≡ Menu

Bahas foto : Tram di Prague

Salah satu foto favorit saya selama jalan ke Eropa adalah foto yang saya ambil di Prague/Praha, ibukota Republik Ceko / Czech. Kota yang terkenal dengan julukan City of 100 Spires ini juga menurut saya kota yang paling fotogenik yang saya pernah kunjungi sampai hari ini.

tram-prague-enche-01

Dari semua foto yang saya potret, foto ini saya rasa paling lengkap merepresentasikan kota ini. Ada arsitekturnya yaitu gereja St. Nicholas di latar belakang. Ada trem (kereta api listrik), jalan berbatu (cobblestone street), orang-orang yang jalan (meskipun kecil) dan detail-detail lain seperti tong sampah kuning, jam, toko-toko dan sebagainya. Saat travel saya pikir bagus untuk dapat menangkap essence/intisari dari kota tersebut, dan saya pikir foto ini cukup sukses dalam menggambarkannya.

Saat membuat foto ini, saya memiliki dua kendala dari segi komposisi dan teknik. Tantangan komposisi adalah banyak elemen-elemen yang mengganggu, seperti kabel-kabel listrik trem yang bertabrakan dengan gereja di latar belakangnya, kendaraan yang melaju di jalan yang kadang gak terlalu pas.

Untuk mengatasi masalah ini, saya harus mencari posisi yang pas supaya kabel-kabelnya tidak bertabrakan dengan gerejanya, dan mencoba menunggu momen yang tepat. Momen itu datang saat trem berwarna merah dan bentuknya agak klasik (jadul) melintas. Saya mengambil beberapa frame berturut-turut dan foto ini yang saya rasa paling pas karena tremnya cukup dominan, artinya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar dan dominan dibandingkan lingkungan sekeliling dan arsitektur kotanya.

tram-prague-enche-03

Pola abstrak yang saya lihat dengan mata batin

prague-tram-detail

Detail foto. Kebetulan drivernya sedang tersenyum. Kebetulan aja kalau yang ini he he he…

Secara teknis, kendalanya adalah pencahayaan yang tidak merata, bagian atas sangat terang disinari cahaya matahari secara langsung, sedangkan bagian bawah yang gak terkena sinar jadi agak gelap di foto. Seperti biasa, saya berusaha memprioritaskan bagian yang terang, dan membiarkan bagian bawah foto gelap, karena saya tau bahwa bagian yang gelap akan lebih mudah diterangi nanti di editing. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengunakan lensa GND (graduated neutral density) sekitar 2 stop hard GND dapat menolong. Meskipun saya bisa menerangkan bagian bawah foto seterang langit, tapi saya tidak melakukannya karena kesan alaminya akan hilang.

tram-prague-enche-02

Foto ini saya ambil dengan kamera Leica SL dan lensa Leica SL 24-90mm f/2.8-4. ISO 50, f/7.1, 1/250 detik, 67mm.
Saya menyukai hasil foto dari kombinasi ini: Cita rasa  warnanya yang lembut, dan warna paletnya cocok untuk memberikan kesan jadul sesuai dengan kota tua Praha.


Bagi teman-teman yang ingin belajar fotografi supaya hasil fotonya lebih oke secara teknik, komposisi, dan lighting. Boleh mengikuti kursus kilat dasar fotografi & lighting. Jadwalnya bisa dibaca di halaman ini. Info/daftar hub: 0858 1318 3069.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 7 comments… add one }
  • Armunanto October 25, 2016, 6:05 am

    Hello Pak Enche kalo kursus fotografi seperti ini utk daerah semarang dimana? mohon info nya atau Pak Enche ngadain di semarang terima kasih.

  • Dimas RAngga October 8, 2016, 11:00 pm

    Ko enche… Sempel foto before after yg dilampirkan tersebut. Menggunakan editing software atau filter GND ko?

  • Sukotjo Justinus October 8, 2016, 12:04 am

    Hello Enche, apa kabar? Foto trem yg di Prague itu, apakah di Sony A bisa menperjelas front end nya dgn DRO?
    Thks,
    Sukotjo

    • Enche Tjin October 8, 2016, 12:28 am

      Halo pak, kabar baik. Bisa dengan DRO high kalau foto JPG hasilnya akan lebih terang daripada di OFF.

      • Sukotjo Justinus October 8, 2016, 6:52 am

        I see…thanks Enche.

Leave a Comment