≡ Menu

Memotret di jalanan Pantura pakai Fuji X-T20

Ceritanya saya dalam perjalanan kembali ke Jakarta usai mudik kemarin singgah di beberapa kota untuk istirahat, seperti Pekalongan dan Cirebon. Dengan waktu yang tidak banyak, saya sempatkan memotret suasana jalanan di kota-kota tersebut, karena kebetulan cahaya matahari lagi bagus, yaitu pagi dan sore hari. Kamera yang saya bawa adalah Fuji X-T20 dengan lensa 27mm f/2.8. Yang saya ingin tonjolkan dalam foto saya adalah kontras yang tinggi, dan memakai berbagai Film Simulation yang ada.

Di Pekalongan saya memotret pagi hari sekitar alun-alun. Saya paling suka foto becak melintas di depan masjid ini :

Di foto ini saya pakai Film Simulation Acros, dengan pengaturan Shadow, Highlight dan DR saya buat sehingga kontras bisa tinggi. Keadaan terang begini saya pakai shutter elektronik (ES) saja, dengan continuous shooting CH. Fokusnya saya set ke AF-C dengan Zone AF area. Saya memanfaatkan layar lipat untuk bisa memotret dengan angle rendah, yang memudahkan buat motret sambil jongkok.

Pagi di Pekalongan usai, saya lanjutkan perjalanan via tol, namun sengaja keluar Cirebon karena ada keperluan. Di Cirebon saya tiba sore hari, saat melewati sebuah jalan yang sepi, dengan bangunan tua di kiri kanan saya sempatkan berhenti untuk memotret sedikit bangunan yang disinari matahari sore. Adanya vandalisme berupa coretan dinding menarik untuk saya tonjolkan saturasinya, maka dengan film simulation Velvia saya ambil foto berikut ini :

Setting gambar yang saya pilih adalah JPG saja, karena ini hanya untuk tujuan snapshot. Parameter yang saya atur adalah menaikkan sharpness, shadow dan highlight serta menjaga DR di angka yang sesuai. Saya suka dengan ketajaman, kontras dan warna dari foto ini dan itu terbantu oleh cahaya yang arah dan waktunya tepat. Setelah saya foto ini, tak lama matahari tertutup awan (mendung) dan kalau dipaksakan foto lagi maka hasilnya akan flat.

Beberapa foto lainnya yang konsepnya sama (kontras tinggi, umumnya BW) :


Bulan Juli 2018 saya akan mengadakan beberapa kegiatan, seperti :

  • membahas detail setting dan pengaturan kamera Fuji X-T20, plus praktek di Glodok : Minggu 1 Juli 2018 (sudah selesai, tunggu sesi II)
  • Tur fotografi Cirebon, memotret pembuatan batik dan gerabah, wisata kota tua Cirebon, sunrise di pantai dll : 14-15 Juli 2018 

Untuk info dan pendaftaran hubungi 0858-1318-3069

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di Google+ dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment