≡ Menu

BTS Foto Mainan dengan Panasonic G9

Akibat kesenangan memotret mainan, di tahun 2017 kemarin saya dipinjami banyak mainan. Namun apa daya, kadang ide tidak datang dengan begitu saja dan setiap mainan membutuhkan penanganan yang berbeda-beda (ceileh… kayak dokter saja dalam penanganan pasien). Alasan utamanya sebenarnya kebanyakan waktu yang habis karena nonton drama korea. Haha… Mainan itu sampai sekarang masih berada di tangan saya. Moga-moga bisa cepat dikembalikan ke pemiliknya.

Berhubung mendapat pinjaman kamera Panasonic Lumix G9 (yang baru akan launching di bulan Februari nanti) saya pun mencoba untuk mengambil foto mainan dengan menyetting mainan peri (Tinkerbell) berlatar cahaya hijau biru. Dipadu dengan lensa macro Panasonic Leica 45mm f/2.8 dibukaan terbesarnya, saya mendapatkan efek bokeh cahaya yang menciptakan suasana magis.


Setelah diposting ke sosial media, saya mendapati pertanyaan cara membuat latar belakang cahaya tersebut dan apakah juga bisa mendapatkan hasil yang sama tanpa menggunakan lensa makro. Sebenarnya lebih mudah menjelaskan dan peragaan langsung. Akan tetapi, saya sudah beberes dengan setting mainan sebelumnya, maka saya pun memutuskan daripada setting ulang mainan yang sama, saya mengambil foto mainan yang lain dan tidak lupa mengambil foto ‘behind the scene’ nya.

Saya pun menggunakan lensa kit Panasonic Lumix G Vario 12-32mm f/3.5-5.6, dan Panasonic Leica DG Vario-Elmarit 12-60mm f/2.8-4. Hasilnya memang cukup berbeda berhubung bukaan maksimal dari masing-masing lensa tidak sama.

Lensa macro Panasonic Leica 45mm f/2.8

Panasonic Leica DG Vario-Elmarit 12-60mm f/2.8-4 di FL 46mm f/4

Panasonic Lumix G Vario 12-32mm f/3.5-5.6 di FL 32mm dengan f/5.6 (setelah dicrop karena tidak bisa fokus terlalu dekat ke subjek)

Meskipun saya rasa mainan Minion ini kurang cocok dibuat dengan efek cahaya di belakang, dari ketiga foto tersebut, saya lebih menyukai foto dengan lensa makro. Jadi, meskipun lensa kit ataupun lensa zoom bisa digunakan untuk foto mainan/objek kecil, lensa dengan design khusus (dalam hal ini lensa makro) pastinya akan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Kurang puas dengan hasil di atas, saya mengambil mainan lain lagi yang saya rasa lebih cocok dengan latar cahaya di belakang, yaitu action figure Superman (hadiah dari salah satu peserta kursus WS Still Life bulan lalu) dengan bantuan alas akrilik hitam, LED (yang biasa digunakan untuk hiasan pohon natal), bebatuan hitam kecil, dan lampu stik LED yongnuo YN360 (untuk bantuan sedikit efek cahaya dari depan).

Dan beginilah hasil akhirnya.

Saya cukup senang dengan hasil yang didapat langsung dari kamera. Saya tidak perlu mengedit apapun di komputer baik kecerahan, kontras atau warna. Semua terlihat natural (kecuali untuk mainan tinkerbell ada dilakukan photoshop untuk menghilangkan bercak-bercak kotoran pada mainan dan kloning untuk bagian cat yang tidak sempurna dan penambahan tulisan).

Semoga dengan tulisan ini, teman-teman dapat mencoba foto mainannya masing-masing.

About the author: Iesan Liang adalah seorang penggemar fotografi yang aktif berkontribusi untuk acara Infofotografi. Salah satu buku karangan Iesan adalah Kursus editing dengan Adobe Lightroom. Temui Iesan di Instagram atau Google+

{ 1 comment… add one }
  • Raditya January 29, 2018, 10:43 am

    keren. Ditunggu review mendalam buat lumix G9 nya

Leave a Comment