≡ Menu

Foto favorit saya selama tour di Tibet

Tour foto Tibet April 2018 lalu menghasilkan banyak foto-foto yang menarik bagi saya dan juga peserta tour yang lain, tapi diantara 3500-an foto yang saya buat, tentunya ada beberapa yang saya sukai, yaitu foto dibawah ini.

ISO 100, f/8, 1/125 detik – Leica Q

Foto ini dibuat saat kami berencana memotret sunrise dari samping sisi sungai Lhasa menghadap kota dan Istana Potala. Posisi matahari berada di sebelah kanan istana Potala, diantara bukit.

Yang membuat suka pemandangan seperti ini adalah pagi itu langitnya sangat cerah, tidak ada awan, dan sinar matahari yang baru muncul membuat gradasi warna langit menjadi mulus.

Untuk komposisinya, kurva yang dibentuk aliran air menuju matahari menjadi hal yang menarik perhatian saya. Tiang dan kabel listrik yang biasanya dianggap landscaper purist mengganggu, bagi saya justru membantu menegaskan alur sungainya.

Secara keseluruhan, saya juga senang warna dan cahaya yang membangkitkan suasana nostalgia. Bagian kota agak gelap tapi terlihat alami.

Lantas, saya menanyakan ke Iesan, apakah dia setuju bahwa foto ini bagus? tapi diluar dugaan dia tidak menyukainya. Katanya fotonya seperti biasa saja, dimana-mana kalau foto sunrise ya seperti itu juga. Tidak ada yang spesial, dan bisa dibuat dimana saja, tidak perlu sampai ke Tibet.

Mungkin pemirsa dan teman-teman lain yang motret disana juga merasakan demikian. Ya, tidak apa-apalah, beauty is on the eyes of the beholder (Kecantikan tergantung dari orang yang melihatnya).

Saya akan mengadakan kembali trip ke Tibet tanggal 1-11 November 2018 ini, jika berminat bisa memeriksa halaman ini, atau hubungi 0858 1318 3069 untuk informasi yang lebih lanjut.


Tgl 12 & 13 Mei 2018 ini, ada kelas Mastering the art and photography technique. Bagi yang ingin mengasah ilmu foto dan seninya lebih lanjut, saya sangat menyarankan workshop singkat ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • zaenal firdaus May 10, 2018, 7:45 pm

    menurutku yang membuat spesial itu matahari terbit di cuaca cerah.

  • Rahman May 10, 2018, 4:06 pm

    Kalo menurut saya bagus koh photonya, cuma memang saya lebih suka setengah bagian atasnya yg mnampilkan mataharinya..
    Sekalian nanya koh, Mending ambil D750 second sisa garansi alta 2-3bulan dgn SC2rbuan, atau ambil D610 New? D610 New harganya lebih mahal sktar 1jtaan. Mau ambil D750 new, trnyata harganya sdah naik hampir 5jutaan.

    • Enche Tjin May 10, 2018, 7:39 pm

      Kalau kondisi D750 masih bagus lebih baik yg D750

Leave a Comment