≡ Menu

Meninjau karya foto dua peserta kursus online yang telah lulus

Kelas Online Infofotografi terus mendapat peserta baru setiap bulannya. Walaupun tidak semua peserta yang telah mendaftar sanggup menyelesaikan 10 modul pelajaran dalam waktu 6 bulan yang disediakan, tapi juga selalu ada saja peserta yang sukses sampai selesai. Di awal pernah diulas mengenai beberapa profil peserta yang lulus seperti bu Endah dan mas Arif, lalu ada Sodikin dan Cipto Subiakto, kali ini kita akan tinjau profil peserta lain yang juga sudah berhasil menyelesaikan semua modul yang diterima dengan baik.

Yang pertama akan kita bahas adalah saudara Eris Risnoto, berasal dari Boyolali namun tengah berkarir di negeri Korea Selatan, dengan gear Sony A7 dan A6000 lensa 28-70mm, 50mm dan 70-200mm ini sudah lulus awal tahun 2016 ini.

kursus-fotografi-eri-risnoto

Foto sunrise saat musim dingin di Korea tentunya sangat menantang.  – Eris Risnoto

Foto : Eris Risnoto

Foto diambil dengan perjuangan melawan hawa dingin di Korea saat musim dingin. – Eris Risnoto

Selamat pagi koh Enche, mas Erwin,
Terimakasih atas semua ilmunya selama 6 bulan ini, bahagia rasanya bisa menjadi bagian dari infofotografi, serasa semakin dekat walaupun belum pernah bertatap muka.
Semoga Tuhan mengizinkan saya untuk bisa bertemu secara langsung dengan keluarga infofotografi.

Yang kedua adalah bapak Agus Syafiudin dari kota Tanjungpandan. Di tengah kesibukannya sebagai karyawan swasta, bermodal gear Canon 70D beserta lensa Canon 16-35mm, Canon 100mm, Canon 70-300mm dan Samyang 8mm pak Agus menjelajahi pulau Belitung untuk mempraktekkan semua tugas yang ada di setiap modul online. Akhirnya 6 bulan periode yang ditentukan terselesaikan dan baru saja pak Agus ini dinyatakan lulus, selamat ya..

mod8_tugas6

Foto : Agus S. Keindahan pantai Belitung dibingkai pepohonan nan indah. – Agus Syafiudin

mod10-tugas7a

Foto : Agus S. Merekam suasana sunset di daerah pemukiman nelayan di Belitung. – Agus Syafiudin

Senang sekali saya dapat banyak ilmu selama kursus ini, dan sangat bermanfaat untuk semakin menaikkan skill saya, kalau berkunjung ke Belitung info ya Pak, biar saya temenin Pak. Sekali lagi Terimakasih telah berbagi ilmu dengan saya.

Mercusuar di Pulau Lengkuas ditangkap dengan baik dengan lensa lebar dan low angle.

Mercusuar di Pulau Lengkuas ditangkap dengan baik dengan lensa lebar dan low angle. – Agus Syafiudin

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti kursus fotografi online, bisa membaca info lebih lengkapnya di halaman ini.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 11 comments… add one }
  • zulfi December 25, 2016, 5:06 pm

    Koh, saya juga tertarik untuk ikut kursus online, tapi kamera saya Fuji X-A2. Lensanya juga baru punya yang standar saja. Apakah bisa ikut koh?

  • William August 12, 2016, 12:04 pm

    saya punya canon 600D sama lensa 85mm 1.8 apakah memungkinkan untuk ikut kursus online?

    • Enche Tjin August 12, 2016, 8:47 pm

      Kurang lensa lebar. Lensa 18-55mm nya ada?

  • Roy August 11, 2016, 1:19 am

    Om, menurut om mending saya tetep make 600D / tuker ke 60D?

    • Anonim August 11, 2016, 1:10 pm

      Saya bantu jawab ya pak, untuk kualitas gambar hampir sama persis handa ada sedikit perbedaan di iso tinggi. Tapi untuk penggunaan lebih serius lebih baik menggunakan 60d karna sudah punya dial di bagian belakang body dan lcd kecil di bagian atas untuk memudahkan melihat setting exposure tanpa meninjau lcd utama dan ada tombol untuk mengatur wb, mode metering, iso mode shutter

  • Eris Risnoto August 11, 2016, 12:07 am

    Akhirnya terbit juga, artikel ulasan hasil kursus online.
    Terimakasih Koh Enche, Mas Erwin, Ci Iesang… atas semua ilmunya, atas semua bimbingannya, dan atas semua kesabarannya.
    Bagaimana dengan kelas lighting pada kursus online?

  • Angga August 10, 2016, 8:49 pm

    Wow keren banget terasah sekali hasil fotonya dari kursus online. Saya jadi pengen lebih serius belajarnya tapi kalau kursus gt apa minimum gear nya ya supaya bisa praktekin semua modulnya. Saya sampai saat ini aj belum ada flash, dan lensa yg seadanya huhu…. Ada saran gak koh gmn tahapannya untuk bisa ke jenjang yang lebih tinggi? Jujur aj koh setelah kursus ada progressnya.

    • Enche Tjin August 11, 2016, 11:03 am

      Flash belum perlu untuk kursus online. Yang wajib punya adalah tripod, kamera dan lensa. Ada satu modul yang jika punya filter ND dan polarizer akan lebih maksimal, tapi tidak wajib.

      • Angga August 11, 2016, 5:01 pm

        Terima kasih sarannya ko. Soal filter baiknya gmn y ko supaya gak beli filter yang sama tapi dengan beberapa ukuran lensa khususnya Sony e-mount? Untuk merk filter bagusnya apa y ko, saya ada liat di FB filter casiotel bagus hasil fotonya.

        • Enche Tjin August 12, 2016, 8:51 pm

          Sekarang ini sepertinya banyak merk baru yg bagus. Yang saya dengar Nisi bagus. Casiotel jg sering saya dengar, tapi karena saya gak pakai filter2 kotak jadi gak bisa kasi komentar. Kalau filter bulat saya biasanya pakai filter B+W.

Leave a Comment