≡ Menu

Mencari tas selempang masa kini untuk travel dan urban exploration

Tidak ada tas kamera yang ideal, dan sulit mencari tas yang memenuhi kebutuhan karena tas kamera biasanya dibuat untuk massal, bukan dirancang untuk kebutuhan individu. Meskipun kita sudah merasa sudah menemukan tas kamera yang ideal, tapi belum tentu tas tersebut ideal untuk waktu mendatang.

Contohnya saya dulu sering mengunakan kamera DSLR fullframe dengan lensa-lensa yang cukup besar, tapi kini lebih banyak traveling dengan kamera mirrorless dan compact. Tas kamera yang tadinya pas, sekarang jadi kebesaran. Untuk traveling, street photography dan urban exploration (urbex), saya membutuhkan tas yang lebih kecil.

Beberapa prioritas saya antara lain:

  • Memuat kamera mirrorless dengan 2-3 lensa ukuran kecil-menengah, ukurannya tidak terlalu besar dan tebal seperti gear box
  • Kedua adalah sifatnya modular, dan berisi divider yang fleksibel, sehingga bisa dikonfigurasi untuk berbagai kamera dan lensa
  • Kadang saya juga perlu tripod saat urbex, karena menjelang malam, saya perlu tripod untuk menangkap cahaya lebih banyak. Maka itu, tas yang bisa memuat tripod juga penting bagi saya
  • Saat travel yang agak lama, katakanlah seminggu dua minggu, saya akan membawa laptop untuk ngedit foto, backup foto dan bekerja. Kalau tas tersebut bisa memuat laptop 13 inci, saya akan sangat senang
  • Saat jalan-jalan jauh, saya biasa membawa botol air minum, jadi tas yang oke seharusnya juga menyediakan tempat itu.
  • Terakhir, desain tas harusnya enak dilihat, tapi tidak memancing terlalu banyak perhatian

Setelah beberapa bulan mengamati, saya menemukan beberapa tas kamera yang memenuhi sebagian besar kriteria saya.

Manfrotto Manhattan Speedy 10

Tas selempang (messenger bag) ini memenuhi semua kriteria diatas, termasuk memiliki ruang yang pas sekali untuk laptop 13 inci yang saya miliki. Selain itu, saya bisa mengikat tripod di bagian bawah kamera, membawa satu atau dua kamera dan lensa tambahan. Harganya juga sepadan dengan fitur dan kualitas materialnya.

Peak Design Everyday Sling 10L

Peak Design beberapa tahun terakhir ini terkenal dengan membuat tas kamera premium. Harganya tinggi tapi mengunakan material dan desain yang selain good looking dan fungsional juga memperhatikan hal-hal kecil secara detail.

Tas ini dapat memuat laptop 13 inci, sebuah kamera dan lensa tambahan dan aksesoris. Bahan tas bagian luar dari Nylon Canvas 400D yang ringan. Berat tas ini sekitar 800 gram saja dengan divider. Yang saya sukai adalah dividernya yang terinspirasi dari origami, kuat tapi juga fleksibel. Bagi yang membawa banyak lensa/aksesoris kecil mudah mengorganisasikannya di dalam tas ini.

Sling 10 juga memiliki tali di bawah kamera yang bisa untuk mengikat barang-barang besar seperti jaket, atau tripod. Ada proteksi anti maling di ritsleting-nya dan padding yang cukup nyaman. Secara keseluruhan desain Sling 10 ini enak dilihat. Yang kurang bagi saya adalah tidak ada tempat untuk botol air.

Manfrotto Fast track 8 Pro Light

Sling bag dari Manfrotto ini tidak memenuhi banyak kriteria tas travel dan urbex saya, tapi menarik saya singgung karena tas berjenis sling bag ini memiliki desain yang unik.

Tas ini memiliki tali tambahan yang dapat menghubungkan dengan kamera, sehingga saat memotret tidak perlu tali kamera. Mengunakan tali kamera biasanya tidak begitu nyaman terutama saat kita memakai tas ransel atau selempang karena tali kamera menumpuk dengan tali tas.

Nah, masalah saya ini teratasi dengan tas Fast track yang memiliki tali tambahan untuk kamera yang menyatu dengan tali tasnya sehingga dapat menghubungkan tali tas dengan kamera, sehingga tidak dibutuhkan lagi tali kamera tambahan. Alhasil kameranya juga terasa lebih enteng.

Ada tiga kompartemen tas, pertama yaitu untuk kamera, terletak di bagian bawah, memuat kamera mirrorless atau compact premium, yang kedua adalah memuat satu-dua lensa tambahan, dan dibagian belakang untuk tablet.

Mengeluarkan kamera dan mengganti lensa juga mudah, dan karena tali tasnya lebar, maka motret lama jadi tidak pegal. Sayangnya tas kini tidak memiliki konektor untuk membawa tripod, atau tempat untuk botol air, tapi untuk street photography saya pikir sangat ideal.

Tiga tas diatas termasuk hitungan saya untuk saya jajal untuk traveling akhir tahun ini yang agak padat, selain ke Pangalengan awal September nanti, saya juga akan ke Eropa (September akhir), Nepal (20-24 Oktober), Tibet (1-11 November) dan Kamboja (1-5 Desember). Dari ketiganya, tas Manfrotto Manhattan Speedy 10 mungkin akan akan menjadi pilihan utama saya jika saya ingin membawa gear yang compact karena memenuhi semua kriteria yang saya butuhkan.


Bagi yang membutuhkan tas-tas yang saya ulas diatas, boleh menghubungi 0858 1318 3069 atau bisa pesan/nyicil via toko online Bukalapak Infofotografi. .

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment