≡ Menu

Bahas foto : Warna-warni sayuran di pasar

Saat tour foto ke  Siem Reap, Kamboja, Desember 2016 yang lalu, sebelum berangkat ke Airport untuk pulang ke tanah air, saya memilih mengajak peserta jalan-jalan ke pasar tradisional untuk mengisi waktu dan menambah wawasan tentang pasar di negeri ini.

Saya tidak menargetkan untuk memperoleh foto yang bagus disini, makanya saya santai jalan-jalan dengan mengunakan ponsel Huawei P9 saja. Selain kecil juga tidak mencolok pikir saya. Saya juga berpikir peserta tour mungkin tidak suka ke pasar tradisional yang sempit dan agak sesak. Dua tahun yang lalu, rombongan yang saya bawa juga tidak begitu suka ke pasar Siem Reap. Mungkin waktu itu panas sekali, juga sudah capai. Tapi akhir tahun lalu berbeda, peserta-pesertanya antusias motret di pasar, jadinya kita berkeliling dan memotret cukup lama. Dari yang saya rencanakan setengah jam, jadi satu jam lebih hehe..

warna-warni-pasar-siemreap

Dari foto-foto di pasar ini, saya paling suka foto diatas karena warna-warni sayur-mayur yang dijual benar-benar keluar karena sinar matahari yang pas menyinarinya. Yang tambah menarik lagi, sinar tersebut hanya menyinari sebagian dari sayurnya saja, sehingga memberikan efek spotlight dan membentuk love.

Setelah saya post di Facebook dan instagram, ada seorang teman yang membagikan foto ini ke temannya (Joko Taruno) yang suka ilustrasi/menggambar. Tidak lama kemudian, ilustrasinya jadi, yaitu seperti dibawah ini:

warna-warni-pasar-siemreap-joko-taruno

Keren gak? he he he. Saya merasa cukup senang foto saya dianggap menarik dan digambar dengan akurat dan berseni.

Data teknis foto ini yaitu: ISO 50, 1/240 detik, f/2.2, 4.5mm (ekuivalen 27mm). Kamera ponsel Huawei P9 bisa kita atur setting exposurenya secara manual (ISO, shutter speed dan EV/exposure value), tapi seingat saya, waktu memotret saya mengunakan setting auto. Aperture/diafragma/bukaan lensa tidak bisa diubah, fix di f/2.2 tapi gak masalah karena kita tetap bisa ubah gelap terangnya lewat setting EV.

Setting mode film type yang saya pilih yaitu vivid, makanya warnanya bisa cerah seperti itu hehe.. Tadinya saya tidak suka dengan vivid, karena terlalu mencolok, tapi untuk menonjolkan warna-warni sayuran diatas, mode vivid ternyata sangat tepat.

Pelajaran yang saya dapatkan dari pengalaman waktu itu adalah jangan meremehkan kamera ponsel jaman sekarang, dan pasar yang kadang kotor dan kumuh. Di pasar yang sederhana ini ternyata memungkinkan kita untuk mendapatkan foto-foto yang menarik juga, tidak kalah dengan foto pemandangan matahari terbenam di pantai 😀


Bagi yang menyukai travel dan fotografi, dan ingin hunting bareng, saya rutin menyelenggarakan tour foto. Jadwalnya boleh dibaca di halaman ini.

Untuk ponsel yang saya pakai, Huawei P9 yang punya dua kamera dan lensa Leica, saat ini tersedia di toko ponsel, online dan juga Leica Store Indonesia di Plasa Senayan.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 16 comments… add one }
  • Chin April 9, 2017, 9:17 pm

    Ada alamat , pengin belajar dan berapa duit sekali pertemuan

  • Wahyu January 16, 2017, 1:36 pm

    Koh kamera mirroles yg worth it tahun 2016/2017 ap y?

  • Agus Syafiudin January 13, 2017, 11:33 am

    Harga ponselnya udah lebih mahal dari entry level dslr he he

  • Fajar January 13, 2017, 10:18 am

    Mas enche saya mau tanya. Mungkin out of topic ya tp saya bingung mau tanya dmn lg. Kira2 kalo saya jual kamera canon 700d no minus lengkap dengan harga 5.5 jt itu kemahalan atau malah kemurahan ya mas? Tnks

    • Enche Tjin January 14, 2017, 9:24 pm

      Ada lensanya? Kalau body kamera saja, skrg harga agak turun, sekitar 4-4.25 jt saja.

      • Fajar January 14, 2017, 11:27 pm

        Kalo sama lensa kit 18-55mm jd brp ya mas kira2?

  • Feb January 13, 2017, 6:15 am

    Om, mau nanya kamera yg cocok buat bikin video di tempat bergerak ky bus, kereta dll.Biar ga goyang, cocoknya pake mirrorless, action camera atau mungkin om punya usulan lain.mohon pencerahannya.

  • Anto January 12, 2017, 9:54 pm

    Harga ponsel huawei P9 berapa ko enche?

  • Ericsson January 12, 2017, 8:40 pm

    Ini yang P9 tipe apa ya om?
    Bisa diifokan

  • Ericsson January 12, 2017, 8:39 pm

    Huawei P9 yg mana om?kan ada 3 tipe

  • stanley January 12, 2017, 4:38 pm

    Ko Enche saya mau tanya, kalo untuk ketajaman atau kualitas foto lebih bagus mana? Antara Fuji, sony, dengan olympus? Dalam artian warna dsb. Dengan kondisi kamera mirrorless memiliki spesifikasi yang sama. Mohon pencerahannya.

    Thank’s before.

    • Enche Tjin January 12, 2017, 11:44 pm

      Kalau warna sebenarnya tergantung selera, dan lucunya juga tiap model kamera meski merk-nya sama warnanya agak lain satu sama lain. Jadi agak bingung juga jawabnya. Kalau secara pribadi, saya suka warna Olympus. Leica SL, kamera yang saya gunakan sekarang, warnanya juga sangat mantap.

Leave a Comment