≡ Menu

Bahas foto : Daun Momiji di Kuil Eikando

Saat tour ke Jepang akhir bulan Oktober 2016 yang lalu, saya dan teman-teman berkunjung ke kuil Eikando yang dipenuhi oleh pohon-pohon Momiji (Japanese Maple). Setelah berkeliling, saya menemukan tempat air di kuil yang biasanya untuk minum atau cuci tangan.

momiji-01Disini saya melihat ada banyak daun-daun Momiji yang mengapung dan beberapa tenggelam. Iesan yang disamping saya mengatakan kepada saya bahwa jelek sekali daun-daun tersebut, berantakan.. katanya sambil mengajak saya untuk jalan ke tempat lain. Tapi saya terdiam sejenak, sambil melihat lebih detail. Yang saya lihat adalah kualitas cahaya dari belakang yang jatuh menerangi tempat air dan daun-daun Momiji yang berguguran di musim gugur ini.

Menanggapi kondisi yang berantakan ini, justru merasa formasi daun-daun ini menarik sekali karena sangat alami. dan menarik diri saya untuk mengabadikannya. Alhasil, foto ini adalah salah satu foto yang paling saya sukai selama perjalanan ke Kyoto.

 

Leica SL, 24-90mm f/2.8-4 – ISO 640, f/5.6, 1/40 detik , 75mm


Infofotografi secara rutin menyelenggarakan kursus fotografi dan tour foto, untuk melihat jadwal, silahkan kunjungi halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • rama December 4, 2016, 2:42 pm

    om mohon bantuannya, menurut om masih mendingan fujifilm XT-2 atau sony a6500 ?
    lagi bimbang antara itu

    • Enche Tjin December 5, 2016, 10:38 am

      Ada kelebihan kekurangan antara kedua kamera, Sony A6500 punya stabilizer di body dan layarnya touchscreen, lebih murah beberapa juta. Fuji X-T2 unggul di koleksi lensa yang lebih berkualitas (untuk sensor APS-C), body yang lebih tahan banting, desain analog. Saya pikir pilih yang mana saja bagus. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan saja.

      • rama December 5, 2016, 10:08 pm

        terima kasih om

Leave a Comment