≡ Menu

Fujifilm X-T20 vs Sony A6300

Fujifilm X-T20 baru saja di-launching di pasar Indonesia 18 Maret 2017 yang lalu. Dan sebelumnya, saya sudah menerima banyak pertanyaan dari pembaca tentang kamera mana yang terbaik.

Dari segi kualitas gambar, keduanya memiliki sensor generasi terbaru APS-C 24MP, sehingga kualitas gambar kurang lebih sama. Sensor kamera Fujifilm mengunakan desain X-Trans, sehingga sedikit lebih tajam, tapi saat editing, lebih fleksibel dengan mengunakan sensor APS-C biasa (Bayer) yang digunakan Sony A6300. Untuk foto di kondisi low light, keduanya kurang lebih setara.

Keunggulan Sony A6300 terletak di bagian video, karena Sony secara historis memang sudah lebih terkenal di dunia video. Tapi spesifikasi Fujifilm tidak jelek juga, karena sudah bisa merekam video 4K namun A6300 melebihinya dengan kemampuan merekam video slow motion 120fps di resolusi full HD, sedangkan Fuji X-T20 hanya 60 fps di resolusi yang sama.

Kinerja kecepatan foto berturut-turut Sony A6300 juga lebih cepat yaitu maksimum 11 foto per detik dibanding 8 foto per detik. Soal autofokus, keduanya sudah cukup cepat untuk subjek bergerak, karena sudah didukung dengan sensor deteksi fasa. Kalau dibandingkan dengan teliti lebih, deteksi fasa Sony lebih canggih.

Di lain pihak, Fujifilm X-T20 punya keunggulan di sisi desain. Seperti kamera Fuji X lainnya, Fuji mengadopsi desain retro seperti kamera DSLR era film. Pengaturannya khas kamera film jaman dulu, seperti roda shutter speed diubah dengan roda di bagian atas kamera. Juga ada pengaturan efek-efek film simulation untuk membuat hasil gambar seperti hasil kamera film jaman dahulu. Sedangkan kamera Sony A6300 desainnya lebih minimalis dan terkesan modern.

Fujifilm X-T20 juga dilengkapi dengan layar sentuh untuk memilih fokus, memotret, dan untuk meninjau gambar bisa swipe, pinch in and pinch out, sedangkan A6300 tidak bisa.

Dari segi harga, A6300 lebih mahal Rp 1 juta. Dan kalau bicara soal sistem kamera dan pilihan lensa-lensanya. Pilihan lensa Sony E-mount untuk kamera bersensor APS-C seperti A6300 tidak sebanyak dan tidak sekualitas lensa Fuji, tapi harga lensa-lensa Sony lebih terjangkau dan lebih fleksibel untuk diadaptasikan dengan lensa-lensa lain termasuk lensa-lensa untuk kamera DSLR.

Jadi lebih baik pilih kamera yang mana? Menurut saya ini benar-benar pilihan yang sulit untuk memilih karena keduanya punya banyak persamaan di spesifikasi, tapi juga punya beberapa sisi yang sangat berbeda.

Menurut saya, jika mencari teknologi yang tercanggih dengan kinerja tercepat dan juga mementingkan video, maka Sony A6300 kamera yang tepat untuk dipilih. Tapi jika pengguna yang lebih memprioritaskan faktor desain dan kepraktisan dalam penggunaan, maka saran saya lebih baik memilih Fuji X-T20.

Kelebihan Fujifilm X-T20

  • Pilihan lensa Fuji X untuk APS-C lebih banyak
  • Desain retro
  • Layar touchscreen
  • Harga kamera 1 juta lebih murah

Kelebihan Sony A6300

  • Kinerja foto berturut-turut lebih cepat
  • Dapat untuk merekam video slow motion 120fps
  • Jendela bidik sedikit lebih besar
  • Kinerja autofokus lebih canggih
  • File Bayer lebih compatible ke software Adobe untuk editing

Sudah punya kamera? Jangan lupa ikuti kupas tuntas kamera digital. Dengan mengikuti kursus ini, Anda akan lebih mengerti setting kamera, fungsi tombol dan membuat foto Anda lebih bagus daripada mengandalkan fungsi Auto saja.

Infofotografi juga memiliki panduan berbentuk e-book (Pdf) yang dapat dipesan di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 17 comments… add one }
  • Milsi March 22, 2017, 9:12 am

    pagi om

    saya pemula dibidang fotography saya sangat berniat membeli xt20, tapi setelah membaca perbandingan dengan sony a6300 saya sempat bimbang, saya berencana mengunakan kamera ini untuk wisuda dan belajar om, tapi saya mantapkan niat untuk xt20, apakah sudah tepat om ? dan jika untuk memilih bawaan lensa saya harus milih yang mana yah om ? terimakasih

    • Enche Tjin March 22, 2017, 9:18 am

      Saran saya Fuji XF 18-55mm f/2.8-4 untuk memulai.

