≡ Menu

Panduan memilih kamera Panasonic

Di dunia kamera mirrorless, Panasonic merupakan pionir. Di tahun 2008, Panasonic membuat kamera digital mirrorless pertamanya yaitu Panasonic G1. Di tahun 2017 ini, sudah banyak peningkatan teknologi di kamera mirrorless, dan hampir semua merk kamera memiliki jenis kamera mirrorless. Di tengah persaingan yang sengit ini, Panasonic berkonsentrasi ke arah membuat kamera hybrid, yang bagus bukan hanya  dalam bidang foto tapi juga video. Saat ini, kamera-kamera Panasonic terkenal atas fitur-fitur dan kemampuan membuat video berkualitas tinggi.

Biasanya, fotografer/videografer memilih Panasonic karena beberapa alasan dibawah ini:

1. Ukuran compact dan ringan

Sistem kamera, baik kamera dan lensa ukurannya relatif compact dibandingkan dengan sistem kamera mirrorless dan kamera DSLR lainnya.

2. Kualitas video

Panasonic memiliki banyak pengalaman dalam membuat kamera video, dan video yang dihasilkan kamera-kameranya sangat detail dan tajam, sebagian besar kameranya sudah dapat merekam video 4K. Teknologi 4K ini juga dikembangkan untuk kebutuhan fotografi, seperti 4K photos, Post focus dan Focus Stacking.

3. Touchscreen dan layar putar

Layar kamera mirrorless Panasonic semuanya sudah layar sentuh, sehingga mudah dalam memotret dan mengganti setting. Di beberapa kamera, layar kamera juga bisa ditekuk dan putar dengan bebas sehingga mudah untuk foto dan video dengan sudut yang sulit.

4. Teknologi Dual IS (kamera dan lensa)

Dual IS adalah istilah stabilizer yang bekerjasama antara kamera dan lensa untuk menstabilkan getaran kamera dan lensa saat memotret dan merekam video sehingga mengurangi ketergantungan pada tripod/monopod. Pada kamera GH5, Dual IS sudah masuk generasi kedua dengan kemampuan mengkompensasi getaran sampai dengan 5 stop.

Setiap sistem kamera memiliki kelemahan, saran saya, seharusnya tidak memilih Panasonic jika..

  • Autofocus tracking subjek bergerak sangat cepat (olahraga, satwa liar dll) kecuali memilih GH5 yang autofocusnya sudah cepat.
  • Sering memotret subjek bergerak di kondisi cahaya yang gelap. ISO tinggi kamera Panasonic tidak sebaik ISO tinggi kamera dengan sensor yang lebih besar (APS-C/full frame). Hal ini bisa diakali dengan mengunakan lensa fix bukaan besar.
  • Butuh kamera dengan resolusi sangat tinggi (Lebih dari 20MP) untuk cetak dengan ukuran spektakuler (1 meter atau lebih).

Berikut beberapa pilihan kamera mirrorless Panasonic tahun 2016-2017

Panasonic GF8 / GF9 (2016-2017) – Kamera gaya hidup (lifestyle camera) – 6.5 juta
Kamera digital mirrorless yang ringkas dan ditujukan untuk masyarakat awam, wanita dan remaja. Layarnya bisa di tekuk ke atas untuk selfie. Harganya terjangkau, dan memiliki beberapa pilihan warna. Perbedaan antara GF8 dan GF9 adalah dari desain kamera dan yang baru (GF9) punya fitur 4K selfie.

 

Panasonic GX85 (2016) – Kamera terjangkau untuk foto dan video – 10 jt
Kamera ini dibuat untuk penghobi fotografi yang mencari kamera yang dapat menghasilkan kualitas foto dan video yang bagus, tapi tetap ingin kamera yang relatif compact dan harga terjangkau. Kelebihan utamanya adalah teknologi dual axis stabilization, layar touchscreen. Karena dibuat supaya terjangkau, kualitas material fisik kamera dan jendela bidik kamera termasuk standar.

Panasonic G85 (2016) – Hybrid photo & video – 13.5 jt
G85 kamera yang dirancang supaya memiliki fleksibilitas untuk foto maupun video. G85 cocok bagi fotografer yang sering menggunakannya di alam dan cuaca buruk, karena desainnya sudah dibuat weathersealed. Dibandingkan GX85, layar LCD G85 dapat diputar ke segala arah, termasuk kedepan, sedangkan di GX85 hanya bisa ditekuk (tidak bisa sampai ke atas untuk selfie). Perbedaan lainnya adalah G85 punya port untuk memasang microphone, fitur ini penting untuk yang suka merekam video atau membuat film dokumenter/film pendek.

Panasonic GX8 (2015) – Fokus ke fotografi dengan desain rangefinder – 14 jt
Berbeda dengan G85 dan GH5, GX8 dirancang lebih khusus untuk fotografi daripada videografi. GX8 memiliki desain seperti kamera rangefinder, jendela bidiknya bisa ditekuk dan diarahkan ke atas, resolusi fotonya 20MP dan sync speed flash 1/250 detik, lebih tinggi dari G85 yang hanya 1/160 detik. Meski memiliki fokus lebih ke fotografi, tapi GX8 juga dapat merekam video 4K. Sayangnya kamera ini tidak memiliki built-in flash, meskipun biasanya para fotografer pro biasanya mengunakan flash eksternal.

Panasonic GH5 (2017) – Kamera terbaik dengan fitur video tercanggih – 27 jt tanpa lensa
GH5 adalah kamera terbaik yang dimiliki Panasonic saat ini, dan kelebihannya memiliki banyak fitur yang sangat canggih dan kinerja yang sangat cepat berkat processor dan sensor terbarunya. Ukurannya agak besar, seperti kamera DSLR semi-profesional dengan berat 725 gram sudah termasuk baterai dan memory card.

Keunggulan utamanya terletak di videografi yaitu kemampuan merekam 4K slow motion dan Full HD slow motion 180fps. Kualitas video 10 bit 4K, 4:2:2 dan 400 Mbps membuat kamera ini diatas semua kamera hybrid lainnya dalam kualitas videonya. Asyiknya lagi, tidak ada batasan durasi dalam merekam video.

Rekomendasi:
Panasonic GX85 saya anjurkan bagi yang mencari kamera yang compact, tapi kualitas foto dan video bagus, dengan harga yang terjangkau. Panasonic G85 saya anjurkan bagi yang suka memotret foto dan merekam video di alam, atau travel blogger, karena kualitas body kamera sangat baik dan weathersealed. Sedangkan Panasonic GH5 saya anjurkan untuk videografer/cinematographer independen atau dokumenter yang membutuhkan kamera dengan fitur video yang lengkap dan paling canggih saat ini.


Bagi yang berminat untuk membeli kamera, lensa, atau titip jual bisa hub kami, WA: 0858 1318 3069, ranafotovideo@gmail.com.

*Harga kamera diatas adalah harga distributor resmi saat artikel ini ditulis, sebelum promosi/cashback. Harga sudah termasuk lensa paket/kit, kecuali kamera Panasonic GH5.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 96 comments… add one }
  • listiyanto April 27, 2019, 1:24 pm

    saya pengguna g85 om. tadinya saya pakai buat video dan masih sampia sekarang. tapi sekarang g85 tersebut mau saya pakai juga ubtuk foto wedding. pertanyaan saya apakan masih layak untuk kebutuhan cetak yang rata2 4R dan pembesaran sampai 16R. trimakasih om enche tjin

    • Enche Tjin April 27, 2019, 9:36 pm

      Saya pikir tergantung lensanya, kalau lensanya bagus, dicetak ukuran besar juga tidak masalah.

  • Adhi April 7, 2019, 5:51 am

    ijin bertanya om, kalau keperluannya untuk traveling dan kasual fotografi saja, menurut om lebih baik mana lumix gf9 atau sony a5100?

    • Enche Tjin April 7, 2019, 9:01 am

      Dari keringkasan si enak GF9, kecil banget kamera dan lensa-lensanya. Lebih responsif (cepet) juga kameranya.

  • Ucok March 27, 2019, 10:56 am

    Mau nanya ko, antara Lumix DMC GF9 vs Sony a6000 bagusan mana ko, saya rencana mau ambil salah 1 di antara 2 merk itu ko, saya nggak tau bagusan mana.

    • Enche Tjin March 28, 2019, 11:36 am

      Keperluannya buat apa ni? foto-foto travel biasa? selfie? video?

  • Steven December 22, 2018, 9:57 am

    Ko saya mau nanya, pilihan saya antara 2, g85 atau xt 20…. kebutuhan untuk compatible traveling dan videografi…. dan kalo menurut koko secara keseluruhan lebih unggul mana yah ko? Tolong sertakan juga rekomendasi lensa yah ko, terima kasih sebelumnya

    • Enche Tjin December 23, 2018, 9:26 am

      Kebetulan kami punya dua kamera tersebut, kalau untuk foto semacam street atau low light saya suka X-T20, tapi kalau traveling ama video suka G85, pegangannya mantap, ada stabilizer di body dan lensanya kecil2.

      • Steven December 23, 2018, 1:18 pm

        Maaf ko, temen ada masukan option lain bila di tambah pilihan sony aplha 7 ii dengan rentan harga lebih tinggi 3 juta…. apakah masih lebih oke g85 koh? Rencana saya mau beli sbelum end year, jadi masukan koko sangat menentukan keputusan saya….

  • Diaz December 9, 2018, 8:40 pm

    Koh nanya, apakah nanti kalo sy ingin upgrade dari g85 ke gh4/gh5, lensa2nya g85 masi bs dipake?

  • Nathans October 27, 2018, 11:15 pm

    Ko kira2 untuk kebutuhan shoot video dan foto wedding kira2 lebih wort it mana ya
    Antara sony a7s vs gh 5?
    Lagi bimbang pilih yg mana

    • Enche Tjin October 28, 2018, 1:30 am

      Jika banyak rekam di kondisi yang gelap A7S, sebaliknya dan kalau banyakan handheld GH5 karena kualitas stabilizernya lebih baik.

  • Brian ardiansyah June 5, 2018, 10:12 pm

    Koo untuk video lebih pilih mana ya?
    Antara g8,gx9,gh4,a6300?
    Diaplikasik lensa prime

    • Enche Tjin June 6, 2018, 12:07 am

      Sulit jg ya, kalau serius ke arah semipro-pro GH4 lengkap fitur untuk videonya dan kualitas hasil video 4k nya bagus.

  • Fadil April 27, 2018, 12:12 pm

    Rekomen lensa yang pas dong koh utk sehari2 video dan vlog serta foto yg tajem apa ya koh? Utk panasonic g85.

  • Ivan April 13, 2018, 9:18 am

    Koh..
    Maaf diluar topik..
    Mau tanya untuk service lensa panasonic, kira” dmn ya? Karena panasonic center tidak terima service lensa..

  • Rio March 20, 2018, 6:17 pm

    Saya lagi cari kamera utk travel, yang cukup mudah dibawa dan sharp gambarnya. Pilihan saya adalah Lumix gx7/gx85 atau Sony a6000 atau Fuji XT-10. Bisa kasih saran mana yg paling bagus. Makasih

    • Erwin Mulyadi March 21, 2018, 12:48 pm

      Tidak ada kamera yg paling bagus. Semua kamera bagus tergantung kebutuhan kita, dan tiap kamera punya plus minus.

  • Immanuel February 16, 2018, 10:07 am

    Pagi om, mohon pencerahannya apakah dengan selisih harga 5jutaan dgn g7, g85 layak untuk dibeli ditahun 2018.. ataukah lebih baik ke g85.. karena yang saya baca perubahan yang ditawarkan tidak sesignifikan itu(tolong diralat jika keliru). Mohon dibalas om thanks

    • Enche Tjin February 16, 2018, 10:12 pm

      Ya, tergantung apakah stabilization dan splashproof penting? Bagi sebagian orang penting, bagi sebagian lainnya tidak penting? Apakah pantas perbedaan 5 juta juga tergantung kebutuhan masing-masing.

  • dani priyo January 9, 2018, 8:27 am

    secara keseluruhan bagusan fujifilm xt10 atau lumix 85?

    • Enche Tjin January 9, 2018, 12:42 pm

      85 lah

      • dani priyo January 9, 2018, 1:12 pm

        buat lenscape fotografi adakah faktor yang mempengaruhi baik buruknya hasil dari suatu kamera?, kok baca di cameradecision buat score lanscape lumix gx85 cuman dapet 55 ( average)
        makasihh

  • SPJ December 22, 2017, 10:07 pm

    pak mau nanya nih bingung bgt mau beli apa untuk keperluan foto dan video dan street mending beli a7s, a7II, atau gh5? tolong masukannya pak dan kira2 pake lensa apa yg bagus dibawah 10jt.

    • Enche Tjin December 24, 2017, 11:09 pm

      Kalau video GH5 sangat bagus kualitas dan kecanggihannya. Kalau A7S kalau sering video di tempat yang sangat gelap. Kalau lensa dibawah 10 juta tapi bagus kualitasnya biasanya lensa fix seperti lensa 25mm atau 50mm.

  • ivan hutabarat November 21, 2017, 4:06 pm

    Hallo Ko.. saya baru banget nih di dunia fotografi, baru mau belajar lebih dalam.
    Menurut Koko untuk saya yang pemula ini belajar foto dan video lebih cocok pakai
    Lumix G7 atau Lumix FZ300, belum sampai budgetnya kalau harus memilih GH 5
    thanks ya Ko

  • Hasri November 16, 2017, 8:17 pm

    Tanya ko, kalau Lumix DMC-G7 sudah bisa merekam video lebih dari 30 menit ko? Atau ada saran nggak ko Camera mirrorless yg bisa rekam lebih dari 30 menit, terima kasih sebelumnya, 😀

    • Enche Tjin November 16, 2017, 8:49 pm

      G7 belum bisa, yang bisa setau saya Panasonic GH5 yang tak terbatas.

  • Raja November 16, 2017, 4:42 pm

    Ko,saya masih bingung milih antara g7 sama sony a6000 yg bagus buat film making,saya sebenarnya mau ambil g7 tapi low light nya kurang bagus dibanding sony ko,tolong pencerahannya

    • Enche Tjin November 16, 2017, 8:52 pm

      Kalau banyak di low light bisa pakai Sony, atau tetap bisa pakai G7 tapi pilih lensa yang bukaannya besar.

      • Raja November 20, 2017, 1:44 pm

        Bukaan nya besar,contohnya apa ko?saya masih baru soalnya,

        • andy May 28, 2019, 7:03 pm

          yang appertur/ bukaannya ( f ) sperti panasonic 25 f 1.4 , pan 20 f 1.7, voightlander 17 f 0.95, f angkanya semakin kecil berarti appertur semakin besar, cocok untuk gelap2 an

  • Nanda October 5, 2017, 11:58 am

    Maaf ko mau tanya, antara kamera lumix dmc gf8, sony a5000, canon m10, dan nikon j5 bagus yg mana ya scra kseluruhannya? Dan Untuk kamera lumix dmc gf8 itu bisa diganti lensanya tidak ya? Teriamakasih

  • Kevin October 5, 2017, 12:38 am

    Mau nanya, seperti yg saya research ada 2 versi gh4 yaitu domestic utk US dan international. Nah yg beredar di indonesia itu international bukan? Dan jika iya apakah masih memiliki limit merekam 30 menit? Soalnya baca2 juga ada gh4r untuk international dimana sdh tidak asa limit dan ada v-log L untuk picture profile.

    • Erwin Mulyadi October 5, 2017, 2:10 pm

      Limit merekam 30 menit itu wajar, kalaupun belum 30 menit tapi sudah mencapai 4 GB juga di limit. Alasannya karena file komputer tidak bisa lebih besar dari 4 GB.

      • andy May 28, 2019, 7:05 pm

        ini klo msh menggunakan os windows 32 bit dan format hdd fat, di sarankan menggunakan format hdd ntfs dan windows 64 bit , cmiiw

  • Mahardhika fahmi August 9, 2017, 12:17 pm

    halo ko, saya mau minta rekomendasi antara a6300, gh4 atau g85, mungkin ada yang menjadi point unggulan dari tiap kamera tsb, tapi saya masih bingung pilih yang mana, kebutuhan saya untuk cinematic shortfilm

    thanks ko.

    • Enche Tjin August 9, 2017, 2:51 pm

      Panasonic GH4 untuk membuat video yang serius lebi oke karena fiturnya lengkap, ada headphone jack, kapasitas baterai lebih besar, sedangkan yang G85 punya built-in stabilizer, untuk traveling tanpa tripod stabilizer akan sangat membantu.

      • Mahardhika fahmi August 22, 2017, 1:51 pm

        kalau kelebihan a6300 ada pada auto fukusnya dan bisa slowmo 120 fps nah apakah perbedaan nya signifikan dengan g85 ko? Lalu antara g85 yang ada build-in-stabilizer nya dengan a6300 lebih unngul mana kalau untuk cinematic shortfilm ko ?

        Kalau anda sendiri menyarankan yg mana ko

        Thanks a lot

    • andy May 28, 2019, 7:08 pm

      berbicara cinematic ruang lingkup nya luas om, mulai dr lighting, pilihan lensa dengan bukaan besar (bokeh) , kemudian pasca produksi yaitu di color grading nya, semua kamera di atas sudah bisa untuk cinematic look, cmiiw

  • Anthony Wijaya July 1, 2017, 9:56 am

    Kalau lumix g7 dibandingkan dengan lumix g85 lebih baik mana ? (Video)

  • Anthony Wijaya June 30, 2017, 11:48 pm

    kamera panasonic lumix g7,apakah lebih baik dari gx85 ? Saya sedang mencari kamera yang memiliki keunggulan di video

    • Enche Tjin June 30, 2017, 11:52 pm

      Kalau konsentrasi di video, G7 lebih lengkap fitur videonya, misalnya layar bisa diputar bebas, ada mic jack dan baterai lebih awet. Kelebihan GX85 ada stabilizer di body jadi kalau merekam videonya tanpa tripod gak begitu shaky/goyang.

  • Ahmad Fauzan Maulana June 29, 2017, 9:26 pm

    mau nanya nih om,kalo menrut om panasonic lumix g7 sama sony A6000 mendingan mana om?

    • Enche Tjin June 30, 2017, 11:54 pm

      Tergantung aplikasinya buat motret apa? Secara keseluruhan, A6000 specnya lebih baik terutama untuk subjek bergerak cepat dan ISO tinggi (foto tempat gelap).

  • Fendi June 20, 2017, 7:30 am

    Permisi om, bagusan G85 atau Fujifilm XT-20 untuk kondisi pengambilan gambar bergerak di malam hari? Atau opsi lain dgn rentang harga yg tidak jauh?

    • Enche Tjin June 30, 2017, 11:53 pm

      Untuk low light X-T20 dengan lensa bukaan besar lebih baik daripada G85.

  • Fariz June 12, 2017, 3:26 am

    Mohnn infonya..sya basic di video… Yg sya tanyakan..jenis kamera apa yg tahan lama durasinya buat rec..dn apkah..lumax. Fz 300 atau g 85 yg bsa rec.tahan lama tanoa berhenti..dan maximaldurasinya brp jam

    • Enche Tjin June 12, 2017, 9:54 am

      Keduanya sebenarnya kamera foto, jadi dibatasi ke 30 menit videonya. Ada pengecualian yang bisa lebih dari 30 menit misalnya Panasonic GH5.

  • Alfred May 21, 2017, 1:34 am

    Ko, mao nanya..

    Saya tertarik membeli GH5 untuk video. Saya memiliki lensa tokina 11-16 mm DX APS-C. Na, setelah sya research, sya bingung memilih adapter yg cocok untuk lensa ini, apakah Metabones T Speed Booster Ultra 0.71x Adapter atau XL 0.64. Yg mana yg harus sya beli ya? Terima kasih.

    • Enche Tjin May 22, 2017, 10:08 pm

      Terus terang saya juga agak bingung, apakah lensa APS-C (EF-S) compatible dengan adapter tersebut. Tapi jika saya harus memilih, 0.64 itu akan lebih oke, karena menurut perhitungan saya, sudut pandang lensanya akan lebih lebar seperti saat lensa tersebut dipasang di kamera APS-C.

  • Agung Subekti April 24, 2017, 7:56 am

    G85 body only berapa ya? Saya sudah punya gx85 karena waktu itu g85 belum available

  • Ilham Mubarok April 3, 2017, 10:44 am

    Ko saya masih ragu pilih g85 dan a6300. Kebutuhan kira kira 65% video dan 35% foto. Yg bikin bimbang g85 punya dual I.S yg cakep dan a6300 punya slowmotion 120fps dan handal di lowlight. Mana yg lebih worth it untuk saya ko? Terimakasih

  • Axel April 2, 2017, 8:46 am

    Kalo.XT20 compare ama G85 bagaimana om? Seimbang ga? Apa tetap pilih Panasonic?

  • Putri March 26, 2017, 6:57 pm

    Ko, mau tanya nih saya masih bingung mau ngambil sony a7 atau lumix g85 , budget saya 15 jutaan , kalo sony jago di low light nya , tapi lumix fitur video nya sudah 4k , kebutuhan untuk daily , portrait dan video. Tolong rekomendasikan ya ko

    • Enche Tjin March 28, 2017, 12:38 pm

      G85 asyiklah buat berbagai jenis kebutuhan. Tidak begitu besar jg sistemnya. Kalau low light bisa diakalin karena ada teknologi stabilizer, atau pakai lensa bukaan besar.

  • Amri March 20, 2017, 4:48 pm

    Om, kalau diantara panasonic FZ1000 sama GX85 lebih baik mana om. digunakan fokus untuk video.

    • Enche Tjin March 20, 2017, 7:23 pm

      Perbedaannya cukup banyak, kalau FZ1000 itu lensanya tidak bisa dilepas, tapi bisa zoom jauh sekali. Kalau GX85 bisa ganti-ganti lensa dan kualitasnya lebih baik.

    • Enche Tjin March 24, 2017, 12:46 am

      FZ1000 untuk travel oke, karena zoomnya luas, tapi kalau indoor kualitasnya dibawah yang GX85.

  • Amri March 20, 2017, 11:49 am

    Om mau nanya dong, ane lagi bingung milih camera buat video. intinya buat produk review dan saya masih newbie. Ada beberapa pilihan yang menurut saya bagus, yaitu canon 70d, 80d, Panasonic G7, G85, GH4. Canon 70d/80d bagus di fast trackingnya tp blm 4k, panasonic g7 4k tp belum ada image stabillization sama autofocus kurang bagus dibanding 70d/80d. g85 udah imaga stabillization, GH4 punya sebrek fitur video plus ga ada limit waktu rekam. jadi bingung nih ko, 🙁

    • Enche Tjin March 24, 2017, 12:45 am

      Masing-masing ada plus minusnya, yang paling fleksibel dan kualitas cukup bagus adalah Panasonic G85, simple, compact dan praktis. Kalau saya pribadi akan pilih G85 Kalau 70D, 80D mesti lebih disiplin karena lebih besar, perlu tripod/monopod untuk membantu kestabilan, bagus untuk subjek bergerak.

      • Amri March 30, 2017, 10:22 pm

        na itu dia om, saya bingungnya soal autofocus trackingnya om. sony a5100, a6000, 70d, 80d, atau yang baru t7i dan 77d itu bagus af trackingnya tp belum 4k, belum ada image stabillization.

  • Ahmad S March 17, 2017, 1:43 am

    Mau tanya ko, kalo berdasarkan pertimbangan dari segala aspek dan juga untuk pemakaian 3-4 tahun kedepan…
    Ko Enche sendiri akan lebih memilih Lumix GX85 kit atau Sony Alpha 6000 kit?
    Dan kalo dari kemampuan low light dari kedua kamera tersebut bagaimana ko, apakah perbedaannya jauh?
    mengingat sensor Lumix GX85 lebih kecil dan juga katanya kamera Sony memang joss banget di lowlight nya..
    Ditunggu banget jawabannya ya kok 🙂

    • Enche Tjin March 17, 2017, 9:37 am

      Saya sendiri lebih memilih Panasonic GX85 saat ini karena beberapa aspek: lensanya lebih banyak pilihan dan kecil-kecil, ada built-in stabilization (berguna untuk foto dan video), layar touchscreen, Untuk kondisi cahaya gelap, sama-sama baik kalau subjeknya gak bergerak, tapi kalau bergerak, Sony A6000 lebih baik. Keduanya kualitasnya baik. Review kedua kamera bisa dibaca di infofotografi juga.

  • Fauzan March 13, 2017, 10:59 am

    Koh, minta sarannya buat milihin kamera dengan budget sya yang minim
    Antara panasonic DmC-Gx7 dengan olympus omd em 10
    Terimaksih

  • yohanrineko March 12, 2017, 9:22 pm

    Penasaran sama g85 om
    Kira maksimal iso wajar sampai berapa ya ?

    Apakah di iso 3200 masih bisa di tolerir ?

    • Erwin Mulyadi March 13, 2017, 1:18 pm

      Sensor M4/3 biasanya batasnya di ISO 1600, soal toleransi di ISO 3200 tergantung masing2 orang dong

  • komarkren March 9, 2017, 5:31 pm

    Lumix gh 5 apakah masih pakai crop faktor om, kalau ada berapa crop faktornya? Tolong dibahas masalah lensa untuk panasic juga om.

  • Jefri March 4, 2017, 7:21 am

    kalau menurut om entje enaknya ambil G85 atau Sony A7II ya? harga keduanya tidak jauh beda soalnya

    • Enche Tjin March 4, 2017, 9:54 am

      Setau saya beda harganya lumayan jauh antara G85 (13.5 jt dengan lensa) dan A7II (20 juta body only). Kalau kualitas gambar, A7II lebih baik, tapi G85 lebih ringkas dan handal buat foto maupun video untuk travel misalnya.

  • Alan March 3, 2017, 4:37 pm

    Om, G85 di indonesia kit lens-nya kok saya liat 14-42 ya? Bukannya harusnya 12-60?

    • Enche Tjin March 3, 2017, 11:46 pm

      12-60mm itu di kawasan lain, di Indonesia diputuskan 14-42mm supaya tidak terlalu mahal harganya.

  • Aryo February 25, 2017, 10:07 am

    Maaf pak mau ikut nanya saya bingung menentukan pilihan antara olympus em10 mark II atau Panasonic gx 85? Menurut bapak lebih worth it yang mana ya? Point apa yang menjadi alasan pilihan bapak? Terima kasih banyak bantuannya pak…

    • Enche Tjin February 25, 2017, 12:01 pm

      Secara keseluruhan dan dari berbagai aspek, G85 kamera yang lebih bagus, misalnya layar bisa diputar, jendela bidik lebih besar, kinerja dan buffer lebih lapang, kualitas video bagus, sudah mendukung 4K juga. Oly punya kelebihan ukurannya lebih kecil, cocok kalau mau makai lensa-lensa kecil, tapi kedepannya jika ingin pakai lensa besar/panjang, G85 lebih enak pegangannya.

  • edy February 21, 2017, 7:54 pm

    Maaf ko, Lumix FZ300 n Lumix FZ2500 di bahas juga dong????

    • Enche Tjin February 21, 2017, 8:05 pm

      FZ2500 pernah dibahas. FZ300 belum dibahas, tapi kualitas gambarnya gak sebaik yang fz3500 karena sensornya jauh lebih kecil.

  • Joe February 21, 2017, 3:17 pm

    Hallo pak…

    Menurut bapak kalau Panasonic GX8 dibanding olympus omd em 10 (MK2) dan Sony A6300 mendingan mana pak? Kebutuhannya untuk bikin video VLOG, foto2 untuk review produk, dan video dan foto2 liputan…

    Thank you sebelumnya

    • Enche Tjin February 21, 2017, 3:24 pm

      Rekomendasi saya Panasonic G85 untuk video+foto seimbang, dan fiturnya lengkap.

      • Joe February 21, 2017, 6:18 pm

        IC. Tapi cuma 16mp pak..kalau GX8 bisa support resolusi 20mp. Alasan bapak recommend GX8 di point apa?

        • Enche Tjin February 21, 2017, 8:11 pm

          16MP tapi gak ada low pass filter sehingga ketajaman lebih baik, sedangkan GX8 itu 20MP tapi ada low pass filter dan kualitasnya dibandingkan gak berbeda, kalau di zoom 100% cenderung lebih soft. 20MP di GX8 ini berbeda dengan GH5.

  • Tugunk February 21, 2017, 7:41 am

    Mau nanya ko, saya lebih tertarik di videography, perbedaan sony A7S dengan Panasonic GH5 apa ya? Lebih rekomen A7S atau GH5 ya untuk video? Terima kasih.

    • Enche Tjin February 21, 2017, 10:51 am

      Dibanding A7S, GH5 punya banyak kelebihan fitur yang berguna untuk video, misalnya layar sentuh dan bisa diputar bebas, bisa 4K slow motion, autofokus lebih cepat, dan stabilizer di body. Sedangkan A7S punya satu keunggulan yaitu kalau video di tempat yang gelap banget dengan ISO sangat tinggi (10000) misalnya masih oke, sedangkan GH5 bagusnya kalau sampai ISO 3200.

  • Fauzan February 19, 2017, 8:37 pm

    Maaf koh, sdikit melenceng pertnyaan dari yang dbahas diatas. Soalny bener-bener bingung ama pilihan saya
    minta saranya
    Lebih pilih mana antara nikon j5, canon eos m3, dengan olympus omd em 10
    Keperluan saya hanya sekedar hoby buat menemani travelling& diantara itu hasilnya yang oke
    Terimaksih sebelumnya

    • Enche Tjin February 19, 2017, 8:54 pm

      Kok gak ada kamera Panasonic dalam pilihannya? haha. Masing2 kamera diatas ada kelebihan kekurangannya. J5 kecil, autofokus cepat, Canon EOS M3 autofokus agak lambat, tapi kualitas cukup, OMD EM10 cukup oke, lensa-lensa banyak, kalau saya lebih cenderung ke Olympus OMD EM10 (apalagi yang II).

      • Fauzan February 20, 2017, 6:09 am

        Iya hehe soalnya yang srek dari panasonic tapi budget kurang.
        Kalo untuk nikon j5 kira” gimana koh dari segi kualiatas? Boleh dong kasih reviewnya, budget kayaknya ngajak k j5

  • Nisa February 19, 2017, 6:11 am

    Mau tanya om, antara GH5 vs Olympus EM1 mk2 mana yang paling bagus dari segi kualitas gambar secara harganya gak beda jauh?

    • Enche Tjin February 19, 2017, 4:58 pm

      Kualitas gambar kurang lebih sama sih. Panasonic GH5 jauh lebih piawai di video pro. Kalau saya mungkin cenderung ke Panasonic mengingat harganya hampir sama.

  • Nanda February 19, 2017, 3:57 am

    Maaf ko, mau tanya sebenernya ini melenceng dr yg dibahas di artikel ini, sy mau tau tanya kalo kamera canon eos m10 sm sony a5000 bagus mana ya? buat foto-foto waktu travelling dan sehari-hari gitu. Dan saya mau tanya kalo kamera yg bisa charge pakai powerbank ada tipe apa aja ya? Apa diantara 2 yg sy tanyakan ada yg bisa dicharge pakai powerbank? Trimakasih

    • Enche Tjin February 19, 2017, 5:02 pm

      Keduanya gak bisa dicharge pake power bank. Yang bisa Panasonic GX85, Sony A6000. Dibanding A5000, bagus dan lebih friendly Canon EOS M10.

  • Alan February 17, 2017, 9:01 pm

    Ergonomis di gx85 bagaimana ya? Karena gripnya kecil, sedangkan saya terbiasa dengan dslr. Ingin yg compact tapi nyaman di tangan juga (seperti dslr). Oh iya klo g85 kit lens di indonesia saya lihat beda dg negara lain ya?

    • Enche Tjin February 17, 2017, 9:52 pm

      Kalau pakai lensa-lensa kecil seperti 12-32 (kit), 35-100mm f/4-5.6 atau fix seperti 20mm f/1.7, 15mm f/1.7, 42.5mm f/1.7 masih oke, tapi kalau mau pasang lensa-lensa besar dan dapat feel seperti DSLR mini saya anjurkan yang G85.

Leave a Comment