≡ Menu

Panasonic GH5s hadir di Indonesia, apa sih kelebihannya?

Hari ini saya menghadiri launching Panasonic GH5s di Queen’s Head, Kemang, Jakarta Selatan.  Kamera GH5s sudah pernah saya bahas di artikel ini. Jadi saya tidak akan mengulang lagi soal spesifikasinya.

Yang ingin saya sharing dalam launching ini adalah pengalaman tiga narasumber yang tidak asing lagi di kalangan cinematography Indonesia antara lain Mas Goenrock (Anggun Adi), Oom Benny Kadarhariarto dan Oom Ibnu Fajar yang telah mengunakan kamera ini untuk membuat short movie yang berjudul Tantangan Tersulit.

Short movie ini dibuat oleh Oom Ben dan Mas Goen dibantu dengan colorist video dari Dawn Studio, Ibnu Fajar. Hasilnya cukup mengesankan karena kondisi pencahayaan yang sangat sulit yaitu lampu-lampu lingkungan seadanya.

Menurut cerita mas Goen dan Oom Ben, video ini dibuat sepenuhnya dengan kamera Panasonic GH5s yang terkenal sebagai kamera video yang memiliki kemampuan merekam video di kondisi cahaya yang sangat minim.

Lensa yang digunakan juga lensa native, bukan lensa cinema, yaitu Leica 42.5mm f/1.2 dan Leica 25mm f/1.4. ISO yang digunakan sebagian besar diantara 5000-10000.

Beberapa kelebihan Panasonic GH5s yang diutarakan tiga narasumber antara lain:

  • Kualitas di ISO tinggi terbaik saat ini dengan tampilan noise yang tidak blotchy/pola artefact.
  • Noise terlihat lebih organik, titik-titik saja dan mudah dikurangi/hilangkan lewat editing
  • Warna bagus, meskipun cahaya sulit (lampu jalan (mercury) ) dan mudah di grading (edit).
  • Rekam slow motion sangat mulus, artefact/cacat dalam merekam motion benar-benar tereliminasi.
  • Ukuran sensor sedikit lebih besar untuk mendukung field of view yang lebih lebar saat mengunakan aspek rasio 4:3 untuk kebutuhan anamorphic, 16:9 dan 17:9 (DCI).
  • Peniadaan built-in stabilization untuk mengakomodir ukuran sensor yang lebih besar bukan masalah bagi profesional yang biasanya mengunakan stabilizer khusus seperti gimbal/tripod. Peniadaan ini juga mencegah bentrok dengan penggunaan gimbal saat panning.

Mas Goen menjelaskan bahwa kelebihan-kelebihan diatas berkat kemampuan Panasonic GH5s merekam video All-Intra, 4.2.2 bit, 400mbps, 10 bit color.

Terima kasih kepada Panasonic Indonesia yang telah mengundang Infofotografi, dan saksikan juga BTS (Behind the Scenenya) dibawah ini:

Harga kamera Panasonic GH5s ini adalah Rp 32.990.000,- Menurut Agung Ariefiandi, Marketing Manager PT Panasonic Gobel Indonesia,  harga ini sangat kompetitif dibandingkan dengan kamera digital yang mengutamakan videografi. Sepertinya saya setuju melihat kecanggihan fitur kamera dan hasil video diatas. Bravo!


Ingin belajar fotografi/videografi? Jangan lupa cek jadwal disini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Jay April 17, 2018, 6:57 am

    Melihat hasil videonya ini memang mantap. Kualitas di ISO tinggi-nya luar biasa. Bikin tergoda untuk pindah sistem dari canon 🙁

Leave a Comment