≡ Menu

Merayakan 100 angkatan Kursus Kilat Dasar Fotografi

Tanggal 8-9 Juli 2017 nanti kembali akan diadakan Kursus Dasar Fotografi rutin, namun kali ini ada sesuatu yang berbeda dan spesial. Tepatnya kursus yang akan diadakan bulan Juli nanti adalah untuk angkatan ke-100, dengan kata lain infofotografi sudah seratus kali mengadakan kursus Dasar Fotografi ini sejak pertama kalinya diadakan tahun 2009 silam.

Spesial? Tentu saja. Kami bersyukur karena bisa konsisten mengadakan kursus ini dan tetap dipercaya oleh banyak orang, terbukti masih banyak saja orang yang daftar bahkan dari luar Jakarta sekalipun.

Kelas Dasar Fotografi tahun 2014 di Roxy

Sekilas mengenang sejarah kursus ini, dulu sepulang dari menempuh pendidikan di Amerika, Enche Tjin memulai kursus ini di sebuah kafe dan awalnya hanya diikuti 3-4 orang saja. Kemudian supaya punya markas tetap, dipilihlah WTC Mangga Dua sebagai tempat kursus yang lebih memadai. Sejak angkatan ke-16 saya diminta bergabung sebagai pengajar, sekitar pertengahan tahun 2010. Mulai 2013 markas infofotografi pindah ke Roxy. Lalu sejak tiga bulan lalu resmi pindah ke lokasi baru di Green lake city, Jakarta Barat. Kursus yang diadakan setiap bulan ini diadakan dua hari (Sabtu dan Minggu), dan setiap angkatan biasanya antara 10-16 orang. Di setiap kursus, Enche menjelaskan tentang eksposur, lensa, komposisi dan lighting, kemudian ditambah dengan sesi praktek bersama.

Kami menerapkan prinsip continuous-improvement dalam metode pengajarannya. Materi kursus bertahap disempurnakan, ilustrasi foto terus diperbaharui dan metode pengajaran dibuat makin beragam. Karena sifatnya adalah crash-course atau kursus kilat, maka penekanan materi lebih ke intisari dan pemahaman dasarnya dulu, selanjutnya peserta kursus bisa ikut kegiatan lain seperti workshop atau tour fotografi yang kami buat. Karena para pengajar punya passion dalam pendidikan maka mengajar kursus terus menerus secara berkala justru terasa menyenangkan, bukan sekedar rutinitas saja.

Nah, untuk mewujudkan rasa syukur kami karena kursus dasar ini sudah mencapai 100 angkatan, kami berencana untuk mengadakan perayaan sederhana pada hari Minggu 9 Juli 2017 mulai jam 4 sore di Green Lake City Jakarta Barat. Acara ini terbuka untuk pembaca maupun alumni Infofotografi.

Di acara yang informal ini, peserta dipersilakan untuk membawa foto-foto untuk sharing pengalaman dan juga untuk diskusi atau menerima masukan dari saya (Erwin) dan Enche, dan alumni lainnya. Acara ini tidak dipungut biaya, tapi harap mengkonfirmasikan kehadiran anda kepada Iesan di 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com.

Kami berharap agar alumni dan pembaca bersedia mampir supaya acara ini meriah dan bermanfaat bagi semua.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di Google+ dan instagram.

{ 4 comments… add one }
  • Atang Basrul July 6, 2017, 6:26 pm

    Mudah-mudahan bisa ikut

  • Meis July 1, 2017, 4:58 pm

    Ikuuuttt….

  • Anggun Wahyu June 25, 2017, 10:36 pm

    koh kamera saya nikon D7000…kalo buat foto model pakai lensa fix 50 mm F 1.8 G atau yg 85 mm F 1.8 G ?

    • Enche Tjin July 8, 2017, 10:07 pm

      Keduanya bisa, bedanya kalau 85mm lebih sempit, jadi lebih cocok foto close-up/head shot (kepala dan bahu).

Leave a Comment