≡ Menu

Bahas foto : Ha Long Bay

Perjalanan tour foto Infofotografi ke Vietnam 2017 telah usai dan menyisakan kenangan bagi peserta-pesertanya. Kali ini, saya, Iesan dan rombongan mengunjungi Vietnam utara, yaitu kota Hanoi, Ninh Binh dan tentunya Ha Long Bay.

Empat tahun yang lalu, kami tidak diizinkan menginap oleh otoritas Halong bay karena badai, tapi kali ini kita beruntung diizinkan menginap di dalam kapal ditengah laut. Tapi sayangnya cuaca di hari pertama mendung sejak siang. Sorenya agak sedikit lebih baik.

Meski tidak bisa membuat foto seperti di kartu pos, tapi banyak yang bisa dilakukan untuk memotret di kondisi cahaya yang biasanya dianggap “jelek” ini. Kita bisa mencoba memperhatikan bentuk dan geometri seperti foto dibawah ini:

Bentuk gunung Karst yang timbul dari laut, bayangannya dan kapal pesiar kecil yang berada ditengahnya membuat bentuk geometri yang simetri. Foto di krop jadi bujur sangkar supaya kesan simetrinya lebih kuat. ISO 50, f/5.0, 1/100 detik, 58mm, Leica SL, 24-90mm f/2.8-4. ISO 50 dipilih karena nilai ISO ini terendah dan terbaik untuk Leica SL. Biasanya kamera lainnya mulai dari ISO 100.

Yang membuat saya tertarik memotret foto diatas adalah perahu motor kecil dan riak air dibelakangnya yang menunjukkan perahu tersebut sedang menuju ke tempat yang misterius karena kabut. Foto di krop atas bawah menjadi 16:9 (widescreen). ISO 50, f/8, 1/250 detik, 36mm, Leica SL, 24-90mm f/2.8-4.

Kapal Pesiar mewah, Emperor Cruise melintas dengan bangganya melebarkan layarnya, seperti merak jantan yang ingin menarik perhatian merak betina. Kegagahan dan warna kapal yang mencolok, kontras dengan pemandangan kabut di latar belakang. Saat ini, layar sudah tidak digunakan karena kapal dan perahu di Vietnam rata-rata telah mengunakan motor. Foto di krop 16:9. ISO 50, f/8, 1/160 detik, 59mm, Leica SL, 24-90mm f/2.8-4.

Saya berencana untuk membuat tur ke Vietnam lagi tahun depan, bagi yang berminat, bisa hubungi langsung dengan info kontak dibawah:


Yuk ikuti kegiatan belajar fotografi dan tour fotografi Infofotografi. Jadwalnya bisa dilihat di halaman ini. Untuk mendaftar/info: WA 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment