≡ Menu

Rekomendasi lensa 35mm untuk Leica M rangefinder

Hari ini teman saya dari detik.com, akhirnya memutuskan untuk mendapatkan Leica M10, setelah menimbang-nimbang selama setahun. Sebelumnya, di pertengahan tahun 2015, saat peluncuran Leica Q, ia sudah mulai tertarik untuk mengunakan kamera Leica, tapi belum yakin type yang cocok. Setelah memutuskan untuk memilih Leica M10, maka persoalan berikutnya adalah memilih lensa pertama.

Sebagian besar pengguna Leica M, memilih focal length 35mm untuk lensa pertamanya, mungkin karena tidak terlalu lebar, dan tidak terlalu sempit, cocok untuk sehari-hari maupun untuk kegiatan reportase/dokumentasi. Beberapa lensa yang saya rekomendasikan antara lain:

Leica 35mm f/2 ASPH

Leica punya beberapa jenis lensa 35mm, yaitu f/1.4, f/2 dan f/2.4, tapi favorit saya adalah f/2 karena ukurannya yang sangat compact dan f/2 biasanya cukup untuk berbagai kondisi, juga termasuk kondisi cahaya yang kurang baik. Leica memiliki kelebihan dalam hal membuat lensa yang berukuran sangat compact tapi menjaga kualitas yang tinggi. Ukuran: 53mm x 35.7mm, Berat 340 gram. Harga Rp 40 jutaan, Made in Germany.

Iberit 35mm f/2.4

Lensa Iberit dari perusahaan HandeVision (kerjasama antara perusahaan asal Jerman dan China) ini membuat lensa yang ukurannya cukup compact, dan harga yang terjangkau. Kualitas fisik dan optik-nya cukup baik seperti review saya disini, dan f/2.4 jika memotret dari jarak yang dekat cukup baik untuk kondisi gelap atau membuat latar belakang blur. Ukuran: 58 x 35mm, berat 220 gram. Harga Rp 8.6 jt, made in China (Shanghai), designed in Germany.

Voigtlander 35mm f/1.2 ASPH II

Lensa Voigtlander buatan Cosina unik karena bukaannya yang sangat besar yaitu f/1.2. Versi ke-II ini mengunakan dua elemen asperikal sehingga kualitas gambar masih cukup tajam di bukaan terbesar, dan mampu membuat bokeh yang indah. 35mm f/1.2 ini agak besar dan berat untuk kategori lensa 35mm, tapi jika ingin lensa 35mm yang keren untuk foto portrait atau bernuansa seni, lensa ini boleh dipilih. Ukuran: 60.8 x 62mm, berat 470 gram, harga: 14 jutaan. Made in Japan (Cosina).

Carl Zeiss ZM 35mm f/1.4

Lensa Zeiss untuk Leica M ini terkenal sangat tajam dengan kontras yang tinggi, ideal untuk foto landscape. Bukaannya yang sangat besar cocok digunakan untuk kondisi cahaya yang gelap. Ukurannya tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu berat sehingga seimbang saat digunakan dengan kamera Leica M. Ukuran: 63 x 65mm, berat 385 gram. Harga Rp 28 jutaan. Made in Japan (Cosina), designed in Germany.


Jika membutuhkan lensa-lensa diatas, jangan sungkan menghubungi kami di 0858 1318 3069. Tentunya akan kita usahakan untuk memberikan harga yang terbaik.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment