≡ Menu

Workshop Dasar Videografi untuk fotografer

Kamera digital khususnya mirrorless masa kini umumnya sudah punya fitur video yang canggih, padahal tidak setiap penggunanya rutin memakai fitur video di kameranya. Sebaliknya, banyak juga pihak yang memanfaatkan kamera digital justru untuk jadi kamera video dan berkarya dengan menghasilkan klip, dokumentari hingga sinema. Sebagai fotografer bagaimana kita menyikapi fitur video di kamera digital? Apakah fitur ini hanya dianggap sekedar ada atau bisa digali lebih jauh? Bila bisa memanfaatkan, fitur video di kamera ini padahal bisa dimanfaatkan untuk membuat dokumentasi video yang menarik dan bercerita, seperti saat liburan atau traveling, misalnya.

Untuk itu di kesempatan kali ini kami siapkan sebuah workshop yang membahas tentang dasar videografi bagi seorang fotografer, yang bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan tentang bagaimana mengenal fitur video yang penting di kamera digital, mengenal perbedaan pengaturan kamera untuk foto dan video (eksposur, lensa, fokus, style dsb), serta memahami teknik stabilisasi dalam merekam video yang baik untuk hasil yang memuaskan. Juga dibahas tentang pentingnya pencahayaan dan audio dalam mendapatkan video yang lebih baik.

Workshop ini akan dibawakan oleh Iesan Liang dan Erwin M. pada hari Minggu, 5 Agustus 2018 di infofotografi Green lake city, Jakarta Barat. Acara akan diawali dengan makan siang bersama pukul 12.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan teknis oleh saya (Erwin M.) dan ditutup dengan sesi sharing pengalaman membuat video dokumentasi travel oleh Iesan Liang. Acara ini cocok diikuti oleh pelajar atau mahasiswa yang akan atau sedang menekuni bidang foto dan video (multimedia). Biaya pendaftaran Rp.50.000,- bisa ditransfer ke Enche Tjin via Bank BCA: 4081218557 atau via Bank Mandiri: 1680000667780 lalu konfirmasi ke 0858-1318-3069.

*Acara ini didukung oleh Panasonic Indonesia

 

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di Google+ dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment