≡ Menu

Workshop editing B&W dengan Lightroom

Membuat foto hitam putih di era digital tidak seperti jaman dulu yaitu memuat rol film hitam putih ke kamera film. Di era digital, untuk membuat foto hitam putih yang bagus, membutuhkan sedikit banyak keahlian untuk mengolah foto warna menjadi hitam putih.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya: Mengapa tidak langsung memilih mode Monokrom? Alasannya adalah kamera digital saat ini 99.9% adalah kamera yang memiliki sensor gambar warna, sehingga jika langsung dikonversi ke hitam putih oleh kamera, hasilnya belum tentu bagus.

Misalnya warna merah dan biru saat diubah (convert) ke hitam putih menjadi abu-abu dengan terang yang sama. Di dalam foto yang ada subjek manusianya, kadang kulit menjadi terlalu gelap.

Dalam workshop kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana mengubah berbagai jenis foto warna menjadi hitam putih: Pemandangan, portrait, street photography, arsitektur, dan travel.

Workshop ini akan diadakan di
Leica Activity Center, Lt. 3 Plaza Senayan
Hari Sabtu, 24 Maret 2018, pukul 13.30-17.30 WIB.
Pendaftaran: +62 21 5790 6066 atau e-mail: leica.store@gmail.com
Biaya: Rp 500.000,-
Instruktur: Enche Tjin

Di workshop ini, saya akan membagikan foto-foto berwarna seperti yang ada di post ini untuk diolah menjadi foto hitam putih yang menarik. Jika masih tersedia waktu, peserta dipersilahkan untuk mengolah foto pribadi dan akan diberikan feedback untuk meningkatkan kualitas foto B&W-nya.

Syarat: Membawa laptop masing-masing dengan software Lightroom terinstall.

*Terbuka untuk pengguna kamera apa saja (tidak harus mengunakan kamera Leica).

 

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment