≡ Menu

Photo Story trip Yogyakarta – 31 Maret-2 April 2017

Awal tahun ini, Infofotografi akan mengunjungi Yogyakarta untuk mengadakan workshop Photo Story. Mentoring akan diisi dengan pembekalan, praktik, dan evaluasi oleh Taufan Wijaya (fotografer dan penulis Photo Story Handbook), Bimbingan teknis fotografi di lokasi akan di bantu oleh Enche Tjin. Trip ini terbuka bagi para pembaca, alumni kursus, serta para penggemar fotografi.

Yogyakarta adalah kota kunjungan wisata yang klasik, penuh dengan budaya dan peninggalan sejarah. Bila foto trip hanya memotret tempat eksotis, mungkin akan membosankan (meski tentu, unsur “piknik” dan kuliner akan tetap ada dalam setiap perjalanan, termasuk kali ini). Di trip ini kita akan berkenalan dengan tradisi dan budaya masyarakat Jogja lebih dekat, dan membingkainya dalam photo story.

Photo story secara sederhana adalah rangkaian foto-foto yang membentuk cerita. Namun photo story bisa dikerjakan dalam beberapa bentuk dan pendekatan. Nah trip ini adalah perjalanan memotret sembari mengikuti workshop singkat bagaimana mengerjakan photo story yang baik.

Pembuatan Mie Lethek, Kredit foto: Nia

Kredit foto: Nia

Itinerary

Jumat, 31 Maret 2017 
Meeting point di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, sore hari pukul 16.00 WIB
Inti malam pertama setelah kedatangan di Jogja adalah pembekalan photo story, atau semacam kelas singkat. Di sini peserta akan dikenalkan bentuk-bentuk photo story dan bagaimana mengerjakannya, mengembangkan ide, dan bertukar pengalaman memotret. Namun sebelum itu, menikmati Jogja di waktu sore dan menikmati kuliner tidak akan dilewatkan.

Sabtu, 1 April 2017 
Pagi hari kita akan mengunjungi tempat pembuatan mie lethek, mie khas Jogja tradisional. Sebagian tempat masih menggunakan sapi untuk menggiling mie. Di sini kita akan membuat photo story dalam bentuk deskriptif dari hulu sampai hilir. Selain di sini kita juga akan mengunjungi perajin topeng.

Setelah berkuliner dan kembali ke hotel. Sesi evaluasi dimulai. Peserta diharap menyetor 15-18 untuk dicetak dan diedit(memilih foto/menyunting) menjadi story. Di sini peserta akan melihat bagaimana foto-foto dipilih dan disusun menjadi cerita yang baik.

Minggu, 2 April 2017 
Berbekal skill membuat cerita dari praktik dan evaluasi di hari sebelumnya, perjalanan berikutnya adalah membuat cerita proses pembuatan tenun lurik. Tenun yang digunakan sebagai bahan baju abdi dalem. Dari sini kita akan mengunjungi kawasan wisata di Keraton dan Taman Sari untuk sekadar memotret senang-senang dan menghabiskan sore sebelum menuju Bandara atau pulang ke rumah masing-masing.

Biaya: Rp 2.450.000 per orang

Maksimum 10 peserta

Biaya termasuk

  • Biaya akomodasi hotel bintang 3, sharing 1 kamar berdua
  • Biaya makan selama tour foto
  • Biaya transportasi
  • Biaya masuk tempat wisata
  • Biaya mentoring oleh Taufan Wijaya, Enche, Asisten

Biaya tidak termasuk

  • Biaya transportasi ke meeting point (tiket pesawat, KA, dll)
  • Belanja pribadi
  • Tips supir (Minimum Rp 30.000,-)

Cara mendaftar

  1. Hubungi 0858 1318 3069 atau infofotografi@gmail.com untuk reservasi tempat.
  2. Melunasi biaya tour dengan transfer ke Enche Tjin via BCA 4081218557 atau Mandiri 1680000667780
  3. Info ke WA 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Meis February 28, 2017, 5:27 pm

    Bikin Di jakarta dongg…

Leave a Comment