≡ Menu

Mengapa Panasonic dan Olympus tidak membuat kamera full frame?

Panasonic G9 dan lensa Leica 12-60mm f/2.8-4

Ada pertanyaan yang cukup menarik di topik sharing Iesan saat mengunakan kamera Panasonic G9 di Tibet. Pertanyaannya adalah “Mengapa Panasonic dan Olympus tidak membuat kamera full frame?” Karena saya tidak bekerja untuk Panasonic dan Olympus tentunya saya juga tidak tau mengapa haha.. Tapi dari wawancara yang saya baca, Panasonic dan Olympus sepertinya memiliki keyakinan bahwa sensor four thirds ini memiliki masa depan yang baik, karena masih bisa ditingkatkan lagi dan bahkan beberapa kameranya yang baru (G9, GH5S) tidak kalah dengan sensor yang lebih besar. Contohnya Panasonic GH5S yang baru dikeluarkan ternyata performa low light-nya lebih bagus dari sebagian besar kamera full frame saat merekam video dengan ISO yang sangat tinggi (10.000-50,000).

Selain itu, jika Panasonic dan Olympus memutuskan untuk membuat kamera full frame, mereka perlu mengeluarkan dana yang sangat besar, dan mulai dari awal untuk membuat lensa-lensa baru yang tentunya akan sulit bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah membuat sistem full frame puluhan tahun yaitu Canon, Nikon dan Sony.

Kami di Infofotografi berkesempatan mencoba beberapa kamera Panasonic beberapa bulan terakhir ini dan cukup terkesan dengan hasil foto generasi terbaru sensor dan processor Panasonic G9, GX9, karena berbagai faktor, pertama adalah handling/desainnya yang enak digunakan, hasil foto yang tajam dan detail, tidak kalah dengan hasil kamera full frame. Bisa dibilang sensor G9/GX9 dan processor barunya menghasilkan ketajaman, dan warna  yang melebihi kamera full frame generasi lalu seperti Canon 5D III, Sony A7, atau Nikon D610. Untuk dynamic range-nya saat ini sudah mirip dengan kamera bersensor APS-C.

Krop 100% dari foto diatas – ISO 200, f/6.3, 1/160 detik – flash + oktabox

Krop 100% dari foto diatas: ISO 200, f/8, 1/160 detik. Panasonic G9. 42.5mm f/1.2. Flash + oktabox

Untuk ISO tinggi, kualitas kamera micro four thirds memang belum menyamai kamera full frame jaman sekarang. Maka itu saat memotret di kondisi gelap, pilihan lensa harus lebih berhati-hati, saran saya adalah mengunakan lensa-lensa micro four thirds dengan bukaan f/1.7 atau f/1.4 dan f/1.2. Stabilizer yang kuat di body/lensa juga akan membantu.

Olympus OM-D EM I mk-II dan Olympus 17mm f/1.2

Maka itu, untuk travel, saya pikir sudah sangat bagus digunakan, terutama jika perlu lensa telefoto yang panjang (rentang full frame equiv. 70-400mm). Mengunakan lensa telefoto full frame untuk travel yang membutuhkan banyak jalan tentu akan sangat melelahkan. Untuk landscaper yang membutuhkan dynamic range yang super, long exposure sampai puluhan atau bahkan bermenit-menit, kamera sensor full frame masih lebih baik, tapi jika landscaper yang perlu hiking/trekking jauh, dan ingin membawa beberapa lensa (lebar, menengah, tele), dan tidak memiliki porter, sistem micro four thirds lebih ideal, karena berat totalnya 1/2-1/4 kalinya saja, misalnya kalau sistem full frame total berat sekitar 4-6 kg, micro four thirds cukup 1.5-2 kg.

Jadi menjawab pertanyaan awal: Sepertinya Panasonic dan Olympus tidak akan membuat kamera full frame atau APS-C dalam waktu dekat karena generasi sensor dan processor micro four thirds terakhir ini semakin bagus dan juga sudah ditunjang dengan berbagai lensa-lensa profesional yang baru dan keren-keren, contohnya Panasonic Leica 8-18mm, 12-60mm, 50-200mm, 200mm f/2.8, dan Olympus 17mm f/1.2 dan 45mm f/1.2.


Infofotografi aktif membuat kursus dan tour untuk pencinta fotografi. Silahkan periksa jadwal kami untuk informasi selengkapnya.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • verdynizar May 31, 2018, 8:21 am

    saya pengguna samsung NX500. Ingin pindah sistem, apakah worth it kalo saya ganti ke panasonic gx85 atau gx9? saya belum pernah mencoba kamera m4/3, tapi dari berbagai ulasan saya tertarik karena ringkas, serta kualitas video yang cukup baik. Yang saya ragukan jika saya melihat contoh2 fotonya kenapa dinamic range serasa kurang nendang, dan mencari lensa secondnya susah tidak semudah fuji dan sony

  • Gathan May 24, 2018, 6:41 pm

    Misi Koh saya minta rekomendasi kamera dibawah 8jt untuk belajar fotografi dan kira2 pakah sony a6000 dengan harga 6jt worth it?

    • Enche Tjin May 24, 2018, 7:52 pm

      Iya oke A6000 fiturnya cukup lengkap dengan harga terjangkau. Baca2 reviewnya saja.

  • Eugen Voinea May 22, 2018, 4:54 pm

    A very practical camera, photographed a few frames and is ok from all points of view.
    It’s worth the price.

Leave a Comment