≡ Menu

Pentax K1 mk II hadir dengan beberapa fitur baru

Di bulan Februari 2018 ini, Ricoh memperbaharui kamera DSLR full frame Pentax K1 ke generasi ke II. Dari fisik dan spesifikasinya, sebagian besar sama dengan kamera Pentax K1 generasi pertama yang digunakan, yaitu memiliki 36 MP Full frame sensor tanpa filter AA, punya Shake Reduction (stabilizer di dalam body).

Pentax K1 satu-satunya kamera DSLR yang menerapkan stabilizer di body kamera saat ini. Insinyur Pentax lantas memanfaatkan teknologi ini untuk menerapkan Pixel Shift Resolution, yang mengunakan mekanisme shake reduction untuk mengambil empat foto pemandangan yang sama, lalu menggabungkannya ke foto komposit dengan ketajaman dan warna yang lebih baik tapi resolusi (megapixelnya) tetap sama (36MP).

Di K1 generasi II ini, sistem ini bisa dilakukan tanpa tripod berkat kekuatan processing dan software yang lebih baik, tapi disarankan tetap mengunakan tripod untuk hasil yang sempurna dan konsisten.

Fitur unik K1 yang lain yaitu Astrotracer, juga memanfaatkan teknologi shake reduction + GPS untuk mengikuti bintang saat malam hari dan mekanisme layar LCD monitor yang fleksibel.

Yang baru di Pentax K1 generasi ke-2

  • Processing Prime IV dengan Ricoh Accelerator Unit
  • Pixel Shift Resolution System II – dapat digunakan tanpa tripod
  • Peningkatan di AF tracking (mengikuti subjek bergerak)
  • ISO maksimal mencapai 819,200 untuk foto, 25600 untuk video
  • Warna yang lebih baik, terutama biru dan hijau

Di beberapa daerah, pengguna Pentax K1 dapat menyerahkan kameranya untuk diupgrade ke K1 mk II dengan biaya US$500. Saya tidak pernah mendengar penawaran semacam ini sebelumnya. Hal ini dimungkinkan karena secara fisik, kameranya tidak berubah, hanya bagian dalam (processor) yang berubah.

Info lebih lanjut dan contoh foto bisa dilihat di situs resmi Ricoh Pentax.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Hary April 3, 2018, 10:09 am

    halo, saya mau tanya bagaimana pendapat koh enche tetang pentax ke depannya, saya sebenarnya menyukai kamera pentax tapi setelah saya survei after salenya sepertinya susah, dan kalau terjadi kerusakan akan menjadi repot. tapi itu kalau rusak ya. tapi bagaimana dengan kamera pentax dengan tahun2 sebelumnya apakah masih menjanjikan seperti pentax k-s2 atau pentax k3.

    terima kasih atas responnya

    • Enche Tjin April 3, 2018, 11:59 pm

      Menurut saya prospek Pentax agak kurang, terutama di DSLR-nya. Kecuali sudah terlanjut punya banyak lensa Pentax mungkin bisa beli kamera DSLR barunya, tapi kalau tidak ya sebaiknya jangan.

Leave a Comment