  • Hori March 21, 2017, 7:30 pm

    Ko Enche, saya suka dengan hasil foto dari lensa fuji XF 35mm f2.0 WR, tetapi saya bingung untuk memilih body fuji sendiri. Apakah bagusan memilih xa3, xt-1 atau xt-10? Kemudian dengan lensa tersebut, lebih maksimal hasil foto dengan body yang mana. mohon panduannya. thanks

    • Enche Tjin March 22, 2017, 8:56 am

      Gak pengaruh ke lensa sih, jadi tinggal pilih sesuai kebutuhannya, karena setiap tipe kamera beda-beda dari spesifikasi dan harganya. Contohnya X-A3 layarnya bisa ditekuk untuk selfie, tapi tidak punya jendela bidik dan bodynya lebih ringkih. X-T1 paling solid body dan pengaturannya, kalau punya budget cukup, mendingan X-T1, X-T10 versi murahnya X-T1, ada sedikit kompromi misalnya kualitas body dibawah X-T1.

  • Ahmad March 21, 2017, 1:46 pm

    Koh.. Mohon pencerahannya..
    Saya lagi benar2 bingung milih antara sony a7ii + fe 28-70mm f3.5-5.6 & fe50mm f1.8 atau fuji x-t20 + xf 18-55mm f2.8-4 & xf 35mm f1.4..

    Harganya sama-sama 25jt untuk bulan ini..

    Apakah benar kalo hasil foto dari x-trans gak jauh beda dengan fullframe..?

    Saya untuk keperluan foto dan video prewedding..
    Dan saya suka street photography..

    • Enche Tjin March 21, 2017, 2:17 pm

      Menurut saya lebih baik Sony A7II. Soal perbedaan sensor kamera, meski tidak jauh berbeda, tapi perbedaannya ada, terutama untuk kebutuhan serius, seperti untuk kerja dan editing.

  • Dani March 21, 2017, 8:51 am

    Dear Koh Enche, saya berencana untuk beli XT-20 body only. Untuk lensa kalau boleh minta saran sebaiknya lensa yang mana. Keperluan saya adalah untuk foto traveling tapi pengennya hasilnya tidak biasa :).

    Saya banyak baca review kalau XT-20 bukan weather resist boleh tau yang dimaksud apa ?

    Thanks

    • Enche Tjin March 21, 2017, 8:56 am

      Yang cukup baik dan fleksibel lensa Fuji XF 18-55mm f/2.8-4. Maksudnya tidak weather resist adalah tidak tahan cipratan air/debu yang berlebihan bisa masuk mengotori dan merusak komponen di dalam kamera.

  • Kurniawan March 21, 2017, 7:50 am

    Dear Koh Enche Tjin,
    Saya betul-betul dibikin galau untuk memilih antara Sony a6300, Sony a7 II (lagi diskon, hanya 20jt), & Fuji X-T20. Dari sisi desain & user interface, saya lebih suka Fuji karena ada tuas/dial manual untuk atur shutter speed, dll & juga sudah touchscreen untuk memudahkan menunjuk titik fokus. Dan kalau saya lihat, kualitas gambar yang diambil Fuji lebih bagus (ketajaman dan kesesuaian warna dengan real-nya) dari Sony tanpa memerlukan banyak editing. Tapi, saya tertarik dg Sony a7 II karena sudah full frame meskipun keluaran agak lama. Untuk kualitas gambar, apakah kamera full frame lebih bagus dari APS-C?
    Mohon sarannya, kamera mana yang sebaiknya saya ambil?

    • Enche Tjin March 21, 2017, 8:21 am

      Kualitas gambar A7II lebih baik daripada kamera APS-C. Saran saya kalau minatnya ke full frame, budgetnya sebaiknya cukup besar untuk belanja lensa-lensa full frame yang berkualitas untuk memaksimalkan hasil fotonya. Jika APS-C sudah cukup memuaskan, mungkin Fuji X-T20 lebih cocok karena barisan lensa-lensanya lebih banyak, terutama yang premium (XF).

  • btrisu March 21, 2017, 6:57 am

    Software yang paling optimal untuk editing file raw sensor Xtrans Fujifilm apa ya om?

  • Ronaldo March 20, 2017, 7:52 pm

    Platform sony lebih luas, bisa pakai lensa sigma, tamron, samyang, dll plus banyak adaptor yg comply dgn camera sony. Tapi camera canon & nikon masih yg paling luas platformnya..

    • Enche Tjin March 20, 2017, 9:13 pm

      Banyak yang saya lihat pakai lensa kamera DSLR terutama Canon, saat pakai adaptor, autofokusnya jalan dan cepat.

  • Cipto March 20, 2017, 7:19 pm

    hallo… sekedar sharing saja… saya akhir tahun lalu beli Fuji XT-10, saat itu juga mempertimbangkan antara Fuji, A6000 dan 70D.
    Pilihan jatuh ke mirrorless gara gara EVF (kamera saya sebelum ini RX100).
    Antara Fuji dan Sony, akhirnya saya pilih Fuji karena banyak nya tuas mekanik untuk pengaturan langsung: shutter speed, exposure comp dan aperture (tergantung lensa). Alasan kedua kualitas lensa (yang menurut saya lebih bagus).
    Sisi negativ nya: third-party lens sangat terbatas (Sony juga kurang lebih sama).

    Semoga bisa membantu teman teman yang lagi “galau”… 🙂

  • Edys March 20, 2017, 6:12 pm

    Padahal nambah dikit dah dapat fullframe sony a7 mk1. Jadi galau 🙁

    • Enche Tjin March 20, 2017, 6:43 pm

      Hehe, tergantung prioritasnya apa. Kalau pilihannya fullframe spt A7, saran saya budgetnya jg harus diperbesar untuk beli lensa yang bagus.

Leave a Comment