus mana sih ko? Terus lebih tajaman mana hasil fotonya GX85, Fujifilm XE-2 ,apa XT-10 ?kalau buat foto produk fashion sama travel GX-85 sudah cukup blm?

    • Poernomo March 12, 2017, 7:39 am

      Sepertinya semua kamera hasilnya tajam tajam, yang beda cuma di katakter warna dan fisiknya saja, untuk fashion atau travle menurut saya pakai kamera yang ringan ringkas ukuran lensa dan kameranya seperti kamera m43 sehingga kita dapat nyaman dan bebas bergerak

  • Suplementari November 20, 2016, 8:33 pm

    Hello, bermanfaat sekali infony pak kebetulan saya ini suka traveling pengen beli camera saya benar2 buta masalah kamera mau cari kamera yg cocok buat traveling yg kecil dan bsa dibawa kemana2, menurut bapak camera jenis apa yg cocok buat saya dng harga yg cukup terjangkau terimakasih pak mohon dibalas ☺️

    • Poernomo November 21, 2016, 6:39 pm

      untuk traveling, kecil, foto/video dan lincah, menurut saya pakai kamera jenis micro four third jenis range finder dari panasonic atau olympus.

  • grace November 9, 2016, 9:33 pm

    hello mau tanya xt10, gx85 atau a6000 ya?

    • Enche Tjin November 10, 2016, 1:24 am

      Panasonic GX85 punya teknologi dan fitur paling canggih diantara ketiganya karena memang lebih baru, tapi kedua kamera lainnya cukup baik, Sony A6000 unggul di built-quality dan autofokus. Fuji X-T10 unggul di desain retro/jadul.

      • Siddhartha May 5, 2017, 11:14 am

        Koh, untuk autofokus foto a6000 apakah lebih cepat daripada gx85? Kalau di YouTube gx7 autofokusnya cepat sekali, apakah di gx85 autofokusnya menurun?

        • Enche Tjin May 5, 2017, 11:32 am

          Kalau single point memang yang panasonic cepat sekali, gx85 juga sama. Bisa dibilang lebih cepat dari A6000 sedikit. Tapi kalau soal subjek bergerak A6000 jauh lebih cepat.

  • Aldi utama putra October 28, 2016, 5:50 pm

    Permisi pak saya mau tanya untuk kebutuhan videografi lebih prefer pake lensa apa ya ? Untuk gx85 atau misalnya saya mau ganti lensa beda merk adepterlens yang cocok untuk gx85 apa ya pak ?

    • Enche Tjin October 28, 2016, 11:17 pm

      Videonya seperti apa? Banyak sekali lensa m43 yang bagus dan bervariasi 🙂 Kalau lensa Panasonic, lensa dengan brand Leica jaminan mutu.

    • Poernomo October 29, 2016, 4:44 am

      Lensa untuk m43 (lumix dan olympus) banyak, selain lumix dan olympus ada sigma, voightlander, leica, samyang dan beberapa lagi dan itu semua tanpa adaptor. Saran saya pake lumix atau pana leica karena dual is nya bisa berfungsi jadi video lebih stabil

  • Elen October 18, 2016, 8:57 pm

    Pak mau tanya nih, kalo untuk foto hasil makeup bagus kamera lumix gx85 / lumix gx7 / sony a6000 pak ?
    Thanks pak 🙂

  • Dennis September 25, 2016, 8:18 pm

    Gx85 vs G7 bgs mana Pak?

    • Poernomo September 25, 2016, 10:51 pm

      Dua2 nya bagus karena fitur2 nya nyaris sama, beda yang jelas hanya di body nya saja semua kamera seri GX adalah berbentuk mengacu kamera Range Finder (tanpa punuk), sedang semua seri G atau GH bentuknya mengacu pada kamera DSLR (ada punuknya).
      GX8 ada lebihnya sedikit ya itu dibuat dengan menghilangkan Anti Alias filter nya sehingga diharapkan gambar akan lebih tajam. sekarang seri G yang baru G85 juga sudah tidak menggunakan AA filter sama seperti GX85

  • Rizki September 4, 2016, 5:15 pm

    Lumix gx85 sama sony a6300 recomend mana ya pak kalau untuk street travel landscape potrait videography ? Terima kasih pak

  • Kerokkerok August 19, 2016, 6:30 am

    Misi mas, numpang nanya, antara nx500 dan gx85 lebih recommended yang mana ya ? Buat traveling.
    Thx

    • Enche Tjin August 19, 2016, 8:21 am

      NX500 sebenarnya bagus, tapi Samsung gak kembangin lagi sistem NX ini, jadi lebih baik GX85 menurut saya.

  • Ilham Ramadhana August 17, 2016, 7:11 pm

    Apakah di panasonic lumix g85 layarnya bisa diputar 180 derajat? Terima Kasih

    • Enche Tjin August 17, 2016, 8:18 pm

      Gak bisa. Yg gx8 baru bisa

  • Frans July 24, 2016, 3:53 pm

    Halo Pak, bagus bangat reviewnya.
    saya pengguna SLR canon 70D, lagi cari mirrorless.
    sebaiknya saya beli Panasonic Lumix GX85 kit (12-32mm) atau beli body only GX85 + lensa 14-42mm F/3.5-5.6 Power Ois ?
    penggunaan untuk traveling, potrait & pemandangan pak.
    Mohon pencerahannya, thanks.

    • Poernomo July 24, 2016, 7:21 pm

      Halo Frans,

      Saran saya sebaiknya disesuaikan dengan sewaktu pakai canon terbiasa dengan lensa zoom combinasi yang mana?
      Lensa MFT kalau setara dengan sensor APS C, lensa 12-32mm setara 19-51mm dan 14-42 setara 22-67mm

      Jadi kalau pakai lensa 12-32 mm untuk landscape dan street ok tapi untuk potrait nyakurang dapet. Saya pribadi cendrung memakai lensa lumix 14-42mm II, salam

      • Frans July 25, 2016, 8:04 am

        Thanks pak buat masukkan.
        Lensa 14-42mm f/3.5-5.6 POWER OIS X atau 14-42mm II beda dimana ya pak?

        • Frans July 25, 2016, 8:11 am

          bagimana dgn lensa 12-60mm f/3.5-5.6 ASPH. POWER O.I.S?
          Thanks.

          • Poernomo July 25, 2016, 10:48 am

            Lumix G Vario 14-42mm II bodinya lebih ringkas (kecilan) dibanding 14-42mm yang lama.
            Kalau lumix 12-60mm f/3.5-5.6 bagus tuh, bodinya panjangan dikit mungkin juga lebih murah dari Lumix G X Vario 12-35mm f/2.8 sama2 tahan debu dan cipratan air

  • Pranoto July 20, 2016, 9:21 pm

    Ko, nanya dong. bagusan mana sony a6000 ato lumix gx85 untuk kebutuhan foto dan video travell? makasih

    • Enche Tjin July 20, 2016, 10:18 pm

      Menurut saya Panasonic GX85 lebih praktis dan mumpuni fiturnya untuk foto & video sekaligus.

  • Rafli anto July 17, 2016, 10:57 pm

    Klo sama panasonic dmc lx100 gmna Om? Bagus mana? Mohon infonya, thx

    • Poernomo July 20, 2016, 2:52 am

      Panasonic LX100 kamera dmc kompak dengan lensa tetap yang cukup bagus cocok untuk traveling dan foto2 keluarga, GX85 kamera dmc dengan lensa lepas tukar dan bamyak fitur baru yang tidak terdapat di LX100.
      panasobic lumix dmc GX85 Untuk pemotret yang lebih serius dan lebih advance.

  • Erwin Setiawan July 10, 2016, 12:23 pm

    Terima kasih reviewnya Pak Poernomo.Untuk landscape dan street lebih worthed mana pak, Lumix GX85 dibanding Olympus OM-D E-M1??

  • Suryodin July 9, 2016, 11:19 am

    Saya maunya klo antara lumix GX85 dan olympus omd em-5 dengan lens pro lbh recomend mana ya om

    • Poernomo July 9, 2016, 1:20 pm

      Dari segi kualitas gambarkKedua kamera ini sama2 bagus, sama2 mengggunakan 16mpx sensor, apa lagi bila masing2 menggunaka lensa2 kelas atasnya.

      Secara fisik OMD EM5 bertipe SLR terlalu banyak tombol2 pengaturan disana sini kadang membingungkan pengaturan (untuk yang belum biasa).

      GX85 bertpipe Range Finder, simpel, minimalis dan walaupun sedikit tombol pengaturannya tetapi menjangkau banayk fungsi dan tertata rapi hirarki menunya.

      Untuk IS kedua kamera sama2 mengusung 5 Axis IS, tetapi pada GX 85 dapat bekerja simultan (Dual Axis) denga IS yang built-in di lensa2 Lumix/Leica nya sehingga akan lebih stabil lagi bila menggunakan lensa prime atau zoom panjang, dan masih ada beberapa perbedaan kelebihan dan kekurangan masing.

      Jadi disini saya tidak bisa/sulit merekomendasikan mana yang lebih bagus apa lagi kalau Suryodin baru mau beralih ke format M43. Karena masing2 mempunyai kelebihan dan kekurangan yang tidak berarti.

      Mungkin Tabel DXO MARK SCORES ini bisa membantu untuk menentukan pilihan

      • Inneka Putri July 15, 2016, 10:40 am

        Pagi pak. Permisi saya mau tanya.. saya mau berencana beli kamera. Tapi saya kurang tau mana yg bagus. Saya mencari kamera dg hasil yg tajam, jelas, dan tidak ngeblur gtu saya suka foto foto indoor maupun outdoor. Pokoknya kualitas hasilnya baiklah pak. Kamera apa yg cocok buat saya pak? Saya mempunyai kisaran 8jt kbwh. Tlg sarannya pak. Thanks

        • Poernomo July 20, 2016, 3:02 am

          Prisipnya di era digital ini srmua kamera dengan kidatan harga 8jt an bagus2.
          Jadi tinggal pilih mau kamera dmc yang model ala slr (single lens reflex) atau ala rf (range finder) tepatnya tergantung kebiasaan dan gaya motret kita.

  • Devinno ellio July 5, 2016, 4:04 pm

    Kalau pilihannya pen f atau gx 85 mending ambil yang mana om buat street photography dan travelling?

    • Poernomo July 6, 2016, 8:16 pm

      Sebetulnya Pen-F sekelas dengan GX8 sama2 20mpx, tetapi belum didukung dengan 4K Video seperti GX8 , walaupun GX85 hanya 16 mpx tetapi GX85 sejajar malah rasanya untuk kualitas gambar dan IS nya unggul sedikit …Jadi kalau pertimbangannya harga, ukuran dan kinerja saya pribadi pilih GX85.

  • Poernomo July 5, 2016, 3:53 am

    Untuk general shoot 20mm f/1.7 (lensa favorit saya), untuk normal wide 15mm f/1.7 dan ountuk normal tele 42,5mm f/1.7 untuk long tele nya belum tersedia fix lens nya

    • dalfin October 6, 2017, 9:43 pm

      Halo om, sy pengguna gx85.
      Bgmn kinerja 20mm versi pertama di body gx85, apakah fokus sangat lambat? Apakah masih worth untuk digunakan untuk pemakaian umum? thnks

      • Poernomo October 7, 2017, 7:30 am

        karakter lensa lumix 20mm memang focusnya tidak terlalu cepat, untul pemotretan umum bukan untuk kegiatan foto sport ok banget, saya 80% untuk foto segala suasana sampai sekarang selalu pake lensa ini.

  • Ilham Mubarok July 2, 2016, 2:15 pm

    pak,klo untuk lebih fokus ke video lebih bgus mana sama a6000?

    • Poernomo July 3, 2016, 4:01 am

      Secara tekhnologi dan kemampuan videography GX85 lebih unggul

  • iphoenk June 21, 2016, 6:25 am

    Thanks atas reviewnya Pak. Saya tertarik mau beli GX 85 ini, kira2 lensa apa saja ya yg cocok untuk dibawa traveling

    • Poernomo June 21, 2016, 9:37 am

      Hi Ipoeng,
      Untuk traveling rasanya sudah cukup lensa 12-32mm, f/3.5-5.6 bawaannya tapi bisa ditambah dengan lensa 20mm f/1.7 prime untuk snapshoot2 sambil jalan2. Lensa ini lensa sehari2 saya terutama untuk nyetreet, dan cukup murah.
      Tapi kalau mau bawa tele zoom bisa beli 45-150mm f/4.0-5.6, sebetulnya yang pas 35-100mm f/2.8 normal tele zoom tapi yang ini mahal sekali.
      OK semoga cukup membantu

      • iphoenk June 21, 2016, 12:57 pm

        terima kasih atas informasinya Pak

  • Renato Rian June 20, 2016, 10:39 am

    Cheers Pak, mantep banget reviewnya, saya mau bertanya pilihan kamera yang tepat untuk segmen streetphotography, food & landscape, mana yang lebih baik dari segi fitur, kelengkapan lensa, dan juga cost utk lensa yang perlu dikeluarkan, antara Lumix GX85 dengan sony a6000? karena untuk saat ini harga keduanya tidak terpaut jauh.

    • Poernomo June 20, 2016, 2:30 pm

      a6000 dan gx85 sama2 bagus, bedanya hanya di ukuran dan bobotnya, kalo untuk nyetreet prinsipnya kamera seringkas mungkin body dan lensa supaya lebih lincah dan ga terlalu memprofokasi subjek.
      A6000 formatnya apsc cendrung lensanya besar2/berat, GX85 formatnya M43 lensanya lebih ringkas/ringan, untuk pilihan lensa M43 lebih banyak pilihan didukung berbagai brand (dari leica yang high-end sampai samyang yang renyah) membuat lebih luas opsinya. untuk fitur lebih banyak gx85, dan sangat mendukung street fotografi dengan fitur silent mode, touch screen shoting/fokus/ae dan 4K foto
      Salam

      • Renato Rian June 20, 2016, 2:57 pm

        Naah bener pak, saya juga lebih condong ke GX85 karna adanya fitur silent mode & 4K brust photo, juga tidak ada nya low pass filter makin menunjang kejernihan n ketajaman gambar.
        Namun kok peredarannya di Indonesia masih sedikit yaa pak, didaerah kota Malang sendiri saya tidak yakin sudah tersedia

        • Poernomo June 20, 2016, 3:59 pm

          hehehe kera ngalam to? karena panasonic tergolong pemain baru didunia stil foto dulu kan populernya kamera vidio, dan memang distributornya kurang gencar promosinya … mending jualan ac or tv nya, dah ketauan untung nya … hahahaha

        • Enche Tjin June 20, 2016, 5:17 pm

          Iya secara teknologi GX85 sudah melampaui Sony A6000 yang diperbaharui ke A6300.

      • Sandy February 2, 2017, 6:46 am

        Bagaimana perbandingan harga lensa-lensa M43 dengan APSC? Mana yang lebih murah. Thanks

  • Hendry June 19, 2016, 10:14 am

    Halo pak, thanks atas reviewnya
    Saya pengguna NX300 + lensa 45mm & 16mm, apakah worth untuk upgrade ke GX85 dengan lensa kitnya?
    Penggunaan lebih banyak untuk portrait, foto anak2, kadang jg pemandangan.
    Thanks

    • Poernomo June 19, 2016, 1:02 pm

      Ya NX300 cukup baik memang untuk foto kegiatan keluarga dan trafel..
      Kalau mau upgrade sangat worth sekali menurut saya, selain mempunyai format M43 yang relatif lebih kecil format sensornya dari NX300 jadi lensa2 nya pun lebih ringkas/ringan juga mendukun 4K foto dan 4K video yang sangat pas untuk foto/video kegiatan keluarga dengan menawar kan fitur2 mutahir seperti 4K Post Focus (melakukan pemilihan subjek yang ingin fokus dari beberapa subjek lainnya setelah melakukan pengambilan gambar), dengan 4K Burst mode nya dapat menentukan/milih posisi/momen subjek yang tepat dalam satu sekuen pemotretan anak sedang berlali, bersepeda atau sedang melompat.

      • Hendry June 20, 2016, 12:15 am

        Thanks atas masukannya pak,
        Kalau GX 85 dgn Fuji XE-2 gmn ya pak?
        Kalau dengan harga promo, Fuji masih lebih murah utk skrg, tp GX 85 lebih baru kameranya.
        Thanks

        • Poernomo June 20, 2016, 9:31 am

          Fuji sama Lumix beda genre APSC vs M43, untuk pemilihan lensa2 nya M43 selain lebih kecil/ringan Lumix banyak pilihan jadi opsi nya lebih bagus.
          Untuk kamera yang bisa 4K foto dan 4K video, touch screen dan beberapa fitur canggih lainnya, harga promo yang ditawarkan cukup murah menurut saya
          Jadi sekarang apakah tetap nyaman di APSC atau mau berpindah ke M43
          Untuk supaya lebih mantap pilihannya boleh simak ling Fuji vs GX85 ini
          Salam

          • Hendry June 20, 2016, 6:54 pm

            Thanks pak atas penjelasan dan masukannya

Leave a Comment