≡ Menu

Bahas foto : Hutan Bakau Karangsong & Komposisi segitiga emas

Saat memotret foto diatas, rumus komposisi yang saya gunakan adalah komposisi Golden Triangle atau komposisi segitiga emas. Bentuk komposisinya seperti ilustrasi disamping kanan ini.

Foto ini saya buat di hutan bakau (mangrove) di Karangsong. Saat pertama kali kita masuk, kemungkinan kita akan sedikit bingung karena tetumbuhan bakau itu memang sangat berantakan, dan tidak begitu fotogenik. Tapi jika kita sabar dan mengamati dengan teliti, bisa saja kita menemukan komposisi garis yang menarik. Contohnya di foto diatas.

Kondisi di area hutan bakau biasanya juga agak gelap karena cahaya matahari tertutup oleh dedaunan yang lebat, maka itu saya mengunakan setting ISO yang cukup tinggi yaitu ISO 640, f/5.6 dan shutter speed 1/30 detik. Focal length/jarak fokus lensa yang saya gunakan adalah 24mm di kamera full frame (Leica SL + Leica SL 24-90mm f/2.8-4).

Contoh lainnya adalah foto ikan hiu berukuran kecil dan sedang yang dijual secara legal di pelelangan ikan Indramayu. Posisi ikan saya letakkan secara diagonal mengikuti komposisi golden triangle ini. Silahkan dibayangkan garis-garisnya ya.


Bagi teman-teman yang ingin belajar atau mengikuti kegiatan fotografi, silahkan melihat jadwal di halaman ini. Terima kasih.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment