‚Č° Menu

Fujifilm X-T20 vs Sony A6300

Fujifilm X-T20 baru saja di-launching di pasar Indonesia 18 Maret 2017 yang lalu. Dan sebelumnya, saya sudah menerima banyak pertanyaan dari pembaca tentang kamera mana yang terbaik.

Dari segi kualitas gambar, keduanya memiliki sensor generasi terbaru APS-C 24MP, sehingga kualitas gambar kurang lebih sama. Sensor kamera Fujifilm mengunakan desain X-Trans, sehingga sedikit lebih tajam, tapi saat editing, lebih fleksibel dengan mengunakan sensor APS-C biasa (Bayer) yang digunakan Sony A6300. Untuk foto di kondisi low light, keduanya kurang lebih setara.

Keunggulan Sony A6300 terletak di bagian video, karena Sony secara historis memang sudah lebih terkenal di dunia video. Tapi spesifikasi Fujifilm tidak jelek juga, karena sudah bisa merekam video 4K namun A6300 melebihinya dengan kemampuan merekam video slow motion 120fps di resolusi full HD, sedangkan Fuji X-T20 hanya 60 fps di resolusi yang sama.

Kinerja kecepatan foto berturut-turut Sony A6300 juga lebih cepat yaitu maksimum 11 foto per detik dibanding 8 foto per detik. Soal autofokus, keduanya sudah cukup cepat untuk subjek bergerak, karena sudah didukung dengan sensor deteksi fasa. Kalau dibandingkan dengan teliti lebih, deteksi fasa Sony lebih canggih.

Di lain pihak, Fujifilm X-T20 punya keunggulan di sisi desain. Seperti kamera Fuji X lainnya, Fuji mengadopsi desain retro seperti kamera DSLR era film. Pengaturannya khas kamera film jaman dulu, seperti roda shutter speed diubah dengan roda di bagian atas kamera. Juga ada pengaturan efek-efek film simulation untuk membuat hasil gambar seperti hasil kamera film jaman dahulu. Sedangkan kamera Sony A6300 desainnya lebih minimalis dan terkesan modern.

Fujifilm X-T20 juga dilengkapi dengan layar sentuh untuk memilih fokus, memotret, dan untuk meninjau gambar bisa swipe, pinch in and pinch out, sedangkan A6300 tidak bisa.

Dari segi harga, A6300 lebih mahal Rp 1 juta. Dan kalau bicara soal sistem kamera dan pilihan lensa-lensanya. Pilihan lensa Sony E-mount untuk kamera bersensor APS-C seperti A6300 tidak sebanyak dan tidak sekualitas lensa Fuji, tapi harga lensa-lensa Sony lebih terjangkau dan lebih fleksibel untuk diadaptasikan dengan lensa-lensa lain termasuk lensa-lensa untuk kamera DSLR.

Jadi lebih baik pilih kamera yang mana? Menurut saya ini benar-benar pilihan yang sulit untuk memilih karena keduanya punya banyak persamaan di spesifikasi, tapi juga punya beberapa sisi yang sangat berbeda.

Menurut saya, jika mencari teknologi yang tercanggih dengan kinerja tercepat dan juga mementingkan video, maka Sony A6300 kamera yang tepat untuk dipilih. Tapi jika pengguna yang lebih memprioritaskan faktor desain dan kepraktisan dalam penggunaan, maka saran saya lebih baik memilih Fuji X-T20.

Kelebihan Fujifilm X-T20

  • Pilihan lensa Fuji X untuk APS-C lebih banyak
  • Desain retro
  • Layar touchscreen
  • Harga kamera 1 juta lebih murah

Kelebihan Sony A6300

  • Kinerja foto berturut-turut lebih cepat
  • Dapat untuk merekam video slow motion 120fps
  • Jendela bidik sedikit lebih besar
  • Kinerja autofokus lebih canggih
  • File Bayer lebih compatible ke software Adobe untuk editing

Sudah punya kamera? Jangan lupa ikuti kupas tuntas kamera digital. Dengan mengikuti kursus ini, Anda akan lebih mengerti setting kamera, fungsi tombol dan membuat foto Anda lebih bagus daripada mengandalkan fungsi Auto saja.

Infofotografi juga memiliki panduan berbentuk e-book (Pdf) yang dapat dipesan di halaman ini termasuk panduan setting untuk Fuji X-T20.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 124 comments… add one }
  • tony p December 13, 2017, 10:22 pm

    Salam ko…
    Maaf. Mau minta saran.
    Saya lagi mempertimbangkan antara si xt-20 vs lumix gx8.
    dengan sensor berbeda yang dimiliki masing masing tersebut, untuk hasil foto dan video lebih cenderung yg mana ya ko??
    Foto lebih recomended yg mana?
    Video lebih recomended yg mana?
    Terima kasih ko… Sehat dan sukses selalu…

    • Enche Tjin December 14, 2017, 10:26 am

      Fuji X-T20 lebih baik di foto, kalau di video kurang lebih sama, yang unggul dari GX8 adalah built qualitynya yang tingkatnya profesional (weathersealed), lebih tahan banting, viewfinder lebih besar dan bisa ditekuk keatas.

      • tony p December 14, 2017, 3:47 pm

        Ok ko..
        Jd kesimpulan secara hasil sedikit lebih unggul xt-20 ya..
        Cuma secara fisik jauh gx8.
        Sippp.. Makasih masukanya ko..
        Salam

  • Geek November 28, 2017, 4:39 pm

    mending a6000 yang sekarang udah 7jutaan atau xt20 yang masih 13jutaan??..
    ooh ia ko, emang kenapa hasil gambar xt20 dieditnya lebih sulit ya??

    • Erwin Mulyadi November 28, 2017, 4:46 pm

      Value for money ya A6000, kecuali memang ingin semua kelebihan yg ada di XT20. Sulit diedit mungkin maksudnya RAW-nya ya? Karena Fuji sensornya beda, dia pakai X-trans bukan spt kamera pada umumnya.

      • Geek November 29, 2017, 8:09 am

        ia RAW nya…. emang kenapa RAW nya?
        ko update dong halaman rekomendasi kamera nya…hehe

        • Erwin Mulyadi November 29, 2017, 8:14 am

          Ya karena pakai desain color filter yg tidak sama spt kamera lain di sensornya, maka RAW-nya juga kurang maksimal bila diedit di lightroom dsb. Halaman rekomendasi kamera rutin di update kok.

          • Geek November 29, 2017, 1:49 pm

            kalo koleksi lensanya gimana fuji?
            bukannya lensa yang kualitas nya bagus2 banyaknya dari fuji kan ya?
            maksudnya kalo saya beli sony, apa bisa pake lensa fuji yg bisa autofocus.

            maaf banyak nanya koh….hehe

  • andre November 22, 2017, 1:13 pm

    ko mau tanya, klo XT20 sama OMD EM10 mrk iii bagus mana ko? untuk kbutuhan video dan foto

    • Enche Tjin November 23, 2017, 10:47 pm

      Ada plus minus masing2, untuk foto tempat gelap dan subjek bergerak, X-T20 unggul, tapi kalau soal video, pilihan lensa, dan ukuran/berat, Olympus lebih unggul.

  • yusuf September 29, 2017, 11:42 pm

    koh, kalo milih antara beli x-e2s + lensa 35mm F2.0 atau beli x-t20 +lensa kit 16-20 II, mending yang mana ya ? thanks koh.

    • Enche Tjin September 29, 2017, 11:57 pm

      Tergantung motret apa tujuannya. Kalau ingin yg fleksibel paket lensa zoom tentunya lebih baik.

  • Fadli September 24, 2017, 9:13 pm

    Koh saya punya budget buat beli sony a6000 new atau fuji xt1 second. Pertanyaan nya dari segi performa dan kualitas foto bagusan mana ya? Thx koh

Leave a Comment