≡ Menu

Lebih baik kamera bagus lensa jelek atau kamera jelek lensa bagus?

Pertanyaan yang bagus ini muncul di instagram saya (@enchetjin), dan saya yakin merupakan dilema yang sering dialami kita-kita, karena keterbatasan dana saat membeli kamera dan lensa.

Panasonic GH5 + 12-32mm f/ 3.5-5.6 (Kamera top dengan lensa basic) dengan Panasonic GX85 dan lensa Leica 12-60mm f/2.8-4 (Kamera menengah dengan lensa bagus)

Di era fotografi digital, baik kamera maupun lensa berperan penting dalam menentukan kualitas gambar. Kamera digital melalui teknologi sensor dan processor mengendalikan warna, kontras (dynamic range), dan noise di ISO tinggi. Selain itu, semakin bagus kameranya, kinerja kamera semakin cepat baik dalam hal pengoperasian dan autofokus.

Sedangkan lensa menentukan aperture/bukaan yang bisa digunakan, ketajaman, bokeh (kehalusan bagian yang tidak fokus), detail halus yang bisa ditangkap, ketahanan terhadap flare/suar saat lensa menghadap sumber cahaya langsung, warna, distorsi, chromatic abberation (CA), dan vinyet.

Jenis fotografi juga menentukan perbedaan kualitas antara keduanya, jika memotret dengan cahaya yang terkendali seperti di dalam studio, atau cahaya yang cukup, kamera pemula dengan lensa basic yang murah sudah sangat baik. Sebaliknya, jika memotret di pencahayaan yang terlalu kontras, gelap, atau perlu memotret berturut-turut dengan cepat, maka kamera yang lebih baik lebih bagus.

Kesimpulannya, kamera dan lensa sama-sama penting, tapi jika harus memilih, saya akan memprioritaskan lensa yang bagus terlebih dahulu. Lagian dari aspek ekonomi, harga kamera biasanya turun cukup cepat seiring waktu berjalan, sedangkan lensa harganya turunnya tidak secepat kamera, cenderung stabil, dan kadang bisa naik menuruti inflasi dan kurs.


Bagi teman-teman yang sudah punya kamera tapi bingung mengunakannya dapat mengikuti kupas tuntas kamera digital yang secara rutin diselenggarakan Infofotografi.

Juga bagi yang ingin membeli kamera, lensa dan aksesoris boleh memesan lewat kami.
Hubungi WA 0858 1318 3069.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 37 comments… add one }
  • Sebastianus Ariest October 16, 2017, 11:45 pm

    Koh mau Tanya,
    Saya menggunakan kamera dg sensor APSC, kebutuhan fotografi saya adalah untuk portrait (khususnya utk bayi dan anak2) dan ingin berinvestasi 1 lensa tambahan. kira2 dari focal length berikut yg paling cocok utk kebutuhan saya lensa yg mana ya ? pilihannya samyang 50mm f1.2, samyang 85mm f1.4, samyang/canon ef 135mm f2, atau tamron/sigma 70-200mm f2.8. (sengaja sy pilih opsi tsb karena rentang harganya hampir setara)

    Terimakasih

    • Enche Tjin October 20, 2017, 12:01 am

      Kameranya Canon kah? Setau saya yang Samyang lensanya manual fokus, agak sulit kecuali memang sangat terlatih. Saya sendiri suka yang fleksibel kalau kerja, seperti Sigma 70-200mm f/2.8 HSM Macro.

  • dau October 16, 2017, 4:05 pm

    koh mau tanya,
    untuk pemula, sekarang mending beli canon 700D atau nikon D3400….
    dan untuk lensa apakah banyak yang bisa digunakan untuk nikon D3400

    terima kasih

  • dau October 16, 2017, 12:13 pm

    koh mau nanya,
    kalau utk pemula utk HI dan landscape kalau boleh memilih mending canon 700D atau nikon D3400

    atau canon 750D atau nikon D5300

    terima kasih?

  • soleh October 16, 2017, 5:59 am

    ko, saya mau tanya jika seandainya saya punya lensa kit 18 – 55mm terus saya mau beli lensa ef 50mm f/1.8, apakah saat saya nanti sudah beli lensa itu lalu lensa kit saya sudah tidak digunakan lagi?

    karena saya kan mau buat foto” orang saja dan pemandangan, menurut ko Enche apakah nanti lensa kitnya sudah tidak diperlukan lagi?

    apakah saya nanti jika keluar cukup membawa lensa lensa ef 50mm f/1.8 saja? Terima kasih

    • Enche Tjin October 19, 2017, 11:55 pm

      Masih perlu untuk sudut lebar, karena 50mm itu tidak bisa zoom jadi agak sempit sudut pandangnya.

  • Febria October 9, 2017, 1:35 pm

    Koh.. kalau boleh milih Nikon J5 ata Fujiflim Xa3? Bagusan Mana ?

    • Enche Tjin October 9, 2017, 1:37 pm

      Fuji XA-3 untuk kualitas gambar, kalau kecepatan, cepet Nikon J5.

  • Arkadut September 30, 2017, 8:17 pm

    Ikut nanya,,,, aku kan pake kamera canon eos 700D… Rencana mau beli lensa baru tp aku bingung, baiknya beli lensa YN 50mm f1.8 ato lensa canon 50mm f1.8 ????
    ,,, mohon sarannya…

  • Ixan September 29, 2017, 3:59 pm

    Halo, Selamat sore.. Infotografi.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk infotografi.com, artikel dan ulasanya cukup menarik untuk yang mau mencari info2 review kamera/Lensa dan lain-lainnya. Sepertisaya senang mencari info disini dan Artikel yang saat ini cocok sekali buat saya yang sedang menjatuhkan pilihan dalam hal photografi “Lebih baik kamera bagus lensa jelek atau kamera jelek lensa bagus?”.

    Oleh karna itu saya sudah punya pilihan yang mungkin menurut saya tepat, pertama saya sudah punya; – Canon eos 7D(lamaPunya)+50mm F/1.8 –

    Dan mau tambah yang lebih Flexibel yaitu ke kamera MirrorLess, pilihanya Jatuh pada :
    1. Sony A6000(Body)<— HOW?
    +Adapter Ef to E-mount(commlite/Procore)<– Masih bingung pakai yg mana.?!?
    + SigmaLensa 17-50mm f/2.8 EX DC OS HSM (for Canon)<–Cari yang Second ^^"
    + "Sigma Lensa 70-200mm f/2.8 APO EX DG OS HSM atau Canon EF 70-200mm f/2.8L USM "(Second).

    Nah, saya ada pertanyaan nih om Enche,
    1. apakah Kamera yg saya pilih sudah tepat dibeli dalam waktu dekat ini?(Mengingat sudah mau akhir tahun) Atau ada pilihan lain?!?
    2. Dari lensa2 yg saya mau beli kira2 hasilnya akan sama seperti digunakan di DsLr? atau lebih baik?!?
    3. Lebih baik Lensa Sigma(APO OS DG EX HSM) ATAU Canon( L Usm) ?

    Mohon itu saya minta sarannya dan mungkin setelah mendapat jawaban menjadi penentu untuk saya beli dalam waktu dekat ini.

    Mohon maaf kalau ceritanya panjang..heheh" TERIMAKASIH Om…

    • Enche Tjin September 30, 2017, 12:01 am

      Halo, pakai adapter sulit menurut saya karena jadi jomplang, berat didepan. Lalu autofokus jg jadi gak maksimal dari segi kecepatannya. Maka itu sebelum memutuskan beli kamera, lihat2 dulu katalog lensanya.

  • Arnoldus PT September 29, 2017, 2:10 am

    Setuju dngn tanggapan ko, tentang lebih baik upgrade lensa dulu ketimbang body… but, sbg fotografer(terutama pemula)jangan sampai terlalu fokus dengan upgrade gear tanpa memperdulikan upgrade skill.. hehe

  • arjuna September 28, 2017, 7:05 pm

    ko, saya perna dengar kamera yg sensornya diubah (modifikasi) ke infrared . hasilny kekuning kuningan gitu.

    Yang mau saya tanyakan apa kamera itu bisa dimodifikasi ?
    misal saya punya nikon D300s dengan sensor 12MP saya ganti ke sensor 18MP ?

    • Enche Tjin September 28, 2017, 11:44 pm

      Infrared itu melepas filter di sensor, bukan mengubah/ganti sensor. Jadi mengubah 12mp jadi 18mp gak bisa.

  • Pande September 27, 2017, 11:30 pm

    Ko, mau tanya, kalau kamera untuk pemula buat dokumentasi, traveling, dan belajar fotografi lebih mending pilih nikon d5200 bekas apa nikon 1 j5 atau yg lain ya Koh? Budgetny 4-5jt

  • putra September 26, 2017, 8:52 pm

    Koh, budget 5 juta kebawah, kamera mirrorless/dslr yang pas buat pemula, hanya untuk dokumentasi, traveling, dan belajar fotografi apa ya?
    saya sempat minat ke nikon 1 j5, menurut koko?

  • Feri September 26, 2017, 12:47 pm

    Mau tanya Om, maklum masih newbie. Kalau Nikon D3400 sc 6 ribuan. Dijual harga 4,5 juta. Worth it gak ya?

    • Erwin Mulyadi September 26, 2017, 4:24 pm

      Menurut saya idealnya di harga 4 juta, tapi kalo masih garansi ya 4,5 juta termasuk pas.

  • Muhammad Arief Nur September 26, 2017, 6:53 am

    Permisi pak enche
    Bagusan mana sony lens 35mm f1.8 atau sigma 30mm f1.4 DC DN ?

    • Enche Tjin September 26, 2017, 7:39 am

      Bagus Sigma dari ketajaman dan jg bukaannya lebih besar. Sony juga tidak jelek karena ada stabilizernya.

      • Muhammad Arief Nur September 26, 2017, 7:44 am

        Saya dapat isu kalau manual fokus sigma 30mm f1.4 DC DN jelek, apakah benar pak ?

        • Enche Tjin September 26, 2017, 8:26 am

          Lensa yg dirancang autofokus biasanya memang manual fokusnya gak begitu enak krn elektronik bukan mekanik.

  • Nata September 26, 2017, 5:52 am

    Tergantung orangnya juga ya Koh kalo cuman sekedar hobi atau pake pribadi yang sudah kuno pun masih cocok dipakai… Lain halnya kalo profesi nya memang fotografer ya tentu cari yg lebih baru lebih baik…

  • fran September 26, 2017, 1:42 am

    Mohon masukan koh, budget 11 jt mau beli kamera mirrorles + lensa combinasi yg bagus untuk dokumentasi keluarga koh..

  • melody September 25, 2017, 1:13 pm

    Salam koh, mau nanya tentang promo sony yang sekarang yaitu sony a6000 + SEL35mm F1.8oss apakah sudah bagus untuk foto portrait? makasih koh 🙂

    • Enche Tjin September 25, 2017, 2:52 pm

      Bagus kombinasinya untuk berbagai hal, dari portrait, food, lifestyle dll.

      • melody September 26, 2017, 3:13 pm

        Koh mohon dijawab lagi, promo sony dan fuji yaitu sony a6000 + SEL35mm F1.8oss, fuji xe2s kit 18-55, fuji xe2s kit 35mm f2, antara 3 promo tsb lebih bagus promo yang mana koh untuk hasil fotografi portrait?

  • Iqbal September 25, 2017, 10:19 am

    Mau tanya om enche, saya pengguna sony a7, kemaren nyobain lensa canon fd 50mm f1.4 kenapa hasilnya ga setajam fe 50mm f1.8 ya? apakah karena jaman kamera analog dulu lensa dirancang ga setajam sampai 24mp? atau lensa saya yg bermasalah? terima kasih

    • Enche Tjin September 25, 2017, 10:21 am

      Iya benar, coba baca artikel “Apakah membeli kamera dan lensa itu investasi.”

      • Iqbal September 25, 2017, 10:29 am

        Kalau untuk sony a7 mark 1 yg saya punya sekarang kira-kira bisa bertahan berapa tahun lagi untuk teknologinya menurut om enche?

        • Enche Tjin September 25, 2017, 10:48 am

          Sekarang saja sudah ada Sony A7II kan ya? Jadi mulai kerasa ketinggalan, tapi mungkin kalau sudah keluar versi ke-tiganya lebih kerasa lagi. Mungkin tahun 2020 nanti kerasanya kuno banget kameranya, tapi bukan berarti gak bisa dipakai ya. Kualitas gambarnya tergolong bagus 😀

          • Iqbal September 25, 2017, 2:28 pm

            iya sih sudah ada mark II nya, baiklah terima kasih pencerahannya om.

  • Komar September 25, 2017, 10:02 am

    Betul. Setuju… Jgn beli yg tanggung jg. Pasti kedepannya akan lebih boros. Hitung Dan identifikasi kebutuhan 3-4 tahun kedepan. Mulai nabung untuk memenuhi kebutuhan itu.

Leave a Comment