≡ Menu

Refleksi tahun 2016

Tahun 2016 ini saya bersyukur karena memiliki banyak kesempatan untuk traveling. Dan sebagian besar diantaranya travel yang cukup jauh. Diantaranya Yunnan (China), Perth (Australia), Jerman, Prague (Rep. Ceko), Amsterdam (Belanda), Kyoto (Jepang), Siem Reap (Kamboja). Di dalam negeri, saya juga berkesempatan mengunjungi Bromo dan Manokwari, Papua Barat untuk pertama kalinya. Sebagian besar traveling yang saya lakukan untuk kegiatan mengajar dan tur foto.

mood-1040335Kalau saya bandingkan enam tahun yang lalu dibanding saat ini, kehidupan saya dan Infofotografi sangat berubah. Dua tahun pertama, saya ibaratnya bekerja di dalam goa, bekerja sendiri dengan menulis Infofotografi. Saya tidak banyak berinteraksi dengan orang lain di dunia luar. Dua tahun berikutnya saya seperti bekerja di sebuah pulau terpencil. Saya mulai membuat kegiatan belajar mengajar kecil-kecilan. Meskipun lebih mudah menemukan dan mengunjungi sebuah pulau dibandingkan dengan mencari gua yang tersembunyi di dalam hutan, tapi tetap saja banyak yang membutuhkan jasa saya mengaku tidak mudah menemukan saya. Dalam dua tahun terakhir, transportasi antara pulau dan daratan mulai banyak yang saya bangun, dari perahu kecil sampai besar, dan juga ada jembatan.

Dua tahun terakhir saya banyak berhubungan dengan masyarakat fotografi secara luas, melalui portal detikinet.com, dari mengadakan workshop untuk beberapa merk kamera seperti Sony dan Leica. Saya juga semakin sering diundang untuk menghadiri kegiatan fotografi dan undangan peluncuran produk baru maupun menjadi juri lomba fotografi. Saya selalu berusaha menyiapkan waktu untuk menghadari acara-acara tersebut. Jikapun saya berhalangan, Erwin Mulyadi dan Iesan Liang akan menggantikan saya.

Dengan melakukan networking yang cukup aktif maka bulan Agustus 2016 ini saya akhirnya dipercayai menjadi salah satu duta dari Leica. Oleh sebab itu, saya akan mengadakan berbagai workshop dan trip foto tahun 2017 ini.

Hidup saya mengalir dan tanpa sasaran, tapi bukan tanpa ada rencana untuk kemajuan. Untuk tahun depan saya terus akan menjalankan prinsip-prinsip saya dalam membangun dunia fotografi. Saya menginginkan murid-murid dan pembaca Infofotografi mendapatkan wawasan dan pelatihan baru dari berbagai fotografer yang telah berpengalaman dalam mengajar maupun memotret. Saya berharap dua tahun kedepan, akan lebih banyak pihak yang bersedia bekerja sama dengan Infofotografi. Jangan segan-segan menghubungi kami di 0858 1318 3069 atau infofotografi@gmail.com

Dengan ditutupnya tahun 2016, saya berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung Infofotografi, dari pembaca, murid-murid, pelanggan, peserta tour foto, toko-toko kamera, distributor, teman-teman dari Leica, Sony, Canon, Olympus, Sigma dan Panasonic yang telah mendukung Infofotografi dengan berbagai cara dan kesempatan. Semoga tahun depan lebih cerah bagi kita semua.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 8 comments… add one }
  • Jenvendes January 9, 2017, 9:30 pm

    Terima kasih Ko Enche & tim atas pembelajaran baik artikel2 dan kursus onlinenya (belum selesai hehe..). Semoga Infofotografi konsisten memberikan ilmu-ilmunya yg sangat berarti bagi pemula seperti saya. Sukses terus ke depannya

  • prasetyo January 9, 2017, 9:31 am

    mantaaabbb pak enche…… sangat memotivasi untuk terus berkembang…..
    sukses untuk infofotografi… serta kita semua….di tahun 2017….

  • zumarul huda January 8, 2017, 7:07 pm

    Wah, benar-benar memberi reflek juga terhadap pembaca hehe. Btw, Om Enche sekali-kali bisa membuat artikel tentang suka-duka menjadi fotografer traveler, Om? Terima kasih. Semoga tercapai semua angan di tahun 2017 ini hehe

  • angga January 8, 2017, 8:25 am

    Semoga semakin sukses ko Enche, Ci Iesan dan Mas Erwin. Semoga tahun 2017 infofotografi semakin dikenal luas dan semakin sukses dan bermanfaat buat banyak orang khususnya buat para pecinta fotografi.

  • wisnuadji January 8, 2017, 5:59 am

    yang penting itu disiplin dalam berkarya. saya salut sama si om.

  • Laurence January 8, 2017, 12:03 am

    Awesome! Good luck!

  • Tri Hand January 7, 2017, 3:29 pm

    Semakin sukses buat ko Enche dan Infofotografinya…smg semakin bemanfaat buat para pecinta fotografi…

  • Agus Syafiudin January 7, 2017, 1:02 pm

    Semakin sukses Ko Enche dan Infofotografinya

Leave a Comment