≡ Menu

Kesan mengunakan Leica D-Lux 109 dari seorang teman

Sejak saya mengunakan Leica D-Lux (Typ 109) ada beberapa teman yang mulai menggunakannya, salah satunya adalah Bpk. Duta Ong. Saya telah mengenalnya sekitar empat tahun yang lalu. Pertama kali adalah saat ia mengikuti kursus Mastering the art & photo techniques.

Saat itu, Ia ingin mengetahui bagaimana perkembangan teknologi digital, karena Pak Duta ini sebenarnya sudah memotret dari jaman kamera film. Saat ini Ia sudah mahir mengunakan kamera digital, dan berbagai kamera anyar pun telah dimiliki dan dipakai bergantian, diantaranya adalah Nikon D850, Fuji GFX, Leica SL, dan Sony A7R II.

Hari ini saya menerima pesan dari WA yang memuji Leica D-Lux, kamera compact yang saya rekomendasikan kepadanya.

Berikut beberapa kesan pak Duta dengan Leica D-Lux yang dibawa untuk ziarah ke Jerusalem dan Mesir.

Saya kan pernah pakai pocket Sony, Nikon, Olympus, Canon,… Leica D-Lux ini the best dari segi hasil, bukan hanya features. Ini kamera pocket yang paling saya senengi. Saya happy dengan D-Lux, praktis, menu tidak berlebih, pas buat photographer plus traveler. D-Lux buat nyetrit bagus.

Nikon D850 (kamera DSLR) malah gak banyak dipakai, ikut ziarah waktunya serba mepet, mau keluarin saja susah.

Pengalaman di Mesir dengan waktu yang sangat terbatas, udara ekstrim, debu, pas pocket ini berfungsi baik dan subjek foto juga terlihat nyaman dan rileks karena ukurannya kecil.

Jangan membanding-bandingin fitur lah, soal hasil foto, warna, saya pikir kamera ini TOP!  Foto ini sebenarnya wajahnya gelap, tapi saya angkat shadownya (via editing) masih oke.

Terima kasih untuk testimoni dan sharing foto-fotonya pak Duta 🙂 Senang dapat membantu.

Ngomong-ngomong, minggu lalu, saya baru terbitkan video review tentang spesifikasi, fitur, aksesoris dan sharing pengalaman saya tentang Leica D-Lux di Youtube:

Bagi teman-teman yang ingin memesan kamera ini atau ingin belajar mengunakan kamera ini lebih efektif, saya dapat membantu. Hub: 0858 1318 3069 untuk membuat janji. Trims.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 9 comments… add one }
  • Adri June 13, 2018, 6:55 pm

    Malam ko Enche, saya lagi bingung mau beli Leica D-lux 109, Leica X Vario atau Leica X-E untuk di gunakan sehari2 (street fotografi) dan jalan2. terima kasih

    • Enche Tjin June 14, 2018, 5:18 pm

      Enak Dlux menurut saya, lebih praktis dan kinerja lebih ok.

  • Heru March 29, 2018, 12:38 am

    Halo ko enche.. mau tanya leica d-lux type 109 ini hampir mirip dengan lumix x100, menurut ko enche bagaimana hasil photonya bila dibandingkan diantara keduanya..

    Terima kasih sebelumnya

    • Enche Tjin March 29, 2018, 11:43 am

      Perbedaan hasil fotonya kalau yg Leica lebih dekat dgn warna eropa yg gak terlalu saturated tapi kaya(rich tone), yg LX100 lebih pekat (menor/vivid).

  • Lungguk March 22, 2018, 8:22 am

    Ko Enche, kalau leica ini dibandingin dgn sony rx100v, lebih bagus mana hasil foto dan video ny? Thnx

    • Enche Tjin March 22, 2018, 8:57 am

      Leica D-Lux lebih baik, hanya kalahnya di kecepatan (Autofokus tracking), dan RX100 lebih kecil.

      • Lungguk March 22, 2018, 12:06 pm

        Autofocus tracking ny utk objek bergerak seperti foto anak2 apakah akan sangat berpengaruh?

        • Enche Tjin March 23, 2018, 2:33 am

          Foto anak-anak yang gerakannya gak terlalu cepat masih oke.

Leave a Comment