≡ Menu

Bahas foto : street photography di pasar

Street photography merupakan salah satu jenis (genre) fotografi yang menarik karena banyak faktor, salah satunya adalah tidak perlu jalan jauh-jauh untuk mempraktikkan fotografi seperti landscape photography. Di dalam kota sendiri juga sudah banyak lokasi yang bisa dikunjungi.

Dari menyelenggarakan berbagai workshop dengan tema street photography atau hunting foto di lokasi, saya masih banyak mendapati banyak yang kebingungan tentang street photography. Sebenarnya street photography itu sederhana, intinya menangkap momen-momen menarik di ruang publik [definisi versi saya, lengkapnya disini]. Tantangan dalam street photography adalah bagaimana menangkap suasana suatu tempat, menata sesuatu yang berantakan menjadi tertata dengan apik.

Dalam foto diatas, saya berusaha memasukkan suasana pasar dengan cara mencari posisi dimana saya bisa mendapatkan penjual, pembeli, dan latar belakang pasar dalam satu frame. Supaya lebih dinamis, saya mencoba membuat komposisi garis diagonal dan menunggu saat yang tepat untuk memotret. Setelah menunggu kira-kira 10 menit, saya merasa momen ini yang paling pas karena jalan penuh dengan pembeli dari ibu-ibu, anak-anak, bahkan pemotor juga masuk gang pasar yang sempit ini. Diperlukan kesabaran dan kepekaan dalam melihat bentuk, cahaya dan keseluruhannya untuk membuat hasil foto yang menarik dari kejadian foto sehari-hari.

Saya mengunakan kamera Leica D-Lux 109, di zoom ke 28mm, ISO 400, f/5, 1/320 detik.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Rudianto November 11, 2017, 11:31 pm

    Misi suhuu mau tanyak….maaf melenceng jauh dari tema suhu….saya udah cb record pake a7s di 120 fps XAVC S….tp ketika di olay kok hasilnya ndak slow mow yaa..? Mohon pencerahannya….trimakasih sebelumnya

Leave a Comment