≡ Menu

Ricoh umumkan Pentax KP

Pentax KP baru saja diumumkan Ricoh memiliki desain retro seperti kamera film jaman dahulu. Konsep desain kamera KP yang saya tangkap adalah membuat kamera DSLR yang relatif compact tapi fitur-fitur-nya tetap lengkap. Berkat inovasi di bidang miniaturisasi elektronik, Pentax KP ukurannya tipis untuk kelas DSLR, beratnya juga cukup ringan yaitu 640 gram saja. Rata-rata kamera DSLR semi-profesional memiliki berat 750 gram sampai 1 kg.

Seperti kamera DSLR Pentax lainnya, KP bisa berganti lensa, dan yang paling cocok mungkin lensa-lensa Pentax yang desainnya jadul, seperti Pentax 20-40mm f/2.8-4 atau lensa fix pancake 21mm f/3.2, 40mm f/2.8, atau 70mm f/2.4.

Kelebihan utama dari Pentax KP adalah sensor gambar terbaru: 24 MP dengan ISO sampai 819.200, Built-in shake reduction 5 Axis sampai dengan 5 stop dan weathersealing (tahan air, cuaca buruk, debu) sampai -10 Celcius. Meski shutter speed maksimum hanya 1/6000 detik, tapi Pentax memiliki fungsi electronic shutter yang dapat mencapai 1/24000 detik.

Fitur yang memanfaatkan built-in shake reduction yang terdapat di kamera DSLR Pentax K1 dan K3 juga tetap ada diantaranya:

  • Pixel Shift Resolution System: Membuat foto lebih tajam, tapi hanya cocok untuk subjek tidak bergerak dan kamera harus berada diatas tripod
  • Astro tracer: Dapat melacak dan mengetahui posisi pergerakan bintang sehingga bentuk bintang tetap tidak berubah meski mengunakan long shutter speed
  • AA Filter simulation: Melenyapkan moire dengan menggetarkan sensor

Yang menarik perhatian saya dari Pentax KP adalah grip (pegangan) kamera tersedia dalam tiga jenis ukuran (S,M,L) dan bisa diganti oleh pengguna dengan mudah. Battery grip baru juga tersedia jika membutuhkan pegangan yang lebih besar untuk keseimbangan yang lebih mantap saat memotret dengan lensa telefoto.

Meskipun beberapa tahun lebih baru dari Pentax K3 II, tapi Pentax KP kelasnya dan fiturnya tidak selengkap Pentax K1 atau K3 II. Misalnya KP memiliki kapasitas baterai yang lebih sedikit, tidak memiliki headphone jack, tombol AF/AE, dan Layar LCD di bagian atas kamera untuk melihat setting dengan cepat.

Kamera DSLR Pentax ini menurut saya cukup menarik, tapi memang momentumnya agak kurang karena kebanyakan pemula dan penghobi fotografi saat ini beranjak ke arah mirrorless. Tapi bagi penggemar fotografi yang tidak suka ikut tren dan ingin tampil beda, Pentax KP salah satu kamera yang bisa memenuhi keinginan. Pentax KP ini paling cocok untuk penghobi fotografi terutama yang senang outdoor/travel dan yang menyukai konsep desain jadul. Harga kamera ini dibuka di US$1099 / Rp 14.7 juta.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • yusnan arif February 3, 2017, 5:54 pm

    sayangnya distributor di indonesia enggan mempasarkan produk pentax
    kecuali segmentasi seperti k1 k3

Leave a Comment