≡ Menu

Bahas foto : Panjat Pinang

Decisive moment  adalah momen puncak dalam suatu kejadian. Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh Henri Cartier Bresson, dan menjadi penting di kalangan fotojurnalisme karena keterbatasan ruang dalam tata letak koran/majalah. Editor berharap fotografer dapat memberikan satu foto yang menceritakan keseluruhan suasana.

Dalam foto ini, saya berusaha menceritakannya suasana lomba panjat pinang kolosal (188 pinang) secara serentak di Ancol, Jakarta. Dari foto ini bisa didapatkan beberapa ekspresi wajah. Subjek utama berada di tengah, yang sedang tersenyum lain daripada ekspresi teman-temannya yang lain.

Secara komposisi, subjek foto diletakkan ditengah dengan latar belakang pinang-pinang lainnya dengan hadiah dan bendera merah putih yang berkibar.

Komposisi ini terlihat seimbang dan harmoni. Dengan satu foto ini saya berusaha menceritakan bukan hanya satu orang saja, tapi beberapa orang dengan latar belakang yang bercerita.

Setting: ISO 50, f/4.5, 1/250, 90mm, Kamera dan lensa Leica SL, Leica SL 24-90mm

Dalam memotret, saya mengunakan setting drive mode continuous dan memotret beberapa kali dan dari sejumlah foto yang saya ambil, yang ini yang momen dan komposisinya paling pas. Dalam editing dengan Lightroom, saya sedikit mengatur kontras, tapi tidak mengkrop  dan mengubah warnanya.


Infofotografi secara rutin mengadakan kegiatan foto baik dalam kelas, dalam kota ataupun trip lokal dan luar negeri. Silahkan periksa jadwalnya di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • andang August 23, 2018, 10:32 pm

    kayaknya saya lihat Entje deh … Fotonya keren !

Leave a Comment