≡ Menu

Bahas foto : Kyoto Station Twilight

kyoto-station-01

Foto diatas saya buat di Kyoto, Jepang awal tahun ini sesaat setelah matahari tenggelam. Mendung dan hujan sepanjang hari dan baru reda setelah malam hari. Meski demikian, saat blue hour/twilight saya bisa mendapatkan langit yang cukup biru, kontras dengan warna merah Kyoto Tower yang berdiri didepan Kyoto Station.

Secara komposisi, saya mencoba mengunakan kurva untuk framing langit dan Kyoto tower. Lensa yang saya gunakan Olympus 12mm (ekuivalen 24mm) ini lebar, tapi sepertinya saya butuh sedikit lebar lagi. Lensa 10.5 mm (ekuivalen 21mm) sepertinya ideal. Sayangnya pilihannya hanya Voigtlander 10.5mm f/0.95 untuk micro four thirds. Sayangnya harganya diatas $1000 dan beratnya cukup lumayan di 580 gram. Mungkin lebih baik membawa Olympus 7-14mm f/2.8 yang lebih lebar di lain waktu.

Data teknis untuk foto ini adalah : ISO 200, f/2.8, 1/13 detik, 12mm (ekuivalen 24mm di FF). Untuk subjek yang relatif diam, micro four thirds piawai di kondisi low light, karena saya bisa mengunakan bukaan besar dengan ruang tajam yang cukup luas. 5 axis stabilization di kamera Olympus OMD EM5 II akan mencegah getaran saya masuk ke dalam kamera saat memotret dengan shutter speed yang cukup lambat.

Peran editing penting dalam memulihkan kondisi bagian bayangan yang gelap seperti yang bisa dilihat dibawah ini:

kyoto-station-lr

Tanggal 19-26 November 2016 ini, saya mengadakan tour foto ke Kyoto-Osaka-Nara. Kami pasti berangkat dan masih ada beberapa tempat bagi yang ingin ikut serta. Infonya bisa dibaca di halaman ini.

Bagi yang ingin ikutan workshop editing dengan Lightroom boleh lihat infonya di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment