≡ Menu

Review lensa Zeiss Milvus 85mm f/1.4

Zeiss Milvus adalah keluarga lensa Zeiss yang diumumkan bulan September 2015 yang lalu. Keluarga lensa ini berisi lensa-lens manual fokus Zeiss untuk kamera DSLR mount Nikon F dan Canon EF. Bagi yang mengunakan kamera mirrorless seperti Sony E-mount, Fuji X dan Leica TL/SL bisa mengunakan adaptor. Sebagian anggota keluarga Zeiss ini merupakan pembaharuan dari lensa manual fokus Zeiss klasik. Kali ini saya berkesempatan menguji lensa Zeiss Milvus 85mm f/1.4 dalam beberapa kesempatan.

Meskipun spesifikasi lensa ini terkesan sama dengan lensa klasik Zeiss 85mm f/1.4 sebelumnya, tapi lensa Milvus 85mm ini dirancang dari nol dan disempurnakan untuk kebutuhan fotografi dengan kamera digital profesional masa kini yang memiliki resolusi yang tinggi (24 MP – 50 MP).

Untuk menguji lensa ini, saya memasangnya ke kamera Leica SL dengan adaptor. Karena lensa ini manual fokus, mengunakan kamera mirrorless seperti Leica SL memudahkan saya untuk mendapatkan fokus yang tepat karena Leica SL memiliki layar LCD dan jendela bidik elektronik yang beresolusi tinggi, sehingga mudah menemukan fokus. Selain itu, Zeiss Milvus juga memiliki focus throw yang sangat panjang, hampir 270 derajat . sehingga untuk mendapatkan fokus yang akurat menjadi lebih mudah.

Seperti keluarga Zeiss Milvus yang lain, Zeiss Milvus 85mm ini dibuat dengan spesifikasi tahan cipratan air dan debu sehingga aman digunakan ditempat-tempat yang ekstrim. Bukaan lensa di versi Nikon F ini juga bisa di de-click, sehingga videografer akan suka karena dapat mengubah terang-gelap dengan memutar bukaan dengan mulus saat merekam video. Warna yang dihasilkan lensa ini juga sudah disamakan dengan lensa Zeiss Milvus lain sehingga memudahkan dalam post-processing/pengeditan foto maupun video.

Hasil foto dengan kamera Leica SL ini sangat tajam termasuk di bukaan terbesar dan saat subjek foto tidak berada ditengah-tengah foto. Walaupun Milvus 85mm ini tidak dipromosikan sebagai lensa desain APO seperti Zeiss Otus, dalam praktiknya, saya sulit menemukan adanya chromatic abberation. Vinyeting (gelap diujung lensa) ada sedikit, tapi untuk pemotretan subjek orang/portrait bukan masalah dan bisa diterangkan kembali dengan software. Bokeh (bagian yang tidak fokus/blur) terlihat sangat mulus dan sedikit swirly (memutar) tapi tidak berlebihan.

Kesimpulan
Lensa Zeiss Milvus ini ideal bagi fotografer yang menginginkan lensa yang memiliki kualitas konstruksi lensa dan kualitas optik yang bagus. Seperti contoh-contoh foto yang saya sertakan,lensa Milvus 85mm ini sangat cocok untuk foto portrait. Tidak semua fotografer bisa menerima manual fokus, tapi jika mengunakan kamera mirrorless yang memiliki bantuan untuk lensa manual fokus seperti focus magnification dan focus peaking, dan jika disertai dengan teknik yang benar, foto yang dihasilkan akan jarang yang tidak fokus.

Selain tajam sekali di semua bukaan dan dari tengah foto sampai ujung foto, Milvus 85mm ini juga mampu membuat bagian yang tidak fokus (Bokeh) yang mulus. Subjek yang tajam dan latar belakang yang halus membuat kesan subjek foto menonjol dari latar belakangnya. Satu-satunya kendala yang saya alami adalah ukuran diameter lensa dan berat lensa yang tergolong cukup besar. Perlu kamera yang cukup besar untuk menyeimbangkannya. Jika tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil foto yang secara teknis nyaris sempurna, maka lensa ini boleh dipertimbangkan.

Kelebihan Zeiss Milvus 85mm f/1.4

  • Built Quality lensa dari logam sangat baik
  • Mekanik fokus lensa sangat baik
  • Kualitas gambar sangat tajam dengan bokeh yang sangat halus
  • Kontras tinggi membuat kesan foto 3D
  • Weathersealed (Tahan di cuaca buruk & air)
  • Filter 77mm yang relatif umum

Kelemahan Zeiss Milvus 85mm f/1.4

  • Ukuran cukup besar dan relatif berat (1.2kg)

Spesifikasi lensa Zeiss Milvus 85mm f/1.4

  • Minimum focus : 80cm
  • Magnification ratio : 1:8.3
  • Filter : 77mm
  • Diameter dan panjang lensa : 90 x 110mm
  • Rentang bukaan f/1.4-f/16
  • Elemen/grup : 11/9
  • Berat: 1.21 kg

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • ibnu September 17, 2017, 6:38 am

    mau nanya koh…lensa apa ya yang kualitasnya setara sony zeiss bisa prime ataupun zoom dan tentunya harga dibawah sony zeiss..terima kasih sebelumnya…oia buat kamera sony a6000

    • Enche Tjin September 17, 2017, 9:50 am

      Untuk Sony A6000 bisa cari Sony 18-105mm f/4, lensa yang cukup multifungsi.

Leave a Comment