≡ Menu

Visual Story telling Trip ke Semarang & Lasem 23-25 September 2016

Infofotografi kembali mengajak para pembaca, alumni kursus, serta para penggemar fotografi untuk mengunjungi 3 kota di Jawa Tengah yang dilalui oleh Jalan Legendaris Groote Postweg atau sering di kenal Jalan Raya Pos oleh Herman William Deandels pada tahun 1808-an.

karang-turi-lasem

Rembang adalah sebuah Kabupaten dan Lasem merupakan kecamatan kecil di dalamnya yang terletak di daerah pesisir utara Pulau Jawa. Di wilayah kota kecil ini sangat didominasi bangunan-bangunan bergaya arsitektur kuno yang memberikan atmosfer sejarah dan menyajikan dimensi epic untuk diabadikan. Lasem merupakan saksi bisu jaman prasejarah, masa jaya kerajaan Hindu-Buddha dan Islam, eksistensi colonial hingga era kemerdekaan. Kota ini pernah menjadi daerah perkembangan etnis Tionghoa terbesar di Jawa sekitar abad XIV dan bahkan menjadi pusat penyelundupan candu (opium) terbesar di Jawa. Tidak heran jika kota kecil ini menyimpan nilai – nilai sejarah di masa silam yang sangat menggelitik.

lasem-adi-setyo-01

Sekarang, Lasem menjadi kota yang sunyi. Bangunan-bangunan kuno itu kini mulai kehilangan semarak keramaian, ditinggalkan oleh generasi mudanya. Hanya para tetua saja yang dengan setia menjadi tuan rumah menyambut para tamu untuk berbagi cerita masa kegemilangan Lasem. Wajah mereka menyiratkan banyak cerita bermakna.

Trip kali ini sangat istimewa karena kita dapat menyusuri jejak sejarah dengan mengunjungi rumah-rumah kuno, seperti; Rumah Candu Lawang Ombo, The Abandoned Vihara. Tak hanya memotret kita juga akan berkunjung ke rumah-rumah penduduk untuk melihat rumah mereka secara langsung, sekaligus mendengarkan cerita-cerita kehidupan mereka dan mengabadikan moment berkarya yang telah ada dari generasi ke generasi.

lasem-batik

Dalam trip ini, peserta akan diajarkan dan didampingi langsung untuk membuat sebuah Foto Story.

Itinerary:

Jumat, 23 September 2016 :

Meeting point di Bandara Achmad Yani Semarang. Dari kota Semarang kita akan menempuh jalan darat sekitar 3 jam menuju Rembang. Di tengah perjalanan, kita akan mampir untuk sarapan pagi dan mencoba kuliner Garang Asem di Kudus. Setelah sarapan, kita melanjutkan lagi perjalanan ke Lasem untuk memotret pengrajin batik di Lasem, dilanjutkan kunjungan ke Rumah Candu, Klenteng Cu An Kiong, lalu memotret sunset di Teluk Bonang.

Sabtu, 24 September 2016 :

Di mulai pagi hari kita akan pergi ke Klenteng Tjoe Hwie Kiong, lalu dilanjutkan dengan memotret aktivitas nelayan yang berada tidak jauh dari lokasi Klenteng. Trip dilanjutkan ke pasar tradisional Sumbergirang yang berada di samping bekas kraton Lasem. Di sekitaran pasar ini, peserta juga bisa menjumpai industi tradisional tempe segi 6 yang cuma ada di Lasem dan penyelepan kopi robusta. Di pasar ini, peserta bisa menikmati wisata kuliner dengan minum wedang Cemo’e yang sangat klasik.

Dari Pasar Sumbergirang, kita lanjut berjalan kaki menyusuri desa Karang Turi. Setelah makan siang, perjalanan dilanjutkan menuju ke Semarang untuk memotret arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah. Menginap di Hotel di kota Semarang.

Minggu, 25 September 2016 :

Memotret sunrise dan aktivitas nelayan di Rawa Pening, Dilanjutkan menuju kota lama Semarang untuk memotret landscape dan arsitektur kota. Kegiatan ditutup dengan memotret Pengasapan Ikan Kali Asin.

Karya photo story peserta tour sebelumnya bisa disimak di

Wisata kuliner yang bisa kita nikmati antara lain:

Garang Asem Kudus, Sate Srepeh, Nasi Tahu, Lontong tuyuhan, Nasi Kelo Mrico, Wedang Cemo’e, Soto Bangkong, Lunpia Gg Lombok.

Biaya: Rp 2.425.000 per orang
Belum termasuk transportasi/akomodasi ke Semarang.

Biaya termasuk

  • Biaya transportasi Semarang-Rembang-Lasem pp
  • Biaya akomodasi hotel bintang 3, sharing 1 kamar berdua
  • Biaya makan selama tour foto
  • Biaya guide/pengarahan fotografi oleh Adi Setyo
  • Biaya talent model Nelayan penebar jala
  • Biaya naik perahu mengitari Rawa Pening

Biaya tidak termasuk

  • Tiket pesawat
  • Belanja pribadi

Cara mendaftar:

  • Hubungi 0858 1318 3069 atau infofotografi@gmail.com untuk reservasi tempat.
  • Melunasi biaya tour dengan transfer ke Enche Tjin via BCA 4081218557 atau Mandiri 1680000667780

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment