≡ Menu

Sony A6000 vs Fujifilm X-A3 mana yang lebih baik?

Kini dijual dengan harga yang gak terpaut jauh, calon fotografer pemula atau pengguna kamera DSLR yang ingin mencari kamera yang lebih ringkas dan tidak mahal tentu dihadapkan dengan dilema apakah Sony A6000 lebih baik atau Fujifilm X-A3?

Diatas kertas, Sony A6000 jauh lebih baik karena memiliki berbagai fitur yang canggih, seperti jendela bidik elektronik, sistem autofokus hybrid yang cepat untuk autofokus subjek diam atau bergerak. A6000 juga memiliki kecepatan foto berturut-turut lebih cepat (11 foto per detik vs 6 foto per detik) dan lebih cepat kinerjanya secara keseluruhan.

Meskipun demikian, Fuji X-A3 memiliki beberapa kelebihan unik, misalnya desainnya seperti kamera masa lalu dan memiliki tiga pilihan warna yang trendy: pink, brown, black, serta memiliki film simulation yang bisa memproduksi foto dengan efek seperti hasil kamera film di masa lampau. Penggunaan kamera Fuji juga relatif lebih simple, yaitu dengan mengunakan layar LCD yang bisa disentuh dan layar LCD bisa ditekuk ke atas untuk selfie/vlog, sedangkan Sony A6000 agak rumit menu dan tombol-tombolnya, maka itu saya dan mas Erwin membuat panduan Sony A6000 dalam bentuk e-book.

Dari spesifikasinya, kedua kamera dirancang untuk jenis fotografer yang berbeda, Sony A6000 lebih ditujukan untuk fotografer yang lebih berpengalaman, dan Fuji X-A3 untuk casual dan hobi-hobi saja. Beberapa bulan lalu, Sony A6000 memiliki harga diatas Fuji X-A3, tapi belakangan Sony A6000 didiskon cukup banyak sehingga harganya tidak jauh berbeda dengan Fuji X-A3.

Sebenarnya, Sony juga membuat kamera yang mirip dengan X-A3, yaitu Sony A5100, yang memiliki kelebihan sistem autofokus yang cepat dan body kamera yang lebih ringkas/tipis, tapi tidak memiliki hotshoe untuk memasang flash.

Sebagai kesimpulannya:

Kelebihan Sony A6000 dibandingkan Fuji X-A3:

  • Sistem autofokus cepat, untuk subjek diam dan bergerak (hybrid phase detection)
  • Ada jendela bidik elektronik
  • Kecepatan foto berturut-turut lebih cepat
  • Kinerja keseluruhan lebih cepat
  • Desain terlihat simple dan berkesan lebih profesional

Kelemahan Sony A6000

  • Lebih rumit untuk dipelajari
  • Layar tidak touchscreen dan tidak bisa ditekuk keatas untuk selfie

Kelebihan Fujifilm X-A3 dibandingkan Sony A6000:

  • Layar LCD touchscreen dan bisa ditekuk ke atas
  • Lebih sederhana dan mudah digunakan
  • Punya pilihan film simulation dengan warna-warni yang menarik

Kelemahan Fuji X-A3

  • Kinerja agak lambat
  • Tidak ada jendela bidik menyulitkan saat memotret di kondisi yang sangat terang (karena layar tidak begitu jelas/silau)

Butuh kamera baru? hubungi kami di 0858 1318 3069. Untuk panduan kamera Sony, Fuji, Canon dan Panasonic bisa didapatkan di halaman e-book Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 15 comments… add one }
  • melisa sulistio January 6, 2018, 7:43 pm

    ko mau nanya saya mau ganti kamera,kira2 kamera tipe apa yang cocok untuk travelling dan foto sehari hari aja (budget max 16jt)? apakah kamera yang disarankan sdh dilengkapi dgn wifi, layar sentuh dan untuk selfie?

    makasih ko

  • ans January 5, 2018, 6:07 pm

    Untuk pengguna fujifilm XA-3 kalo dirasa kurang responsif kinerjanya, autofokus mungkin terasa kurang gegas, bisa diatur di setting high performance. (Seting>power management>high performance)
    Cukup terasa bedanya.
    Konsekuensinya batere sedikit boros, tapi masih layak kalo untuk penggunaan normal sehari hari.

  • imamul January 3, 2018, 8:48 am

    Koh, tanya. A6000 sampai sekarang masih jadi primadona kah walau tahun rilisnya sudah lama? Kalau dibanding OLYMPUS OM-D E-M10 MARK II gimana koh buat foto2?

    • Enche Tjin January 4, 2018, 3:15 am

      Iya,karena fiturnya cukup lengkap, kinerjanya lumayan tapi harga murah dan turun terus dari tahun ke tahun. Oly keunggulannya ukuran kameranya lebih kecil, tapi juga lensa-lensanya juga compact dan rata-rata lebih tajam (terutama di sudut-sudut foto). Kelemahan Oly di autofokus subjek bergerak dan ISO tingginya lebih banyak noise. Tinggal pilih sesuai prioritas.

      • imamul January 4, 2018, 8:09 am

        okee, langsung bungkus A6000. makasih kooh

  • Afief December 30, 2017, 6:05 am

    Tanya dong koh.
    Saya pake a6000, saat digunakan untuk video kok sering overheat ya koh?
    Biasanya di menit ke 10, kamera kasih peringatan overheat dan gak lama kamera mati sendiri.
    Apa memang kamera itu gak bisa dipake ambil video terlalu lama?
    Thanks koh.

  • Verry Susanto December 27, 2017, 9:45 am

    Pak Enche,

    mohon guidenya dong, di antara 3 pilihan, Sony A6000, Fujifilm XA3, dan Canon M100, mana yang di pilih, penggunaan untuk jalan – jalan dan foto2 selama jalan – jalan saja (pemandangan dan foto orang)

    terimakasih

    • Verry Susanto December 29, 2017, 4:36 pm

      Pak Enche

      mohon commentnya

      terimakasih

  • edo December 26, 2017, 7:12 am

    Saya pernah pake a6000 & xa3
    Menurut saya :
    Metering & auto fokus a6000 lebih hebat & hasil foto jg lebih tajam.

    Tp xa3 punya kelebihan tone & warna yg lebih enak dilihat mata,
    batre jg lebih awet.

  • Farel Ammar December 25, 2017, 6:09 pm

    Koh…saya mau beli kamera, tapi saya bingung antara
    -Sony a600
    -Canon 200d
    Kebutuhan sih lebih banyak ke foto olahraga, sama buat jangka panjang bagus mana?
    Terimakasih.

    • Enche Tjin December 26, 2017, 9:19 pm

      Keduanya bisa buat foto olahraga, tapi memang ada plus minus juga, misalnya Sony A6000 baterainya lebih cepat habis, tapi kinerja/kecepatannya bagus, 200D nafas dan autofokusnya gak sebaik A6000, tapi lensa-lensa telefotonya pilihannya lebih banyak.

Leave a Comment